Simple blog to share

Cara mengingat banyak password sekaligus sepertinya tidak mungkin dilakukan jika username, email, dan pasword yang dipakai banyak sekali. Setiap password sudah seharusnya dibuat secara unik, artinya setiap akun login harus berbeda satu sama lainnya. Unik untuk username login, juga unik susunan passwordnya. Jangan sampai semua login website anda memiliki password yang sama. Berbahaya. Jika ketebak 1 passsword oleh orang lain maka bisa jadi semua rahasia anda akan terbongkar melalui akun-akun tersebut.

Selain unik, setiap password yang digunakan harus kuat/tangguh agar tidak mudah diketahui orang lain. Password yang bagus dan kuat selalu memiliki kombinasi huruf, angka, dan simbol dengan jumlah panjang karakter tertentu, misalnya minimal 6 karakter atau lebih. Lebih kompleks dan panjang lebih bagus.
cara-mengingat-banyak-password

Membuat password baru yang mudah diingat tapi kuat itu susah-susah gampang, apalagi jika akun login anda banyak. Coba berapa akun log in anda saat ini. Mulai dari akun facebook, yahoo, gmail, kaskus, forum, internet banking, akun toko online seperti lazada, tokopedia, buka lapak, instagram, path, dan masih banyak lagi. Bisa jadi anda memiliki lebih dari 50 atau bahkan lebih dari itu.

Bagaimana saat ini cara anda mengingat semua password yang anda miliki?
Apakah dengan menulisnya di buku catatan kecil atau menyimpan pakai cara lain?

Menulis semua daftar password di buku catatan kecil sepertinya terlalu berbahaya.
Jika ada orang lain yang melihat buku catatan password anda dan berniat untuk mencuri password tersebut, bisa saja ia tidak ambil pulpen kemudian menulisnya satu persatu. Namun dengan cepat sekali ia bisa memfoto daftar password anda yang ada pada buku tersebut dengan kamera hp misalnya. Lebih berbahaya lagi apabila buku tersebut hilang saat dibawa pergi. Wassalam.. dah..! :)

Satu-satunya cara aman menyimpan banyak password adalah di ruang ingatan otak anda. Karena hanya anda sendiri yang tahu. Hanya anda sendiri yang bisa mengaksesnya. Karena itu tips dan trik untuk mengingat banyak password bisa anda tiru langkah-langkahnya di sini.

Bagaimana cara paling mudah membuat dan mengingat banyak password dari puluhan hingga ratusan password sekaligus?

Caranya mudah, gunakan format sesuai dengan keinginan anda misalnya $1ogNAMAWEBSITEin.
Jika anda mempunyai akun facebook maka menjadi $1logfacebookin.
Jika anda mempunyai google+ maka menjadi $1logplus.googlein
Bila anda memiliki akun instagram maka akan menjadi $1loginstargamin
dan seterusnya...

Jika anda ingin lebih spesifik, nama website bisa anda singkat menjadi kode rahasia tertentu yang mudah anda hafal, misalnya:
- facebook menjadi fb --> $1logfbin
- instagram menjadi ig --> $1logigin
- google plus menjadi pg -->$1logpgin
- twitter menjadi tw --> $1logtwin
- website lain terserah anda seting mau seperti apa

Format seperti di atas misalnya $1log--in ($1log : diawal nama website & in : di akhir nama website) adalah contoh format rahasia yang dibuat dan diketahui oleh anda sendiri. Anda dapat membuat format (susunan) kode password sesuai dengan keinginan anda. Tingkat kerumitan password bisa anda atur sendiri agar orang lain tidak mudah menebaknya.

Format tersebut adalah gabungan antara simbol, angka, dan huruf, dan jika digabung dengan nama website maka akan menjadi panjang yang sangat susah dihack, namun mudah sekali anda ingat, karena anda hanya mengingat $1log--in beserta nama websitenya.

Jadi intinya buatlah format kombinasi awal dan akhir kemudian gabungkan dengan nama websitenya. Lalu bagaimana dengan email dan passwordnya?


Pada prinsipnya sama. Untuk membuat email bisa anda diseragamkan seperti teknik format rahasia di atas.
Misalnya:
Untuk email gmail ke-1 : 1st-mymail@gmail.com => login: $1loggmailin
Untuk email gmail ke-2 : 2nd-mymail@gmail.com => Login: $2loggmailin
Untuk email gmail ke-3 : 3rd-mymail@gmail.com => Login: $3loggmailin
Untuk email yahoo ke-1 : 1nd-myyahoo@yahoo.com => Login: $1logyahooin

Agar password tidak mudah ditebak, jangan lupa pakai trik di atas. Perhatikan prinsip dasar cara menciptakan password yang mudah diingat tersebut.

Password sama halnya dengan kata kunci, jika anda lupa kata kuncinya anda tidak bisa masuk dan anda bisa menyesal selamanya.

Atau jangan hanya karena penyebab password mudah ditebak (lemah) kemudian anda kehilangan password tersebut karena dihack dan diganti orang lain. Pernah denger akunnya artis dangdut yang dihack orang, hingga foto-fotonya privatnya tersebar luas di internet? Begitulah akibatnya jika anda memiliki password yang lemah.

Itulah sedikit tips dan trik dari saya di www.walidin.net tentang cara mengingat password dengan mudah meski akun loginnya bisa sampai puluhan bahkan ratusan. Tidak perlu aplikasi/software penyimpan password seperti password manager.

Silahkan explore trik bermanfaat lainnya yang sudah saya tulis, atau lihat trik berikutnya yang akan saya publish besok.

2 comments:

  1. kalau gini caranya emang kayanya mudah deh ngingetnya soalnya sama halnya cuma nginget 1 pasword saja ya. makasih tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mas. Itu merupakan trik bagaimana cara mengelola password secara terstruktur

      Delete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.