Simple blog to share

Melalui blog simple ini - www.walidin.net - saya mau berbagi info tentang aplikasi radio streaming terbaik android tanpa iklan itu apa saja sih?
Baca ulasan saya sampai habis, karena saya sudah lama menggunakan aplikasi radio internet tiap hari untuk hiburan. Jadi anda bisa memilih aplikasi radio untuk android sesuai yang saya rekomendasikan.

OK...
Mendengarkan musik melalui radio itu tidak pernah membosankan. Lain dengan menikmati musik melalui player sendiri, tidak berapa lama pasti akan terasa bosan. Selain stok musiknya (mp3) terbatas pada kartu memori, juga tidak diselingin dengan berita dan info lainnya.

radio-internet-radio-streaming-terbaik

Ini yang setidaknya saya rasakan setiap hari. Beberapa jam mendengarkan musik sendiri, sejam dua jam kemudian bosan dengan musik mp3 sendiri. Kalau sudah begini pasti males mendingan pindah chanel ke radio. Kadang radio analog kadang radio streaming internet.

Mendengarkan radio itu musiknya tidak terbatas, apalagi bisa pindah-pindah chanel genre lagu sesuai mood yang lagi dirasakan. Kadang lagu hardrock, kadang lagu oldies, kadang lagu dangdut, pop, lagu melodi, pokoknya apa saja. Tinggal geser frequensi. Beda dengan dengerin musik pakai mp3 player sendiri. Hanya beberapa ratus lagu saja yang muat pada kartu memori.

Lebih dari itu mendengarkan radio juga akan tahu setiap perkembangan lagu yang sedang trending di chart musik (deretan tangga lagu teratas) seperti billboard tanpa harus repot-repot download untuk menikmatinya. Kadang download itu susah carinya untuk lagu-lagu yang baru ngetrend.

Berikut merupakan nama aplikasi radio streaming yang pernah saya coba. Namun semua aplikasi di bawah ini mengandung iklan.

Buka spoilernya :
Radio FM (by radio fm),
Radio Indonesia (by Online Radios),
Radio Indonesia (by AppMind),
myTuner Radio FM indonesia (by Appgeneration-radio),
Radio Dakwah islam (by ID Dev Android),
Radio Online-PC Radio (by PCRADIO),
FM Indonesia Terbaik dan AM,
Radi Islam Indonesia (by OaseMedia Developer),
Erdio (by Petani Digital),
Radio Indonesia (by Internet Radio FM),
Radio Indonesia (by Siniaja Solutions),
Radio.net (by radio.de),
Online Radio Box (by Final Level),
Radio Indonesia (by kDuo Apps),
Radio Dangdut Koplo (by Shasa Studio),
Radio Indonesia (by Mool Apps),
Free Radio Tuner (by MACYMIND PVT LTD),
Radio Rodja 756 AM Tanpa Iklan (by Hamba Allah),
Radio Indonesia (by Radio Gratis),
Nobex Radio (by Nobex technologies)

Meski banyak sekali aplikasi radio streaming, puluhan bahkan hingga ratusan yang bertebaran di play store, namun yang benar-benar bagus suara dan bebas dari iklan bisa dihitung dengan jari. Sebenarnya sih tidak masalah, hanya saja terasa risih jika setiap buka aplikasi sering muncul pop up iklan. Konsekuensinya memang sedikit tambah boros baterei karena proses aplikasi berjalan bersamaan dengan process iklan.

Lantas, aplikasi radio streaming terbaik tanpa iklan dan saya rekomendasikan itu apa saja sih?


1. Jakarta MUSIC Radio

Keywordnya di play store yaitu : Jakarta Music ONLINE / akarta MUSIC Radio
Kenapa aplikasi ini saya tempatkan di urutan pertama?
Meski aplikasi ini terkesan sangat simple namun kualitas suara yang dihasilkan dari radio streaming ini sangat bagus. Aplikasinya kecil, hanya 4.56 MB. Tidak banyak menyisakan cache pada system android. Aplikasi radio streaming ini tidak ada iklannya.

