Simple blog to share

Naksir barang-barang dari olshop luar negeri? Ga punya kartu kredit? Belum tahu bagaimana cara belinya? Jangan khawatir karena di sini saya share pengalaman saya beli barang dari luar negeri tanpa kartu kredit, khususnya smartphone. Sebenarnya ini sudah lama mau saya share, tapi nulisnya males banget, baru saya paksakan kali ini. Saya akan jelaskan secara detail bagaimana caranya bisa beli smartphone dari toko online luar negeri meskipun kamu tidak memiliki kartu kredit sekalipun.

Awalannya begini,
saya tertarik dengan salah satu smartphone luar negeri. yaitu smartphone Oukitel K10000. Saya naksir dengan smartphone ini karena kapasitas baterainya sangat besar, dan bahkan terbesar di antara smartphone yang ada sampai saat ini, 2017.
Sesuai dengan versinya K10000 memiliki baterai dengan kapasitas 10000 mah.

Smartphone dengan kapasitas baterai paling besar tersebut membuat saya benar-benar penasaran dan cari sana-sini di google. Ada ketemu di tokopedia dan di bukalapak, tapi jauh lebih mahal dibandingkan dengan yang dijual di luar negeri.

Ada banyak website yang saya kunjungi untuk cari informasi tentang harga oukitel K10000 dan melihat spesifikasinya apa saja yang dibenamkan. Beberapa website terpercaya saya lihat sebagai pembanding harga, seperti: Banggood, Gearbest, Amazon, Ebay dan masih banyak lagi.

Dari semua website yang menyajikan harga oukitel K10000 tersebut, yang paling murah adalah di Gearbest. Waktu itu sedang ada program promo. Iseng-iseng cari yang harganya lebih murah, saya beranikan diri untuk beli smartphone Oukitel K10000 tersebut dari luar negeri.


Berikut langkah-langkah cara beli smartphone dari luar negeri tanpa kartu kredit.


1. Kamu harus punya kaun paypal

Jika tidak memiliki kartu kredit, kamu harus punya akun paypal. Akun paypal di sini fungsinya sebagai alternatif kartu kredit yaitu sebagai alat pembayaran. Jadi bikin dulu. Websitenya ini: website Paypal.


2. Setelah membuat akun paypal saatnya kamu mengisi paypalmu dengan dollar

Ya, harus di isi eMoney dollar, agar bisa digunakan untuk membayar. Bagaimana cara isi saldo paypal?. Cara paling mudah adalah dengan membeli dolar dari website jual beli saldo paypal. Ada banyak sekali orang yang menjual saldo payal. Kamu bisa mencarinya di google dengan kata kunci "jual beli saldo paypal".

INGAT...!! INGAT...!!
Utuk proses pembalian saldo paypal, email yang digunakan adalah email paypalmu (email yang digunakan untuk daftar paypalmu), karena paypal berdasarkan email. Supaya transferan dollar dari penjual masuk ke paypalmu. Jadi, kalau emailmu yang digunakan untuk daftar paypal adalah nama.emailmu@yahoo.com, maka yang digunakan untuk beli saldo paypal ke penjual, yang dikasih tahu ke penjual adalah nama.emailmu@yahoo.com, bukan email yang lain. Paham kan?

Sebelum mengisi saldo paypal, lihat dulu berapa dollar harga barang yang mau kamu beli. Misalnya harga smarphonenya $95, ya kamu beli aja $100, kalau rencana pengiriman barang pakai yang berbayar ya tambah lagi beli dolarnya. Saran saya sih sisakan $3 ~ $5 di paypal setelah pembelian.

Saran saya lainnya buat kamu yang mau beli saldo paypal;
- Pertama, Ada beda karakter masing-masing penjual saldo paypal, ada yang menarik biaya admin, ada yang tidak menarik biaya admin. Saran saya, pilihlah penjual yang tidak menarik biaya admin, supaya kamu tidak keluar duit tambahan. Jadi kalau beli #100 dengan kurs Rp.13.400,- ya cukup bayar Rp 1.340.000,- ga lebih dari itu.

