Simple blog to share

Winrar merupakan tool kompresi file (untuk mengecilkan ukuran file).
Sebagi contoh fungsinya adalah ketika anda ingin mengirim email namun koneksi internet lemah, maka agar dapat cepat terkirim ada baiknya file yang ingin anda kirim dikompresi dengan winrar.

Sebenarnya ada banyak tool kompresi yang bisa anda gunakan seperti winzip, 7 zip, dan tool kompresi lainnya. Sepertinya setiap orang sudah tahu apa saja tool kompresi -- (apalagi yang sudah terbiasa menggunakan komputer)-- yang bisa digunakan sesuai dengan keinginan.

Fungsi penting lainnya dari winrar adalah untuk memecah file menjadi beberapa bagian (part). Sebagai contoh jika anda download software hingga 1 GB, dan anda ingin mem-"burning" ke CD yang kapasitasnya hanya 700MB maka anda harus memecahnya menjadi beberapa part misalnya 100 MB/part, agar bisa diburn ke cd.

Contoh lainnya adalah jika 1 file berkapasitas 3 GB dalam bentuk ISO, misalnya software AutoCAD. 3ds Max --(karena perkembangan software dan kapasitas file semakin besar)-- ingin di transfer ke flashdisk maka tidak bisa sekaligus karena keterbatasan syarat pada file system flashdisk. anda juga harus memecahnya menjadi beberapa agar bisa ditransfer ke flashdisk.

Note: 1 Mb = 1024 Byte ==>Anggap aja = 1000 Byte
Jadi kalau mau bikin 5 Mb / Part, maka masukkan nilainya jadi 5000000 pada isian "Split to Volumes" (reference: lihat pada gambar ke-3 di spoiler)

Nah cara untuk memecah file dengan rar yaitu:
  • Pertama, pastikan di komputer sudah di install winrar
  • Klik kanan data / folder > Add to Archive... > klik OK
  • Selesai, lihat hasilnya

Lihat gambarnya di sini:

Cara Memecah File dengan Winrar
Cara Memecah File dengan Winrar | Langkah-1 | Data 34 Mb
Cara Memecah File dengan Winrar
Cara Memecah File dengan Winrar | Langkah-2
Cara Memecah File Menggunakan Winrar
Cara Memecah File dengan Winrar | Langkah-3
Cara Memecah File dengan Winrar | Langkah-4
Cara Memecah File Menggunakan Winrar
Cara Memecah File dengan Winrar | Langkah-5-Selesai


Nah untuk meng-ekstract-nya (mengeluarkan isi file dari winrar) kembali, maka yang di ekstrak hanyalah part 1, nanti semua isinya dari dari part 1 sampai part ke-n akan keluar semua.
Caranya: klik kanan file part-1 > kemudian pilih extract here.

Untuk tulisan terbaru saya, yang berkaitan dengan cara memecah file menjadi beberapa part, anda juga dapat menggunakan winzip, silahkan anda baca:
Cara membagi file dengan win zip menjadi beberapa bagian
Cara Memecah File Dengan 7Zip

Semoga trik ini bisa bermanfaat buat kamu sekalian. Jangan lupa tetaplah kunjungi blog ini untuk update tips dan trik tutorial berikutnya.

9 comments:

  1. Owh ternyata file winrar masih bisa dibagi lagi ya... baru tau Gan... thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul sob, winrar memang mudah untuk membagi file menjadi beberapa bagian / part

      Delete
  2. wah ternyata udah juga ya...selama ini saya belum tahu cara memecahnya lho...trimakasih mas wal atas tipsnya...sangat membantu saya...selamat malam minggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semoga bisa dipraktekan langsung pak ustad, hehehee biar ga lupa, pakai percobaan sendiri. winrar memang mudah untuk memecah file

      Delete
  3. Terimakasih unt pembahasan tentang memecahkan file dengan part win rar. Semoga blognya tambah rame. Salam kenal. Maaf Numpang promo pak kali aja ada yang cari 'service komputer panggilan surabaya' . terimakasih pak admin.

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Iya betul yang tepat 1024 kb. Karena biar ga susah orang bilangya 1MB = 1000 Kb

      Delete
  5. klo misalkan dijadikan part, nanti file yang ada di dalam winrar tersebut akan korup ngga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. rar yang sudah dipecah jika ingin diekstrack tidak akan membuat corrupt file aslinya, mas

      Delete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.