Simple blog to share

Sudah kenal dengan software yang satu ini?
SketchUp

Sketchup merupakan software 3D modeling untuk arsitektur, interior design, civil dan mekanikal, woodworking (pekerjaan perkayuan), film, video game, dll.

Sketchup covered project preview

Software ini merupakan program 3d modeling yang paling mudah digunakan dan paling ringan dalam pengoperasiannya di komputer / laptop, karena tidak memerlukan resource memori yang besar, dan softwarenya sendiri pun ukurannya relatif kecil jika dibandingkan dengan software-software 3d modeling lainnya.

Sketchup installer
Buat para pelajar, orang awam ataupun karyawan yang ingin menguasai pemodelan 3dimensi dengan cepat, sketchup sangat cocok karena software ini paling mudah dipelajari, karena teknik pembuatan objek-objek 3Dnya hanya menggunakan teknik dasar "push-pull / tekan-tarik (baca:klik-tarik)", di sertai tool modifikasi lainnya seperti Line (pembuatan garis), dll.

Sebagai 3d software modeling paling gampang, proses material-mapping nya terhadap objek yang telah dibuatpun sangat mudah, misalnya jika anda membuat objek 3D dan anda ingin membuat objek tersebut memiliki tekstur batu, kayu, atau kaca, dll, maka anda hanya memerkukan 2 kali klik dari tool paint bucket. Mudah kan..?

Preview Of Sketchup | 3d Model
Sketchup pertama kali dikembangkan oleh perusahaan startup bernama @Last Software pada tahun 1999, kemudian Sketchup dibeli oleh Google pada tahun 2006 hingga 2012. Kemudian oleh Google sketchup dijual lagi ke Trimble Navigation Ltd. Trimble Navigation Ltd sendiri merupakan perusahaan alat-alat navigasi, mapping (pemetaan) dan surveying (survey).
img.property | github.com

Kamu dapat mendownload Sketchup di Sketchup.com
Download sumber-sumber plugin ada di smustard.com sini
Download semua library plug in ruby ada rhin.crai.archi.fr sini

Pada prinsipnya Sketchup merupakan sofware 3D modeling yang paling mudah, paling gampang, dan memiliki kualitas hasil modeling yang tidak kalah dengan software-software 3D modeling lainnya, seperti 3Dmax, Maya, Modo, Blender, Cinema 4D, dll.

Dengan kolaborasi file AutoCAD (.dwg) dan salah satu plugin render seperti Vray, Maxwell Render, atau SU Podium, maka dengan Sketchup dapat menciptakan objek yang intuitif dan photorealistic.

Berikut saya share bagaimana seorang arsitek menciptakan design 3D rumah tinggal dengan software SketchUp hingga menjadi hasil rendering yang "photorealistic".

1) Konsep Design dengan software AutoCAD.
Tahapan ini adalah tahapan yang paling lama dipikirkan oleh seorang arsitek, karena tidak bisa sembarangan dalam pembuatan konsep design. Konsep design biasanya dimulai dengan presentasi sketsa awal pada saat presentasi pertama dengan owner (pemilik rumah),dan dikembangkan setelahnya.
Ia harus disesuaikan dengan banyak hal seperti : bentuk dan luas lahan, sifat dan mobilitas yang punya rumah, jumlah ruangan yang dibutuhkan, fengsui / primbon, berbagai jenis material yang akan dipakai, koordinasi dalam hal model interior (oleh ahli interior), koordinasi dalam hal mekanikal dan elektrikal (oleh ahli M/E), perijinan IMB, dll.

Dalam mengimplementasikan konsep design dengan autocad, banyak arsitek senior yang dibantu oleh arsitek junior ataupun draftmen/drafter yang telah berpengalaman. Biasanya ini terjadi pada kantor konsultan arsitek besar yang mengerjakan banyak project, yang mana tidak bisa dikerjakan oleh satu orang baik membuat konsep maupun menggambarnya dengan autocad.

Klik image untuk memperbesar | Konsep design dengan AutoCAD

Klik image untuk memperbesar | Konsep design dengan AutoCAD
Ingin belajar autocad, klik di sini Cara Cepat Menguasai AutoCAD.

