Simple blog to share

Sticky notes di windows 7, 8, dan 10 layaknya kertas post-it yang digunakan untuk menulis catatan penting dan sering ditempel pada layar monitor, meja kerja, dan atau meja belajar. Catatan post it bisa menjadi sangat penting saat seseorang memiliki banyak jadwal tugas/pekerjaan/kegiatan yang harus diselesaikan.
Jika kamu termasuk orang yang mempunyai banyak tugas, maka saya sarankan memakai program sticky note yang telah disediakan di windows. Sticky note ini fungsinya adalah untuk membuat memo di desktop (layar monitor).
cara-pakai-sticky-note-windows-7-8-10

Saya juga selalu pakai agar tetap ingat tugas apa saja yang harus dikerjakan berdasarkan skala prioritas begitu laptop/komputer dinyalakan. Dengan aplikasi ini, setidaknya tidak diperlukan biaya tambahan untuk membeli kertas sticky note secara rutin. Ya, kan..?

Keep simple...! (tetaplah sederhana)

Meski aplikasi ini jarang digunakan oleh kebanyakan pemakai windows karena sangat sederhana dan tidak begitu familiar di telinga, bukan berarti ia bisa diremehkan begitu saja. Prinsip dasarnya sederhana; microsoft menciptakan windows disertai berbagai aplikasi bawaan agar penggunannya nyaman dan selalu dimudahkan setiap kali menggunakan laptop windows, dan berharap bisa mengurangi banyak install software tambahan.

Sticky Note pengganti kertas post-it

Post-it sebagai kertas catatan tempel singkat dan cepat, mulai digantikan oleh sticky note sejak kemunculan windows 7 hingga windows 10 sekarang. Lebih praktis tanpa kertas yang biasanya nempel di sana sini. Kamu bisa menggunakan lemar sticky note sebanyak yang diinginkan. Asiknya tulisan pada sticky note dapat di copy-paste ke/dari aplikasi lain, sehingga bisa lebih cepat membuat catatan tanpa banyak waktu yang tersita.

Lalu catatan singkat apa saja yang bisa kamu tuliskan di Sticky Notes?

Ya.. apa saja pokoknya, baik tentang tugas pekerjaan, tugas kuliah, jadwal kegiatan, ataupun ide-ide yang baru saja muncul untuk ditulis agar tidak menguap lupa.
Dengan memo kecil sticky note

Jika kamu belum tahu cara membuka sticky note di windows 7, 8, atau 10, ini langkahnya:
Ketik "sticky" (tanpa tanda petik) di kotak search windows > klik tulisan yang muncul
Buka spoilernya:
cara-menggunakan-sticky-note-windows-7-8-10
atau
bisa juga melalui Start > All Programs > Accessories > Sticky Notes

Setelah muncul, silahkan kamu tulis apa saja tugas/pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu dekat pada sticky note tersebut sebagai pengingat agar kamu tetap fokus pada jadwal yang telah ditentukan. Ya... lebih fokus, karena ia sangat simple namun eye catching terlihat (ramah dilihat mata).

Lebih lanjut, cara menambah kotak sticky note baru, klik tanda plus (+) pada bagian atas kiri. Arahkan mouse di atasnya agar ia bisa muncul.
Sedangkan cara menghapus sticky note yang sudah kamu buat dari beberapa jendela, klik tanda X di sebelah kanan.
Buka spoilernya:
cara-membuka-sticky-note-windows-7-8-10

Mudahkan?

Sekarang bagimana cara mengubah warna sticky note yang telah dibuat?
Buka spoilernya:
cara-mengubah-warna-sticky-note
Klik kanan pada salah satu kotak kemudian dari opsi warna yang muncul, silahkan pilih.


Untuk keluar/menutup sticky note dari layar desktop, klik kanan pada task bar > Close windows.
Untuk mengksesnya lebih cepat, silahkan klik kanan > pilih Pin this program to taskbar
Buka spoilernya:
cara-menutup-sticky-note-dari-layar-dekstop

Tips dan trik penggunaan Sticky Note

Meski terkesan sudah sangat simple, kamu tetap dapat memanfaatkan keyboard agar jauh lebih lebih cepat membuat dan mengedit catatan sticky di desktop
Berikut merupakan tips dan trik menggunakan sticky note dengan keyboard shortcut:
Ctrl+N = new note
Ctrl+X = cut
Ctrl+C = copy
Ctrl+V = paste
Buka spoiler berikut:
Ctrl+Z = undo
Ctrl+Y = redo
Ctrl+A = select all
Ctrl+D = DELETE (awas hati-hati jangan salah hapus...!)

Ctrl+I = italic
Ctrl+B = bold

Ctrl+L = left align (tulisan rata kiri)
Ctrl+E = center (tulisan rata tengah)
Ctrl+R = right align (tulisan rata kanan)
Ctrl+T = strikethrough (tulisan dicoret tengah)
Ctrl+U = underline (tulisan bergaris bawah)

Ctrl+Shift+> = bigger font (membuat font lebih besar)
Ctrl+Shift+< = smaller font (membuat font lebih besar)
Ctrl+Shift+L = bulleted list (membuat list bullet)

SUPER TIPS..!!

Cara pemakaian sticky note di windows tidak perlu di-save, karena itu kenapa ia tidak memiliki menu Save/Open, hanya tanda New (+) dan Delete (x) saja. Di mana lokasi filenya dan apa nama filenya, tentunya kamu belum tahu kan? Nama file sticky note adalah StickyNotes.snt.
Ini lokasi file asli dari sticky note:
%appdata%\microsoft\sticky notes

atau sama dengan:
C:\Users\[NamaUser]\AppData\Roaming\microsoft\sticky notes (di windows 7)
C:\Users\Windows\AppData\Roaming\microsoft\sticky notes (di windows 8)
Buka spoilernya:
cara-pemakaian-sticky-note-windows-7-8-10
Jika dicari dengan cara biasa, tidak akan ditemukan. Nah, sebenarnya sticky note ada filenya hanya saja ia berada di hidden folder.
Jika kamu ingin mencari lokasi filenya, harus mengubah opsi "Folder and search options" nya, kemudian di tab View pilih Show hidden files, folders, and drives.

Perlunya mengetahui letak file .snt adalah untuk kepentingan backup jika diperlukan. Namun ini hanyalah opsi penggunanya saja, apakah mau dibackup secara rutin atau tidak.

Sedangkan file programnya dalam bentuk .exe berada di sini:
C:\Windows\system32\StikyNot.exe

Itulah cara membuat sticky note di windows 7, 8, dan 10, pada dasarnya sama saja. Dengan sticky note windows, ia bisa dijadikan sebagai pengganti kertas post-it yang kadang berserakan di meja komputer dan nempel di layar monitor.
Sticky note akan aktif setiap kali kamu menyalakan komputer, sehingga bisa langsung tahu pesan memo yang ditulis sebelumnya untuk dikerjakan secepatnya.

3 comments:

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===