Simple blog to share

Layanan perbankan saat ini sangat mempermudah setiap transaksi yang dilakukan oleh nasabahnya karena sudah adanya aplikasi smartphone mobile banking. Dengan mobile banking anda dapat melakukan urusan transaksi bank tanpa harus menunggu antrian di depan teller ataupun di depan mesin ATM setor tunai. Sangat menghemat waktu. Jadi jika anda ingin transfer dana ke orang lain anda tinggal pencet saja fitur transfer di aplikasi mobile banking tersebut.

cara-daftar-mobile-BCA-m-BCA

Kebanyang kan mudahnya melakukan transaksi dengan aplikasi mobile banking. Ini bisa dilakukan kapanpun dan di mana pun selama anda akses internet. Mau cek saldo, mau beli pulsa, mau transfer antar bank sekalipun anda tidak perlu keluar rumah. Segala kemudahan dan kenyamanan pasti bisa anda rasakan, dan semua urusan pekerjaan anda yang berkaitan dengan transaksi bank akan cepat selesai. Jadi, manfaat mobile banking saat ini memang sangat penting.

Baca juga tutorial terbaru berkaitan dengan aplikasi m-BCA:
Cara Cek Mutasi Rekening BCA Pakai m-BCA Android

Nah kalau saat ini anda sudah memiliki rekening bank khususnya BCA, sudah menggunakan smarphone android, iOS, ataupun windows mobile, tapi belum memanfaatkan layanan Mobile banking BCA (BCA Mobile) maka di bawah ini akan diberikan panduannya bagaimana cara daftar mobile banking BCA dan cara mengaktifkan m-BCA.

Namun sebelumnya, anda bisa baca terlebih dahulu fitur-fitur yang ada pada Mobile BCA, agar anda tahu apa saja jenis layanan yang bisa dilakukan dengan aplikasi handphone m-BCA ini.

Buka spoiler berikut:
Fitur yang ada pada apikasi mobile banking BCA (BCA mobile) termasuk lengkap.

Di halaman depan aplikasi BCA Mobole ini terdapat menu utama yaitu m-BCA, klik BCA, Info BCA, Ganti kode akses, dan informasi saldo kartu flazz (lihat pada gambar di atas ini).
Namun yang paling sering digunakan untuk transaksi dan informasi lain dengan handphone adalah m-BCA

Di menu m-BCA terdapat sub menu m-Info, m-Transfer, m-Payment, m-Commerce, dan m-Admin.

penggunaan-mobile-banking-BCA

Dengan m-Info anda dapat mengecek saldo, cek daftar mutasi rekening tabungan, cek rekening deposito, cek NAB (Nilai Aktiva Bersih) Reksadana, cek saldo reksadana, info kartu kredit ataupun informasi kurs rupiah.

Dengan menu m-Transfer anda dapat melakukan transfer uang baik antar rekening BCA ataupun ke rekening bank lain. Ada juga fitu untuk transfer BCA virtual account.

Dengan m-Payment anda dapat menggunakan untuk pembayaran yang sering jadi tagihan rutin seperti kartu kredit, pulsa telepon pasca bayar, asuransi, internet, pinjaman dan lainnya.

Dengan m-Commerce anda dapat menggunakan untuk isi ulang voucher isi ulang pulsa. Jadi jika pulsa handphone anda habis bisa langsung beli melalui fitur ini.

Sedangkan m-Admin digunakan manakala anda perlu ganti PIN (password), memblokir kartu ATM jika kartu anda hilang atau diketahui passwordnya oleh orang lain, dan fungsi lain yang berkaitan dengan aktivitas anda sebagai nasabah, misalnya menghapus daftar transfer antar rekening dan menghapus daftar transfer antar bank.

Dengan membaca daftar layanan yang ada pada m-BCA di atas tentunya anda sudah paham kan keunggukan mobile BCA (m-BCA) dari pada anda harus melakukan segala urusan bank secara manual. Ada tidak perlu khawatir karena cara menggunakan mobile BCA memang sangat mudah. Yang penting anda tetap berhati-hati jangan sampai salah transfer misalnya, atau terjadi kesalahan lainnya.

