Simple blog to share

Kali ini saya cobain internet security dari ESET NOD32 yang saya dapat dari referensi keponakan saya. Karena sebelumnya saya sudah menggunakan antivirus McAfee, saat saya ditawari pertama kali tidak tertarik, karena sudah nyaman dengan Virus Scan Enterprise-nya McAfee tersebut. Bukan karena sebelumnya tidak tahu, namun memang karena "belum dekat", jadi malas aja untuk pindah.
Oh ya, beberapa cara untuk menjaga laptop agar tetap tahan terhadap serangan dari luar seperti virus, spyware, pishing, dan adware, memang terus saya perhatikan dan saya akui termasuk orang yang "care" dengan masalah ini, karena laptop sering sekali untuk transaksi online, biasa untuk belanja beli tas sekolah anak, baju anak, atau  kerudung anak. Nah, karena saya tertarik dengan internet security-nya ESET maka saya coba install. Habis di-install saya explore fitur-fiturnya dan ternyata lengkap banget. Selain lengkap juga cukup ringan, sama seperti McAfee Virus Scan Enterprise, hanya saja McAfee yang ini tidak memiliki internet security. Apa bedanya?


Beda virus scan biasa dengan dengan Internet Security, perumpamaannya begini. Setiap virus yang ingin menginfeksi komputer/laptop, ia akan masuk ke system 32 dan registry terlebih dulu. Anti Virus menghajar virus setelah atau masuk dan menginfeksinya, itu kalau antivirusnya belakangan di install. Kalau sudah diinstall, anti virus hanya mencegahnya untuk tidak masuk ke system, kemudian menghapus/membersihkan file yang terinfeksi. Sementara Internet Security berfungsi untuk mencegah adanya spyware (program mata-mata) dan program jahat lainnya segera dicegah dengan cara tidak dapat mengakses halaman website tertentu. Internet Security sangat penting bagi siap saja yang sering melakukan transaksi belanja online karena bisa menghindari pencurian data melalui aplikasi seperti browser dan keylogger.

OK kali ini saya akan share fitur apa saja yang ada di ESET NOD32 Internet Security ini, mari kita lihat:


1. Di halaman pertama ada "Scan Computer"

untuk mengecek malware, apakah masih ada yang singgah ataupun tidak alias komputer sudah bersih atau belum. Selain fitur tersebut ada juga "Banking & Payment Protection" untuk melindungi data-data pengguna saat mengakses internet banking bisa berupa password login dan data lainnya. Kemudian ada lagi "Connected to Home Monitor" yang berguna untuk mengecek jaringan di rumah.

Buka imagenya :
eset-node-32

02a-internet-banking-protection-by-eset-node32

02b-tampilan-eset-nod-32-internet-banking-security


2.  Pada menu berikutnya ada "Update"

yang berguna untuk meng-update data base antivirusnya dan termasuk scan engine-nya. Pada saat update pertama kapasitasnya cukup besar sekitar 80-100 Mb. Namun, update rutin setelah cukup ringan hanya beberapa Kb saja. Update yang dilakukan oleh ESET NOD32 ini termasuk sering sekali bisa tiap-hari, namun jagan khawatir karena file update rutin cukup kecil. Perlu kamu ketahui bahwa semakin sering sebuah antivirus mengadakan update maka semakin bagus karena databasenya semakin lengkap. Selain itu, bisa ditengarai bahwa tim developernya mereka semakin bagus, sehingga produknya pun semakin bagus.

Buka imagenya :
03-Update-eset-Nod32

3. Di menu berikutnya ada "Tools"

yang di dalamnya termasuk "Connected to Home Monitor" dan "Banking & Payment Protection". Lain dari itu ada Anti-Theft yang berfungsi untuk menemukan komputer/laptop jika dicuri oleh orang lain. Di sebelah kanan bawah ada "More Tools" yang lebih lengkap lagi yaitu Log files, Security report, Network connection' Running Processes, Watch activity, Eset SysInspector, Eset SysRescue Live, Scheduler, System Cleaner, Submit Sample for analysis dan Quarantine.
Log file digunakan untuk melihat thread virus apa saja yang telah dihapus
Security report digunakan untuk melihat apa dan bagaimana Eset Node32 melindungi pemakainya. Jadi apa saja yang di-protect oleh eset seperti aplications scanned, wabe page objects scanned (ojek pada halaman website yang telah discan), PUA scanned, Block webpage (halaman website yang diblok), Documents scanned, Protected access to internet banking, dan Other objects (objek-objek lain yang di scan).
Running process digunakan untuk melihat aplikasi apa saja yang mungkin aneh dan mencurigakan.
Fitur lain sepertinya sepetinya biasa misal karantin yang digunakan oleh semua antivirus sebagai tempat penampungan.

Buka imagenya :
04a-fitur-eset-nod32-internet-security

04b-log-file-pada-eset-nod32

04c-security-report-eset-internet

4. Di halaman berikutnya ada "Setup" untuk mengatur poin-poin yang sangat penting

Setup ini untuk mengatur berbagai setingan seperti Computer Protection, Internet Protection, Network Protection, Security Tools. Yang paling penting dari saya yaitu Security Tools untuk melindungi internet banking yang sering saya lakukan.
Kamu bisa lihat pada gambar di bawah ini pengaturannya apa saja dan seperti apa yang sudah saya pilih.

Buka imagenya :
05a-pengatruan-pada-eset-internet-security

05b-perlindungan-komputer-dengan-eset-nod-32

05c-melindungi-koneksi-internet-pada-aset-nod32

05d-antivirus-yang-bagus-untuk-internet-banking

5. Terakhir ada Help & Support

yang berfungsi untuk memeri masukan dan membuat komplain berkaitan dengan produk Eset Nod32 ini.

Buka imagenya :
06-help-and-support-pusat-bantuan-eset-nod32

Dari kelebihan yang saya tahu sejak saat pertama menggunakannya Eset Nod32 ini cukup bagus untuk menangkal virus, spyware, adware, dan malware, saat seseorang terhubung ke internet. Beberapa screenshot yang saya dapatkan dari aktivitas Eset Nod32 ini bisa kamu lihat di sini.
Buka imagenya :
07a-antivirus-bagus-untuk-internetan

07b-eset-antivirus-terbaik

07c-internet-security-terbaik

07d-internet-security-paling-kuat

0 comments:

Post a Comment

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===