Simple blog to share

Lowongan kerja memang banyak sekali, baik secara offline (media cetak) maupun online (melalui media internet/website), tapi apakah anda, yang jika sedang cari kerja sudah memahami bahwa anda sendiri sebenarnya sedang "mencari pasangan" yang pas antara pekerjaan yang ditawarkan oleh banyak perusahaan dengan kemampuan yang anda miliki.

Prinsip dalam mencari kerja adalah SPESIFIK. Semakin spesifik ketrampilan/keahlian yang anda miliki maka akan semakin dicari perusahaan. Keahlian lain adalah sebuah kerjasama tim dalam suatu perusahaan. Dengan spesifikasi maka semuanya akan fokus dalam pencapaian target dan kualitas hasil kerja.

Pekerjaan memang harus cocok dengan ketrampilan yang dimiliki oleh setiap orang. Ini kenapa perusahaan semakin selektif dengan calon karyawannya. Karena setiap orang harus memberikan kontribusinya pada perusahaan sesuai dengan bidang keahlian/ketrampilan masing-masing. Jika tidak memberikan kontribusi pada perusahaan maka jangan harap anda akan diterima bekerja.

Anda mungkin dapat sambil mencari lowongan kerja online, namun ada baiknya meningkatkan ketrampilan apalagi jika memiliki pendidikan yang pas-pasan. Tanpa ketrampilan ++ maka akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan

Di bawah ini adalah contoh jenis pekerjaan yang paling banyak dicari perusahaan, namun memiliki kandidat paling sedikit. Jenis pekerjaan ini adalah DRAFTER. Pekerjaan drafter adalah autocad user ( pengguna autocad ) untuk melakukan pekerjaan gambar ( design ataupun drafting ).

Dari data satu halaman kompas cetak, di kolom "karier" saja terdapat 12 lowongan kerja yang terpasang sebagai drafter. Ini membuktikan bahwa banyak sekali perusahaan yang mencari keahliaan ini, namun sedikit sekali yang memiliki kemampuan bisa mengoperasikan autocad. Maka, peluang untuk mendapatkan pekerjaan akan lebih cepat jika anda menguasai program autocad.


cepat-kerja-lowongan-kerja

Ada baiknya anda yang sedang mencari pekerjaan, apalagi yang memiliki latar belakang pendidikan teknik, bisa menguasai autocad, karena akan memberikan nilai lebih pada saat anda mencari pekerjan, dan akan mempercepat anda mendapatkan pekerjaan dengan keahlian tersebut.

Jika anda belum tahu di mana harus belajar program autocad, dari mana anda harus memulainya, saya dapat merekomendasikan yang free dan lengkap yaitu:
Tutorial AutoCAD X - Tempat belajar autocad online free & full resources

Lebih lanjut...
Jenis pekerjaan tersebut dapat dibandingkan dengan penguasaan software lain yang terpasang di berbagai lowongan kerja apalagi kompas di kolom "karier", atau di berbagai situs lowongan kerja

Selain kemampuan/ketrampilan/keahlian yang spesifik, unsur kedua adalah sikap dan pola pikir dalam memahami pekerjaan. Dengan pola pikir maju maka perusahaan akan dengan senang hati menerima anda sebagai pegawainya. Jika anda sekarang masih berstatus sebagai pencari kerja maka ada baiknya anda membuka halaman ini; http://trikcarikerja.com

Itulah beberapa informasi yang bisa saya sampaikan berkaitan dengan lowongan pekerjaan yang paling banyak dicari namun saingannya sangat sedikit.

46 comments:

  1. Replies
    1. sama sama sob.. terima kasih atas kedatangannya..

      Delete
  2. wah kalo autocad mah saya gak ngerti sama sekali mas, tapi apa yang dibilang mas bener juga sih, soalnya saya juga punya temen yang jago autocad dan dia bekerja sebagai drafter, gajinya itu loh mas gede banget, malah temen saya dah ditawari kerja di Al Jazair lho :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya autocad memang salah satu program yang sangat dibutuhkan terutama dalam bidang mekanika, elektrikal, arsitektural, dan struktur bangunan. bidang cakupan autocad memang sangat luas. sebagai contoh, properti di indonesia memang lagi maju majunya, banyak perusahaan kontraktor, arsitek, dan konsultan struktur, elektrikal, dan konsultan lain membutuhkan orang yang mahir menggunakan software ini, sedangkan yang memiliki kemampuan drafting dan design sangat sedikit kandidatnya. jadi bidang ini sangat bagus untuk cari pekerjaan karena saingannya sangat sedikit.

      jika teman kamu sob, pernah di tawari pekerjaan di aljazair itu sangat mungkin karena banyak juga orang yang memiliki kemampuan autocad bekerja diluar negeri, misalnya abu dhabi yang perkembangan sektor propertinya telah menjadi icon dunia yaitu burj khalifa.