Cara daftar mobile banking BCA:
Datanglah ke cabang bank BCA terdekat. Jangan lupa bawa buku rekening tabungan BCA dan identitas diri (KTP) yang masih berlaku. Lakukan registrasi di ATM BCA tersebut, kemudian ambil nomor antrian pelayanan dari Customer Service. Jika anda belum pernah sama sekali tanyakan pada petugas untuk membantu cara registrasi mobile banking BCA

Cara aktivasi m-BCAnya:

  1. Install aplikasi mobile BCA di google play jika kamu menggunakan smartphone andoid.
  2. Jalankan aplikasi tersebut, kemudian klik m-BCA

  3. cara-daftar-mobile-banking-bca

  4. Terus langsung saja klik Accept.

  5. cara-mengaktifkan-m-bca

    Note: Saat pertama kali anda menggunakan aplikasi ini, anda akan diminta persetujuan syarat dan ketentuan dari BCA. Anda bisa membaca ketentuan m-BCA ini untuk mengetahui terlebih dulu apa saja poin-poin yang harus anda patuhi.

  6. Pada layar berikutnya, masukkan nomor kartu ATM anda. 16 digit yang ada pada kartu ATM anda.

  7. aktivasi-mobile-banking-bca-m-bca

  8. Tunggu hingga proses download ulang aplikasi m-BCA selesai. Ini akan menggantikan aplikasi yang telah anda install sebelumnya.

  9. cara-menggunakan-mobile-bca-m-BCA

  10. Klik Package Installer dan pilih Just once, kemudian klik OK.

  11. aplikais-m-BCA-android

  12. Klik Done, yang berarti anda suda berhasil dan selesai menginstall ulangnya.

  13. cara-menggunakan-m-BCA

  14. Buka lagi aplikasi m-BCA anda. Tunggu beberapa saat untuk proses verifikasi.

  15. cara-bikin-m-BCA

  16. Nah ditahap ini anda diminta untuk memasukkan Kode Akses aplikasi m-BCA. Anda jangan sampai lupa karena setiap kali anda buka aplikasi ini, anda akan selalu dimintanya untuk memasukkan kode akses tersebut.

  17. cara-bikin-mobile-banking-BCA

  18. SELESAI



Lebih lanjut sebagai contoh penggunaan apikasi m-BCA untuk transaksi pembelian voucher isi ulang pulsa hp bisa anda perhatikan pada contoh di bawah ini:

  1. Untuk melakukan transaksi beli voucher pulsa hp, klik m-Commerce kemudian klik Voucher isi ulang.

  2. cara-beli-pulsa-degan-m-BCA

  3. Pilih jenis Voucher yang ingin anda beli, mislanya XLVOUCHER. Masukkan No.HP, pilih besaran rupiah pulsa yang hendak anda beli, contoh Rp 25.000,-. Jika sudah yakin dengan kebenaran data yang anda pilih dan masukkan, yaitu jenis voucher dan Nomor telp lanjut klik OK.
  4. Note: Keterangan "Dari Rekening" akan muncul nomor rekening anda secara otomatis.

    cara-transaksidengan-m-BCA

  5. Tahap berikutnya adalah memasukkan pin BCA anda. Klik OK. Akan muncul notofikasi untuk meyakinkan bahwa data yang anda pilih dan masukkan sudah benar. Klik OK.

  6. cara-daftar-dan-aktivasi-mBCA

    Note:
    Pin BCA tidak sama dengan Kode Akses Aplikasi setiap kali membuka aplikasi m-BCA.
    Pin BCA sebaiknya berbeda dengan Kode Akses Aplikasi. Pin BCA juga sebaiknya berbeda dengan Pin ATM anda.
    Pin BCA mobile ini dibuat ketika anda mendaftarkan mobile banking BCA anda di customer service kontor cabang BCA.
    Jadi dengan tambahan penggunaan aplikasi m-BCA, anda sekarang memiliki 3 PIN yaitu: Pin Kode Akses + Pin BCA + Pin ATM. Paham ya..?


  7. .Selesai. Transaksi pembelian pulsa hanpdhone selesai dan anda bisa langusng cek pulsa melalui layanan cek pulsa kartu anda, atau tunggu pemberitahuan SMS otomatis

Tips Penggunaan m-BCA:
Pada saat anda akan melakukan transaksi dengan m-BCA, pastikan sinyal koneksi internet di handphone anda bagus, agar tidak terjadi kegagalan atau kesalahan transaksi. Saat sudah masuk aplikasi m-BCA, koneksi internet lancar akan ditandai dengan sinyal warna hijau pada aplikasi tersebut (lihat pada gambar ke dua di atas).

Silahkan download versi pdf nya agar mudah anda baca ulang di smartphone.
Download panduan cara bikin mobile banking BCA dan cara aktivasinya

Itulah cara melakukan pendaftaran mobile banking BCA, cara verifikasi m-BCA, dan contoh beli pulsa isi ulang. Jika anda saat ini belum menggunakan mobile banking, ada baiknya segera mendaftarkannya. Banyak sekali efisiensi yang berkaitan dengan urusan transaksi bisa anda selesaikan tanpa menghabiskan banyak waktu.

