Simple blog to share

Anda punya koleksi VCD lawas yang bersisi lagu-lagu kesukaan?
Sesekali anda ingin mendengarkannya melalui perangkat smarphone di mana saja?
Lakukan cara ini.

Cara konvert video dari vcd yang berformat .dat (baca: berekstensi dot dat) untuk tujuan agar dapat dimainkan (di-play) di handphone atau media lain sebenarnya mudah. Video .dat merupakan tipe file yang hanya ada di cd (compact disk) hasil dari proses burning dengan nero ataupun software yang sejenis. Jika anda memiliki koleksi album video artis kesayangan dalam bentuk vcd yang pernah anda beli beberapa tahun yang lalu, ketika teknologi video cd masih tenar-tenarnya, dan anda sekarang ingin memainkan kumpulan lagu tersebut menggunakan perangkat digital protable seperti HP, Ipad, maka anda harus meng-konvert video-video tersebut ke dalam bentuk mp4 agar support dengan player protable tersebut.

convert-video-dari-vcd

Format video .dat yang ada pada cd memang cukup besar, karena keping cd yang digunakan jaman dulu kapasitasnya hanya 700 MB, sehingga hanya menampung beberapa lagu video saja.  Namun jika koleksi video musik anda dalam bentuk dvd, lebih banyak jumlahnya karena memang keping dvd kapasitasnya lebih gede yaitu 4.7 GB. Nah, dengan banyak dan besarnya kapasitas video yang ada pada koleksi media tersebut, maka anda harus meng-convert menjadi format file yang lebih kecil yaitu mp4. Dengan format mp4, semua perangkat android / iphone akan mendukung untuk memutar semua musik kesayangan anda. Selain itu juga tidak boros terhadap kartu memory eksternal (storage).

Baca juga tutorial tips sebelumnya yang masih berkaitan dengan video musik, silahkan anda baca pada halaman ini; Cara Burn Video Agar Bisa Disetel Di CD-DVD Player

Berikut merupakan cara untuk mengubah format video .dat dari cd menjadi mp4 agar dapat disetel di handphone android:
( Note: dengan aplikasi/software ini anda juga dapat meng-convert dari file dat menjadi avi, dvd, mpeg ,wmv, flv, blu-ray, mov, rm, 3gp, swf, mkv, dpg, amv, mtv, m2ts )

  1. Copy video yang ada pada vcd anda, cari folder di mana ada file .dat-nya

  2. convert-video-dat-dari-vcd

  3. Jalankan Movavi Video Converter. Drag & Drop file yang ingin anda convert

  4. cara-konvert-video-dat

  5. Beri tanda centang file video yang ingin anda convert. Jika sudah ok anda akan mengconvert semua / sebagian secara bersamaan

  6. cara-mengubah-format-file-video-dat

  7. Klik tombol Convert, tunggu hingga proses konvert ke format file Mp4 selesai, dan lihat hasilnya.

  8. mengganti-format-video-dat

    video-converter-yang-mendukung-konversi-file-format-dat

    mengubah-format-video-dat-kaset-VCD-DVD

  9. Silahkan anda masukkan ke hp android / iphone untuk menikmatinya.

  10. Video-Converter-dat-file

Tips:
Untuk mendapatkan resolusi hasil convert yang terbaik, jika anda tidak mengetahui seberapa besar ukuran layar pada hp android anda, silahkan anda cari di google, misalnya dengan kata kunci "Merek + Tipe/Model + Screen Size"; Contoh: "samsung young screean size"

Pemutar video .dat seperti "cd player" lambat laun akan ditinggalkan karena tuntutan teknologi player video yang semakin maju dan keperluan media penyimpanan yang lebih besar. Dengan menancapkan media flashdisk sekarang pun ada dapat menonton film dan menyetel berbagai lagu video kesayangan anda. Sehingga jika anda memiliki lagu-lagu kenangan favorit dalam format vidio, koleksi cd video musik anda sebaiknya disimpan saja sebagai backup, dan jika anda memerlukannya, anda tinggal copy ke media portable seperti hand phone atau flashdisk. Namun sebelumnya, jangan lupa diconvert dulu agar kompatibel (compatible) dengan media player lain.

Semoga tutorial ini dapat membantu anda. Asik kan dapat melihat video lagu-lagu favorit yang dulunya hanya bisa melalui cd player, sekarang dapat melalui gadget. Tinggal diputar sepuasnya atau didrag ke bait lagu yang kamu sukai. Lihat videonya dan nikmati dengan headset sekeras yang anda inginkan.

Silahkan anda baca tutorial lengkap lainnya pada halaman: sitemap

9 comments:

  1. Kalau gini, 1 file bisa masuk ke berbagai perangkat. Tinggal ganti extensinya aja..

    ReplyDelete
  2. iya betul mas Rian, cukup mudah sebenanrya untuk mengubah format .dat dari vcd ke mp4, dan ke format lainnya

    ReplyDelete
  3. movavinya yang versi berapa gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya menggunakan video converter mov avi versi 14.0.1 mas.

      Delete
  4. Mas kalo pake free video converter bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bisa saja, tinggal pilih yang support dat, bisaanya cari yang open sources, mas

      Delete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.