Simple blog to share

Coba cek laptop kamu sekarang, berapa spek yang ada, baik spesifikasi prosesor ataupun spek RAMnya. Sudah bagus kan? Terus cek berapa program yang telah diinstall di dalamnya. Cara cekanya buka windows explorer > klik kanan Computer > Properties. Lihat berapa kemampuan prosesor yang tersedia (dalam GHz). Di atas 2 GHz kah, atau di bawahnya. Berapa memori yang tersedia, di atas 4GB kah? Jika penasaran dengan kinerjanya coba klik Windows Experiecne Index (teks berwarna biru). Nah di situ kamu dapat melihat informasi "nilai" dari kinerja masing-masing komponen baik prosessor, ram (memory), graphics, gaming graphics, dan hardisk (performa data transfer).

cara-mengetahui-kinerja-performa-laptop

Seperti sebuah raport sekolah, semakin bagus nilainya maka semakin bagus (cerdas) kinerjanya. Laptop/pc windows vista, 7, 8, 9, 10 yang bagus memiliki windows experience index yang tinggi. Dengan kata lain, semakin tinggi nilai skornya, maka semakin bagus performanya. Semakin responsive menjalankan program-program besar seperti game.

Windwos Experience index ini didasarkan pada nilai terendah dari subscore (masing-masing) komponen yang ada di dalamnya.
Pada contoh gambar di bawah ini bisa kamu lihat kinerja secara keseluruhan dan kelemahan apa yang ada dari tabel yang ditunjukkan.

Ternyata kelemahan laptopnya ada pada graphicsnya. Kinerja "dekstop performace for windows aeronya" cukup jelek.

Dari sinilah kamu bisa mengetahui apa yang lemah dengan performa laptop kamu. Karena itu bisa kamu "tweak" agar kinerjanya lebih bagus. Dari contoh tersebut kamu bisa melakukan tweak/tune-up laptop (pc) dengan cara menonaktifkan tampilan aeronya. Aero adalah efek smooth pada saat window/jendela program dibuka, di-minimize, di-maximize, atau di-close.

Saat ini kamu sudah tahu cara mengenali dan membaca kemampuan sebauh laptop/pc melalui windwos experience index. Dengan begitu kamu tahu apa yang bisa kamu lakukan jika laptop kamu terasa lelet.

Nah sekarang, selain menonaktifkan fitur aeronya seperti dijelaskan di atas, kamu bisa lakukan hal ini untuk meningkatkan kinerja laptop (komputer pc). 14 cara mempercepat kinerja laptop ini cukup mudah dilakukan. Silahkan lakukan sebentar atau kamu membiarkan laptop kamu lambat.
Silahkan kamu baca dan pahami, agar kamu tahu betul apa yang harus dilakukan jika laptop/pc kamu lambat.

  1. Matikan/nonaktifkan service windows yang tidak perlu. Dengan menonaktifkan service windows yang tidak berguna, berarti anda mengurangi beban prosesor service tersebut. Service merupakan program yang berjalan di lingkungan background. Lingkungan background yaitu lingkungan yang tidak terlihat di layar monitor secara langsung. Untuk cara menghentikan service yang tidak diperlukan pada windows anda bisa baca tutorialnya di halaman ini.
    Matikan Service Yang Tidak Perlu - Tips Untuk Mempercepat Kinerja Laptop (PC) Anda
    Buka spoiler imagenya:
    cara-meningkatkan-kinerja-laptop

  2. Hapus file temp pada folder temp.
    Mungkin selama laptop kamu digunakan 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun, atau lebih belum pernah dihapus semua file-file yang ada di folder temp windows. Jika belum kemungkinan banyak sekali file-file yang tidak berguna terebut. Karena itu hapus semua file yang ada di folder temp.
    Caranya: Start > Run > %temp% > Select All > Delete.
    Kemungkinan tidak semua file bisa dihapus.
    Buka spoiler imagenya:
    cara-mempercepat-kinerja-laptop-pc

