Simple blog to share

Tidak semua versi handphone yang ada di pasaran menggunakan keyboard bahasa indonesia. Ini seperti yang saya miliki yaitu hape oukitel K10000 yang asalnya dari luar negeri saya beli beberapa waktu lalu. Alhasil saat digunakan untuk pengetikan tidak muncul word suggestion kata bahasa indonesia. Jadi mengetik lama sekali, hanya gara-gara tidak muncul saran kata apa saja dari awalan sebuah kata.

Karena adanya kekurangan ini awalnya saya cari android google keyboard namun tidak memuaskan. Coba beberapa kali dan keyboard yang berbeda pun masih sama, kurang pas bahkan tetap tidak muncul word suggestion-nya.

Melihat berbagai review penggunaan android keyboard akhirnya saya pakai Indonesian keyboard yang dikembangkan oleh Ziipin Network.

keyboard-auto-sugestion-android-paling-bagus

Hampir semua kata yang ada bisa muncul di papan ketik ini. Cukup bagus, hanya saja pada pengaturan tidak menyertakan tombol On / Off  untuk switch ke keyboard default android bawaan. Untuk menghentikan keyboard ganti ke mode default mesti menghentikannya dari pengaturan aplikasi "paksa berhenti".

keyboard-android-terbaik

Yang kedua, saat pengetikan tiap word suggestion selesai terdapat spasi yang mana jika bertemu tanda titik akan mengharuskan untuk melakukan tombol back 2x karena terdapat titik dan spasi. Menurut saya ini sangat menyusahkan penggunaan cepat, terutama untuk mengakhiri setiap kalimat.

Dari kedua review tersebut sebaiknya word suggestion nya tidak menggunakan spasi setelah nya karena akan seperti paragraf ini yang mana kata ,"nya" jadi terpisah dari kata utama nya .

Mudah mudahan bisa diperbaiki termasuk penulisan tanda - untuk kata berulang pada penulisan "mudah-mudahan".

Meskipun memiliki kekurangan dari dua poin di atas (sesuai yang saya temukan - selama menggunakannya), keyboard ini masih saya anggap sebagai keyboard android terbaik; paling bagus di antara keyboard lain yang saya coba.

 Mudah-mudahan dari review penggunaan ini developernya bisa melakukan perbaikan-perbaikan pada sistem penulisannya.

Terima kasih banyak buat developernya, sudah mengembangkan keyboard ini.


0 comments:

Post a Comment

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===