Secara personal, pantas jika aplikasi yang dikembangkan oleh LEX Andra ini dijuluki sebagai aplikasi radio internet terbaik paling ringan yang menyediakan berbagai channel frekuensi yang cukup komplit.
Ada lebih dari 100 channel stasiun radio lokal sepertinya, dari berbagai luar daerah/kota, sebab listnya cukup panjang jika digeser ke bawah. Bisa dikatakan paling lengkap. Radio RRI dari berbagai kota juga ada di daftar listnya.
Dari lengkapnya stasiun radio yang disediakan pada list, semua jenis lagu pasti bisa anda dengarkan, entah itu lagu rock, jazz, dangdut, jawa, lagu daerah lain, dll. Tinggal cari dan pilih saja salurannya.

aplikasi-radio-streaming-terbaik-untuk-android

Selama saya menggunakannya, sangat puas karena tidak berat ketika dibuka dan koneksinya cukup cepat tanpa buffering lelet.
Chanel yang paling saya suka yaitu 100.4 FM KLCBS Bandung Indonesia yang nonstop menyajikan musik full time.

Hanya sedikit kekurangan saja yang ada pada aplikasi yaitu musik yang sedang didengarkan tidak menunjukkan judul dan vokalis, sehingga tidak tahu apa judul lagu dan siapa vokalis/bandnya jika itu merupakan lagu asing (belum pernah dengar) buat saya. Namun ini tidaklah seberapa penting, karena yang utama adalah kualitas suaranya jernih / bersih, dan tidak mengecewakan pengguna aplikasi.

Pantas jika saja aplikasi ini diberi rating bintang *****, memang memuaskan karena faktor yang saya sebutkan di atas.
Penasaran? Coba install aja di smartphone anda, pasti puas mendengarkan lagu-lagu favorit melalui aplikasi ini.

2. Heart

Aplikasi radio internet paling bagus untuk android yang kedua adalah Heart. Sekali lagi, sebagai note, di sini saya urutkan rating yang saya berikan di playstore berdasarkan pengalaman pribadi selama menggunakan berbagai aplikasi radio internet. Tentunya kepuasan mendegarkan musik favorit, terlepas dari masing-masing stasiun meyajikan musik, berita, ataupun infotainment lainnya.

aplikasi-radio-streaming-paling-bagus-untuk-android

Aplikasi radio streaming Heart ini lumayan besar, terintall 68 MB.
Bukan saja siaran musik yang lagi trending atau pun lagu-lagu lawas, radio heart juga menyajikan feed berita dari berbagai manca negara yang mana komen-komen langsung terhubung ke twitter.

Aplikasi Heart merupakan aplikasi khusus milik satu stasiun Radio Heart yang berpusat di London, Inggris. Jadi hanya menyajikan satu stasiun radio. Tidak seperti aplikasi Jakarta MUSIC Radio yang menyajikan banyak stasiun radio dalam satu aplikasi.

Karena merupakan milik stasiun radio di London, lagu-lagunya yang disiarkan lagu barat semua. Tidak ada lagu bahasa indonesia :). Namun dijamin anda akan senang dan mood selalu On, saat mendegarkan musik-musik yang diputar.

aplikasi-radio-internet-terbaik-tanpa-iklan

Kelebihan aplikasi radio Heart, selain menyajikan lagu-lagu full time, terdapat juga news feed berita terkini yang langsung dapat dibaca dari para selebriti dunia. Jadi ga monoton karena anda diajak untuk mendapatkan banyak informasi melalui newsfeed tersebut.
Saat mendegarkan musik pakai aplikasi Heart, anda dapat melihat judul lagu yang sedang diputar, dan judul lagu yang akan disajikan berikutnya (Up Next). Jadi, anda dapat mencatat judul lagu/vokalisnya atau melakukan screenshoot layar agar lagu yang anda anggap bagus bisa anda download di lain waktu.