2) Design 3D dengan SketchUp.
Setelah seorang arsitek membuat konsep design dalam hal ini rumah tinggal baik tampak depan, tampak belakang, ataupun tampak samping, maka langkah berikutnya adalah membuat 3D design dengan Sketchup. File autocad (.dwg) tersebut di import ke sketchup sebagai file acuan design 3D.

Berkebalikan dengan poin 1 & 2, ada juga seorang arsitek yang langsung membuat konsep 3D telebih dahulu. Setelah konsep 3D selesai kemudian meng-export-nya menjadi file cad (.dwg) untuk dibuatkan gambar 2D yang kemudian akan di-generate menjadi gambar kerja. Jika halnya demikian maka file cad (.dwg) siteplan lahan dapat di-import  ke sketcup untuk pengembangan konsep 3Dnya agar langsung sesuai dengan bentuk dan kondisi siteplan.
Membuat gambar 2D gambar kerja dari 3D dilakukan dengan cara memotong gambar 3D pada bagian-bagian tertentu, seperti floorplan, room section, dan bagian-bagian lainnya. Metode ini biasanya dilakukan untuk proyek kecil sepeti rumah tinggal yang tidak akan memberatkan sistem komputer.

Klik image untuk memperbesar | Design 3D dengan Sketchup

3) Finalisasi Design dan Ready for Construction
Dengan menggunakan salah satu plug in rendering seperti Vray, Maxwell Render, atau SU Podium, maka design 3D siap di render.
Setelah dirender ke dalam bentuk image, maka langkah berikutnya adalah mengedit hasil render dengan photoshop dengan teknik blending dan retouching hingga menghasilkan image yang "photorealistic"

Klik image untuk memperbesar | Hasil render dan editing photorealistic

Dengan sketchup anda dapat mendownload berbagai model 3D secara free di 3D Warehouse untuk mempercantik design yang anda buat. Misalnya:  model window (jendela), model pintu (door), model planter box, pagar, model mobil, model meja, dll

Untuk update berita tentang sketchup kamu bisa lihat di Blog Sketchupdate
Untuk tips triknya bisa anda lihat di Tips and Tricks for SketchUp

Demikian semoga artikel singkat ini bisa untuk menambah wawasan anda tentang design 3D dengan sketchup khususnya dan bagaimana seorang arsitek menciptakan project designnya.

Silahkan anda baca juga artikel yang masih berkaitan dengan software design;
Macam-macam Software untuk Design Arsitektur

Jika anda ingin membuat / memodifikasi rumah sendiri maka anda bisa mencoba software desain rumah paling mudah dengan software ini.

Semoga artikel beserta link library-nya, yang ada di blog ini bisa anda ingat/bookmark jika sewaktu-waktu anda berkeinginan membuat design 3D.


146 comments:

  1. kalo udah bisa menguasai modeling biasa orang tersebut sukse ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari sisi modeling betul sob, namun dari sisi fulus belum perlu ide untuk memperkenalkan karya designnya pada orang lain....next bisa jadi kita akan di sewa (freelance) dengan kemampuan yang dimiliki dalam bidang design.

      Delete
  2. ternyata arsitek punya software khusus ya pak untuk menggambar desain bangunan hmmm :)
    thanks pak atas share nya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, mba. setiap software memiliki fungsinya masing masing, (sama seperti plug in blog), bahkan hasilnya sudah seperti aslinya (photorealistic).

      Delete
  3. Syangnya bukan arsitekk,, tapi izin sedotlah mas buat koleksi software,,, siapa tahu suatu saat butuh software kayak gini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan di coba mas ahmad, siapa tahu punya basik design, dan tertarik dengan sketchup.

      Delete
  4. autucad mgkn jg termasuk kali ya..?, thx infox! :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas rohis, karena itu akan menjadi bagian penting bagi para arsitek.

      Delete
  5. Waktu saya bikin tugas akhir saya juga pakai software ini, mudah dipakai dan hasilnya luar biasa.

