Simple blog to share

Saya suka sekali dengan notepad untuk penulisan draft singkat baik laptop ataupun di handphone. Jika di laptop saya selalu menggunakan notepad++ (PlusPlus), lain halnya dengan di hp. Kalau pakai hp setiap ada ide atau gagasan saya langsung ketik di aplikasi text editor terbaik untuk android - jota text editor. Keduanya memiliki kesamaan sederhana: simple, ringan, setingannya mudah, ada fungsi search, format filenya txt, support di semua perangkat.


Karena sudah cukup lama memakai program notepad++, saya tahu beberapa fitur tersembunyi yang jarang digunakan, yang bisa dimaksimalkan saat mengedit teks/kode. Salah satunya yaitu penggunaan rumus yang dibahas sesuai judul di halaman ini.

Baca juga nanti yang ini ya...
Cara Menggabungkan Kata Perbaris Dengan Notepad++ (Plus-Plus)

Nah kali ini saya berikan panduan trik penggunaan notepad++ yaitu cara mengambil kata pertama di notepad++


  1. Buka notepad++ atau jika kamu belum pernah menginstallnya bisa unduh di halaman ini:
    Download notepad++ terbaru
  2. Ketik beberapa kalimat, masing-masing tiap baris, seperti tampak pada image ini
    Buka spoiler berikut:
    cara-mengambil-kata-pertama-di-notepad++
  3. Tekan Ctrl+H (Find and Replace) > masukkan formula ini:
    Pada Find what: ([0-9a-zA-Z]*)([0-9a-zA-Z ]*$)
    Pada Replace with: \1
    Pada opsi Search Mode : pilih Regular expression
    Buka spoiler berikut:
    tips-dan-trik-penggunaan-notepad++

    Lihat hasilnya
    Buka spoiler berikut:
    tips-dan-trik-pemakaian-notepad++

Ingin tahu lebih banyak tentang Notepad++?
Pada tulisan saya sebelumnya ada bahasan yang mengulas tentang freeware notepad++ ini yaitu tentang:
Kelebihan Notepad++ (Plus plus) dibandingkan dengan aplikasi notepad lainnya

Jika kamu seorang "blog content writer" pemakaian notepad++ sangat efektif dan cepat untuk mengedit draft sebelum draft diposting, karena ia memiliki fitur autocompletion yang bermanfaat untuk memasukkan kata secara cepat, dan mengurangi kesalahan pengetikan karakter atau huruf.
Buka spoiler berikut:
panduan-notepad++-plus-plus-bahasa-indonesia

tips-dan-trik-notepad++
Untuk mengedit kode seperti html, xml, ataupun php juga sangat mudah.

Beberapa tips dan trik notepad++ akan saya berikan secara bertahap pada beberapa postingan update berikutnya. Kamu bisa mencobanya secara langsung. Tunggu tutorial lanjutannya besok ya..


7 comments:

  1. Waaaah ternyata banyak yang belum saya ketahui tentang fungsi notepad++, artikelnya sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang notepad++ memiliki banyak sekali kemampuan untuk mengedit teks sederhana ataupun kode. Hanya saja, memang sedikit sekali yang mengulas kelebihan notepad++ ini. Terutama ulasan bahasa indonesia.

      Delete
  2. Ternyata notepad memiliki fitur tersembunyi yang oke punya ya, pak.. saya kurang begitu mendalami notepad sih, jadi kurang paham soal ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas apa saja fitur tersembunyi notepad++, masih jarang yang tahu.
      Insya Allah akan saya share di tutorial berikutnya.

      Delete
    2. bgitulah mas saya juga. apalagi yg plus plus

      Delete
  3. saya belum pernah mencobanya. jadi penasaran kayanya enak digunakan apalagi ada info mengirangi kesalahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. tips penggunaan notepad++ di atas boleh dicoba mas, mudah, apalagi untuk mengedit kode template blog baik wordpress (php) ataupun blogger (xml).

      Delete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.