  3. Hapus file sampah pada Recycle Bin.
    Recycle Bin memanfaatkan ruang harddisk pada drive C. Karena itu sebaiknya anda optimalkan terus kapasitas drive C dengan cara menghapus file-file sampah yang ada pada Recycle Bin
    Buka spoiler imagenya:
    cara-menambah-kecepatan-laptop

  4. Bersihkan disk menggunakan disk cleanup dan Defrag hardisk.
    Caranya (pada windows 7,8, dan 10 sama saja secara prinsip) buka Control Panel\System and Security > kemudian pilih Administrative Tools > plih Free up disk space.
    Pada kotak dialog "Disk Cleanup: Drive Selection" tentukan drive C kemudian klik OK.
    Untuk mendefrag hardisk pilih "Defrag your hard drive". Klik Drive C > Defrag Disk.
    Buka spoiler imagenya:
    cara-memperbaiki-kinerja-laptop

  5. Atur program apa saja yang hanya berjalan di proses Startup.
    Tekan keyboard tombol Win+R (Run) > msconfig > klik tab Startup > Hilangkan tanda centang yang tidak perlu aktif pada saat start up > Apply.
    Menghilangkan tanda centang berarti program tersebut tidak akan jalan saat komputer melakukan startup ketika booting (dinyalakan)
    Buka spoiler imagenya:
    cara-meningkatkan-performa-laptop-pc

  6. Hapus gadget yang ada pada desktop.
    Gadget sebenarnya tidak begitu penting dan hanya akan membuat berat kinerja laptop. Anda dapat melihat gadget apa saja yang ada, klik kanan pada desktop > pilih gadet.
    Buka spoiler imagenya:
    cara-menaikkan-kinerja-laptop-lambat

  7. Buat tampilan windows seminimal mungkin.
    Buka Control Panel\System and Security\System kemudian pilih Advanced system settings > pilih tab Adcanced > klik tombol Settings pada bagian Performance > pilih tab Visual effects > pilih Custom > hilangkan tanda centang yang tidak diperlukan seperti aero peek misalnya.

    Dari kotak dialog tersebut (Performance Options) atur juga virtual memorynya secara manual, caranya klik tab Advanced > klik Change pada bagian virtual memory > hilangkan tanda centang "Automatically manage paging file size for all drives".
    Setelah itu pilih bullet "Custom size" > kemudian ketikkan sejumlah memory virtual yang anda perlukan. Tipsnya isikan sejumlah yang direkomendasikan untuk jumlah maksimum paging file (lihat bagian bawahnya ada tulisan Recomended: ....MB).
    Buka spoiler imagenya:
    penyebab-laptop-lambat

  8. Uninstall program yang tidak penting dan jarang dipakai, caranya masuk control panel: Start > Control Panel > Program > Uninstall Program
    Menghapus beberapa program yang tidak perlu akan membuat ruang system (drive C) bertambah banyak. Selain itu, proses service yang berjalan secara otomatis juga akan berkurang, sehingga kinerja laptop lebih ringan.
    Buka spoiler berikut:
    cara-agar-laptop-cepat

  9. Cek system dengan antivirus.
    Antivirus sangat berguna untuk menscan dari bahaya malware saat laptop terlihat tidak normal yang diakibatkan klik dari link yang membahayakan saat anda sedang surfing. Anti virus dan internet security akan berjalan di belakang layar dan akan memberitahukan pengguna jika ada bahaya virus, malware, spyware, dan aktifitas pishing. Antivirus jaman sekarang kebanyakan sudah mengadopsi dua fungsi yaitu sebagai antivirus juga sebagai internet security.
    Buka spoiler berikut:
    cara-mengatasi-komputer-lambat-lelet-lemot


