Simple blog to share

Beberapa waktu yang lalu saya sudah pernah update bagaimana cara upgrade windows 10 dari windows 7. Dengan memanfaatkan upgradde gratis anda dapat menikmati fitur-fitur baru pada windows 10 tersebut. Dengan tampilan yang lebih sederhana windows 10 tentunya memiliki banyak kelebihan di antaranya yaitu mata tidak cepat lelah karena tampilannya cukup simple dan warna grafisnya pun terasa "soft". Selain itu anda tidak perlu menambahkan instalasi banyak program penting seperti video player, pdf reader, photo edit, dll karena banyak sekali fitur bermanfaat yang dibawakan oleh windows 10.

windows-10-tidak-bisa-di-matikan

Ketika pertama kali menggunakan windows 10 setelah proses upgrade selesai, senang sekali rasanya karena windows 10 ini memang benar-benar bagus baik dari segi grafis ataupun kinerjanya. Beberapa jam kemudian capai menggunakan laptop akhirnya dishutdown. Namun sedikit penasaran karena ada hal aneh ketika laptop dimatikan. Windows 10 Tidak Bisa di Shutdown. Yang terjadi malah restart terus. Saat sleep susah aktifnya lagi.

Beberapa kali sempat coba di-shutdown paksa dengan cara menekan tombol power agak lama. Laptop dinyalakan lagi kemudian di shutdown lagi. Tetap saja tidak bisa.

Nah jika anda sudah upgrade windows 10, dan mengalami hal yang sama seperti saya yaitu windows 10 selalu restart terus ketika di shutdown, maka lakukan langkah ini untuk mengatasinya:

1. Buka Control Panel\Hardware and Sound\Power Options\System Settings


2. Hilangkan tanda centang pada tulisan "Turn on fast startup (recommended)" dan "Hibernate"

Dengan menonaktifkan kedua shutdown setting di atas maka windows 10 anda akan kembali normal.
Itulah tips sederhana cara mengatasi windows 10 tidak bisa shutdown. Gampang kan?
Semoga bermanfaat ya.. jangan lupa lihat tips berikutnya

50 comments:

  1. laptop saya sudah window 10, dulu pas pertama kali menggunakan agak keder sama letak fitur2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mas karena tampilannya memang berbeda dengan windows 8, apalagi windows 7.
      Banyak pengguna windows 10 saat pertama kali memakainya bingung mematikan (shutdown) laptopnya, termasuk saya, namun akhirnya tipsnya ketemu juga caranya.

      Delete
  2. oh jadi caranya begitu yah mas. mantap lah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, ajay. Secara dafault windows 10 setingan shutdownnya memang ada tanda centangnya, karena itu harus dinonaktifkan dl seperti gambar di atas. Jika tidak maka windows 10 tersebut tidak mau shutdown, akan restart ulang terus.

      Delete
    2. walaupun sudah di set seperti itu. masih tetep belum bisa shutdown dengan normal. solusi untuk kasus ini bagaimana?

      Delete
  3. Ohh..pantesan Mas kemaren saya sempat pake namun saya ganti lagi sama Win 7.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah balik lagi jadinya ke windows 7 mas. Saran alternatifnya install dua windows, satu windows 7 dan satu lagi install windows 10 agar tetap bisa menikmati dan merasakan fitur-fitu barunya, mas. Jadi double startup.

      Delete
  4. Wuaah, aplikasi yang sering dibutuhkan sudah jadi bawaan dari osnya ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, sob. Itulah kelebihan windows 10. Banyak aplikasi yang menjadi bawaan windows 10 untuk fungsi sehari hari. Selain itu tampilan grafis windows 7 lebih soft dan ramah di mata

      Delete
  5. Wah ternyata begitu caranya ya.. Thanks infonya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mas nandar, saya sempat bingung awalnya namun setelah otak atik bisa juga di matikan.

