Simple blog to share

Sebagian orang mencatat berbagai note penting di internal Android, dan sebagian lagi melakukan melalui cloud. Masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri. Ini bersifat subyektif karena tergantung dari kenyamanan orang yang bersangkutan, apakah ingin catatannya disimpan di android ataupun di cloud storage, atau di simpan di dua-duanya. Kalau di android saja maka catatan beresiko hilang karena handphone rusak atau terjatuh.  Jika di Cloud storage untuk membuat atau mengedit harus terkoneksi ke internet, namun dari sisi keamanan data jauh lebih baik, karena harus login dengan akun. Sedangkan jika di kedua tempat, baik di smartphone dandi cloud (awan), maka perlu singkronisasi untuk saling update, karena itu dibutuhkan juga koneksi internet.

Ada dua aplikasi catatan yang saya pakai dan sudah pasti bagus, dan saya rekomendasikan. Yaitu Ms.word dan ataua Google docs  (google dokumen). Baca lebih lanjut apa saja kelebihan dan kekurangan kedua aplikasi catatan terbaik ini.

aplikasi-catatan-terbaik-android

Di aplikasi google docs, sangat nyaman untuk membuat tulisan, namun sedikit repot saat mau mengambilnya ke perangkat, harus dieksport dulu ke versi .docsx. sementara di aplikas ms.word tidak perlu, alias tinggal Save As aja. Meski repot saat mengambil hasil catatan ke perangkat atau ke pc/laptop, namun dari sisi kenyamanannya jauh lebih bagus terutama kursornya yang mudah untuk digerakkan, mudah dikontrol. Sementara ms.word lebih susah karena terlalu peka sehingga saat mau mengganti huruf malah sering ke blok kata-katanya.

Dari sisi ketersediaan ruang penyimpanannya baik di Microsoft One Drive ataupun di Google Drive sama sama bagus meski ada perbedaan jumlah besaran ruang penyimpanannya. Dan menurut saya akan cukup lega untuk menempatkan ratusan bahkan ribuan dokumen yang kamu miliki. Jika satu dokumen besarnya 0.5 Mb, maka untuk kapasitas 5 GB aja bisa menampung file sebanyak 10.000 dokumen. Sangat lega untuk ukuran space gratisan yang bisa didapatkan. Karena itu saya sangat menganjurkan menulis dokumen di Cloud, karena lebih aman dari kerusakan atau kehilangan data.

Resiko paling sering data hilang biasanya karena #smartphone sering diformat ulang# dandata lupa di-backup. Kalau dokumen penting hilang terhapus, sangat disesalkan karena tidak bisa menulis ulang seperti tulisan pertamanya.

Meski ada banyak layanan Cloud yang bisa digunakan, namun pilihlah yang punya layanan baik dan sudah lama. Dan layanan tersebut tidak akan dihapus selama perusahaan jasa Cloud masih ada. Contohnya seperti ini: dulu saya menyimpan banyak sekali foto-foto di layanan imageshack.com, dan hanya sedikit saja yang ada di google


0 comments:

Post a Comment

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===