Simple blog to share

Apa itu browser hijacker?
Browser hijacker merupakan malware / spyware yang dapat mengubah setingan default web browser tanpa seijin kita sebagai pengguna internet browser tersebut.

Browser hijacker sering disebut  hijackware.
Jika internet browser anda sudah terinfeksi browser hijacker, maka tiap kali anda membuka browser, bukan homepage browser default (misalnya: google.com) yang akan terbuka, melainkan anda akan di arahkan ke halaman website tetentu, yang sebenarnya tidak anda inginkan untuk dikunjungi.


Kebanyakan browser hijacker akan mengarahkan anda ke halaman situs-situs yang membayar pengembang browser hijacker untuk mendatangkan traffick kepada mereka. Inilah salah satu trik di mana para INTERNET MARKETER membeli sebuah traffic. Namun, sayangnya para pengguna internet tidak akan senang dengan teknik seperti ini. Meski dipaksa seperti apapun dengan cara mengubah setingan browser oleh mereka (hijacker), pengguna internet tetap akan berusaha membuangnya, atau mereka akan tetap mengabaikannya.



Setingan default homepage adalah google chrome

Browser Firefox telah terkena hijacker Start.Qone8 || Lihat pada Address Bar

Apa penyebabnya internet browser terkena browser hijacker?
  • Penyebab yang paling sering adalah download file mislanya ebook, film, tutorial, dll dengan cara download file .exe terlebih dahulu. Dan pada saat itulah file .exe yang di download mengintall sendiri sekaligus menginstall spyware hijacker.

  • Skymonk exe adalah salah satu penyebar hijacker

  • Anda menginstall software free, tanpa disadari anda menginstall spyware hijacker.

Apa yang dilakukan browser hijacker?
  • Mengubah homepage default / mengubah homepage setingan yang telah kita atur, pada saat awal menjalankan internet browser.
    Misalnya: homepage default anda adalah Google, maka akan berubah Qone8, seperti pada image di atas.
  •  Mengubah default search engine setiap kali membuka browser, membuka tab baru, yaitu search engine hijacker seperti tampak pada gambar di atas.
  • Memata-matai kebiasaan kita berinternet berdasarkan cookie dan history web-web yang kita kunjungi, sehingga anda akan dijejali berbagai iklan yang sangat mengganggu.

  • Ini merupakan trik licik perusahaan periklanan. Kebanyakan spyware hijacker adalah milik perusahaan periklanan, atau orang yang berkaitan dengan dunia advertising.
    Jika anda tanpa sadar sudah lama terinfeksi hijacker, dalam kasus contoh ini misalnya Start.Qone8, maka akan semakin banyak anda dijejali dengan iklan yang tidak anda inginkan, sangat mengganggu mata dan menimbulkan ketidaknyamanan dalam berinternet.
    Serangan Iklan pada browser yang telah terinfeksi Hijacker

Jenis-jenis browser hijacker:
Start.Qone8.com || -MySearch || - ShopNav || - AboutBlank || - CoolWebSearch || - CoolWebSearch.image || - Onlinestability.com || - Security Toolbar || - HeretoFind || dan lain-lain yang banyak lagi.


Bagaimana menghapus / menghilangkan browser hijacker?
  • Pada browser Chrome:
    Klik ikon window di sudut kanan-atas, kemudian pilih Settings > pada bagian "Search" ganti dropbox menjadi Google > kemudian klik Manage search engines..., ganti default search engine dari Start.Qone8.com menjadi Google / Yahooo / Bing.
    Hapus Start.Qone8.com, jika sudah klik tombol "Done".

    Ganti dengan Google
    Klik Manage Search Engine
    Hapus Qone8 dari daftar Search Engine


  • Pada browser Firefox :
    Buka browser firefox dan pada address bar ketik "about:config" > cari dengan kata kunci qone8  > klik kanan dan klik Reset.


