Simple blog to share

Tutorial dan tips cara upgrade windows 7, 8, dan 8.1 ke windows 10 akan dibahas di sini. Namun sebelum melakukan upgrade ke windows 10 silahkan anda baca terlebih dulu semua penjelasan yang ditulis di bawah ini, apa saja yang mungkin anda anggap penting atau tidak penting.

Layanan upgrade yang disediakan sebenarnya sudah ada sejak beberapa bulan yang lalu tepatnya 29 Juli 2015. Microsoft juga telah menyediakan banyak informasi yang jelas bagaimana melakukan proses upgrade ke windows 10 dari windows versi lama anda, misal. Untuk melakukan persiapan upgrade, sebaiknya anda sediakan waktu yang cukup karena proses download windows 10 dapat memakan waktu hingga 1 jam bahkan lebih (tergantung kecepatan koneksi internet anda); karena kapasitas windows 10 mencapai 3 GB, ditambah proses instalasi windows 10 yang memakan waktu 20 menit - 1 jam untuk spek pc baru, bahkan bisa lebih jika pc/laptop anda merupakan spek lama.

cara-upgrade-windows-ke-windows-10

Sebelum melakukan upgrade windows ke windows 10, anda harus tahu patokan migrasi windows dari versi windows sebelumnya (baca: versi windows yang sekarang anda pakai) dan persyaratan teknis yang harus anda penuhi berkaitan dengan spesifikasi hardware yang ada pada laptop/pc anda. Sebagai contoh: jika anda memiliki versi windows pro, maka anda harus melakukan upgrade ke windows 10 pro.

Gambar di bawah ini merupakan list versi windows untuk dapat melakukan upgrade ke versi windows 10. Sebagai referensi, anda dapat melihat FAQ windows 10 di situs Microsoft.

cara-upgrade-ke-windows-10


Berikut merupakan spesifikasi minimum hardware secara teknis yang harus anda penuhi sebelum melakukan upgrade windows ke windows 10:


  • Processor: 1 gigahertz (GHz) atau lebih cepat atau SoC
  • RAM: 1 gigabyte (GB) untuk versi 32-bit, atau 2GB untuk versi 64-bit
  • Hard-disk space: 16GB untuk 32-bit OS; 20GB untuk 64-bit OS (OS = Operating Sistem = Sistem Operasi)
  • Graphics card: DirectX 9 atau lebih tinggi dengan WDDM 1.0 driver
  • Display: 800x600, 1024 x 600

Untuk mengetahui laptop anda mendukung windows 10 atau tidak, anda dapat mengecekanya dengan cara klik kanan My Computer > Properties.
Dari keterangan System Properties yang muncul, anda dapat mencocokkan spesifikasi yang ada di komputer/laptop anda dengan spesifikasi minimum hardware yang disebutkan di atas.
Jika spek pc/laptop anda lebih tinggi, maka anda dapat melakukan upgrade ke windows 10.

Namun perlu diperhatikan dan diingat, sebelum melakukan proses upgrade, sebaiknya anda melakukan backup terlebih dahulu semua driver yang terinstall pada laptop/pc anda. Untuk melakukan proses backup driver anda dapat membuka halaman ini;
Cara Backup Driver yang Sudah Terinstall di Laptop/PC

Penting untuk anda ketahui sebelum melakukan proses upgrade bahwa jika anda menggunakan versi windows 7 yaitu: Windows 7 Home Premium, Windows 7 Professional, dan Windows 7 Ultimate, maka setelah anda melakukan upgrade ke windows 10, anda akan kehilangan fitur Windows Media Center (WMC). Begitu juga jika saat ini anda menggunakan Windows 8 Pro. Di Windows 10, windows media center digantikan dengan aplikasi pemutar dvd milik windows 10 itu sendiri, karena menurut tim offical microsoft fungsi utama dari WMC memang sebagai pemutar DVD.

cara-upgrade-windows-10

Ia juga menambahkan dari lanjutan tweetnya:
"If you have WMC now, we'll have a DVD option for you in an update later this year... The main scenario people used WMC for was to play DVD. We'll provide another option for DVD playback in the future."
Yang artinya kurang lebih begini:
"Jika anda memiliki WMC Windows Media Center sekarang, kami akan memiliki opsi dvd untuk anda update kemudian di tahun ini..., Skenario utama orang menggunakan WMC adalah untuk memainkan DVD. Kami akan menyediakan opsi lain untuk pemutar DVD berikutnya."

Selain WMC yang akan hilang di windows 10, beberapa aplikasi juga akan terhapus seperti desktop gadget, permainan solitaire, minesweeper, and hearts yang ada di windows 7. Semua yang terhapus di versi lama, akan digantikan dengan aplikasi baru yang ada di windows 10.

