Simple blog to share

Tulisan singkat ini sebenarnya untuk para pengguna komputer/laptop yang masih awam, yang mana mereka baru belajar menggunakan komputer dan berselancar di internet. Jika anda merupakan pengguna baru windows maka ada baiknya mengkatifkan/menginstall antivirus bawaan windows, selain powerful juga gratis selamanya. Namanya Windows Security Essential

Antivirus merupakan salah satu program yang harus ada pada komputer anda, jika komputer anda tidak ingin
bermasalah. Seberapa penting anda menganggap sebuah antivirus tentunya anda tidak ingin komputer/laptop anda bermasalah. Banyak sekali mallware, spyware, dan virus itu sendiri bertebaran ketika anda berselancar di dunia maya.

Beberapa hal yang dapat disebabkan karena virus komputer antara lain: - komputer anda akan menjadi lambat kinerjanya, - banyak software yang diinstall menjadi error, - banyak jenis virus yang memang bertujuan untuk merusak tipe file tertentu misalnya file .doc(s), file .dwg, file .xls, ataupun file lainnya, - jika komputer anda terkena virus maka komputer lain beresiko terkena virus juga baik melalui flashdisk, email, cd/dvd

Download Anti Virus Gratis Windows Security Essentials
Download AntiVirus Gratis Windows Security Essentials

Untuk menginstall anti virus windows security essenstial anda dapat klik di link Download Anti Virus Gratis Windows Security Essentials di situs resminya yaitu Microsoft.

Setelah download dan install, scan komputer/laptop anda untuk memastikan bahwa komputer anda sehat dari virus, mallware, ataupun spyware.



Jika anda pengguna windows 8 maka terdapat antivirus default bawaan windows yaitu Windows Defender.
Untuk mengaktifkan windows defender pada windows 8 yang anda gunakan, ketik "Defender" pada kotak pencarian
kotak-pencarian-search-windows-8
kotak-pencarian-search-windows-8-600px.jpg
Setelah muncul kotak dialog windows defender klik "click here to turn it on". Setelah aktif, update terlebih dahulu databasenya, kemudian scan untuk memastikan bahwa komputer/laptop anda sehat.

Contoh hasil scan dengan windows defender

hasil-scan-windows-defender-virus

Itulah preview tentang antivirus asli bawaan windows yang bisa anda pertimbangkan.
Selamat mencoba, dan tetaplah komputer anda aman dari virus, mallware, ataupun spyware.
----
[Update April 2015]
Baca juga tentang:
Stinger: tool untuk mendeteksi dan menghilangkan jenis virus tertentu yang sudah masuk ke sistem dan susah dihilangkan.


20 comments:

  1. sipp...anti virus bawaan windos ini memang sipp...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dibilang begitu pak, karena selama ini saya menggunakan antivirus windows security essentials yang merupakan antivirus bawaan windows yang cukup bagus. selain itu updatenya rutin dan free

      Delete
  2. Replies
    1. bisa jadi, beberapa kali saya pernah menggunakan antivirus lain seperti avast, mc afee, kaspersky antivirus & internet security, norton antivirus, norton internet security, namun yang paling simple menurut saya pengaturannya windows security essential karena sesimple windowsnya.

      Delete
  3. Antivirus ini memang sangat ampuh mas... karena bawaan windows jadi joss

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul mas, bahkan dari kasus di atas virus yang ditemukan misalnya ceeInject yang dapat menciptakan virus baru, worm, dan spyware dengan tingkat bahaya "severe / parah" dapat dibasmi secara bersih dan sempurna. Kinerja komputer pun kembali normal.
      update windows security essential tetap harus dilakukan baik secara otomatis maupun secara manual.

      Delete
  4. wah saya malah baru tahu pak kalau windows ada antivirus bawaannya, saya malah pakai nya avira aja dan tapi sekarang pakai antivirus smadav :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mba, mungkin beberapa orang juga belum tahu bahwa di windows terdapat antivirus bawaan yaitu windows security essential ( windows defender ), jika mba eka menggunakan windwos 8 terdapat defender. cara mengaktifkan windows defender seperti cara di atas. semoga dengan komputer yang bersih dari virus, mallware, dan bisa menghindari spyware, ngeblognya lebih nyaman, mba

      Delete
  5. Kalo bawaan gitu, udah pasti luar biasa buat nolak dan diteks virus masuk ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya anggap begitu mas budi... karena windows security essentials / windows defender merupakan bawaan windows maka secara otomatis ini adalah bagian dari layanan perium windows terhadap para pengguna windows di seluruh dunia, mereka memproteksi user/pengguna windows dan produk mereka (microsoft-windows). mereka pasti melakukan banyak riset dan update tentang database virus..

      Delete
  6. Bagaimana dengan menggabungkan Microsoft Security Essential dengan antivirus lain? apakah akan memberatkan jalannya laptop?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba, akan memberatkan kinerja laptop, karena process background antivirus akan memakan lebih banyak resoure laptop. apalagi jika laptop mba wiwid spesifikasinya pas-pasan. sebaiknya hindari dual antivirus.

      Delete
  7. Setelah aya meng"klik" windows defender terdapat tulisan "windows defender has turned off and isn't monitoring your computer" "if youre using app to check for malicious or unwanted software, use action center to check that app status"..bagaimana cara mengatasinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika tidak bisa dijalankan melalui fungsi tersebut, coba aktifkan windows defenser melalui "service" windows.
      Caranya: klik start menu (pada windows 7), pasa kotak pencarian ketik RUN, setelah kotak dialog run muncul ketik SERVICES.MSC .
      Cari service bernama Windows Defender Services. Klik 2x. Klik Start.

      Delete
    2. Set menjadi Automatic sebelum klik Start agar nanti setiap menyalakan laptop bisa selalu aktif.
      Update segera.
      Semoga bisa membantu ya

      Delete
  8. Kak jika windows defender udah aktif n statusnya protected tp ga bisa untuk mendeteksi virus itu gimana yaaa??????

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa antivirus bawaan di laptop (defender) sudah update terbaru? untuk mendapatkan database virus paling uptodate. kalau boleh tahu bagaimana tanda-tandanya komputer tersebut terkena virus?

      Delete
  9. Gan laptop ane kan windows 8.1
    Lah dari kmren ane bli, anti virusnya kan microsoft security esensial. Lah yg ane tnyakan cara menghdupkan windows dfendernya gmana? Ane nyoba ttp gx bsa. Apa krena ada MSE windows defendernya gx mau on? Mhon pnjelasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul gan, jika mau install windows defender sebagai sebagai ganti windows security essential, maka windows security essensialnya harus di uninstall dl.
      Caranya seperti di atas

      Delete

Blog Archive

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.