Simple blog to share

Peluang usaha 2017 yang akan jadi tren kira-kira seperti apa ya? apakah perkembangan ekonomi dan tekologi akan berpengaruh jauh lebih dominan dari tahun tahun sebelumnya?

Bagi orang yang bisa membaca peluang bisnis, mengamati perkembangan dunia usaha itu mengasikkan bahkan bisa menjadi tantangan yang dapat memunculkan ide baru. Namun bagi orang awam yang belum pernah berkecimpung di dunia usaha, ia akan mengalami kesulitan untuk menentukan tren bisnis apa yang akan diambil jika ia akan memulai sebuah usaha.

Tulisan ini akan memberikan sedikit gambaran tentang prospek bisnis dan usaha jika anda masih bingung menentukan mana yang terbaik, mana yang paling fleksibel sesuai dengan perkembangan tren kebutuhan konsumen/pengguna.

peluang-bisnis-usaha-2017

Disarikan dari berbagai sumber bahwa di tahun 2017 jenis bisnis yang akan menjadi peluang menjanjikan adalah sebagai berikut:


  1. Online Shop / E-commerce
    Semakin banyaknya pengguna jejaring social seperti facebook, google+, twitter, instagram, dan dan youtube, akan memunculkan banyak pendatang baru di lini online shop. Dengan online shop yang dibangun, bisnis/usaha tidak memerlukan banyak modal besar seperti sewa tempat. Selain itu jangkaun online shop jauh lebih luas.

    Jika dipererhatikan penggunaan iklan di facebook mengalami peningkatan yang signifikan untuk mengiklankan onlineshop mereka. Menghubungkan pengguna facebook untuk memperkenalkan produk yang dijual di onlineshop merupakan langkah jitu untuk mendatangkan banyak pembeli. Ragam peluang bisnis menggunakan sarana online shop bisa terserah anda, apa yang ingin anda jual. Jika anda tidak pandai membuat onlineshop, bisa menggunakan jasa profesional untuk membuatnya.

    Atau bahkan tanpa memiliki websitepun bisa untuk menjual barang dagangan secara online, seperti menggunakan fanpage facebook atau instagram. Jika anda minat menjual barang secara online amatilah dalam-dalam (secara teliti) bagaimana cara orang menjual barang dagangannya di facebook, dan instagram. Installah aplikasi facebook dan instagram di samrtphone anda jika anda belum menggunakannya.

    Untuk mengetahui bagaimana peran, manfaat, dan kekuatan social media untuk meningkatkan bisnis dan usaha, anda bisa gali informasinya di halaman ini:
    Kekuatan Bisnis Melalui Sosial media

  2. Binis Waralaba
    Waralaba (franchise) merupakan bisnis yang paling tepat jika anda merupakan orang yang takut terjun langsung dalam dunia usaha. Dengan waralaba anda akan mendapatkan standarisasi operasional usaha dan pengawasan, sehingga kecil kemungkinan akan mengalami kerugian. Pengarahan bagaimana menjalankan usaha, cara melayani konsumen dengan standarisasi tertentu akan membuat anda belajar lebih banyak tetang dunia usaha.

    Waralaba bisa dijadikan jembatan perantara untuk belajar bisnis sebelum anda terjun 100% dengan modal 100% milik anda sendiri (keluar dari sistem waralaba nantinya). Dengan waralaba anda dapat mempelajari konsep dan model bisnisnya twrlebih dahulu. Jika modal anda pas-pasan, carilah waralaba yang tidak mahal syarat kepesertaannya. Misalnya di bawah 20 juta, 10 juta, atau bahkan ada yang di bawah 5 juta.

    Untuk mendapatkan informasi lengkap tentang bisnis waralaba anda dapat mencarinya dengan cara membeli majalah khsusus waralaba (majalah franchise) kemudian anda menghubungi pewaralaba yang anda inginkan melalui nomor telpon yang disertakan.

  3. Bisnis Properti
    Bisnis properti diperkiraan akan tambah booming di tahun 2017. Ini dikarenakan adanya respon positif terhadap perkembangan ekanomi yang ada di indonesia khususnya. Banyak developer muda yang mulai mengembangkan model bisnis properti, seperti kepemilikan properti secara syariah tanpa harus melibatkan bank. Banyak developer muda yang mengembangkan bisnis properti dengan cara kerjasama dengan para pemilik lahan. Jika anda memiliki keberanian mengembangkan properti tidak ada salahnya anda coba karena bisnis ini sangat menggiurkan tingkat keuntungannya. Tahap pertama mungkin yang bisa anda lakukan misalnya mengembangkan bisnis properti dengan orang-orang terdekat anda, seperti dengan saudara yang masih memiliki hubungan darah agar bisa saling percaya.