  10. Bersihkan disk dengan Disk Cleanup Windows
    Cara membersihkan harddisk dengan fitur disk cleanup windows sangat mudah dan tidak dibutuhkan waktu lama, namun sangat membantu kamu dalam meningkatkan speed latpop secara umum. Dengan disk clean up kamu bisa me-remove semua file-file temporer (beserta temporary internet files), downloaded program files, debug dump files, office setup files, recycle bin, setup log files, system error memory dump files, thumbnail, per user queued windows error report, dan system archived windows error report. Cukup banyak yang bisa dibersihakan.
    Caranya: Klik kanan salah satu drive misalnya drive C > kemudian tekan Disk Cleanup.
    Buka spoiler berikut:
    cara-mengatasi-laptop-lambat

  11. Defrag harddisk
    Defragmentation merupakan proses menemukan fragmen noncontiguous data ke mana file komputer dapat dibagi seperti yang disimpan pada hard disk, menata ulang fragmen serta memulihkan mereka menjadi fragmen yang lebih sedikit ke seluruh file. Jadi seperti perumpamaan sebuah perpustakaan dengan kondisi buku-buku yang berantakan, ia akan ditata ulang seluruhnya agar rapih lagi, dan pada saat ada yang mencari buku, buku tersebut dapat ditemukan dengan cepat tanpa membuat cape si petugas perpustakanan. Begitu juga sama halnya dengan ruang hardisk dan windows. Ketika kamu memerintahkan petugas perpustakaan (windows) mencari file di ruang perpustakaan (hardisk), maka windows akan dengan cepat sekali menemukan file yang kamu cari.
    Caranya?:
    Klik kanan salah satu drive misalnya drive D > kemudian tekan Defragment now.. > klik lagi salah satu drive, misalnya D > Defragment disk > tunggu sampao proses defrag selesai.
    Buka spoiler berikut:
    cara-memperbaiki-komputer-lambat-lelet-lemot

  12. Scan registry dengan dengan aplikasi bantu registry cleaner seperti CCleaner atau Tuneup Utilities
    Setiap kali kamu melakukan install/uninstall program maka registrynya berubah baik bertambah atau berkurang. Kadang program yang yang diuninstall meninggalkan registry yang tidak berguna dan hanya jadi sampah di system. Karena itu hapus semua registry yang tidakk berguna. Bersihkan dengan tool bantu. Banyak aplikasi gratisan yang dapat digunakan untuk menscan dan menghilangkan registry sampah.
    Buka spoiler berikut:
    cara-agar-komputer-tidak-berat

  13. Lakukan upgrade ram
    Semakin banyak program yang diinstall akan semakin berat karena banyak service yang bejalan di lingkungan background. Jika kamu ingin menambah banyak program yang diinstall, maka sebaiknya tambahkan ram sesuai dengan budget yang kamu miliki. Harga ram untuk DDR3 4 GB berkisar Rp.164 ribu (PC),  DDR3 8 GB berkisar Rp.350 ribu (PC),  DDR3 2 GB berkisar Rp.172 ribu (PC). Untuk laptop bisa anda cari infonya di beberapa online store terpercaya.

  14. Jika perlu, upgrade hardisknya.
    Hardisk yang dijadikan sebagai partisi C (di windows) pastikan memiliki kapasitas ruang install yang cukup. Jika masih kurang, silahkan tambah kapasitasnya dengan cara mengalokasikan beberapa GB ke partisi C dari partisi D. Jika masih tidak cukup, sebaiknya upgrade hardisknya atau tambah dengan hardisk baru.
Untuk cara menambah kapasitas hardsik dari drive D ke C atau sebaliknya bisa kamu baca di halaman ini:
Cara Menambah atau Mengecilkan Drive C


Itulah cara menambah kecepatan laptop dengan beberapa poin yang harus diperhatikan. Cara meningkatkan kinerja laptop/pc ini cukup mudah dan sebenarnya bisa kamu perbaiki sendiri tanpa harus minta tolong ke teknisi komputer. Tidak perlu biaya mahal kecuali ada penggantian atau penambahan sparepart.
Jadi jangan sampai kamu bilang "Laptop gue lambat banget nih.."

0 comments:

Post a Comment

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.