    ReplyDelete
  6. saya kira pekerjaan perkayuan hanya perlu sekop sama cetok aja mas, ternyata sekarang ada softwarenya juga ya :D
    makasih infonya, kapan2 saya download :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau utnuk dilapangan gali kayu betul mba, namun untuk design tetap menggunakan software, selain gampang "dihapus-digambar ulang" untuk presentasi sketchup memang sangat baik, sehingga owner yang melihat design bangunan miliknya akan senang.

      Delete
  7. kira-kira software arsitek ini bisa dipelajari juga nggak pak untuk orang yang non arsitek? sepertinya software keren dan canggih hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mba ririn, siapa aja pun akan merasa mudah, karenan tekniknya hanya push-pull saja di tambah sedikit modifikasi, siapa tahu mba ririn juga mau design sendiri berdasarkan ide-ide yang muncul, dan konsep rumahnya / interior kamar mengusung tema "sang blogger senior", karena memang mba ririn blogger senior.

      Delete
  8. ijin sedot ya mas broo....mksh :D

    ReplyDelete
  9. ijin sedot ya mas broo.....mks :D

    ReplyDelete
  10. Sketchup software yang 'wajib' dimiliki oleh para perencana, arsitek, sipil, dan publik yang berminat untuk menekuni bidang ini. Software yang dibuat dengan profesional dan memenuhi harapan penggunanya. Sangat membantu dan memudahkan pekerjaan mereka. Tutorial yang amat bermanfaat, mudah dipahami, dan menarik. Terima kasih sharing dan motivasinya. Salam cemerlang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah membaca artikel info saya kang Her. Betul kang Her sketchup dan autocad memang jadi hal wajib bagi pada arsitek, meski telah ada software-software sejenis, namun kedua software tersebut masih yang paling banyak digunakan

      Delete
  11. Software ini memang di dedikasikan untuk membantu proses kerja dari orang yg mendalami bidang arsitektur ya mas..

    Kalo pun di antara kita ada yg blm mengetahui dan coba berminat utk mempelajarinya ..lewat posting ini jd tercerahkan.. :)
    Terima ksh mas sdh berbagi kekita kita
    Sukses selalu..utk di tahun yg baru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul Mas Pur, semoga lewat tulisan ini banyak pelajar yang tahu proses kerja arsitek menggunakan software.

      Delete
  12. pantesan bangunan gedung / rumah pada megah dan indah karena ada software yang serba mudah. terimakasih sob infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul om bas, setiap pekerjaan jaman sekarang pasti ada softwarenya, sama juga dengan misalnya musik editing

      Delete
  13. Pasti butuh waktu yang tidak singkat untuk bisa menguasai software di atas ya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk design 3d cukup cepat jika ingin menguasaai, tapi kalau untuk belajar dan menguasai konsep design itu yang lama dan tidak dimiliki oleh setiap orang, thanks mas cik

      Delete
  14. wah.. mantap ini...belajar... diambil ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya silahkan di coba, semoga dapat ide baru dari sketchup, mas aldino

      Delete
  15. saya bukan ahli arsitek pak,,
    tapi boleh juga ni software untuk dicoba...
    kali aja ada bakat...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sketchup tidak hanya digunakan untuk arsitektur aja bang apk, siapa aja yang ingin membuat design 3d bisa pakai,

      Delete
  16. Yang 2013 belum pernah mencoba, dulu pernah mencoba al hasil ya tetep bingung, tapi klo ada yang ngasih tutorial semisal blog ini pekerjaan jadi mudah!mantap deh!hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sketchup sekarang memang jauh lebih mudah fitur-fitunya, sob.
      kalau bisa sketchup bisa design sendiri rumah pribadi dan interiornya, hehehe

      Delete
  17. Penasaran, saya blum pernah mencoba aplikasi ini. cuma pakai Autocad + 3D MAX dan Catia saja. hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3d max memang jauh lebih kompleks karena ia jauh lebih dulu start dan berpengalaman, sangat bagus untuk design bangunan, produk autodesk 3d max tersebut sangat terkenal kemampuannya dalam animasi 3D film. namun kalau untuk efisiensi dan produktifitas kerja dan presentasi design lebih baik menggunakan sketchup, sob

      Delete
    2. film anaconda misalnya juga di design dengan 3d max

      Delete
  18. walaupun bukan arsitek hajat aja mas
    ijn untuk mempelajari mas
    soalnya nntik berguna kalau sudah waktunya jadi arsitektur keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah betul tuh mas bisa buat bikin presentasi design rumah pribadi buat istri, hehehe

      Delete
  19. Baru tahu nih ada software kayak gini.. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba etika, karena semuanya akan jadi semakin mudah dengan bantuan software 3D dalam design arsitektur.

