Simple blog to share

Cara memecah file dengan 7zip sebenarnya secara prinsip sama dengan yang dilakukan pada aplikasi winrar ataupun winzip. Jika kamu belum tahu apa itu 7zip, winrar, dan winzip maka di sini saya beritahu sekilas tentang tool/software tersebut. Ketigannya merupakan tool kompresi file yang berfungsi untuk "memampatkan/memperkecil" semua jenis file, ya semua jenis file, file apa saja. Selain sebagai alat untuk memperkecil file, ketiganya juga sekaligus merupakan aplikasi "archive / arsip" yang berextensi .7zip, .rar, ataupun .zip/zipx, karena itu gambar (logo) berupa seperti laci sekaligus per pegas untuk menekan/mengkompresi/memampatkan.

7zip-winrar-winzip-logo

Lalu apa fungsinya tool kompresi tersebut baik 7zip, winrar, ataupun winzip?

Selain berfungsi untuk memperkecil ukuran file ketiga-tiganya juga dapat digunakan untuk memecah file menjadi beberapa bagian.

Sebagai contoh penerapannya: jika kamu memiliki file sebesar 50 Mb kemudian akan dikirim melalui email sekaligus, maka kamu tidak bisa mengirimnya, karena keterbatasan besar-kecilnya attachment yang boleh disertakan. Yahoo mail membatasi besarnya file attachment maximum 25 Mb/email, dan begitu juga gmail 25 Mb/email. Karena itu agar kamu tetap dapat mengirim email dan menyertakan file tersebut yang besarnya 50Mb, maka file tersebut harus dipecah menjadi beberapa bagian. Misalnya menjadi 2 bagian masing-masing 25 Mb. Atau agar emailnya lebih cepat terkirim kamu bisa membaginya lebih kecil lagi, misalnya masing-masing menjadi 10 Mb, jadi 5 bagian (part).

Contoh penerapan lainnya: jika kamu ingin memasukkan file software sebesar 5 GB ke flashdisk atau ke cd, dan kapasitasnya yang terbatas, maka file tersebut juga harus dipecah lagi menjadi beberapa bagian.

Apa kelebihan 7zip, winrar, dan winzip?

Kelebihan yang paling simple dan jadi alasan utama yaitu 7zip gratis tis, sedangkan winrar dan winzip itu berbayar. 7Zip memiliki kinerja yang lebih ringan dan cepat, tampilannya pun sederhana tidak membingungkan. Support (associate with) dengan banyak jenis file kompresi berekstensi seperti .7z, .zip, .rar, .001, .cab, .iso, .xz, .txz, .lzma, .tar, .cpio, .bz2, .bzip2, .tbz2, .tbz, .gz, .gzip, .tgz, .tpz, .z, .taz, .lzh, .lha, .rpm, .deb, .arj, .vhd, .wim, .swm, .fat, .ntfs, .dmg, .hfs, .xrar, .squashfs

Silahkan nanti baca juga:
Cara memecah file dengan winzip
Cara memecah file dengan winrar

Sekarang kamu sudah tahukan fungsi dari tool kompresi?

Nah, lanjut ke pokok tutorial sesuai judulnya yaitu cara memecah file dengan 7zip:

Jika kamu belum menginstall software 7zip silahkan di download terlebih dulu pada halaman web ini; Link Download 7Zip Terbaru
  1. Siapkan file yang akan di pecah; bisa 1 file ataupun kumpulan banyak file dalam satu folder.
  2. Buka spoiler berikut:
    cara-memecah-file-dengan-7-zip
  3. Klik kanan folder > pilih 7 Zip > pilih Add to archive.
  4. Buka spoiler berikut:
    cara-membagi-file -dengan-7zip
  5. Beri nama file baru atau biarkan sesuai defaultnya (Ket.1), pecah file sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan (Ket.2), beri password jika memang diperlukan (Ket.3) > klik OK. Tunggu beberapa saat hingga proses pemecahan file dengan 7zip selesai.
  6. Buka spoiler berikut:
    cara-split-volume-7zip

    cara-kompresi-7-zip

  7. Lihat hasilnya pada gambar di bawah ini
  8. Buka spoiler berikut:
    file-besar-dipecah-dengan-7zip
  9. Nah, sekarang hapus file utama pada folder, dan extract (keluarkan kembali) filenya dari archive 7zip. Klik kanan file > pilih 7Zip > Extract here.
  10. Buka spoiler berikut:
    cara-mengekstrak-file-dengan-7
  11. Selesai, lihat hasilnya lagi. file dalam folder sudah ada yang berasal dari archive 7zip.
  12. Buka spoiler berikut:
    cara-memberi-password-7zip
Dengan menggunakan tool kompresi 7zip semua file-file yang dianggap terlalu besar bisa di pecah menjadi beberapa bagian sesuai dengan keinginan. Caranya juga sangat gampang, kan?

Semoga tips dan trik ini bisa bermanfaat buat kamu. Beritahukan kepada teman dekat kamu ya bahwa di www.walidin.net terdapat banyak tips dan trik bermanfaat berkaitan dengan penggunaan aplikasi laptop.

3 comments:

  1. nah ini sy belum bisa...cra memecah file dng 7zip...langsung sy pelajari mas...salam hangat... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dicoba pak ustad, mudah mudahan bermanfaat tips memecah file dengan 7zip untuk mengatasi file-file gede yang perlu di-compress

      Delete
  2. W0w ini tutor yg saya cari thanks ya gann

    ReplyDelete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.