  • Cari dengan kata kunci Qone8
    Klik Reset untuk menjadikanya google sebagai default URL home page


  • Pada icon desktop dan start menu Chrome (dan browser lainnya Firefox, IE) :
    Klik kanan Icon > pilih Properties > klik tab "Shortcut" pada bagian Target hapus http://start.qone8.com/.....
  • tesxx
    Klik kanan Icon browser pada desktop


  • Hapus semua registry yang berkaitan dengan spyware hijacker :
    Caranya klik menu Start  > ketik Run (pada windows 7, Xp) > ketik Regedit > OK > pada window registry editor klik kanan HKEY_LOCAL_MACHNE > pilih Find > pada kotak dialog find masukkan kata kunci browser hijacker dalam hal ini misalnya "start.qone8" > pada Edit string hapus value data http://start.qone8.com/.....  Ulangi pencarian dengan klik kanan HKEY_LOCAL_MACHNE lagi.
  • Hapus semua registri dengan cara mengulangi langkha-langhah Find ini.

    Pencarian browser hijacker (Start.Qone8) di registry

    Penghapusan String Start.Qone8
     
    Pencarian StartQone8 lebih lajut untuk dihapus semua

  • Hapus semua browsing data baik cookie, history, cache, password, dll baik melalui browser itu sendiri maupun dengan menggunakan registry cleaner misalnya Tuneup Utilities.


Hapus Hystory Chrome


Hapus histoty Mozilla


Hapus History dengan registry Cleaner TuneUp Utilities (atau juga bisa dengan CCleaner, dll)

Semoga tutorial ini bermanfaat jika browser anda terkena Hijacker.
Browser Hijacker memang menyebalkan, bahkan bisa dikatakan "Bangsat...!!" memata-matai kebiasaan kita berinternet dan dijejali dengan iklan-iklan yang sangat menggangu.


Tips agar terhindar dari browser hijacker?
  • Jika anda download file dari internet misalnya ebook, tutorial, jangan mau disuruh download file .exe nya terlebih dahulu, karena ketika file .exe terdownload maka ia akan mengintall dirinya secara otomatis, dan pada saat itu ia menyisipkan spyware browser hijacker.

  • Jika mengistall software gratisan, perhatikan langkah-langkah penginstalan. Bila di suruh mengintall software lainnya abaikan (decline), karena yang kita butuhkan adalah software yang ingin kita pakai saja. Karena sekarang semakin banyak software installan yang mengharuskan kita mendownload file .exe downloadernya.

Klik Preview Beberapa Browser Hijacker:
browser hijacker | websearch


browser hijacker | delta search

browser hijacker | searchfunmoods

browser hijacker | search.genio

browser hijacker | sweetpack

browser hijacker | swee search

browser hijacker | websearch.wisesearch


[Update - Maret 2015]
Pada tulisan terbaru saya berkaitan dengan browser hijacker anda dapat membaca:
Semakin Kejamnya Iklan Hijacker pada Internet Browser

62 comments:

  1. kejadiannya persis kaya temen saya kemaren hehehe :D

    makasih om buat tipsnya nih ane print aja sekalian deh biar gk lupa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama sob semoga bisa bermanfaat buat yang lainnya jika mereka terkena hijacker

      Delete
  2. Mencoba untuk menghindari sperti itu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, sob. ku juga selalu menghindari yang namanya hijacker.

      Delete
  3. Hijacker ini sangat menjengkelkan karena dapat menginfeksi semua web browser yang ada di komputer. Dulu saya pernah kena Dosearches, tapi untung sudah bisa diatasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, sob. begitu hijacker masuk, maka semua browser akan terkena, baik chrome, firefox, ie, dll

      Delete
  4. Saya juga selalu waspada kalau instal aplikasi, biasanya ada yang minta merubah default browser. tapi tidak saya ikut install.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya tulisan decline untuk kita tidak akan menginstallnya tidak terlihat, sehingga orang yang belum terbiasa akan disusupi hijacker

      Delete
  5. wah ngeri juga ya pak hijacker itu. Jangan sampai deh browser saya terkena kayak getu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah dan menyebalkan gan, bikin mata gerah jika buka browser ada hijackernya

      Delete
  6. Saya juga sempat dapat gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan sampai terkena lagi gan, kecuali sengaja di install untuk percobaan menghapusnya lagi.

