Simple blog to share

Siapa yang tidak menggunakan facebook jaman sekarang? atau bahkan google+, instagram, path, twitter, netlog, ataupun sosial media lainnya? Bukan hanya remaja yang menghabiskan waktu di jejaring sosial namun semua kalangan yang mencoba dan menekuni dunia online, apalagi yang memang berkecimpung di dunia bisnis, entrepreneur, UKM (usaha kecil menengah), dan usaha kreatif. Mereka para onliner tidak hanya update status dan bermain di jejaring sosial, tapi juga memanfaatkan kesempatan untuk berpromosi terhadap produk-produk atau jasa yang mereka tawarkan.


Beberapa tahun terakhir ini peran sosial media sebagai social media network memang luar biasa. Ini merupakan peluang besar untuk memperkenalkan usaha/bisnis yang digeluti oleh setiap orang.  Mereka memanfaatkan situs pertemanan untuk menawarkan barang dagangannya dengan mudahnya, tanpa perlu banyak kata-kata, tinggal foto produknya dan upload ke jejaring sosial, maka teman anda akan tahu apa yang anda tawarkan.

Jika dalam berbisnis mereka memiliki website penjualan, mereka menggunakan jejaring sosial untuk menghubungkannya dengan website penjualannya mereka, sehingga para calon pembeli dapat melihat list produk-produk mereka secara online. Ini teknik sederhana yang diterapkan pada prinsip internet marketing. Para penjual (pebisnis online) menggunakan fanpage facebook dan memberikan tautan profilenya ke website/blog penjualannya.


Dalam berbisnis online mereka memberikan kemudahan kepada calon pembeli sehingga dalam berbelanja pun para pembeli tidak perlu keluar rumah atau pun keluar kantor saat kerja untuk mendapatkan apa barang yang dipesan. Lihat ketika anda membuka facebook, berapa orang yang menawarkan ataupun mengiklankan produk jualannya melalui jajaring pertemanan tersebut.

Kekuatan sosial media untuk berbisnis memiliki jangkauan yang sangat luas, siapapun dan di manapun dapat melihat profile dan produk-produk yang ditawarkan. Lalu keuntungan apa saja yang didapat jika anda memiliki website penjualan dan memanfaatkan jejaring sosial untuk memperkenalkan produk yang anda tawarkan?

  • Meningkatakan efisiensi dalam promosi, jika teman anda di jejaring sosial misalnya di facebook sebanyak 2500 orang, di instagram follower anda 5000 orang, di google + 10000 orang, maka jumlah teman anda sebanyak 17500 orang. hanya dengan 1x send update status promosi di masing-masing jejaring sosial tersebut produk anda langsung dikenal oleh 17500 orang. Belum lagi jika anda memiliki follower ribuan di twitter dan jejaring sosial lainnya.
  • Jenis transaksi yang anda lakukan tanpa batas, karena setiap saat dan di manapun bisa dilakukan melalui jaringan online (internet). Apalagi kecenderungan orang sekarang lebih suka berbelanja online. Baik si penjual amupun pembeli juga tidak harus bertemu secara langsung. Dan unsur kepercayaan bisnis online adalah kejujuran, kejujuran, dan kejujuran.
  • Dengan sales letter yang handal, anda tidak perlu berkali-kali ngomong soal produk dan kelebihan (keunggulan/kualitas) produk yang dijual. Calon pembeli dapat melihat deskripi secara detail di bagian page item dan melihat barangya melalui image yang ditampilkan.
  • Tidak harus keluar rumah dan dapat dilakukan dari rumah. Inilah yang paling mengasikkan jika anda ingin mempromosikan produk yang anda jual. Promosi sambil tiduran pun bisa. Sambil makan siang pun bisa.

Kemudian pertanyaannya adalah produk apa saja yang bisa dijual melalui media jejaring sosial dan dijadikan lahan bisnis? ya tentunya barang/produk apa pun yang ada miliki baik barang dalam bentuk fisik / digital ataupun dalam bentuk jasa.

2 comments:

  1. makasih banyak buat infonya, sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  2. Keren juga ya
    Sekarang bisnis kebanyakan pusatnya justru dari sosial media

    ReplyDelete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Blog Archive

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.