59 comments:

  1. apa harus registrasi d atm terlebih dahulu ya gan?? soalnya pas q buka trs q lakuin step by step gitu kok terakhir d suruh registrsi k atm gitu. gimana ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul. agar dapat melakukan transaksi keuangan (finansial) seperti transfer, viona harus daftar ke kantor cabang BCA terdekat untuk mendaftarkan nomor telpon yang akan digunakan untuk transaksi. Kalau daftar memalui ATM hanya dapat digunakan untuk melakukan transaksi nonfinansial seperti cek saldo. Dokumen yang dibawa untuk daftar mbanking seperti KTP/SIM, buku rekening tabungan.

      Delete
    2. verifiction prosesnya loding terus nggk bisa-bisa?padahal sebelumnya bisa

      Delete
  2. mas mau tanya sy kan baru buat rekening yg BCA tahapan xpresi tanpa butab. jd utk transaksi melalui m-BCA. nah sy masih kurang paham nih sm aplikasinya soalnya ga kyk aplikasi bank sebelah yg mudah bgt digunain. sy sudah aktivasi m-BCA ke cab terdekat dan sdh di daftarkan nmr telfon. nah utk transaksi finansial spt transfer. apakah itu bisa dilakukan di aplikasi m-BCA langsung? karna sy kurang dijelasin sm customer servicenya klo utk transaksi finansial melalui aplikasi langsung/melalui SMS. terimakasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Transaksi transfer, cek saldo, ataupun transaksi lainnya yang ada di menu masing-masing bisa dilakukan, mba Nadia.

      Beberapa halaman ini akan membantu mba Nadia menggunakan aplikasi m-BCA:
      Cara Cek Mutasi Rekening BCA Pakai m-BCA Android

      Cara Transfer dari BCA ke Mandiri dengan mBCA

      Cara Menghapus Daftar Transfer BCA

      Delete
  3. Kenapa saat saya memasukkan no atm saya, saya malah dikirim no verifikasi melalui sms.. Gimana ya saya tidak mengerti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika memang ada kiriman nomor verifikasi melalui sms ikuti saja alurnya mba, mungkin metode cara aktivasinya sudah update karena sebelumnya memang seperti yang saya sampaikan seperti pada tulisan di atas.

      Delete
  4. sangat membantu banyak orang...makasih..

    ReplyDelete
  5. Min dl kan sy pkai hp samsung m banking sy no problem tp stlh sy ganti gadget oppo sy download m banking sy daftarin ga bs2 knp ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap handphone memiliki identitas unik yaitu berupa nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity). Nomor IMEI tersebut memiliki banyak sekali fungsi salah satunya yaitu untuk keamanan, termasuk keamanan transaksi keuangan.

      Jika sebelumnya menggunakan hp samsung yang sudah terdaftar/terdeteksi, kemudian diganti dengan hp oppo, maka akan terdeteksi nomor imei yang berbeda. Jadi tidak bisa untuk melakukan transaksinya.

      Untuk itu sebaiknya datang ke kantor cabang bank (BCA-kalau menggunakan BCA) terdekat untuk memberitahukan perubahan perangkat (hp) yang digunakan.

      Sebagai tambahan;
      cara mengecek nomor IMEI pada hp yaitu:
      Settings (pengaturan) > About Phone (tentang ponsel) > Phone Identity (identitas telphone)

      Di situ akan terlihat nomor IMEI perangkat.

      Delete
    2. Masing-masing hanphone memiliki nomor imei yang berbeda, baik hp samsungnya maupun hape opponya.

      Delete
  6. klo wktu transfer dan mau bli plsa ad tlsn silakan dtg ke cbng BCA untuk aktivasi finansial anda,itu knp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika mobile bankingnya saat ini belum bisa digunakan untuk melakukan transaksi itu berarti belum diaktifkan. Kemungkinan mba yuli baru mendaftar mobile banking melalui ATM. Harus didaftarkan terlebih dulu ke kantor cabang terdekat agar bisa diaktifkan dan bisa digunakan untuk transaksi finansial.

      Delete
  7. klo wktu transfer,bli plsa ad tlsn silakan dtg ke cbang BCA untuk aktivasi finansial anda,itu knp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tandanya nomor hap kamu belum didaftarkan secara resmi, mba yuli.
      Dengan kata lain belum diaktivasi sepenuhnya.