      Delete
  7. saya nyimak aja lah hehe.. gx ada salahnya kan?
    follow back ya

    ReplyDelete
  8. weh, parah juga ya mas, klo sampe kena yang beginian...haduwww

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyebelin, sob.
      soalnya yang kena semua browser, itu harus kita hapus pada masing masing browser

      Delete
  9. wah harus hatihati memang kalau lagi download ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan harus hati hati terutama jika download file tapi yang didownload file exe nya terlebih dulu.

      Delete
  10. saya juga pernah ngerasain dulu gan, tapi untung sekarang tidak, di tambah penjelasan ini jadi semakin ngerti saja.
    makasih gan. tak save yah.

    ReplyDelete
  11. ini rupanya solusinya, laptop tmen ane kondisinya persis spti diatas...
    mengganggu bnget, kirain kerjaannya mbah ggle.
    wah besok bisa jadi org paling berjasa neh untuk benerin, hehehe :)
    manteb mas

    ReplyDelete
  12. saya malah blum ngalami yang beginian mas, tapi makasih udah berbagi informasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bisa jangan sampai sob.. ribet buangnya.

      Delete
  13. serem juga ya mas, kalo browser kita kena ini :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, selain itu bikin mata risih dan loading browser berat

      Delete
  14. Alhamdulillah browser saya aman sob hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sob, browser memang harus aman sob, dari hijacker.

      Delete
  15. saya juga pernah terkena hijacker, tapi syukurlah sudah hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus hati-hati lagi gan, sekali kena semua browser akan terkena ie, firefox, chrome.

      Delete
  16. serem juga ya sob kalau browser terkena hijaker. Untung ja browser ane masih aman terkendali sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukurlah sob, semoga tidak terkena hijacker, sekali kena akan ribet buangnya, tidak bisa hanya install dan uninstall browser

      Delete
  17. harus hati-hati kalau internetan ya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba, harus ekstra, kebanyakan dari mereka pasang iklan untuk massive traffic dari browser hijacker. kalau pengguna internet awam mungkin tidak akan menyadarinya.

      Delete
  18. waduh.. tidak bisa dibiarin nih.. terima kasih tipsnya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya lebih parah lagi sekarang hijacker menyusup ke dalam file downloader.
      ini sering banget di jumpai ketika mau download file maka kita diharuskan untuk downloadernya dulu dalam bentuk .exe

      Delete
    2. Kalau saya sudah ada antivirusnya.. sehingga jika ada file exe lain yang ikut didownload langsung di block oleh antivirus

      Delete
  19. beberapa bulan yang lalu laptop saya juga tiba-tiba disisipi link dan banner iklan disetiap situs yang saya buka, bahkan blog saya sendiri juga disisipi iklan, untung segera saya hapus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mba sekarang hijacker memang ganas-ganas, harus jeli setiap "perubahan sifat" pada laptop. bisa jadi tanpa orang sadari akan terinstall juga keylogger.

      Delete
    2. Klo omniboxes.com trmasuk hijacker jg ya gan? Di Browser saya gak mo hilang2, help me gan? :(

      Delete
    3. betul gan ombinox.com termasuk browser hijacker. pada prinsipnya cara menghilangkan browser hijacker sama seperti di atas gan, semua hijacker pernah saya coba tes inveksi ke browser saya.

      Delete
  20. Gan help

    Ane kena omniboxs
    Udah ane scan pake spy hunter udah beres

    Tapi browser nya masih kena block

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya untuk menghilangkan hijacker yang menginfeksi semua browser yang terinstall pada laptop dilakukan secara manual saja terlebih dahulu dan semua koneksi internet di nonaktifkan dahulu

      Delete
  21. Ane dah ikutin semua gan, tapi pas distep 'about config' ga bisa lagi, itukan aga bilang buat di firefox, ane pakenya chrome gan, pas ane ikutin about config ga bisa, mohon solusinya gan..? ane dah gerah banget nih ama hijacker dikomputer ane, tiap click hijacker muncul mulu

    ReplyDelete
  22. Ane dah ikutin semua stepnya gan, tapi pas di about config ane gak bisa lagi gan, soalnya ane pake chrome?.. mohon solusinya gan, ane dah gerah banget nih ama hijacker dikomputer ane....