Nah, sekarang anda telah mengetahui dan memahami beberapa point penting tentang perihal update/upgrade ke windows 10. Anda ingin mendapatkan upgrade windows 10 secara free (gratis)?. Lakukan langkah-langkah di bawah ini. Pastikan koneksi internet anda aktif dan paket data yang anda miliki cukup (ref. baca ulang paragraf ke-2 di atas) untuk men-downnload windows 10.

Di bawah ini merupakan tutorial lengkap cara melakukan proses upgrade dari windows 7 (8) ke windows 10:

  1. Buka halaman berikut; Download file upgrade windows 7 / 8 / 8.1 ke windows 10
  2. Klik tombol Upgrade, maka anda akan mendownload secara langsung file "GetWindows10-Web_Default_Attr.exe".
  3. Jalankan file tersebut dan ikuti terus petunjuknya hingga proses upgrade selesai. Lihat screenshot lengkap di dalam spoiler:

  4. Buka spoiler berikut:
    Biarkan windows lama melakukan download windows 10, sementara anda tetap dapat bekerja dengan windows anda. Atau jika tidak ada aktifitas dengan laptop anda, baiknya anda pantau proses install dari tahap awal hingga akhir. Seperti yang ditunjukkan pada urutan langkah di bawah ini (lengkap dengan gambar).
    Klik Next

    cara-update-windows-10


    Setelah windows lama anda melakukan download, tahap berikutnya windows membuat media instalasi otomatis untuk proses berikutnya.
    Klik Next

    cara-upgrade-windows-7-ke-windows-10


    Windows membersihkan sistem dari berbagai file temp dan file lainnya setelah di download, sebelum proses ugrade ke windows 10. 
    Klik Next

    cara-upgrade-windows-8


    Pada tahap ini operating sistem windows 10 siap melakukan upgrade (menggantikan windows lama) anda.

    cara-update-windows-7-ke-windows-10


    Lihat dan perhatikan dari awal sampai tahap ini. Windows 10 yang sudah didownload akan mengeksekusi (menginstall) dirinya sendiri untuk menggantikan windows lama (pada contoh ini upgrade dari windows 7)
    Tunggu saja prosesnya hingga tahap berikutnya, ini membutuhkan waktu agak lama, tergantung pada spesifikasi laptop/pc anda.

    cara-update-windows-8


    Windows 10 sedang melakukan check for updates.
    Klik Next

    update-windows


    Klik Next lagi. 

    cara-upgrade-windows-8-ke-windows-10


    Klik Next lagi.

    Windows-10


    Di tahap ini anda diminta untuk menyetujui Licence terms windows 10. Ini sama seperti anda menginstall windows lainnya, selalu ada muncul licence terms.
    Klik saja Accept

    tutorial-upgrade-windows-10


    Klik Next

    panduan-upgrade-windows-10


    Pada tahap ini, windows 10 akan mendeteksi setiap aplikasi/software yang tidak kompatibel dengan windows 10. Dan akan meminta anda untuk meng-uninstallnya terlebih dahulu. Pada contoh di bawah ini, aplikasi yang tidak kompatibel dengannya yaitu software Daemon Tool (aplikasi untuk membuat file menjadi image berformat .iso untuk dijadikan virtual drive).
    Kik Uninstall

    cara-upgrade-windows-8-ke-windows-10


    Windows anda sedang mengukur apakah hardisk anda memiliki space yang cukup untuk melakukan proses upgrade

    cara-update-ke-windows-10


    Windows 10 siap melakukan proses penginstalan, Klik Next

    windows-10-updater


    Tunggu beberapa saat windows anda melakukan persiapan proses instal

    cara-update-windows-8-ke-windows-10


    Proses penginstalan windows 10 sedang bejalan. Pada tahap ini akan terjadi beberapa kali restart.

    cara-upgrade-windows-10-gratis


    Proses instalasi windows 10 telah selesai. Laptop/pc anda akan segera restart otomatis.