aplikasi-radio-terbaik-android-tanpa-iklan

Lebih jauh menelusuri aplikasi Heart anda dapat melihat berbagai video yang disajikan oleh Heart TV TV. Sangat menghibur. Tapi, awas quota paket internet anda akan cepat habis jika lama melihat video TVnya, kecuali anda royal sama kuota internet atau menggunakan wifi gratis.
Saat mendengarkan musik, kemudian melihat video TV, maka otomatis musik akan berhenti dan beralih ke suara TV. Begitu sebaliknya. Nmun saat anda membaca newfeed ia tidak akan mati.

Ada juga acara live. Meski tidak begitu penting karena fokus anda adalah mendengarkan musik bukan acara live, namun jika anda lagi butuh hiburan lain boleh saja dicoba untuk melihatnya. Paling tidak biar anda tidak "kuper" sama hal-hal lain khususnya info musik dan infotainmet. Jadi mungkin akan tetap bermanfaatnya buat anda.

Kalau masalah kualitas suara yang dikeluarkan aplikasi Heart bagaimana?
Pokoknya anda ga bakalan kecewa. Benar-benar jernih. Sangat profesional design dan kualitasnya. Dengan headset saja bagus banget apalagi jika dikoneksikan ke speaker aktif seperit home theater. Di jamin pasti mantap banget.

Selama mendegarkan aplikasi radio terbaik untuk android saya sendiri sangat terhibur dengan penyajian musik-musiknya. Jadi lebih banyak tahu lagu-lagu manca dengan cepat.

Itu saja yang saya rekomendasikan tentang aplikasi radio tanpa iklan untuk android.
Hanya dua saja? Ya, Sementara ini saya belum menemukan lagi ada aplikasi radio yang bagus, free (gratis), dan tanpa iklan.

Sebagai info tambahan, sebenarnya ada aplikasi radio yang sangat lengkap dan free meski di dalamnya terdapat iklan, namun jika anda merasa tidak terganggu, tidak ada salahnya untuk dicoba:


1. TuneIn

Pertama menggunaan aplikasi radio internet TuneIn, tampilan awalnya memang stasiun radio manca. Kemudian saya langsung mencari stasiun radio lokal.
Saat mencoba menggunakan aplikasi radio stremaing ini, sangat lengkap, baik stasiun radio lokal ataupun luar. Saya tes coba-coba mencarinya dengan kata kunci nama daerah seperti "semarang", "cirebon", dan "kebumen", "gombong" -(tanpa tanda petik saat melakukan pencarian)- dan langsung muncul. Kota kecil ukuran kabupaten Kebumen dan sekelas kecamatan Gombong saja muncul apalagi kota besar seperti Semarang dan cirebon, atau bahkan Bandung dan Jakarta.

Anda dapat mencarinya dengan berbagai kata kunci lain yang paling relevan seperti nama radio (misal elgangga, kis fm, dll), nama genre musik (rock, pop, metal, melodic, dangdut, oldies, dll), nama kota (misalnya stasiun radio di kota anda), atau kata kunci lainnya.

Ini cukup asik kalau anda berada jauh dari kota asal anda, namun ingin selalu mendengarkan stasiun radio dari kota asal anda tersebut. Tinggal ketik saja kata nama daerahnya.

aplikasi-radio-terbaik-terlengkap


Meski aplikasi ini mengandung iklan, namun sangat "recommended" untuk dicoba. Jika suka aplikasinya karena sangat lengkap, namun tidak suka iklan yang selalu muncul, beli saja versi premiumnya di play store agar terbebas dari iklan.
Caranya:
buka aplikasi TuneIn > tap Menu > pilih Setting > pilih TUNEIN PREMIUM > ikuti langkah berikutnya.
Harganya cukup mahal atau malah bisa jadi sangat mahal untuk anda, biaya pertahunnya 890 rb/thn. Kalau menurut saya memang sangat mahal.