    ReplyDelete
    Replies
    1. di atas udah ada caranya untuk chrome gan, udah di coba?
      lakukan pada semua browser juga dan matikan koneksi internet terlebih dahulu.

      Delete
  23. gan. saya mau tanya kenapa browser firefox saya jadi hilang dan muncul browser lain. gara2nya ngedownload. bagaimana mengembalikan browser saya kembali? mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya yakin browser anda terkena hijacker karena pada saat download terdapat malware yang menginstall secara otomatis, cobalah uninstall firefoxnya, kemudian hilangkan hijacker sesuai dengan panduan di atas.
      Jika perlu bersihkan registry browsernya, caranya (pada windows 7):

      Klik start menu > pada kotak pencarian ketik "run" - tanpa tanda petik > klik aplikasi run > ketik regedit.

      Pada window regedit klik HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Mozilla.
      Delete folder mozilla.

      Lakukan juga pada HKEY_CURRENT_USER > SOFTWARE > ...

      Install ulang firefox kamu.

      Delete
  24. thnks gan tutorial nya membntu bnget ane terserang malwer,, bkn hnya membajak browser
    tapi seistem operasi juga antivirus nya jebol kga mampu brantas itu malwer berlambang sirip hiu asem
    kapok ,, uyy hikss ;(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mas jika terkena malware jenis ini (hijacker browser), memang sangat kesal.
      cara mengatur browser agar tidak terkena malware ya salah satunya dengan deep freeze mas

      Delete
  25. setelah klik kanan (tombol reset bagian bawah hiden jadi gak bisa di klik) gmn solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicoba putus dulu koneksi internetnya mas bambang. habis itu modify dl, setelah modify baru di reset.

      Delete
  26. mantap, sangat bermanfaat soalnya mengalami sendiri. thanks alot

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas syah, cara agar saat browsing tidak terkena malware; 1) jangan buka website yang aneh-aneh, 2) gunakan anti malware-anti hijacker, atau 3) Matikan akses registry. Cara menonaktifkan akses registry bisa di baca pada halaman ini mas.

      Cara Aman Laptop Dari Virus - Matikan Akses ke Registry Editornya

      Delete
  27. Mo nnya ni mas walidin saya kan dah ikutin nih tutorial di atas dan berhasil, tidak ada lgi iklan² di browser saya setiap kali saya ngetik suka muncul iklan yg gk jelas,sekrang udah kembali normal
    Tp knpa setiap saya masuk ke web yg sering saya kunjungi iklan itu da lg ...
    Kira apa yh penyebab nya....
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar aman, nonaktifkan aja fungsi registrinya mas (ref link di atas komentar ini), namun jangan lupa untuk mengaktifkan kembali jika mau instal software. # jangan sampai lupa cara untuk mengaktifkannya kembali.

      Delete
  28. Mas nanyak.. browser saya kalau misal ke suatu web ya.. itu selalu ada web lain yang pernah saya buka.. dan web yang lagi saya cari itu ada di bawah web yang mengganggu itu.. trimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang betul begitu mas kalau terkena hijacker, dan sekarang lebih kejam. Silahkan baca halaman yang mana tautannya ada di akhir postingan mas.

      Delete
  29. Dpt trik nya kemarin malam jam 4 pagi dipraktekan....sehingga diuji saat di tempat kerja...browsing tidak semenjengkelkn sebelum2 nya ..seperti mimpi ..
    Terimakasih banyak atas tutorial nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mea, jangan sampai laptop kamu terkena hijacker lagi. repot sekali cara mengatasinya.

      Delete