Simple blog to share

Cara Mudah Mengecilkan Ukuran File PDF
File pdf (potable digital file) merupakan file yang paling umum digunakan sebagai file document digital, seperti ebook, hasil scan, documen presentasi, documen proposal, dll. Selain kemudahan pembuatannya, penggunaannya juga didukung paling banyak perangkat digital. Dengan adanya format pdf, maka tidak perlu repot untuk membawa documen dalam bentuk fisik.

Sebagai contoh, bayangkan jika anda memiliki 15 buku fisik masing-masing berisi 250-300 halaman, dan anda ingin bawa semua, betapa berat dan repotnya. Namun dengan adanya format pdf maka semuanya bisa masuk ke dalam 1 perangkat digital dan semua bisa dalam satu genggaman tangan.
Meski sekarang muncul banyak tipe file lain seperti .mobi (mobile), .chm (compiled html), dan file digital lainnya, namun pdf tetap paling banyak digunakan hingga saat ini.

Jika anda memiliki file pdf namun ukurannya terlalu besar maka ada trik untuk memperkecilnya. Memperkecil ukuran file pdf ini sangat diperlukan ketika anda ingin mengirim email namun file pdf yang ingin anda kirim terlalu besar.


Berikut cara untuk memperkecil ukuran file pdf menggunakan adobe acrobat X.
Pastikan di komputer/laptop anda sudah terdapat program acrobat x, kemudian jalankan program tersebut.

1. Buka file pdf yang ingin anda kecilkan > klik menu File > Save As > Reduced Size PDF...



2. Pilih Compatibility versi acrobat yang dapat membuka file pdf anda nantinya setelah file dikecilkan, misalnya Acrobat 10.0 and leter (ini artinya file pdf akan bisa buka dengan versi 10 dan yang lebih tinggi, acrobat di bawah versi 10 yaitu 9,8,... maka tidak bisa membuka file pdf yang anda kecilkan).



3. Klik OK dan tunggu hingga proses kompres selesai



4. Lihat hasilnya.



Dari contoh file image yang kemudian dibuat menjadi file pdf, kemudian dikecilkan (dicompress) lagi dapat dilihat pada image berikut:

cara-mengecilkan-ukuran-file-pdf

Selamat mencoba, semoga trik ini bisa bermanfaat buat anda yang sering bekerja dengan file-file pdf nantinya.  Ada tips dan trik lainya berkaitan dengan file yang bisa anda coba, silahkan buka tutorial pdf dengan label Tips dan Trik PDF

8 comments:

  1. mantab gan. tpi saya gaak punya ukuran pdf yng besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa di bookmark dulu sob cara untuk mengecilkan file pdf tanpa software tambahan.

      Delete
  2. trimakasih mas...saya seringkali kesulitan dan pusing kalau size pdfnya besar dan sulit untuk saya uplod di email

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul pak ustad, pdf memang sepele, tapi giliran mau upload kegedean bikin bingung. makanya harus tahu trik mengecilkan file pdf agar mudah. coba saja kalau pdf makalah dan laporan acara pengajian isra mi'raj disertai foto-foto didalam pdf tersebut pasti ukuran filenya jadi besar.

      Delete
  3. makasih banyak buat informasinya, sangat bermanfaat seklai

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama, mudah mudahan bisa diingat cara mengkompres file pdf yang ukurannya besar, sob.

      Delete
  4. Replies
    1. ya memang mudah kan cara mengurangi ukuran pdf, dan bermanfaat jika mau dikirim filenya melalui email seumpama filenya kegedean

      Delete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Blog Archive

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.