      Delete
  8. mau nanya saya sudah melakukan transaksi m-transfer, apakah bisa klo saya ingin print struk transfer via atm dari transaksi m-transfer tadi? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk cetak bukti transfer melalui ATM saya tidak tahu mas apa bisa atau tidak, karena saya belum pernah.

      Biasanya untuk bukti transfer menggunakan mBanking saya selalu screenshoot begitu muncul notifikasi transfer berhasil.

      Namun kalau sebelumnya lupa screenshot, kamu bisa cek melalui menu
      m-Transfer > Inbox.

      Di situ ada history bukti transfer dan transaksi lainnya.
      Tinggal di screenshot ulang.

      Delete
  9. Bos...kalo mau ganti hp,trs utk mengakses BCA mobile lg gmn? Biar gk hrs dtg ke kantor cabang,soalnya sy udh aktivasi sblmnya dgn kartu axis yg sy pake bwt internet di kantor cabang,mhn bantuannya bos,thks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dulu dateng juga mas waktu ganti Hp.

      Delete
  10. Apakah bisa melakukan registrasi tanpa menggunakan buku tabungan? Terimakasih

    ReplyDelete
  11. gan saya udah ke atm untuk transaksi di atm terus masujin no hp juga.setelah itu saya buka aplikasinya dan mengiti instruksi seperti diatas.tapi kok malah disuruh transaksi lagi ke atm.tolong gan solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baiknya biar lebih jelas hubungi cs bca atau datang langsung ke kantor cabang BCA terdekat, mas dani.

      Delete
  12. Saya kan dpt atm silver bca dr pabrik untuk pembyrn gjian,sudah ada user id ny tp kok blm ada pinnya y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara kativasi pinnya ke ATN datang aja ke ATM terdekat. Jika belum bisa bisa minta tolong ke satpam atau petugas lainnya. Saya dulu juga begitu

      Delete
  13. cara pendaftaranya bisa bia internet...apa di harus kan datang ke cabang bca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daftar bisa lewat ATM namun untuk bisa menggunakannya untuk bertransaksi harus melalui kantor cabang. Kenapa? karena untuk mendata tanda-tangan dan nomor telpon.

      Delete
  14. apakah bisa mendaftarkan 2 nomer hp untuk mobile banking bca?
    sehingga saya bisa membuka mobile banking di kedua hp android saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Logika saya sih mengatakan tidak bisa, mas aldi. Karena satu rekening satu data.

      Delete
  15. Pagi min.sy dah ada mbca satu. Dan sudah aktif. ini sekarang kantor minta buka rekening tahapan expresi lagi satu untk transfer gajih. mau tanya gimana caranya satu aplikasi untuk 2 no rekening?? .thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu aplikasi bukan dua nomor rekening, tapi dari nomor rekening yang terdaftar untuk mBCA bisa transfer ke tahapan ekspresi. Kalau kelebihan tahapan ekspresi belum tahu.

      Delete
  16. Mau tanya donk, saya kan mau daftar bca mobile ke bca mall palem cengkareng dan kata cs nya ttd di ktp dengan dibuku tabungan berbeda
    sehingga saya diharuskan ke bca tempat asal yaitu rawamangun. Peetanyaan saya kalau ke bca asal apa saja kelengkapan yang perlu dibawa selain ktp dan buku tabungan, kemudian apakah nanti hrs ganti buku tabungan beserta nomor rek.baru dengan ttd yg baru atau hanya ganti buku tabungan saja dengan ttd yg baru? Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tanda tangan beda ya jelas tidak bisa, tispnya samain dl tandatangannya, kemudian dateng ke bca lain agar tidak dicurigai "nah, ini orang yang tadi" :)

      Delete
  17. saya terhenti terus di pas masukin 16 digit, katanya koneksi terputus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba update terbaru, atau uninstall kemudian pasang lagi. Saya juga pernah begitu.

      Delete
  18. Mas mau nanya ko saya pilih menu payment terus klik pinjaman gk bisa ya? Malah disutuh untuk datang ke cabang bca untuk melakukan aktivasi layanan finansial

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti punya mas acep belum diaktivasi, buat apa klik menu pinjaman, banyak ngutang ya,, hehehee :)

      Delete
  19. kalo untuk mengetahui sudah Aktifasi atau belum bagaimana ya? apa harus ke kantor cabang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau belum diaktivasi tidak bisa untuk melakukan transaksi keuangan seperti transfer, beli pulsa, dll. Hanya bisa untuk melihat saldo dan record lainnya yang tidak melibatkan perpindahan dana.

