Simple blog to share

Cara menggunakan notepad++ (plus-plus) sudah saya publish beberapa tulisan panduannya, khususnya tentang tips dan trik yang jarang diketahui oleh orang lain. Kamu bisa menelusuri postingan sebelumnya. Meski program notepad++ ini hanya untuk penulisan teks biasa tanpa image, namun tingkat kemampuan modifikasi teksnya sangat bagus, dan sangat membantu jika kamu menuliskan draft ataupun kode-kode tertentu seperti kode html (halaman website), kode php (hyperteks prosessor website), ataupun kode lainnya.
tutorial-notepad++


Notepad++ layaknya notepad biasa, untuk penulisan teks sederhana (tanpa image/grafik), namun memiliki fitur yang jauh lebih lengkap dari pada notepad bawaan windows. Salah satu contohnya misalnya fitur/formula untuk menghapus kata pertama tiap baris kalimat di notepad++.

Saya sendiri menggunakan notepad++ untuk menulis teks note atau draft tulisan biasa sebagai pengganti dari ms.word, bahkan jarang sekali menggunakan ms.word, karena lebih nyaman dengan notepad++.

Tutorial notepad++ kali ini adalah tentang bagaimana cara melihat jumlah kata di notepad++, dari panjang tulisan yang telah diketik. Caranya sangat mudah karena notepad selain menghitung jumlah kata, ia juga menyediakan informasi panjang documen dalan jumlah karakter (bit):

  1. Buka notepad++, jika kamu belum menginstallnya download dulu; Download notepad++ terbaru
  2. Buka salah satu file txt yang kamu miliki, atau ketikkan saja beberapa kalimat
    Buka spoiler berikut:
    cara-menghitung-kata-di-notepad++

  3. Setelah itu klik menu View > pilih Summary. Dengan cara sederhana ini kamu langsung tahu berapa panjang tulisan yang telah dibut.
    Buka spoiler berikut:
    cara-menghitung-jumlah-kata

    cara-menghitung-jumlah-kata-dengan-notepad-plus-plus

Cara menghitung jumlah kata panjang tulisan seperti ini selalu dipakai oleh mereka yang sering membuat tulisan artikel untuk dijual ke pihak lain; misalnya ke pemilik website/blog. Istilahnya bisnis jual belu artikel.


1 comment:

  1. Aku juga lebih suka nulis di notepad, karena enak saat copy-paste di blog, tidak akan ada tambahan kode html yang bikin kepala pusing. Tapi aku jarang memperhatikan jumlah kata.

    ReplyDelete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.