      Delete
  3. terimakaih untuk wejangannya yang sangat berharga mas walidin. Ini penjelasan sedrhana yang dibutuhkan banyak orang, mencari peluang dengan memperhatikan kesempatan besar dengan peminat yang minim dikarenakan kurangnya penguasaan pada bidang tsb...salam hangat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama pak ustad mungkin teknik mencari kerja bisa diajarkan ke para murid pak ustaad secara langsung bahwa setiap orang seharusnya memiliki keahlian yang spesifik untuk dapat mencari kerja, hehehehee

      Delete
  4. sering sih denger autocad, tapi baru tau klo bner2 banyak perusahaan yang nyri, makasih gan udah share

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas ilham, karena sektor pekerjaan yang menggunakan autocad di indonesia seperti perkembangan properti, apartemen, ruko, perumahan selalu mengalami perkembangan di indonesia. jadi banyak sekali perusahaan yang membutuhkan keahlian autocad. sedangkan orang yang menguasai autocad masih sedikit. mereka lebih nyaman belajar program-program biasa yang dianggap "umum/semua orang bisa" misalnya photoshop.

      Delete
  5. <== ga pernah belajar autocad :D
    Kalo pengguna corel gmn? trkhir kerja di percetakan kota sya gajinya kecil maklum umk masih kecil..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dilihat sektor percetakan tidak sebagus sektor properti yang selalu maju dan mengalami perkembangan pesat, nilai ekonomi sektor percetakan juga tidak sebesar sektor properti, karena itu sektor yang menggunakan software autocad jauh lebih bagus, sob. dari gaji pasti juga beda..

      Delete
  6. kalau cewek cukup menguasai office word atau excel sudah gampang nyari kerja ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga, kang. namum office word dan excel sudah jadi barang umum yang bisa dikatakan semua orang bisa. untuk mencari pekerjaan harus memiliki skill / ketrampilan yang lain, di mana saingannya lebih sedikit. ini tips untuk cari kerja agar cepat dapat kerjaan, kang.

      Delete
  7. Di kantor saya pun memang banyak yang dibutuhkan malah semakin pengalamannya itu lama semakin tinggi juga gaji yang bakal didapatkan.

    Selain autocad, masih banyak mas seperti etap, staad pro, dan lainnya yang biasanya itu mendukung pekerjaan drafter.

    Sedangkan saya di kontraktor kerjanya sebagai document control, dimana drawing sebelum dikirim untuk direview oleh pln-e harus dibackup dan didata terlebih dahulu. Tapi insya Allah, saya juga mau menguasainya sebab itu jadi kebutuhan kalau kerja di kontraktor. ^.^

    Kalau bapak kerja dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mas adam, setiap orang memang harus memiiki ketrampilan agar tetap eksis dan dapat bekerja terus karena selalu dibutuhkan orang.
      saya bekerja di daerah jakarta barat dan di sebuah konsultan struktur bangunan, mas adam

      Delete
  8. wah mantap nih pak tips nya, kebetulan pendidikan saya juga pas-pasan alias nggak tinggi banget, tapi saya pengen kerja juga yang layak, agar bisa mencukupi kebutuhahn saya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba setiap orang jika ingin cepat mendapatkan pekerjaan memang harus memiiki kelebihan plus yang jarang/susah dikuasai orang lain.
      kalau mba ririn kayaknya udah cocok dan profesional di bidang internet marketing dan blogging, hanya tinggal meninggkatkan kemampuan agar lebih banyak mendapatkan dollar, hehehe,, maju terus mba

      Delete
  9. kayaknya memang harus, autocad banyak dicari, tapi sayang banyak pula yang kurang bisa, hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mas albar, autocad buat sebagian orang memang dianggap sangat susah, saya sendiri tidak memiliki kemampuan autocad sekarag dan berasal dari sekolah umum, bukan kejuruan, namun kerjanya tiap hari menggunakan autocad. enaknya kalau memiliki ketrampilan khusus tidak takut phk yang tiap tahun demo dan pengurangan karyawan, apalagi selalu regenerasi dengan anak baru lulus.

      Delete
  10. benar sekali kalau mencari pekerjaan harus sesuai dengan ilmu yang kita miliki,soalnya kalau tida wah apa yang akan terjadi yah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti cepat bosan ya kang dede, apalagi kalau di phk karena tidak memiliki ketrampilan plus plus akibat seleksi pengurangan karyawan. untuk cara cepat mendapatkan pekerjaan memang salah satunya harus memiliki kemampuan/ketrampilan khusus, ya kan kang dede.