- Kedua, karena kamu belum kenal (tidak kenal) dengan penjual tersebut secara langsung, pilihah penjual saldo paypal yang memasang iklan di google. Ciri penjual yang memasang iklan di halaman google yaitu ada tanda AD-nya, bisa lihat ini. Kenapa? agar kamu lebih yakin bahwa penjual tersebut bukan scam (penipuan). Namun, jika kamu udah kenal dengan penjualnya ya ga apa-apa bisa beli secara langsung
Buka imagenya:
iklan-penjual-saldo-paypal


Setelah tranfer pembayaran beli saldo paypal, tunggu beberapa saat, bisa dalam hitungan menit, jam, atau hari, tergantung si penjualnya. Supaya lebih jelas kamu tanya dulu.

Kalau dicek saldo paypal udah bertambah berarti udah masuk. Saatnya untuk beli barang dari toko online luar negeri.


3. Contoh di sini, Proses pembelian smarphone Oukitel K10000 dari Gearbest.com


3.1 Setiap online shop mengharuskan login, karena itu buat akun untuk login.
Buka imagenya:
cara-beli-barang-dari-luar-negeri-tanpa-kartu-kredit


3.2 Pilih barang yang mau dibeli > klik "Add to Chart > klik View My Chart
Buka imagenya :
cara-beli-smartphone-dari-luar-negeri-tanpa-kartu-kredit

cara-beli-hp-dari-luar-negeri


3.4 Pastikan jumlah barang sudah benar > klik Proceed to Checkout
Buka imagenya :
cara-membeli-barang-luar-negeri

cara-membeli-smartphohe-luar-negeri


3.5 Berikutnya adalah memberikan informasi alamatmu, kemana barang akan dikirim, berikan sejelas mungkin termasuk kode posnya > kemudian klik Place Your Order
Buka imagenya :
cara-beli-hp-luar-negeri


3.6 Berkutnya adalah payment dan shipping. Cek kembali alamat dan pastikan sudah benar, sebelum memilih metode pengiriman berbayar atau yang gratis. Di sini ya menggunakan free shipping (pengiriman gratis], cuma lebih lama. aku pikir ga terburu-buru belinya jadi pilih yang gratis.
Buka imagenya :
cara-belanja-online-luar-negeri

Kalau mau cepet 3~7 hari kamu bisa pakai expedited shiping, cuma berbayar, ada tambahan biaya lagi. Pengiriman waktu itu $6.18, kalau dikalikan kira-kira  13.000 ya 80 ribuan biaya pengirimannya.
Ada juga opsi asuransinya.  Jika kamu mau pakai ya ga apa-apa, kalau saya tidak pakai waktu itu. Selain duitnya pas-pasan di paypal, saya juga termasuk orang yang tipenya "hight risk", bahasa lainnya "kalau hilang ya sudahlah berarti bukan milik". Bedanya kalau hilang/rusak ga pakai asuransi maka barang tidak diganti. Tapi kalau pakai asuransi diganti. Kemungkinan barang hilang/rusak bisa saja misalnya dalam proses shipping di bea cukai (customs) luar negeri atau di bea cukai dalam negeri.
.. Tapi mereka (toko online) kan juga profesional jaga nama, makanya barang tetap terus dikontol sampai ke tanggan pembeli.
Buka imagenya :
cara-belanja-online-tanpa-kartu-kredit

Pilih pembayaran Paypal (yang atas), jangan pakai kartu kredit. Kemudian klik Place Your Order
Buka imagenya :
cara-belanja-di-gearbest-com

cara-belanja-online-online-shop-internasional



3.7 Segera setelah kamu menekan Place Your Order maka kamu akan dialihkan ke halaman paypal untuk konfirmasi login.
Masukkan email dan passwornya untuk login.
Buka imagenya :
belanja-online-di-luar-negeri

Setelah itu lihat checkout reviewnya, sudah yakin? Tekan tombol Lanjutkan
Buka imagenya :
belanja-tanpa-menggunakan-kartu-kredit