      Delete
  6. maksi banyak Mas atas pengetahuanya.....soalnya sempat bingung juga waktu Win 10 saya ngak bisa di Shotdown...maklumlah dari sekian tahun saya mengunakan komputer baru kali ini nyoba pake win10 biasnya sih lebih ke win7..ok Mas sangat membantu sekali....Terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, karena saat itu saya laptop windows 10 saya juga tidak dapat dimatikan. Akhirnya ketemu cara di atas.

      Delete
  7. makasih bantuan bos. sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  8. makasih mas, sangat membantu.

    ReplyDelete
  9. mas laptop saya pas di shutdown gak mau mati tapi nggak ke restart juga. kira kira solusinya sama atau gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah coba cara mematikan windows 10 seperti di atas, mas.

      Delete
  10. Tetap tdk bisa di shutdown mas ?? Bagaimn mi ini

    ReplyDelete
  11. Mas sudah di coba caranya tapi tetap tdk bisa.....gimana solusinya??

    ReplyDelete
  12. Halo mas, saya sudah melakukan cara itu. Tapi, tetap saja tidak bisa di shutdown. Gimana ya mas solusinya? Laptop saya sudah windows 10.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika windows 10 tetap tidak mau shutdown, lakukan cara ini:
      Disable Fast Restart (hilangkan tanda centangnya) yang ada pada Power Option (Control Panel\All Control Panel Items\Power Options);

      Pada menu sebelah kiri terdapat "choose what closing the lid does" >
      Kemudian klik tulisan warna biru "change settings that are currently unavailable" >
      Kemudian geser ke bawah maka akan terlihat Fast Restart dan checkboxnya

      Delete
  13. Replies
    1. Sama sama pak,
      Semoga panduan cara mengatasi windows 10 tidak bisa shutdown di atas bisa diterapkan sama orang lain yang mengalami masalah serupa

      Delete
  14. Saya menggunakan HP Pavillion 14 Notebook PC. Sudah saya ikuti solusi yang agan posting, dan saya sudah mengikuti solusi yang agan berikan di komentar yaitu mematikan fitur "Fast Restart" pada menu power options. Namun masih saja notebook saya tidak bisa Shut Down dengan sempurna. Mungkin agan ada solusi yang lainnya? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika laptop tidak mau mati setelah dishutdown
      Alternativenya bisa melalui registry yang dapat dibuka dengan kotak dialog run
      Pada kotak pencarian ketik RUN kemudian ketik "regedit" (tanpa tanda petik).
      Pilih HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Microsoft > Windows NT > CurrentVersion > Winlogon
      di sebelah kanan klik PowerdownAfterShutdown, ubah nilainya menjadi 1
      Restart windows kemudian shutdown lagi

      NOTE: Berkaitan dengan registry lainnya di windows jangan asal ganti karena bisa berbahaya pada windows itu sendiri. Windows dan program lainnya bisa mengalami error serius. Backup dulu jika tidak yakin mengubahnya dengan cara klik menu FIle > Export

      Delete
  15. Gan gmna ni sya udh cba ikti smua cara
    , tp ttp gk bsa shut down

    ReplyDelete
  16. menghilangkan tanda di turn on fast startup susah banget enggak mau di klik .

    ReplyDelete
  17. Mas Laptop saya Windows 10 bisa di shutdown tapi waktu kembali di hidupkan jadi hibernating terus, gak mau terbuka. Gimana solusinya ya mas?

    ReplyDelete
  18. Makasih sangat membantu.. Karna di pc ane ga ada checkbox hibernate, kyanya yg d butuhkan hnya hapus centang turn on fast startup.. �� yg blm bisa coba registry nya di repair lewat ccleaner, trus lakuin cara diatas.. Kalo masih blm bisa oprek2 di power optionnya aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Fadly, udah share pengalaman cara shutdown windows 10.
      Memang banyak sekali orang mengalami kasus seperti itu, dan penyebabnya setelah saya telusuri juga banyak sekali di forum-forum

