Simple blog to share

Lebaran ini  2018 saya rencana pulang kampung. Karena kehabisan tiket kereta, mau ga mau pakai bus. Pakai motor males, pakai pesawat mahal sekali harganya. Ya udahlah harus pakai bus. Pengalaman saya,  terbiasa pulang kampung dengan bus Rosalia Indah. Setiap beli tiket langsung ke agen/pool keberangkatannya. Pelayanannya cukup bagus, kalau saya bilang. Kemarin mau ke agen tiket Rosalia males banget. Akhirnya cari aplikasi pembelian tiket bus secara online. Ada dua aplikasi yang saya install, yaitu Red Bus dan Rosalia Indah.

Beberapa kali aku tes aplikasi RedBus, dengan jurusan dari cikokol, TangCity, Tangerang ke Gombong (Kebumen). Hasilnya kadang ada, kadang server down. Menurut saya RedBus tidak terlalu bagus karena hasilnya seperti itu. Yang ada adalah rasa ragu, jika melakukan pembelian tiket melalui aplikasi red bus. Di awal proses pencarian aja susah begitu, apalagi masuk proses pembelian. Jangan jangan uang yang ditransfer tidak dapat dipertanggungjawabkan nantinya. Uang yang ditransfer tidak dapat dikembalikan nantinya. Saya sendiri agak ragu dengan aplikasi RedBus ini, gara-gara servernya sering down (no service).


Meksi ada beberapa kali berhasil dalam pencarian, dan terlihat ada beberapa armada yang bisa dipesan seperti armada White Horse, armada Pahala Kencana. Namun setelahnya server down lagi.

Selain RedBus saya coba lagi dengan aplikasi Rosalia Indah. Aplikasi ini resmi buatan PT. Rosalia Indah Transport, pemilik PO (Perusahaan Otobus) Rosalia Indah.

beli-tiket-rosalia-pakai-aplikasi

Dengan aplikasi ini saya sedikit yakin menggunakannya karena si pembuat aplikasi ini cukup jelas dan cukup kredibel.
Saya coba mencari tiket dengan rute yang sama dibandingkan pencarian di aplikasi  RedBus dari Cikokol Tangerang ke Gombong Kebumen.
Saya coba-coba beberapa kali dengan pencarian yang sama, berhasil. Pencarian dengan data tanggal keberangkatan yang berbeda juga berhasil.
Aku rasa aplikasi Rosalia Indah ini cukup bagus. Karena hasil pencarian awalnya selalu berhasil. Dari sisi kesiapan servernya OK, tidak pernah down.

Lanjut ke fase berikutnya ke pembayaran.
Setelah pemesanan dengan menyertakan / mengisi data-data, saya lanjut ke Pembayaran.
Pada saat klik pembayaran Aplikasi Rosalia Indah akan membuka tab browser baru yang memberikan data untuk pembayaran di Indomaret.

pengalaman-beli-tiket-bis-via-aplikasi

pesan-tiket-bisa-melalui-aplikasi

Setelah menyelesaikan pembayaran, saya mendapatkan struk bukti pembelian tiket. Pada hari itu juga saya melakukan konfirmasi ke call center Rosalia Indah yang tertera di struk tersebut. Hasilnya benar bahwa pembayaran yang saya lakukan lewat Alfamart sudah masuk dan terdaftar dalam kursi pesanan. [related update]
baca juga cara membeli tiket pakai aplikasi bebasbayar

beli-tiket-bus-rosalia-bayar-di-indomart

Pada hari berikutnya, saya datang langsung untuk konfirmasi ke agen/pool Rosalia Indah di Cikokol. Ini pengalaman pertama  beli tiket Rosalia melalui aplikasi. Jadi untuk memastikan tiket bisa benar-benar saya pegang, saya mesti ke office poolnya. Tak berapa lama tiket diprint sebagai e-tiket oleh petugas office Rosalia. Tiket sudah diprint lega rasanya.
Oh ya, untuk bis VIP dan Super Eksekutif dapat kupan makan, yang dapat ditukarkan dengan menu makanan di restoran rest area Rosalia.

beli-tiket-rosalia-online

tiket-mudik-rosalia

Menurut saya cukup mudah untuk melakukan pembelian tiket bis Rosalia melalui aplikasi. Sekalian review aplikasinya. Aplikasinya meski bisa dipakai, namun masih terdapat kekurangan. Salah satunya yang kurang responsif, misal tidak bisa ditekan tombol back. Berikutnya, data tanggal, jumlah penumpang, dan tempat keberangkatan/tujuan pemesanan tidak terekam dalam history aplikasi. Padahal pencarian dengan data yang sama bisa dilakukan lebih dari satu kali untuk menentukan alternatif terbaik kapan keberangkatan akan dilakukan dan berapa jumlah penumpang yang ada.



0 comments:

Post a Comment

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===