      Delete
  20. wah bisa di pelajari ini mas, nanti kalau sudah bisa, mau bikin gambar buat blog, biar lebih bagus... makasih mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih juga mba ana, silahkan dicoba siapa tahu malah jadi hobi menggukanan sketchup

      Delete
  21. Belum pernan coba sketchup sofware, masih harus banyak belajar nih. he,,he,,, he,,,


    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah dipelajari ko, mas indra.
      sketchup merupakan software 3d yang paling mudah di perlajari, meski tanpa latar belakang design 3D

      Delete
  22. wah jadi tertarik ingin belajar ,apalgi softwarenya nggak terlalu besar,ok ijin sedot mas softwarenya,,,Terimakaish,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan kang Dede di coba siapa tahu bisa tertarik buat 3d sesuai ide-ide yang muncul.

      Delete
  23. Bookmarks dulu sob,kapan2 saya download.trims ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok Mas Agus, semoga link software dan link librarynya bisa bermanfaat.

      Delete
  24. Sebagai awam, saya selalu kagum dengan gambar-gambar 3D buatan para arsitek. Keren-keren... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah para arsitek gan, mereka selalu punya konsep tentang design, sedangkan kalau orang biasa hanya sekedar bangun.

      Delete
  25. Waktu masih kuliah di jurusan arsitektur dulu, saya juga sempat menggunakan Sketchup. Sayang, sekarang sy kerja bukan dibidang arsitektur, jadi nggak pernah lagi menyentuh software2 yg berhubungan dgn desain arsitektur. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahhh ternyata pernah dijurusan arsitektur yan sob, pastinya mengerti banyak tentang design, dan sekarang sketchup tentunya jauh lebih sempurna ketimbang dulu, ya sob.

      Delete
  26. agak rumit ya mas bagi mereka yang awam sama sekali dengan perarsitekturan seperti saya, ingin download sebetulnya tapi adopphothosop aja belum bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumit sebenarnya sih ga juga mas Arif, mungkin hannya waktunya yang belum sempat untuk mempelajari atau setidaknya berkenalan dengan software sketchup ini

      Delete
  27. Saya tersenyum lihat software ini karena teringat dis saat utak-atik desain gambar rumah Dan manarik perhatianku, eh ternyata pake software ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu pakai jada arsitek ya mba anisa waktu design dan bangun rumah..

      Delete
  28. Ini sama seperti Mach 3D

    ReplyDelete
  29. bagus ini harus belajar nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan di coba menu-menunya sob, siapa tahu bikin ketagihan.

      Delete
  30. Satu pun belum pernah saya coba Mas...
    Untuk menjadi seorang desainer dibutuhkan imajinasi yang tinggi ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas Her, harus berimajinasi layaknya blogger sedang membuat / memodifikasi template. Kalau bicara design dan konsep itu sama susahnya dengan design bangunan dan design blog. hehehhe

      Delete
  31. wahh ..keren banget mas jadinya .. jdi tertarik saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa salahya di coba sob, siapa tahu jadi hobi design 3d, karena design 3d tidak hanya untuk lingkup arsitektur.

      Delete
  32. Rumahnya unik, kaya yang ada di film film kartu trus ama yang di game online.. sayang, saya bukan tamatan arsitek atau sipil, jadi agak susah memahami mengenai konsep rumah yang seharusnya, mencakup keindahan dan kelayakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memiliki rumah yang sesuai keinginan tidak harus menguasai design, mas Heri, karena design bisa diserahkan ke jasa design seperti arsitek atau orang-orang yang telah berpengalaman sesuai bidangnya, Yang penting bisa nyaman sesui keinginan calon pemilik rumah