      Delete
  19. mas kemarin pda saat saya update windows 10 dan fast starup nya menyala laptop saya masih bisa shutdown, tapi setelah kurang dari sebulan tiba2 laptop saya tidak bisa mati, lalu saya ikutin tips yang matikan fast star up dan berhasil shutdown. akan tetapi laptop saya kehilangan kecepatan pada saat booting untuk menyala. dan laptop saya kehilangan funhsi hibernate

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika proses booting lambat, sebaiknya matikan proses yang tidak perlu saat startup, mas. Jenis proses (service) apa saja yang tidak diperlukan pada saat booting bisa dilihat di halama ini:
      Tips Mempercepat Startup Windows - Matikan Service Yang Tidak Diperlukan

      Delete
    2. Untuk mengembalikan fungsi hibernate coba cara ini, mas
      1. Jalankan Command Prompt; klik Start ketik cmd pada kotak pencarian.
      2. Saat cmd.exe terlihat, klik kanan > Run as Administrator > klik Yes jika dialog User Account Control muncul
      3. Pada Command Prompt, ketik "powercfg.exe /hibernate on" (tanpa tanda petik)
      Lihat imagenya cara aktifkan mode hybernate di halaman ini (No.3)

      Delete
  20. Makasih y juragan tipsnya. Laptop akhirnya bisa shutdown

    ReplyDelete
  21. hai mas walidin ..saya menggunakan Laptop Asus type A450L dan menggunakan Windows 7 ..laptop saya kadang2 pas saya shutdown ..tapi tidak benar2 mati systemnya..setelah dishutdown layar mati dan semua keyboard tidak berfungsi..tapi masih terdengar kipas dan indikator lampunya masih nyala mas..jadi mau gamau saya teken tombol powernya dan akhirnya mati..tapi kan kalo seperti itu terus bisa rusak..itu solusinya gimana ya mas? ditunggu responya terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya bisa dilakukan seperti di atasnya Jika belum bisa, lihat cara yang saya tulis pada komentar. Monggo dibaca pada bagian komentar di atas

      Delete
  22. Mas mau nanya.. sya punya laptop lenovo yoga 500 windows 10 .pas lagi nyala mau istrirahat layarnya saya tutup tpi gk di shotdown dulu.. eh pas balik kerja saya tekan tombol on nya.. tapi gk nyala lagi.. tekan lama jg gk bisa nyala.. di chash masuk aj listrikx.. itu gmn ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu karena saat dishutdown tidak bisa, mas. Jadi masalahnya harus bisa dishutdown. Agar benar benar bisa dishutdown caranya bisa baca note saya di atas dan di bagian komentar, mas.

      Delete
  23. terimakasih buat tips nya.. sempet kaget sih. tak kira rusak laptopnya.. hehe,maklum gaptek

    ReplyDelete
  24. Mas, terima kasih banyak info.nya..
    Yang mau saya tanyakan apakah hal ini berbahaya (bisa merusak laptop)??
    Laptop saya juga mengalami masalah seperti ini tapi bila saya restart dulu saya bisa shutdown dengan normal.. Bagaimana ya mas??
    Thx..

    ReplyDelete
  25. Terimakasih mas. Sangat membantu

    ReplyDelete
  26. Thanks, bermanfaat sekali.. Sepuou sy baru beli laptop trs pake w10.. Awalny normal aja, pas dipake sehaari ga mau dimatiin.. Sempet mau complain, tp pas ada artikel ini sngat membantu sekali. Thanks ya

    ReplyDelete
  27. Kok tetep ndak bisa ya. Gimana? Udah di coba berkali kali😓😭

    ReplyDelete
  28. Laptop saya dishutdown mati layar 2 detik, kmudian kmbli ke layar kunci awal, gmn tuh ya?
    Gtu2 trs klo dimatiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mematikan laptop di windows 10, apa sudah dicoba di atas bro

      Delete
  29. Laptop saya yg bagian bawah lock tidak bisa di tanda cetang

    ReplyDelete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.