Simple blog to share

Memiliki laptop dan flashdisk, biasanya ingin sekali melihat "mana sih kapasitas folder paling besar dan tidak penting?. akan saya hapus saja"
Biasanya pertanyaan dalam hati ini muncul saat ruang flashdisk tersebut hampir penuh dan ingin mentransfer file besar ke flashdisk/hardisk tersebut.
Mana folder yang tidak penting dan memiliki ukuran besar memang sudah seharusnya dihapus.
Nah untuk mengetahui mana folder tersebut tentunya diperlukan tool/aplikasi khusus untuk melihatnya, karena secara default di windows tidak tersedia.

cara-mengetahui-kapasitas-folder

Kebetulan saya menemukan aplikasi ini yang dapat dipakai secara free. Saya rasa buat kamu juga akan bermanfaat untuk diinstall dilaptop kamu.
Namanya Folder Size
Cara mengguanakanya sangat sangat mudah, tinggal jalankan saja windows explorer seperti biasa maka aplikasi ini akan ikut muncul dengan sendirinya. Seperti plugin otomatis.

Jika kamu tidak ingin ini tampil selama meng-explore folder-folder windows, tinggal klik saja tombol Close (X) nya sesaat setelah kamu membuka windows explorer.

cara-mengetahui-ukuran-folder

cara-melihat-kapasitas-folder

...tidak masalah saya rasa, ketika tiap membuka windows explorer, jendela folder size selalu muncul. Kan tinggal klik "Close". Dan setelah itu tidak akan muncul lagi, kecuali kamu membukanya ulang. Namun selama belum keluar windows explorer dan terus menjelajahi tiap-tiap folder tidak akan muncul lagi.

Lebar-sempitnya (besar-kecilnya) jendela folder size ini tergantung pada panjang pendeknya nama folder dan nama file.
Jika saat pertama kali install aplikasi folder size ini belum jalan, coba aja restart ulang laptop kamu.

Kamu bisa mendapatkannya di sini halaman web ini,
download aplikasi Folder Size - Aplikasi untuk melihat kapasitas folder

Ayo cek mana kapasitas folder di laptop/flashdiskmu yang paling besar.
Lihat videonya


Oh ya.. khusus untuk sharing melalui facebook, ini Page Facebook saya.

0 comments:

Post a Comment

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===