      Delete
  11. Tengkiu infonya. Memang di dunia karir yang kian keras ini, skill adalah kunci utama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul..., sob. agar memiliki pekerjaan yang awet ini memang tipsnya. memiiki ketrampilan khusus misalnya menguasai software autocad merupakan salah satu cara cepat untuk mendapatkan pekerjaan. ini selalu banyak dibutuhkan oleh perusahaan, dan bisa dilihat di kompas cetak kolom karier yang terbit tiap sabtu

      Delete
  12. mksh infona kang.. sngat manfa'at sekali ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mas rama, terima kasih teah berkunjung ke blog saya yah and salam kenal

      Delete
  13. Wah, sudah lama banget belajar autoCAD, bisa juga sampai 3D dulu, tapi sekarang sudah jauh banget perkembangannya, terakhir pegang AutoCAD 2002 :P. Menjadi designer dituntut untuk memiliki imaginasi yang tinggi, sama seperti web designer dan programmer.

    Kunjungan balik mas, makasih tadi malam sudah mampir ke blog saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mas selain iamginasi yang bagus, penggunaan softwarenya juga harus sellau dipakai. Jika hanya belajar namun tidak pernah diaplikasikan dalam pekerjaan, maka semakin lama akan lupa.

      Delete
  14. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai "Mau Cepat Kerja dengan Pendidikan Pas-pasan ? - Kuasailah Software yang Satu Ini".
    Dari artikel ini saya memperoleh pengetahuan baru.
    Saya juga mempunyai video mengenai Pendidikan yang bisa anda kunjungi di http://video.gunadarma.ac.id/play.php?vid=484.

    ReplyDelete
  15. mas gimana nih saya merasa bingung ,saya sekarang saya kelas 3 ma dan tar lagi mau lulusan nah
    setelah lulusan ini saya bingung saya ingin melanjutkan kemana sedangkan saya tidak punya
    skill ,tapi saya ingin cara cepat kerja ,gimana ya apa saya harus belajar autocad atau jadi programmer sedangkan untuk desiger saya sulit untuk membuat sesuatu dan ke programmer sulit untuk milir programnya gimana nih .,,.,.,mohon sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga usah bingung mas Sulton, selama mau berusaha pasti bisa. Teruslah belajar untuk meningkatkan ketrampilan jika pendidikannya terbatas. Saya sendiri hanya lulusan SMA dan belajar autocad sampai bisa kemudian cari pekerjaan yang menggunakan program autocad seperti konsultan arsitek, konsulta struktur, atau konsultan mekanikal. Dengan autocad yang saya kuasai saya malah lebih enjoy dan tidak takut phk seperti kerja di pabrik, meski setiap kemungkinan bisa saja terjadi.
      Jika ingin menguasai pemrograman ada banyak sekali yang harus dipelajari bahasa pemrograman, seperti java, vb, atau delphy, dan yang sekarang menjadi trend adalah pemrograman java, karena setiap perangkat cocok sekali dengan java, seperti android.
      Untuk menjadi seorang programer harus memiliki tingkat logika yang tinggi. Biasanya ditandai awal dengan nilai matematika yang cukup bagus. Karena gudangnya logika ada di matematika.
      Jadi mana yang akan dipilih yang tahu hanya mas sulton

      Delete
    2. Tipsnya carilah ketrampilan yang langka di mana orang jarang menguasainya mungkin bisa 1: 100, 1:200, 1:500 ataupun lebih. Dalam contoh ini adalah autocad, misalnya.
      Ketika orang lain ramai-ramai menawarkan ketrampilan berkomputer ms. office, ms excel, photoshop, misalnya kamu harus cari yang langka dikuasai orang lain. Karena ms. office, ms excel, photoshop adalah ketampilan "pasaran" yang banyak sekali dikuasai orang lain. Persaigan dalam lamaran kerja sangat ketat. Beda jika persaingannya sedikit.

      Delete
    3. Kalau mau belajar autocad dari dasar hingga mahir ini ada rujukannnya:Tutorial-AutoCAD-X: kursus autocad online gratis

      Delete
  16. Mas, saya s1 akuntansi tapi pengen jadi drafter, lbh baik bljr otodidak atau kursus ya? Trs kalau untuk perempuan, peluang kerjanya agak susah gt ga ya.. soalnya saya baca baca lowongan drafter bnyk yg mensyaratkan laki laki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik belajar otodidak, jika sudah merasa bisa banyak, baru kursus. Tujuan kursus yaitu hanya untuk mendapatkan sertifikat saja, bukti hitam di atas putih.
      Seperti saya sebelumnya saya ga ngerti apa-apa tentang drafter, saya dari SMA, kemudian saya belajar autocad otodidiak, setelah bisa baru ikut kursus untuk cari sertifikatnya buat ngelamar kerja.
      Kalau mau belajar autocad ini ada blog yang saya rekomendasikan:
      Belajar Autocad Otodidak Secara Online Gratis Lengkap Disertai File Latihannya

      Delete
    2. Tips berikutnya sdr Calvin bisa beli buku-buku ringkas pengetahuan yang membahas tetang arsitektur, mekanikal/elektrikal, atau buku tentang struktur bangunan.
      Tergantung arahnya mau jadi drafter apa?
      Apakah drafter arsitek, mekanikal/elektrikal, atau struktur, atau bahkan jadi drafter design product seperti furnitur dan part mesin.
      Jika tertarik dengan dunia arsitektur baca juga buku-buku tentang arsitektur, bagaimana cara baca gambar denah bangunan, bagaimana cara baca gambar tampak (potonnga), dll.

