Simple blog to share

Ms.Excel merupakan program spreadsheet yang paling banyak digunakan pada saat ini untuk melakukan perhitungan tabel matematis, analisa data, dan grafik. Excel dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft karena itu di depan kata excel biasanya disertakan Ms menjadi Ms.Excel. Ms.excel merupakan satu paket dari program ms.office yaitu word, excel, powerpoint, access, outlook, publisher, dan infopath.

Banyak orang yang menganggap bahwa program excel merupakan program yang susah untuk dipelajari dan membingungkan, namun sebenarnya tidak jika anda dapat memahami prinsip dasar dan karakter perhitungan dalam excel. Jika anda menguasai excel maka anda dapat mengunakannya sesuai dengan keperluan anda sesuka hati.

Secara singkat excel dapat dikatakan sebuah FUNGSI yang akan membantu anda dalam melakukan berbagai perhitungan baik ringan maupun kompleks secara otomatis. Dikatakan sebuah fungsi karena dalam excel akan selalu dihadapkan pada fungsi matematis, analisa, dan grafik.

Pada tutorial yang akan saya posting secara berkala dari dasar hingga lanjut, saya menggunakan ms.excel 2007.

1) Menjalankan excel

Untuk mejalankan ms. excel (pada windows 7) pastikan laptop/pc anda sudah diinstall ms.office, klik Start menu pada windows anda > All Program > Microsoft Office > Microsoft Office Excel 2007.

menjalankan-excel


2) Mengenal Elemen Workbook excel

Perhatikan saat ms.excel pertama kali anda buka, ms excel terdiri dari kumpulan baris dan kolom yang akan anda gunakan untuk mengolah data baik data numerik atau pun tipe data lainnya. Baris dan Kolom tersebut merupakan gabungan dari banyak Cell.
Untuk saat ini anda cukup fokus pada apa yang telah ditunjukkan pada image di bawah ini, yang telah diberi keterangan pada masing-masing elemen workbook excel.

mengenal-lembar-kerja-excel

1. Pointer: digunakan untuk menempatkan data pada cell
2. Posisi pointer (cell aktif): pada ilustrasi di atas posisi cell aktif
3. Nomor baris
4. Urutan kolom
5. Input formula (dapat juga nilai dari sebuah cell)
6. Toolbar: untuk menjalankan perintah yang anda inginkan
7. Menu: untuk mengakses toolbar,
8. Ribbon panel: merupakan bagian dari menu yang terdiri dari banyak toolbar.
9. Sheet Excel (disebut juga dengan worksheet): untuk membuat halaman workbook baru pada file yang sama. Terdiri dari Sheet1, Sheet2, Sheet3 secara default.

3) Memahami Cell dan Range (yaitu Range Baris, Range Kolom, Range Baris & Kolom)

Sebelum anda melangkah lebih jauh belajar menggunakan ms.excel, anda harus memahami apa itu cell, range baris, dan atau range kolom. Seperti pada penjelasan di atas bahwa workbook excel terdiri dari baris dan kolom. Baris dan Kolom tersebut merupakan gabungan dari banyak Cell.

Pengertian-dan-Pemahaman-cell,-range-baris,-range-kolom,-range-baris-dan-kolom

Secara singkat dan praktis dapat dikatakan bahwa:
- Cell: merupakan element terkecil dari lembar kerja excel (worksheet) sebagi tempat dimana data dan hasil perhitungan akan dimasukkan / dimasukkan. Jika cell ini diklik maka akan aktif dan dikelilingi garis berwana hitam.
- Range Baris: gabungan/group (disebut juga block) dari beberapa cell secara horizontal.
- Range Kolom: gabungan/group (disebut juga block) dari beberapa cell secara vertikal.
- Range Baris & Kolom: gabungan keduanya, secara vertikal dan horizontal


Yang perlu anda PERHATIKAN saat ini adalah posisi dari cell, range baris dan range kolom-nya. Anda harus bisa membacanya
Pada ilustrasi gambar di atas, anda dapat membaca posisinya masing-masing seperti cara berikut :
- Posisi cell-nya adalah B3 artinya cel berada di kolom B dan baris 3
- Posisi range baris-nya adalah D3:F3 artinya range (bentangan) berada pada baris 3 antara kolom D hingga F.
- Posisi range kolom-nya adalah H3:H8 artinya range (bentangan) berada pada kolom H di antara baris 3 hingga baris 8.
- Posisi range baris & kolom-nya adalah J3:L8 artinya range (bentangan) berada pada kolom J~L di antara baris 3~8


Range yang berisi data nantinya disebut Range Data. Nah, range data inilah yang nantinya akan digunakan untuk mengolah data baik angka atupun numerik yang dapat digunakan untuk proses perhitungan dengan fungsi matematis, analisa, dan grafik.

Sampai di sini diharapkan anda bisa memahami pengenalan ms.excel mulai dari cara menjalankan program excel, memahami elemen excel, sampai memahami apa itu cell, range baris, range kolom, range baris & kolom.

Nanti lebih jauh akan saya bahas secara simple dan mudah untuk dipahami bagaimana prinsip excel bekerja mengolah data untuk berbagai keperluan, karena itu kunjungilah blog ini secara rutin untuk mendapatkan update tutorialnya. Lihat halaman update tutorial excel secara mudah.


1 comment:

  1. Infonya sangat membantu untuk para pemula yang ingin mempelajari m.exel, terutama bagi mereka yang sering menggunakannya untuk perhitungan. ditunggu postingan selanjutnya kak untuk penggunaan m.exel untuk perhitungan.

    Salam sukses

    ReplyDelete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.