Simple blog to share

Beberapa waktu yang lalu aku pernah membuat maket rumah dengan kertas karton. Karena ketasnya keras untuk dilubangi setelah pemasangan jadi bentuk rumah, maka mau tidak mau harus menggunakan alat. Tadinya sempat berpikir menggunakan benda tajam biasa seperti pisau lancip, solder (tajam+panas), atau menggunakan tatah bulat. Dengan menggunakan solder tidak bisa, menggunakan pisau/benda tajam juga tidak bisa.

maket-rumah

Akhirnya pengin pakai bor, munculah ide untuk langsung beli bar mini (hand drill). Karena saya sebelumnya ga punya maka mesti browsing ke sana kemari via market place online. Akhirnya nemu di salah satu dari beberapa market place online tersebut.


menggunakan-mini-bor-kleber

Dari hand drill yang aku beli, dapat mata bor sticker kecil, mata bor bulat, mata gerenda besar, dan mata gerenda kecil.

Dari ukurannya socket yang tersedia, mulai dari 1 milimeter (mm) sampai 3 mm.


mini-drill-kleber

Namun sayangnya, meski socket yang tersedia sampai 3 mm, namun kleber tidak menyediakan mata bor 3 mm. Akhirnya aku beli secara terpisah mata bor baja yang 3 mm.

Oh ya.. bukan itu saja, kleber yang aku beli juga tidak ada adaptornya. Aku pun beli adaptornya. Harga adaptornya 50.000,- sedangkan harga bornya 99.000,-

Pas aku tes dengan adaptor yang aku beli tadi, pertamanya ada kendala: pas dicolok ke konektor adaptor tidak mau jalan. Aku kira mati atau bornya cacat. Padahal colokannya sudah benar. Terus aku coba lagi untuk ngetes ke konektor lainnya, dan ternyata bisa jalan dengan sempurna, pada colokan yang lebih kecil kurang 0,sekian mili.

pengalaman-memakai-mini-drill-merek-kleber

Dari info yang saya dapat hand bor ini sebenarnya untuk melubangi papan PCB elektronik, namun saya fungsikan untuk melubangi kertas karton dan bisa digunakan dengan baik.

Untuk melubangi benda yang ringan, tipis, dan tidak terlalu keras materialnya, bor ini cukup bagus.
Kalau untuk kertas yang akan keras dan berserat kekuatannya berkurang, ini saya perhatikan dari daya putaran motornya yang sering berhenti. Pas saya masukan mata bor 3 mm, sering slip.
Tapi it's OK lah kalau untuk "tugas" ringan.

Mungkin kamu perlu koleksi tool mini hand dril ini?
Cari saja lumayan bagus ko.




0 comments:

Post a Comment

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===