Simple blog to share

Cara install windows dengan flashdisk untuk semua versi baik windows 10, 8, 7 (seven), vista, maupun xp sebenarnya memiliki prinsip yang sama. Pada contoh di bawah ini akan diberikan tips bagaimana menginstallnya melalui flashdisk secara mudah. Anda hanya memerlukan software tambahan yang bernama win to flash. Dengan menggunakan win to flash anda dapat mentransfer windows yang ada pada dvd/cd windows ke flashdisk anda. Tutorial cara instal windows ini bisa anda coba meski anda belum pernah melakukannya sendiri. Cara install windows melalui flashdisk dilakukan untuk netbook yang memang tidak memiliki cd/dvd driver atau pada laptop/pc yang cd/dvd drivernya rusak, sehingga harus melakukannya lewat flashdisk (flashdrive).

cara-install-windows-memakai-flashdisk

Jadi jika netbook anda rusak (error) sistem windowsnya, atau windows laptop anda error dan rusak cd/dvd drivernya maka cobalah perbaiki sendiri, jangan ragu apa yang anda coba akan gagal. Pada pokok panduan ini, akan ditunjukkan bagaimana persiapan menginstall ulang windows menggunakan usb flashdrive sampai dengan mengubah alternatif proses booting hardisk untuk diubah ke flashdisk. Mengubah sistem booting dari hardisk ke flashdisk terhadap proses "read" diperlukan karena pada saat start-up proses install windows, yang pertama harus dibaca adalah flashdisk agar penginstallan windows dengan flashdisk dapat berjalan sempurna.

Ada 3 langkah sebelum anda menginstall ulang windows pakai flashdisk agar anda tidak bingung step-stepnya:

I. Anda memindahkan windows dari keping DVD ke flashdisk
Jika windows anda error dan tidak bisa login sama sekali, gunakan laptop/komputer lain (anda bisa pinjam ke teman anda) untuk mentransfer sistem operasi windows dari dvd ke flashdisk dengan win to flash. Namun jika windows anda hanya terjadi kerusakan kecil dan ingin install ulang maka gunakan laptop anda untuk mencopy windows ke flasdisk terlebih dahulu.

II. Anda mengubah sistem startup booting dari hardisk ke flashdisk melalui BIOS (Basic Input Output System).
Setelah anda memindahakan windows dari dvd ke flashdisk, ubah sistem boot pada laptop/pc anda melalui boot priority menjadi usb flashdisk

III. Anda melakukan proses instalasi windows hingga selesai.
Cara dan langkah-langkah untuk menginstall windowsnya secara lengkap bisa anda buka halaman ini; Cara install windows 7 dan install webcam pada laptop baru - komplit 76 images


Berikut cara memindahkan windows dari dvd ke flashdisk menggunakan win to flash:

  1. Donwload win to flash pada halaman berikut; donwload win to flash untuk install windows pakai flashdisk. Kemudia extract file zip yang telah anda download.
  2. Buka spoiler berikut:
    install-windows-10-8-7-seven-xp-melalui-flashdisk

    cara-install-windows-pakai-flashdisk

  3. Colokkan/pasang flashdisk kosong yang anda miliki (flash disk gunakan 4Gb atau lebih besar).

  4. Jalankan win to flash; Klik Windows Setup Transfer Wizard; dan Biarkan sesuai defualt, langsung klik Next pada kotak dialog "This program will help you to install windows from a USB drive".
  5. Buka spoiler berikut:
    install-ulang-netbook-pakai-flashdisk

    cara-install-windows-7-8-10-melalui-usb-flashdisk


  6. Pada kotak dialog basic parameter " Windows file path ", Pilih drive yang merupakan drive flashdisk/usb (pada contoh ini adalah drive F:\).  Kemudian klik Next.
  7. Buka spoiler berikut:
    cara-install-windows-dengan-flashdisk


  8. Langsung klik Continue pada Licence Agreement.
  9. Buka spoiler berikut:
    tutorial-install-windows-menggunakan-flashdisk

  10. Tunggu hingga proses transfer windows dari DVD ke flashdisk, dan jika sudah selesai klik Next untuk proses selanjutnya.
  11. Buka spoiler berikut:
    langkah-install-windows-pakai-flashdisk

    panduan-install-windows-xp-7-8-10-pakai-flashdisk

  12. Lihat perubahan pada drive flashdisk, sudah berubah menjadi drive dengan icon logo windows. artinya flashdisk anda sudah terisi sistem operasi windows dan siap digunakan untuk install ulang windows laptop/pc anda.
  13. Buka spoiler berikut:
    cara-mudah-install-windows-7-8-10-pakai-flashdisk


Langkah berikutnya setelah anda membuat flashdisk instalasi windows adalah mengubah booting laptop dan melakukan proses install windows.
Caranya yaitu dengan merestart laptop/komputer. Pada saat restart berjalan sambil tekan tombol keyboard F2 untuk masuk BIOS. Untuk cara lengkap disertai gambar bisa anda lihat pada halaman ini; Mengubah Proses Boot Priority dan Intalasi Windows pada TAHAP-2 poin yang dibahas.

Semoga tutorial cara install ulang windows memakai flashdisk ini dapat membantu anda ketika windows anda error dan meminta install ulang.

4 comments:

  1. Koq selalu berhenti di 10%
    Solusi mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara memindahkan isinya:
      Putus koneksi internetnya terlebih dl, kemudian ulangi lagi coba, mas.

      Delete
  2. trimakasi atas solusinya bos,,,kita belajar autodidak bisa tau...

    sangat membantu......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara instal windows lewat flashdisk dengan wintoflash tidak susah kan? belajar autodidak memang sangat mengasikkan

      Delete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.