Simple blog to share

Pilih browser tercepat dan browser paling ringan itu wajib bagi pengguna smartphone.
Karena ia dipakai tiap hari untuk browsing banyak informasi dan referensi di internet, maka jenis browser dianggap sangat penting ada pada tiap-tiap smartphone. Meski jaringan lagi ga maksimal tapi kalau browsernya cepat ia bisa loading dengan baik. Browser yang masuk pada kategori "tercepat" dan "paling ringan" selalu memiliki proses kompresi halaman web yang lebih baik, namun cenderung memiliki kualitas rendering image yang sedikit lebih buruk.

browser-android-paling-ringan-tercepat

Lantas adakah browser android yang bisa melakukan keduanya yaitu sebagai browser paling cepat dan sebagai browser paling ringan dengan tingkat kompresi yang tinggi serta rendering yang image bagus? Dan juga dapat memainkan video dengan lancar?

Jaman sekarang ga ada yang ga mungkin. Begitu juga dengan browser.

Jika kamu tidak fanatik pada browser tertentu yang kamu anggap paling bagus, paling cepat, dan atau paling segalanya dari browser lain, maka kamu harus membuktikan sendiri bahwa memang ada browser ringan yang tidak memakan memory handphone android.

Terus, aplikasi browser paling ringan untuk android itu apa, yang tercepat untuk loading halaman web, lancar untuk streaming video, dan tidak memberatkan kinerja HP?
Inilah browser android paling ringan dan browser android paling cepat yang bisa kamu coba karena ia tidak membebani ram sama sekali.

xBrowser

Browser teringan untuk android adalah xBrowser. Filenya sangat kecil hanya 1.62 MB jauh lebih kecil dari UC mini browser yang digadang-gadang sebagai browser paling kecil sizenya yaitu 3.4MB. Jika dibandingkan dengan browser UC mini, tampilan halaman website yang dibuka dengan xBrowser jauh lebih baik. Xrowser dapat menyetel video youtube dan video online lainnya dengan baik. Untuk membuka facebook dengan xBrowser juga tidak ada masalah baik dengan teks, image, ataupun video yang ada di facebook.
Buka image spoilernya:
browser-tercepat-untuk-android

Layaknya browser lainnya dengan kapasitas besar, meski xbrowser mungil dalam ukuran, namun fitur standar yang ada sama dengan browser lainnya. Pengaturan xBrowser cukup mudah, tinggal tap menu > pilih Settings

Pada menu settings, kamu dapat mengatur setingan homepage (Set homepage), mengatur directory downloadan, atau memilih search engine (Switch search engine) yang ingin kamu pakai sebagai defaultnya misalnya google, yahoo, bing, duck-duck go, ask, baidu, yandex, dan custom. Kemudian mem-Backup user data ke SD card atau melakukan Restore data dari SD card. Jika kamu tidak mau adanya iklan yang tampil pada halaman website, seperti iklan popup yang sporadis muncul tiap kali bagian halaman web disentuh (ditap), kamu dapat mengaktifkan fitur ads block.
Buka image spoilernya:
browser-paling-cepat-untuk-android

Pada xBrowser terdapat support cache yang bisa kamu aktifkan. Support cache ini berfungsi untuk membantu pengguna irit kuota paket internet karena jika kamu menekan tombol back pada beberapa halaman yang telah dibuka, maka browser tidak membutuhkan network/koneksi internet untuk reload ulang halaman website tersebut.

Apus Browser

Browser super ringan, cepat, dan bagus kaulitas tampilannya adalah browser apus.
Kecil ukuran filenya. Setelah terinstall hanya 7.11MB untuk versi 1.5.4. Browser yang dapat me-loading halaman web secara ringan ini juga dapat memainkan video streaming youtube dengan jelas. Hanya 7 MB tidak akan membuat berat kinerja memori.
Buka spoiler berikut:
browser-paling-ringan-untuk-android
Ketika saya buka untuk update facebook dan update google+ ia tidak mengalami kendala. Begitu juga ketika saya coba untuk memainkan video streaming youtube dan vimeo. Browser ini juga sudah memiliki ads blocker yang bisa kamu aktifkan jika iklan yang muncul sangat membabi buta saat kamu melakukan surfing halaman-halaman website.

Kalau dari sisi tampilan browser cepat Apus masih lebih bagus sedikit dibandngkan dengan xborwser, karena icon pengaturan dan icon fitur lainnya tampak lebih "friendly" bersahabat. Sedangkan untuk search engine yang bisa dipilih antara lain yandex, AOL, Google, Bing, Duck-Duck Go, Ask, Amazon, dan Yahoo.
Buka spoiler berikut:
browser-android-paling-ringan-tercepat

Terakhir
Dari keduanya selisih besarnya file tidak jauh berbeda, cukup kecil, dan akan membuat kinerja smartphone kamu tetap stabil. Semua fitur standar seperti fitur untuk membuat shortcut, bookmark, speed mode, ada pada keduanya.

Jika spek handphone kamu pas-pasan, jangan paksakan menggunakan browser berat seperti firefox for android, chrome, atau browser berat lainnya. Dari kapasitas installnya saja sudah gede apalagi loading dan saat aktif, pastilah menyedot banyak sekali resources prosesor dan memori. Kelebihan browser ringan, selain cepat ia juga tidak menguras daya baterai saat digunakan.

Ingat.. kinerja browser ringan dan cepat akan membuat kamu nyaman selamanya. Sebentar saja lelet kamu akan merasa kesal.

Meski secara umum browser tersebut bukan merupakan browser terbaik, tapi dengan kecepatan akses internet yang bagus akan membuat kamu nyaman dan puas menggunakannnya.

Salah satu tips agar browsing internet lancar ya selain mengganti browser yang lebih ringan juga rajin membersihkan cookie, cache, dan historynya secara rutin, secara manual.

Semoga bermanfaat info ini. Silahkan kamu coba sendiri agar bisa membedakannya dengan browser yang kamu gunakan saat ini.

1 comment:

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.