3.8 Proses pembelian sudah selesai. Jangan lupa copy-paste nomor ordernya
Buka imagenya :
cara-pembayaran-belanja-online





Setelah proses pembelian selesai, sekarang coba cek saldo paypal, maka telah berkurang secara otomatis.
Buka imagenya :
belanja-online-pakai-paypal

saldo-awal

Berikutnya cek email
Semua transaksi sudah diemail dari gearbest.com
Buka imagenya :
konfirmasi-email-belanja-online

alamat-tujuan-belanja-online

cari-beli-dari-luar-negeri

belanja-luar-negeri-ga-punya-kartu-kredit

gearbest-situs-belanja-online-terpercaya

iklan-penjual-saldo-paypal





Setelah kurang lebih menunggu kurang lebih 1 bulan (karena free shipping) dari tanggal 17 Mei 2016 ~ 15 Juni 2016, akhirnya barang sampai di tangan. Awalnya lama sekali di berhenti di Bea Cukai, saya telpon alasannya lagi diproses terus. Karena waktu itu mau lebaran idul fitri, maka saya ambil sendiri ke Bea Cukai (Bea Cukai Pasar Baru), Jakarta, dekat masjid Istiqlal.

Setelah datang langsung ke sana ternyata cukup cepat pelayanan yang diberikan. Setelah saya bayar pajaknya saya langsung menuju Kantor Pos di samping gedung Bea Cukai, dan barangya ada di sama setelah proses pengecekan oleh petugas bea cukai tersebut.
Buka imagenya:
kantor-bea-cukai-custom-pasar-baru

bayar-pajak-import-bea-masuk-di-bea-cukai

Buka imagenya:
bayar-pajak-import
Rincian tagihan atas barang import yang berupa Pungutan Negara dan Bea Pelabuhan yang sebenarnya terdiri dari Pajak Bea Masuk (BM), Pajak PPN (Pajak Pertambahan Nilai), dan Pajak PPh (Pajak Penghasilan) dan bea pelabuhan itu sendiri.
Akan saya share bagaimana cara menghitung Bea Masuk langsung dari orang Bea Cukainya dalam bentuk Excel, yang mana saya dikasih waktu pas mengambil barangnya (smarphone).

pengambilan-barang-dari-luar-negeri-di-kantor-pos-bea-cukai
Barang diterima dalam kondisi sudah dicek oleh bea cukai dan dipacking ulang oleh kantor pos.

Belanja online ini merupakan pembelian perorangan yang bisa dilakukan sendiri, di mana saja asalkan koneksi internetnya gampang. Jadi, beli barang dari luar negeri sekarang gampang banget, bukan hanya angan-angan belaka. Meski banyak cara, namun menggunakan paypal merupakan cara paling mudah, karena tidak memerlukan kartu kredit, tidak menggunakan jasa import barang, jasa pesan ebay, atau jasa  lain dari pihak ke tiga. Setiap online shop sudah menyediakan metode pembayaran dengan paypal untuk transaksi antar negara, jadi kamu bisa melakukannya sendiri.

Baca juga tentang Spesifiaksi Oukitel K10000 dan seperti apa detail fitu-fitur yang disertakan.

Semoga bisa kamu coba, bila kamu naksir smartphone, camera, drone, ataupun barang lain dari luar negeri.

7 comments:

  1. Bisa dipraktekkan nih, tapi Ngomong2 tempat jual beli saldo paypal yg paling recommended dimana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari-cari google mas, namun beberapa waktu lalu saya beli di jualpaypalbalance itu yang termurah kurnya dan tidak ada baya administrasi. Namun, belum lama aku mau beli lagi webnya error sedangkan untuk cari kontaknya saya kesulitan tidak menemukannya. tipsnya kalau beli saldo paypal jangan ada biaya adminitrasi dan kursnya murah.

      Delete
    2. murah dalam arti wajar ya dengna membandingkan masing-masing, jangan terlalu murah karena takut penipuan. pilih aja seller terpercaya, biasanya ia pasang iklan via google search.

      Delete
  2. Replies
    1. iya mas, memang mahal bagi anggapan sebagian orang (termasuk saya), namun ada sisi baik dan sisi buruknya.
      Bagus bagi negara untuk mencegah penyelundupan barang import khususnya yang dilakukan perorangan. Buruk kerena dianggak terlalu besar pajak dan bea masuk importnya.

      Delete
  3. Pajaknya diukur dr apa mas? Apa sesuai berat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pajak import diukur dari bea masuk, PPN, jika melebihi nilai 100$ bisa dikenalan bajak barang mewah

      Delete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===