      Delete
  33. Aplikasi ini saya pernah gunakan kalau uda mau bikin gmbar 3D rumah. Saya make sketchup 8, utk render saya angkat tangan dah kalau msti di laptop pribadi wkwkwk =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan, untuk render memang memerlukan spek yang luar biasa baik memori, prosessor, maupun kartugrafisnya gan

      Delete
  34. Waduh kalo urusan Sketchup saya nyerah deh mas Walidin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus sesuai bidangnya mas Syaifurrahman, kalau sesuatu jadi hobi itulah yang akan lebih bagus hasilnya, begitu juga kalau blogging dan design template.
      tapi kalau belum kenal boleh dicoba misalnya sketchup

      Delete
    2. Apalagi saya mas.. malah bingung

      Delete
  35. udah ane foll_back gan, makasih gan dah bersedia berbagi

    ReplyDelete
  36. mantep gan softwarenya izin sedot yah

    ReplyDelete
  37. Datang lg berkunjung, sapa teman2 dan selamat malam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam mba, sangat senang dikunjungi blogger senior kaya mba etika.. terima kasih banyak.

      Delete
  38. Kunjungan perdana mas.. lagi nonton tv nih ...hehehe

    ReplyDelete
  39. Replies
    1. betul sob, karena sudah melalui proses rendering dari gambar modeling dan materializing.

      Delete
  40. Gitu tow mas, ijin bookmark dulu deh...
    btw blognya keren kok ^_^ ijin follow jangan lupa back
    -Salam Newbie-
    -Dek Blogger-

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sob udah mampir ke blog gue.
      ok sob saya follow juga

      Delete
  41. wah aku jauh dari bakar arsitek, sehingga cuma bisa kasih ancung jempol. Gambarnya memang benar-benar tampak 3D nya. Kagum aku dibuatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sob udah membaca artikel ini. betul bikin 3d sekarang lebih mudah dan terkesan seperti aslinya

      Delete
  42. wah keren design gambarnya.... aku jadi pingin belajar....

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan di coba mas sur, siapa tahu berkenalan dengan sketchup muncul ide-ide baru.

      Delete
  43. Blog ini sudah saya follow ..mohon follbacknya ya gan ..terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  44. ok sob akan saya follow juga

    ReplyDelete
  45. wow keren Mas, cocok buat adik saya masuk jurusan Teknik Gambar Bangunan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di coba kasih tahu ke adiknya mas wahyu, siapa tahu suka dengan sketchup.

      Delete
  46. Keren software sekarang. Saya untuk gambar dulu pake Autocad tapi juga gak bisa 3D hanya bisa 2D

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang 3d aga sedikit susah mas isnaeni, tapi kalau tekun coba dan praktek tidak lama juga bisa menguasai

      Delete
  47. Baru denger sob ku slama ini pake blender
    Wah bole dicoba ni :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. blender juga cukup bagus sob buat modeling 3d terutama animasi 3d, cuma pas aku coba belum bisa import file dwg.

      Delete
  48. para arsitek jadi lebih mudah ya pak dalam mengerjakan tugas nya untuk desain-desain bangunan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba eka, jadi lebih mudah untuk design bangunan, yang susah adalah mikirin konsep dari bangunan itu sendiri

      Delete
  49. berarrti jika di banding dengan memakai Photo shop lebih baik pakai sketchup ya sob? ok lah saya tau sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. photoshop bisa buat gambar biasa, lebih cocok untuk edit foto dan berbagai modifikasinya. sedangkan sktchup untuk design 3 dimensi dan 2D.
      desing 3d memiliki 3 sudut ruang x, y, dan z, sob

      Delete
  50. dah download tp waktu di Install rada susah juga ya.... terus hanya trial 8 jam aja ya Bro...
    Kira2 ada CD bajakannya ga ya....
    Bisa rekomendasi software apa saja yang dengan mudah operasionalnya gan...

    Thanks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sketchup menurut saya paling mudah pengoperasiannya mas nurdin, di antara software-software 3 dimensi lainnya. cdnya pasti ada di tempat jual beli cd software

      Delete
  51. ni yanng lagi saya cari

    mtur suwun mas

    ReplyDelete
  52. Baru tahu ilmunya mas.... Kalo ahli kecil.gampang.mudah saja dalam mendesignnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba siapapun bisa menggunakan sketchup bahkan jauh lebih mudah dari pada software-software lainnya..

