Simple blog to share

Setiap smartphone android selalu memiliki file explorer atau file manager sendiri, namun kadang kurang maksimal dalam penggunaannya. Sepertinya saya menggunakan Polytron Prime 7 benar-benar kurang maksimal karena untuk memindahkan file besar sering “force close” sendiri. Memang untuk ukuran file kecil yang di-browse tidak ada masalah dan cukup bagus, namun untuk file besar misalnya 1 Gb sering stop sendiri aplikasinya. Nah, karena kurang puas menggunakan file explorer bawaan, saya coba banyak aplikasi sejenis dari play store, namun untuk yang pas menurut penilaian saya agak sedikit susah karena biasanya kalau ga berbayar pasti ada iklannya. Namun lama-kelamaan dengan pencarian kata kunci yang tepat saya akhirnya menemukan yang terbaik, gratis, ga menyajikan iklan, ukuran filenya kecil, dan saat dibuka proses “read” kartu memori smartphone cukup cepat.

Apa itu?

Ada 2 file manager terbaik yang saya suka yaitu “Cx File Explorer” dan “File Manager”.


Pertama, Cx File Explorer

Kenapa ini yang saya masukkan di urutan pertama sebagai file manager terbaik android / file explorer terbaik android?. Karena selin ringan dan kecil filenya, ia memiliki banyak fitur. Cx File Explorer tampilannya cukup sederhana namun ia selain dapat menampilkan explore berupa folder-folder, ia juga bisa mengkategorikan berdasarkan image, video, audio, dan dokumen. Jadi lebih mudah saat browsing banyak file/folder di android. Bagusnya, aplikasi ini ada fungsi buat clear cache yang semakin lama semakin banyak tersimpan di smartphone, selain itu ada fungsi networknya loh. Berikut screenshot awal yang bisa saya sertakan.

Buka spoiler imagenya:
file-manager-terbaik-free-no-ads

file-explorer-terbaik-free-no-ads

Dari fungsi network, saat saya tes, ia bisa mengakses server dengan baik melalui koneksi wifi, meskipun ia belum bisa melakukan "create" wifi sendiri seperti  aplikasi lain yang saya pakai (besok saya share aplikasi appa dan bagaimana caranya).
Selain fungsi network, percobaan transfer file menggunakan FTP yang disediakan oleh aplikasi ini juga saya tes. Saya menggunakan percobaan tes FTP dari android ke laptop. Masih gagal. Meski masih ada satu poin yang masih belum bisa berhasil, at the end, aplikasi CX ini OK banget dipakai sehari-hari.

Buka spoiler Videonya:
Oh ya satu info, aplikasi ini dibuat oleh team Cx File Explorer, jadi kata kuncinya Cx File Explorer yang digunakan untuk nyari di play store kalau mau install.

Yang ke dua, File manager

Meski aplikasi ini cukup simple namun saya coba bagus juga untuk memindah file-file besar hingga lebih dari 1 Gb antar folder di android. Cukup lancar saat memindah banyak file sekaligus. Ini yang pertama saya gunakan sebelum mengenal Cx File Explorer. Meski begitu saya masih menggunakannya kadang-kadang, meski sekarang lebih banyak dengan Cx File Explorer. Dengan aplikasi File Manager ini, secara default file system tidak terlihat, namun dengan mengatur settigan yang tersedia, kamu bisa memunculkannya.

Buka spoiler imagenya:
file-manager-file-explorer-paling-bagus
Itulah kedua file Manager untuk stand pemakaian bagi pengguna Android, tentunya beda dengan file manager untuk para "opreker" smartphone.
Dari info aplikasi bagus di halaman ini, kamu bisa langsung coba menginstallnya. Lihat juga info, tips,dan trik yang ada di halaman lainnya.

0 comments:

Post a Comment

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===