Simple blog to share

Semakin mudah dan murahnya akses internet membuat para penggemar radio beralih ke radio streaming / radio online. Sekarang radio streaming banyak sekali aplikasinya untuk smartphone. Jadi tidak harus dinikmati di depan PC/laptop. Namun, tahukan kamu apa saja kelebihan dan kekurangan radio streaming.

Berikut beberapa kelebihan radio streaming dibandingkan dengan radio konvensional (analog):

  1. Jangkaun
    Radio streaming menggunakan koneksi internet. Karena memakai koneksi internet, otomatis kelebihannya jangkauannya tidak terbatas. Stasiun radio mana saja bisa didengarkan selama koneksi internet lancar.
  2. Suara lebih jernih
    Karena radio streaming berbasis data digital, radio streaming memiliki keunggulan suara yang pasti lebih bagus.
  3. Channel juah lebih banyak.
    Dengan radio internet, terdapat ribuan channel berdasarkan katogori seperti daerah, negara, genre musik, jenis berita, dll.
  4. Tidak terjadi penumpukan signal
    Berbeda jika menyetel radio konvensional, sering terjadi penumpukan signal suara/gelombang ketika frequensi digeser. Radio konvensional terbatas pada wilayah geografis tertentu.
  5. Dengan beberapa aplikasi khusus, siaran yang bermanfaat seperti ceramah pengajian, talksshow tips-tips kesehatan, tips keluarga, tips keuangan, dapat direkam untuk dijadikan bahan referensi pengetahuan anda.
  6. Dari sisi operator radio, tidak dibutuhan biaya besar seperti biaya untuk membangun radio analog.

Jika kamu mau radio streaming terbaik android, yang saya rekomendasikan (karena saya sudah lama pakai ini - dan ini yang saya anggap aplikasi radio online terbaik) silahkan lihat di halaman ini:
Aplikasi radio streaming tanpa iklan

Sedangkan kekurangan radio streaming yaitu:

  1. Jika laptop/smartphone tidak memiliki koneksi internet, maka tidak dapat terhubung untuk mendengarkan radio streaming.
  2. Jika ada hambatan seperti koneksi internet lambat, kelemahannya suara akan putus-putus (buffering). Berbeda dengan radio analog, jika ada hambatan paling menjadi tidak jelas. Dan hambatan radio konvensional biasanya terjadi karena pengaruh angin atau hujan dan petir.
  3. Pengguna masih terbatas, karena koneksi internet masih lambat terutama di daerah-daerah. Namun jumalah pemakai radio streaming tersebut akan semakin bertambah banyak seiring dengan adanya perbaikan kualitas koneksi internet oleh operator jaringan. Kelemahan ini sebenarnya pasti akan berkurang secara bertahap.

Apa sekarang kamu belum coba radio streaming?

Padahal banyak lagu-lagu favorit asik sesuai selera yang bisa anda dengarkan. Genre musiknya bisa dipilih seenaknya, mau rock, pop, soft, metal, india, dangdut, lagu islami, atau lainnya. Selain itu banyak informasi bermanfaat sesuai segmen khusus yang anda inginkan.

22 comments:

  1. Koneksi internet ini yang masih menjadi kendala bagiku. Karena aku fakir kuota.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa coba-coba dulu mas pada saat ada wifi gratis misalnya.
      Sebenarnya untuk jatah kuota promo-promo sekarang dari operator sangat cukup buat dengerin radio streaming sebulan

      Delete
  2. Di era serba canggih semua serba mudah hanya saja terkadang terkendala dengan sinyal yang lemot ini yang bikin jengkel. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mba, itu memang kelemahan di semua operator jaringan internet padahal dengan streaming bisa mendengarkan radio dari stasiun radio di daerah lain, luar kota, ataupun luar negeri.

      Delete
  3. Saya sangat suka mendengarkan radio online, pak. Lebih praktis. 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba, karena tidak membosankan, genre musiknya bisa dipilih sesuai keinginan

      Delete
  4. Radio streaming
    Penghilang jenuhku di every evening
    Sebab suaranya yang seterang morning
    Dan jadi teman setiaku ketika berposting...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks banget mba anisa pantunnya..
      Great...!

      Delete
  5. Aku penggemar radio biasa hehehe. yg streaming memang leih jernih, tapi di desaku putus2 suarana lha koneksina lemot banget Mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kalau di kampung koneksinya sedikit terhambat mba, kecuali di tempat ramai seperti di kotanya. Sama di kampung saya juga begitu

      Delete
  6. saya masih suka yg analaog mas karena bisa ganti2 channel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja mas, dengan radio streaming lebih banyak pilihan lagunya, genre lagunya atau berita/talkshow sesuai dengan keahlian yang dimiliki

      Delete
  7. Harus aku coba nih, tapi betul juga sih mas, kalau koneksinya lemot bakal memperngaruhi banget ya..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan coba aja mas. Keuntungan menggunakan radio streaming memang channel lebih banyak tanpa batas geografis, genre musiknya lebih variatif, beritanya bisa dipilih sesuai segmen yang kita suka.

      Saya rasa dengan paket internet yang semakin murah dan jaringan 4g yang semakin berkembang, radio streaming semakin banyak peminatnya.

      Kalau koneksi lemot kadang buffering, mas

      Delete
  8. Biasanya kalau kita yang biasa dengan signal cepat, pas pulkam betenya minta ampun :D tapi kalau uda biasa lemot nggak masalah ya....Di Denmark speednya secepat kilat...dah gitu muraaaah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kecepatan internet memang masih menjadi kendala bagi orang indonesia, mba. Terutama yang berada jauh dari pusat kota, karena sinyalnya lelet.
      Tapi sekarang muncul 4g yang lagi santer-santernya promosi, semoga semua wilayah bisa merasakan peningkatan kecepatanya, meski mungkin belum semua 4g

      Delete
  9. Mendengarkan radio streaming memang lebih asyik. Tapi ya gitu dech, kalau sinyal internet sedang jelek, streamingnya jadi ngadat.
    Wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang bagus dan asik banget mas, karena lagu-lagunya tidak terbatas, banyak sekali. Jadi tidak pernah bosan.
      Memang sinyal jelek masih jadi kendala di banyak wilayah indonesia.

      Delete
  10. Dan pasti bikin kuota internet cepat habis. Tapi kalau untu tujuan tertentu misalnya ingin mendengarkan siaran dari luar, boleh tu pake radio streaming.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih asik dan puas jika ada fasilitas wifi gratis mas, seperti di tempat kerja misalnya.

      Delete
  11. dulu pernah mau buat radio streaming, tapi gagal mlu gara" pusing seting IP nya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin perlu dicoba lagi mas, kan secara prinsip sudah tahu cara membuat radio streaming, tinggal cari referensi lebih banyak lagi dari internet misalnya "how to setup ip on streaming radio", pasti akan ketemu petunjuknya

      Delete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.