      Delete
    3. Di bidang drafter, perempuan atau laki-laki memiliki peluang yang sama, yang penting bukan gendernya, tapi kemampuan dia biasa gambar/design atau tidak dengan autocad. Di kantor-kantor konsultan banyak juga cewe yang jadi drafter atau arsitek.

      Pekerjaan drafter tidaklah susah, kemampuannya cuma dua yaitu bisa mengoperasikan autocad, dan bisa baca gambar teknik, sepert gambar arsitek (baca denah, tampak, dan potongan), gambar M/E.
      Itu saja. Jika serius dan tekun paling 4-6 bulan bisa menguasainya.

      Delete
  17. Trimakasih mas atas sarannya, oh iya mas saya mau nanya lagi, kalau soal spesifikasi bnyk kan yang cari drafter syarat minimal smk bangunan atau d3 s1 teknik, kalau latar belakangnya ga sesuai, lbh baik tetap coba saja, atau cari yang minimal sma? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang di kasus ini sulit untuk menentukan mana yang paing bagus.
      Pertama Sdr Calvin memiliki background pendidikan akuntansi, sementara keinginan berbeda. Jika ingin menggunakan SMAnya sayang S1nya, sudah lama-lama kuliah dan menghabiskan banyak biaya. Ya kan?
      Saran saya tanyakan lagi pada diri sendiri mana jenis/karakter pekerjaan yang sebenarnya paling disukai, apakah pekerjaan itu memang hobi + bakat atau tidak.
      Kalau Sdr Calvin mau bertaruh meninggalkan S1nya ya tidak masalah jika memang suka dan benar-benar hobi dengan autocad. Namun jika sayang meninggalkan S1 Akuntansinya coba pikir ulang. Pertanyaan berikutnya apakah "ilmu" akuntansinya benar-benar dikuasai. Anda juga harus ingat sdr calvin sudah menginvestasikan banyak uang untuk meraih S1 akuntasi. Keputusan yang terbaik tetap anda sendiri yang bisa menentukan. Apakah akan memanfaatkan SMAnya atau S1nya.

      Delete
  18. Saya masih kelas 12 di smkn4 jurusan teknik furniture, ya kalau autocad 75% saya bisa.. saya juga punya sertifikas pelatihan autodesk fusion+autocad.. kira2 sertifikat itu terpakai gak ya buat ngelamar kerja nantinya dibidang kontraktor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagai bukti tertulis saat melamar pekerjaan akan tetap terpakai mas. Jika ingin bekerja di bidang kontraktor belajar lah lebih lanjut tentang arsitektur dan struktur bangunan agar nantinya sudah tahu lebih dulu gambaran umumnya. Banyak buku-buku arsitektur dan struktur yang dijual di toko buku

      Delete
  19. Masih banyak kah lowongan untuk autocad? Karena ini di posting di 2014... wow banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah sekarang semakin banyak yang butuh ketrampilan autocad ini mas Marwan, karena semakin banyak perusahaan kecil/baru yang bermunculan, perhatikan saja misalnya di segmen properti, banyak sekali yang jadi developer muda bagun rumah jual lagi.

      Delete
  20. Omm.. saya mau nanya ! Biaya kursus autocad sekarang berapa yaa ? Saya masih belajar otodidak ! Rencananya lulus sma mau ikut kursus ! Trimakasih !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biaya kursus autocad antara 500 ribu hingga 3 juta, mas fer. Tergantung dari levelnya dan kualitas lembaga kursusnya

      Delete
  21. mohon sarannya pak..sy lulusan s1 b.inggris tp pengen skli kerja pada bidang gambar/drafter dan sekarang lg mendalami autocadnya pak..sy bljr lngsung sm drafter yg sudah berpengalaman puluhanan tahun..alasannya lainnya karna gaji dipekerjaan sebelum nya jg hanya umk kota setempat pak..terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan khawatir dengan jenis pekerjaan, selama punya ketrampilan pasti bisa. Apalagi drafter banyak sekali yang cari. Jika tidak sanggup 3d ya 2d aja.
      Konsultan struktur, me, dll banyak yang pakai

      Delete
    2. Kamu bisa belajar di sini yang saya rekomendasikan;
      tutorial lengkap belajar autocad

      Delete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Blog Archive

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.