    Alternatif lainnya, jika anda ingin bisnis properti namun tidak memiliki modal sama sekali yaitu anda bekerja sama dengan orang yang ingin menjual rumah. Carilah "rumah dijual" dan hubungi sang pemiliknya yang mau menjual rumah tersebut kemudian buatlah kesepakatan. Misalnya jika harga rumah 500juta sedangkan anda berhasil menjual 600 juta, maka anda akan membagikan 20% ke pemilik rumah sedangkan sisa keuntungannya milik anda. Dengan cara ini anda tidak membutuhkan banyak modal, hanya beberapa saja untuk pasang iklan.

  4. Jasa pembuatan website, Jasa SEO, dan jasa endorse.
    Selama 2017 diperkirakan peningkatan website akan mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Mereka akan bergeser dari bisnis manual (offline) yang terbatas calon konsumennya beralih menggunakan website untuk berpromosi karena biayanya juah lebih murah (online).

    Dengan peningkatan seperti itu, maka semakin banyaknya website-website yang bermunculan sebagai shop (toko) online, akan membuat persaingan semakin ketat untuk menduduki halaman pertama pencarian google. Misalnya orang mencari produk dengan "baju gamis" maka ada puluhan bahkan ratusan website yang bersaing untuk menempati halaman pertama google. Karena itu jasa pembuatan website toko online, dan jasa SEO bisa dijadikan bisnis menjanjikan 2017 oleh anda.

    Masih seputaran dunia internet dan jejaring sosial, dengan instagram anda dapat membuka jasa endorse untuk produk-produk tertentu yang relevan. Tentunya anda harus membuat dan membangun banyak follower di instagram. Menjadi endorser sebuah produk/layanan adalah salah satu cara mudah mendapatkan uang.

    Jika follower anda sudah ratusan ribu, anda bisa membuka layanan endorser. Mulailah bangun follower di instgram sekarang. Peluang usaha di tahun 2017 ini patut anda coba karena bisnis tanpa modal salah satunya adalah jadi endorser di instagram.

  5. Industri Kreatif
    Industri kreatif banyak macamnya. Misalnya kerajinan dari bambu untuk seting interior. Tas dan pernak-pernik wanita akan selalu mendapatkan pangsa pasar yang bagus apalagi bila dipadukan dengan pemasaran online shop. Jenis indutri kreatif lainnya ada pada diri anda untuk menentukannya, apakah ide anda bisa dijadikan peluang usaha atau tidak.
    Banyak majalah-majalah tentang info bisnis industri kreatif salah satu misalnya majalah elshinta yang bisa anda jadikan rujuan informasi.

  6. Bisnis Kuliner Unik
    Di tahun 2016 yang paling booming di bisnis kuliner misalnya ayam gepuk, tahu bulat semakin merajalela. Contoh lain misalnya bisa anda amati sendiri di daerah tempat tinggal anda. Bisnis kuliner merupakan ragam peluang usaha 2017 yang akan semakin trending, karena salah satu lahan yang paling potensial. Banyak pelaku bisnis kuliner yang memanfaatkan tempat seadanya yang penting lokasinya ramai pengunjung. Bisnis kuliner tidak harus menggunakan modal besar, jadi jika anda punya ide di segmen kuliner kenapa tidak memberanikan diri untuk terjun ke lahan bisnis ini. Anda yang memiliki kemampuan masak bagus dapat melakukan percobaan resep baru.

  7. Tour and travel
    Peningkatan kondisi ekonomi yang semakin bagus indonesia khususnya di bidang pariwisata terus mendorong orang untuk mengalokasikan sebagian penghasilannya buat acara tahunan yaitu traveling. Majunya pariwisata sebuah tempat tidak lepas dari peran media sosial yang mana orang-orang banyak menge-share foto-foto mereka di tempat objek-objek wisata yang mereka kunjungi. Semakin bagus foto yang mereka share akan semakin membuat orang penasaran untuk bisa traveling ke tempat tersebut. Jika anda bermodal besar, anda dapat menyewa tempat sebagai agen tour and travel, dan atau termasuk bisnis umroh. Membuka layanan tersebut untuk mendulang kesuksesan lahan bisnis ini.