      Delete
  53. aslkm,,, boleh tanya mas?? sy sketchup menggunakan vray render ...untuk hasil ya luman tp masih blm sangat terlihat real dan sangat berat butuh waktu lama render nya,,,tlg kasih saran pakai render apa yah yg rendernya bagus dan tdk berat,,wasalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalam hal design yang paling susah adalah proses render, mas. kerena selain kemapuan menggunakan fitur yang ada pada tool rendering, insting rendernya juga harus main. kedua memang harus didukung dengan spek pc yang cukup bagu, spek komputer yang bagus untuk rendering bisa di lihat di sini, bos.
      http://tutorial-autocad-x.blogspot.com/2014/03/laptop-terbaik-untuk-modeling-dan-rendering-3d-arsitektur.html

      Delete
  54. terimkasih atas infonya mas! saya sedikit bisa menguasai sketchup tpi untuk rendering perlu ada tutorial untuk bhan belajar saya,,kiranya agan bisa memposting vray for sketchup pro8

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika besok ada waktu yang cukup, saya posting cara rendernya mas, fery.
      salam kenal dan terima kasih dah dah berkunjung ke blog saya

      Delete
  55. makasih banyak mas artielnya.... sekalian publish tutorialnya penggunaan google sketchup mas... dan cara render agar hasil bagus .. makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok mas, sama-sama Insya Allah jika ada waktu akan saya buat tutorialnya..karena sketchup merupakan salah satu aplikasi arsitektur yang cukup mudah

      Delete
  56. mas saya boleh minta file mentah cad sama skp nya ? mau belajar detail nya saya..
    tolong email ke leagend.of.iam@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus belajar dari awal dulu mas sesui urain di atas, karena agar lebih mudah memahami konsep design. apakah mas iam sudah bisa menggunakan autocad?, kecuali jika untuk design bebas bisa langsung coba sketch up ya

      Delete
  57. keliatannya sich lebih mudah "Sketchup " dibanding 3dmax atau cinema 4d. tapi masalahnya apa perusahaan mau nerima kalo kita cuma jago "sketchup" ? soalnya mereka rata2 mau nya 3dmax . Gimana menurut anda ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti mau, meski hanya satu software yang dikuasai, dalam industri design khususnya design arsitektur, semuanya bekerja secara tim. dan aplikasi arsitek sketch up ini salah satu yang sangat dibutuhkan untuk presentasi design arsitektur.

      Delete
  58. ka aku anak jurusan arsitek tapi prodinya planologi yah semacam perancang kota gitu, trus mata kuliah aku masih berkaitan erat dengan perancangan2 bangunan. tutornya bisa dikasih ngak buat belajar SketchUp ini, soalnya pernah liat sama teman wktu dia merancang bangunan gitu pake sketchup dan mudah skali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @dian, kalau saya tutorialnya tidak ada, mba dia bisa cari di toko-toko buku besar misalnya di gramedia atau gunung agung, pasti ada. namun jika mau download via internet silahkan komentar via "contact" agar nanti saya dapat kirim link downloadnya. namun tutorialnya menggunakan bahasa inggris.

      Delete
  59. ka sketchup ini boleh ngak di install di laptop dengan prosessor intel inside ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti bisa mba.. mesti lihat spek requirement installnya

      Delete
    2. spek requirement itu apa ya ?

      Delete
  60. ka yang di alamat sketchup.com itu hanya versi trial yah ? atau full version ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya namun untuk buat belajar sih ok juga, tapi kalau mau download full version di internet juga banyak

      Delete
    2. oh gitu yah ! klu gitu blh ngak aku minta link addres buat download yang full versi takutnya klu aku download smbrngn, aplikasinya udh ngak bisa di install lg klu pake yg trial, sama kya IDM gitu, minta2 pasword segala.

      Delete
    3. kalau donwload jangan pakai idm, atau pakai plugin ini itu. malah sering error dan diblok sama server downloadnya. mending langsung dari browsernya.
      kalau download pakai utorrent aja, install dl, baru cari file torrentya sketchup. pasti lancar.