Namun tanpa harus membeli juga tidak masalah meski ada tampilan iklannya, toh masih bisa menikmati musik-musik favorit.
Selain itu ada juga feed newsnya. Meski gratis yang penting bermanfaat. Tidak harus beli kan?

Kalau dari sisi kualitas suara outputnya, TuneIn masih kalah sama Heart.
Aplikasi Radio TuneIn ini kapasitas terinstalnya 38MB dikembangkan oleh TuneIn.Inc

2. Radio Indonesia

Radio Indonesia dibuat oleh Online Radios. Dari namanya saja lokal, sudah tentu stasiun radio yang muncul saat aplikasinya dibuka juga stasiun radio lokal seperti Prambors FM Jakarta, Gen FM, Jak FM, Radio Dangdut Indonesia, HardRock FM, Nagaswara FM, dll

Aplikasi radio ini memang fiturnya tidak selengkap aplikasi radio TuneIn.
Seperti tidak dapat berfungsinya kotak pencarian jika memakai kata kunci nama kota, genre musik, dan kata kunci lainnya. Yang berfungsi adalah kotak pencarian menggunakan nama stasiun radio seperti Gen FM, Delta FM, Elshinta FM, ZooFM, Lite FM, Radio Rodja, dan stasiun radio lainnya.
Meski begitu ia bisa dikatakan aplikasi radio lokal terlengkap dari sekian banyaknya aplikasi radio yang ada.

aplikasi-radio-terlengkap

Saat membuka aplikasi agak lambat loadingnya, terutama loading icon gambar dari masing-masing stasiun radio. Namun output suara yang dihasilkan dari aplikasi cukup bagus/bersih. Ia juga dapat menampilkan judul musik dan vokalis saat lagu sedang diputar. Misalnya anda buka HardRock FM Jakarta (87.6 Mhz).
Selain itu ada notifikasi lagu berikutnya yang akan diputar (Up Next - seperti aplikasi radio Heart).

Aplikasinya termasuk ringan hanya 12MB. Cocok untuk jenis smartphone yang "low end" (spesifikasi rendah) sekalipun.

Dari sekian banyaknya aplikasi radio streaming internet yang ada, saya merekomendasikan dua aplikasi radio yaitu Jakarta MUSIC Radio untuk berbagai stasiun radio lokal (indonesia), dan Heart untuk mendengarkan perkembangan musik mancanegara. Karena dua aplikasi itu yang paling enak didengarkan tanpa terganggu oleh iklan-iklan aplikasi android.

Itu saja sebenarnya sudah membuat anda puas karena gratis, bagus kualitasnya suaranya, lengkap stasiun radionya, update musik-musiknya, tidak ada iklan, dan tentunya tidak memberatkan sistem smarphone anda.

6 comments:

  1. sudah jarang dengerin radio, boleh juga neh aplikasi streamingnya buat dengerin radio lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, saya sendiri suka sekali ke-2 aplikasi radio online tanpa iklan seperti di atas yaitu Jakarta MUSIC Radio dan Heart

      Delete
  2. RADIO INDONESIA (by Online Radio) untuk streaming radio" indonesia ok banget, suara jernih, bass treable imbang, cocok banget klo di sambung ke speaker active (+app android Music Volume Eq - Super Bass Bosster & Equalizer, by Dub Studio Productions).

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang dengan radio streaming dengerin musik jadi lebih ok. Buaat pembaca pilihlah radio streaming paling bagus. Beberapa sudah saya coba beberapa.

      Delete
  3. Kalau aplikasi radio yang sedikit memakan kuota ada nggak bang?

    ReplyDelete
  4. Untuk kualitas suara radio streaming rata-rata standar bisa diukur dengan netmeter, mas.

    ReplyDelete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.