    Lalu bagaimana jika anda tidak memiliki modal yang cukup namun ingin ambil bagian di bisnis ini.
    Caranya sebenarnya mudah, jadilah agen tiket untuk teman-teman anda dan orang-orang di sekitar anda. Caranya, jika ada teman anda yang butuh tiket perjalanan baik itu tiket pesawat atau tiket kereta api, anda dapat menawarkan jasa pembelian tiket kepada mereka. Keuntungannya bisa anda patok berdasarkan kesepakatan antara anda dan teman anda. Misal harga tiket adalah 200 ribu anda dapat memberikan jasa dengan harga 220 ribu misalnya. Jika ada 5 orang maka anda mendapatkan keuntungan 100 ribu sehari.
    Semakin banyak teman anda yang tahu bahwa anda dapat membantu mereka membelikan tiket, akan semakin banyak pesanan anda. Apalagi di bulan-bulan tertentu misalnya bulan liburan anak sekolah, bulan liburan akhir tahun, atau bulan lebaran. Agar lebih baik lagi anda bisa pasarkan jasa anda melalui facebook, twitter, atau situs iklan.
    Bagaimana caranya agar mudah mengambil keuntungan dari jasa pembelian tiket?
    Anda dapat menggunakan aplikasi android BebasBayar misalnya, dengan aplikasi ini anda dapt menjadi agen tiket baik pesawat atau kereta api. Untuk mencobanya anda biasa download aplikasinya melalui tautan ini.
    Daftar dulu layanan BebasBayar Aplikasi tersebut gratis anda gunakan, yang diperlukan cuma daftar, setelah itu baru download aplikasinya.

  8. Bisnis server pulsa
    Meski bisnis ini merupakan bisnis yang sebelumnya telah ada, namun jika ditilik ini sangat potensial karena perkembangan penggunaan pulsa untuk penggunaan data internet akan terus meningkat. Bisnis server pulsa memerlukan investasi yang cukup lumayan yaitu berupa komputer untuk server dan software untuk jualan pulsa. Secara teknis untuk bisnis server pulsa harus mengikuti training. Biasanya trainingya diberikan oleh mereke yang menjual jasa Bisnis Server Pulsa. Meski bisnis ini merupakan bisnis yang banyak sekali pesaingya namun tetap potensial untuk digarap. Jika anda memiliki latar belakang pengalaman jualan pulsa, membangun server pulsa sendiri jauh lebih menguntungkan dari pada anda harus jadi distributor (agen) dari server pulsa terebut.

  9. Investasi Online
    Meski kebayakan masyarakat indonesia masih takut untuk berinvestasi secara online, namun perkembangan investasi online memiliki tren yang akan terus meningkat. Contohnya investasi online reksadana. Reksadana merupakan jenis investasi yang akan memberikan imbal hasil lebih besar dari pada bunga bank deposito. Jika anda tertarik investasi di reksadana, untuk membeli unit investasi reksadana tidaklah diperlukan biaya mahal. Cukup dengan uang Rp. 100.000,- pun bisa. Meksi tidak semua perusahaan reksadana mematok harga yang sama. Berinvestasi direksa dana sangatlah fleksibel karena anda dapat menentukan jenis investasinya sendiri, apakah uang yang anda masukkan ke reksadana akan diinvestasikan di sektor saham, pasar uang, surat berharga obligasi, atau produk lainnya. Lalu bagimana caranya jika anda ingin berinvestasi di reksadana?

    Anda dapat menghubungi bank atau perusahaan manager investasi. Bank-bank yang ada kebanyakan sudah dapat melayani produk reksadana, namun sebatas hanya sebagai agen penjual produk reksadana, seperti Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri, dan bank-bank lainnya. Jika anda ingin lebih puas dan gamblang tentang investasi reksadana, anda dapat langsung menghubungi perusahaan manager investasi.
Itulah beberapa peluang usaha yang akan menjadi trending di tahun 2017 ini. Mempunyai modal atau tidak jika anda bisa membaca peluang, maka ada banyak cara untuk meraih lebih banyak penghasilan.

1 comment:

  1. E commerce akan maju banget... Terutama lingkup asia tenggara.... Apalagi alibaba sudah memiliki lazada

    ReplyDelete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===