    Nah, laptop sudah restart dan windows 10 sedang booting awal.

    check-for-updates


    Di langkah ini, silahkan set password untuk login

    install-updates-windows-10


    Windows 10 sedang menunjukkan berbagai fitur barunya agar setiap user dapat bekerja lebih cepat dengan windows 10.
    Klik Use Express Settings
    (tombol sebelah kanan-bawah)

    free-upgrade-windows-10


    Windows 10 sedang menunjukkan anda fitur baru Cortana.
    Cortana merupakan personal asisten cerdas yang akan membantu setiap user/pengguna windows menemukan sesuatu di pc, me-manage calender, dan fungsi cerdas lainnya. Ia juga dapat anda ajak untuk chat.  Semakin sering anda menggunakan cortana, maka ia akan lebih personal mengenali anda.
    Cara menggunakan Windows 10 Cortana: anda tinggal mengetikkan kata kunci yang anda inginkan, dan cortana akan siap segera membentu anda.
    Klik Use Cortana
    (tombol sebelah kanan-bawah)

    dowload-windows-10-cortana-gratis


    Windows 10 sedang memperkenalkan kepada anda aplikasi baru seperti aplikasi Photo, Groove Music, Microsoft Edge, dan Movie & Tv Player.
    Dengan adanya aplikasi baru banyak sekali program tambahan yang di-install pada windows versi lama (xp, 7, 8, dan 8.1) bisa digantikan oleh aplikasi baru windows 10. Misalnya, untuk membuka file pdf anda sudah tidak perlu menginstall adobe reader. Adobe reader sudah digantikan oleh ms Edge. Jadi selain edge digunakan sebagai browser baru di windows 10, ia juga berguna sebagai pdf reader. Begitu juga dengan aplikasi video/movie player, dan photo editor/photo viewer.
    Klik Next

    aplikasi-baru-di-windows-10


    Sesaat windows melakukan loading ulang untuk tahap berikutnya.
    Cepat/lambatnya loading ini tergantung dengan kecepatan/kinerja laptop anda. Semakin bagus spesifikasinya maka akan semakin bagus menjalankan windows 10. Tentunya anda sudah membaca poin-poin di atas berapa spesifikasi minimum untuk menginstall windows 10 bukan?

    restart-setelah-windows-update-10


    Setelah anda menginstall windows 10 dan melakukan semua setingan di atas, kini saatnya anda merasakan semua fitur baru baru windows 10 dengan segala kemudahan dan kecanggihannya.
    Meski windows 10 tampil lebih keren dari windows 8.81 namun grafis yang ada di windows 10 jauh lebih simple (plain), misalnya setelah selesai upgrade, coba saja anda buka aplikasi calculator atau ms paint dan lihat perbedaan tampilannya; jauh lebih simple dan ramah di mata.

    seting-fitur-baru-windows-10


    Anda masih menggunakan windows versi lama?
    OK. Dengan melihat tips cara upgrade windows 7, 8, atau 8.1 ke windows 10 yang diulas secara lengkap tahap demi tahap dan disertai screenshootnya di halaman blog ini, kini saatnya anda mencoba sendiri.

    startp-windows10

    Tips Penting:
    Selama anda menginstall upgrade windows 10, pada tahapan tertentu komputer/laptop anda akan mengalami restart dan tidak bisa untuk browsing melihat panduan upgrade ini. Anda sebaiknya mengakses tutorial ini menggunakan smartphone anda. 
    Caranya: 
    Cara Ke-1: bookmark url halaman ini dan sinkronisasikan browser di laptop dengan browser di hp anda. maka begitu dibookmark di browser laptop, akan muncul bookmarknya di smartphone anda. Untuk melakukan singkronisasi gunakan browser yang sama baik di laptop ataupun di hp, misalnya sama-sama menggunakan browser firefox atau chrome.
    Cara ke-2: Copy URL halaman ini dan kirim ke salah satu email anda, kemudian buka email tersebut melalui handphone anda, dan klik tautan untuk menuju halaman ini lagi.

    proses-upgrade-windows10

    Ingat.. cara upgrade windows 7 ke windows 10 ini, sama juga untuk cara upgrade windows 8 (8.1) ke windows 10


Jika setelah install upgrade windows 10 anda mengalami masalah tidak bisa dimatikan, anda bisa lihat pada halaman ini:
Inilah Penyebab Kenapa Windows 10 Tidak Bisa di Shutdown

Selamat mencoba... Semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa beritahukan ke teman anda bahwa di blog ini www.walidin.net terdapat panduan cara mudah upgrade window 10 paling lengkap disertai image tiap-tiap step, siapa tahu teman anda akan ganti ke windows 10 juga.


4 comments:

  1. Saya pengen coba sih, tapi kuoata terbatas banget hihihi :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada gunakan wifi gratis mas buat download upgrade windows 10 ;), fitur windows 10 juah lebih bagus ketimbang windows 7 dan 8 (8.1)

      Delete
  2. lengkap mas, pengein ngerasain upgrade ke W10

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk upgrade windows 10 memang cara dan langkah-langkahnya saya berikan penjelasan lengkap agar tidak bingung, mas. semoga dicoba bagi pembaca lainnya. jadi di sini sifatnya angsung praktek. tinggal ditiru aja step-stepnya seperti di atas.

      Delete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===