      Delete
  20. Bos.. sta baru bikin rkening tadi dn jufa sudah ngasih nmor hp juga dsna am ptugaanya.. lalu sorenya saya daftatin snduri m-bamking nta di ATM trdekat.. dn dn berdasil stelah download aplikaai lalu jadilah akun itu dlm aplikasi.. lalu.. malamnya saya mau ngetes.. tranfer krekening sbelah. Dgn sisa saldo 450 yg ada di rkenibg traebut.. tapi lo beekali kali saya coba gk bisa ya bos..

    Trus gk bisanya itu kluar tulisan "Mata uang anda salah" sperti itu lag kurang lwbunya ... makaudnya iti bos..

    ReplyDelete
  21. Hallo! Maaf mau tanya kalau untuk buku tabungan untuk apa ya? Apakah untuk mengetahui no.rek nya saja atau ada hal lain? Terimakasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagai bukti yang sah, valid, dan otentik bahwa anda benar-benar si pemilik rekening tersebut. Jadi tidak hanya sekedar untuk mengetahui nomor rekeningnya saja.

      Delete
  22. Mau tanya min, mBanking bca saya tiap abis transfer buktinya ga masuk ke inbox pas semenjak ganti hp, itu gimana ya biar masuk lagi notifikasinya?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ga tahu mas, apa ada yang error atau hanya sekedar settingannya saja, saya sendiri belum pernah mengalaminya

      Delete
  23. saya menggunakan kartu provider tri itu bisa d gunakan tdk untuk daftar mbanking bca

    ReplyDelete
  24. Ketika saya masukkan 16 digit no atm sya dapat sms seperti ini

    Pulsa Anda tidak mencukupi. Anda tidak dapat menikmati layanan MO-69888-250RP. Silakan lakukan isi ulang dan dicoba kembali.
    Alhasil tidak bisa masuk ke menu m bca
    Mohon solusinya

    ReplyDelete
  25. Kalo 2 rekening dalam satu aplikasi bisa gk sih ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk perihal itu saya sendiri belum tahu, bro. Karena ada satu nomor handphone untuk 2 nomor rekening. Apakah di koneksi internet aplikasinya tidak dianggap spam/scam, pishing, dan lainya?

      Delete
  26. Mas mau tanya, kalau sudah registrasi di banknya, sudah pernah pakai mbca, tapi aplikasinya kena uninstall, trus kalau install lagi harus registrasi ke banknya lagi atau bisa langsung daftar diaplikasinya tanpa registrasi nomor telfon di bank?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya tidak harus ke bank, saya sampai ganti handphone pun tidak perlu.

      Delete
  27. Pak. Saya mbanking sya gabisa nih gegara kartunya abis sya copot dan udh dipasang lgi dihp yg sama cuma mbanking nya gabisa disuru aktivasi ke atm itu emg bisa ya? Atau tlp cs untuk bisa langsung digunakan tanpa aku harus pergi ke atm atau ke cabang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya harus delete cookie aplikasi, untuk dicoba ulang. Jika memang tetap tidak bisa baiknya langsung aja ke CS BCA nya

      Delete
  28. Saya mau tanya. .
    digit nomor saya hanya 10..
    Jadi tidak bisa masuk.
    Bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau kententuan digit no tidak bisa 10, maka bisa tidak bisa harus ganti atau tambah kartu

      Delete
  29. Pak saya kurang paham...
    Pertama saya uda daftar mbanking di bank buat mbanking,,, terus uda ke instal di hp bisa,,,
    Karna aplikasi di hp eror saya instal ulang tapi waktu mau transfer selalu financial terus,,, itu gimana pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bapak tidak bisa langsung install aplikasi mbankingnya, namun untuk bisa bertransaksi dengan mobile banking, nomor telpon bapak harus didaftarkan dulu ke kantor cabang terdekat

      Delete
  30. Pak mau tanya kalau sebelumnya sudah terdaftar tp tiba2 tidak bisa di akses dengan alasan daftar kembali ke bank ATM BCA , tapi kartu debit saya tidak di tangan dan buku tabungannya juga,jika saya ke kantor cabang bisa buat mbanking bca kembali tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bapak daftarnya pakai ATM ya? Jika ke ATM namum tidak mendaftarkan nomornya ke Kantor cabang setahu saya belum bisa. Artinya bapak harus tetap ke kantor cabang untuk dimintai data bahwa bapak benar-benar pemilik rekening yang sah.

      Delete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.