      Delete
  61. software ini ada cracknya nggak ya? soalnya kalau software trial biasanya suka cepat basi hehe dan suka ada fitur yang tidak berfungsi begitu

    ReplyDelete
  62. Ada apps 3D MAX nga, kalu ada minta Fail nya dong..

    ReplyDelete
  63. Replies
    1. ok silahkan mas.. semoga hasil design rumah dengan sketchupnya semakin keren dan photorealistic

      Delete
  64. Maaf mas, minta saran ya.. saya pernah install Vray dan gagal gan. terus saya download lagi Vray versi yang sedikit beda, tapi saat saya coba install lagi tetap gagal dan ada tulisan kayak ini gan :THERE HAS BEEN AN ERROR,UNKNOWN ERROR WHILE RUNNING C
    THE APPLICATION WILL EXIT NOW. saya download vray versi 2.0 dan sketchup 2015. apa yg musti saya lakukan mas? saya sudah unistall vray yg lama. dan tetap ngk bisa juga vray saya install. minta saran gan. Komputer saya Core i7, windows 7 64 bit. sdh sesuai dgn permintaan speck dari vray. terimakasih mas... salam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk intall vray baca dulu spek requirementnya antara versi sketcup dengan versi vraynya cocok apa ga. jika masih gagal uninstall vray dan bersihkan semua registrynya. coba install ulang.

      Delete
  65. Ok terima kasih alisca semoga juga bisa bermanfaat bagi pembaca lainnya.

    ReplyDelete
  66. ini softwarenya 32 bit ya gan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mas tedi, sketch up dapat digunakan untuk laptop/pc 32 bit atuupun 64 bit

      Delete
    2. saya lagi nyari v-ray bang,,sekali nemu malah blank instalation,,,bagi link download v-ray dong bang,,

      Delete
  67. saya lagi mencoba belajar program ini, matur nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dicoba mas, program sketchup memang program cepat untuk membuat 3d.

      Delete
    2. silahkan dicoba mas, program sketchup memang program cepat untuk membuat 3d.

      Delete
  68. infonya sangat membantu mas walidin, udah pernah coba software intericad 8000?
    proses rendering nya lebih cepat mas, userfriendly juga, luar biasa

    ReplyDelete
  69. Wah bagus review nya, dan tanpa menyertakan link2 crack seperti review dan forum lainnya, terima kasih, appreciate sekali. Semoga dengan adanya yang versi gratis (SketchUp Make), rekan2 yang bidangnya non desain dapat ikut mencoba dan berkontribusi untuk lingkungannya masing-masing.
    Perkenalkan, saya Rizky perwakilan SketchUp di Indonesia, terutama di bidang lisensi, edukasi, training dan sertifikasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mas, semoga tulisan ini bisa menambah wawasan tentang penggunaan sketchup khususnya bagi calon mahasiswa arsitektur dan interior

      Delete
  70. wah kalo udah d V ray ternyata harus di edit pake potocop ya, hmm ada campur tangan potocop juga, harus banyak blajar dari potocop ne ga harus puas kalo udah bisa cad sama sketcup..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mas harus ada sentuhan photoshop sedikit untuk finishing

      Delete
  71. wahhh,,,klo baca komen nya dr atas.. aku termasuk yg telat bgt baru nemu sketchUp. baru 2 hari belajar SketchUp,, awal mulanya karena tertarik design 3D dan pernah sukses bikin rumah 3D pake AutoCad. karena Software AutoCad nya di uninstall kantor. iseng2 searching apa ada software lain yang bisa buat gambar 3D.. ktmu SketchUp nih... ternyata gampang bgt ya... cuma nyoba beberapa jam alhamdulillah jadi rumah sederhana. makin semangat nih pgn nyoba Vray interior & eksterior nya. Bismillah
    Thx ilmu nya Boss

    ReplyDelete
  72. SOFtWARE hanya seperti Pensil bAGI arsitektur,.. gak lebih,,
    dALAami Arsitektur secara Makro,,,kamu akan lebih hargai profesi itu... arsitek itu bUKAN hy sekedar jd Kutu software

    ReplyDelete

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.