Simple blog to share

Printer. Adakalanya ketika anda bekerja di kantor terjadi trouble dengan komputer yang anda pakai, di mana komputer tidak dapat dihubungkan ke printer dalam sebuah jaringan LAN (Local Area Network). Sedangkan jika anda cari tipe printernya secara manual dengan cara menambahkan printer "Add Printer" pada "Control Panel\Hardware and Sound\Devices and Printers" tidak dapat terdeteksi jenis printernya. Nah jika demikian maka anda harus melakukan cara lain agar komputer anda tetap dapat dikoneksikan ke jaringan LAN. 

Namun sebelumnya pastikan komputer anda telah terkoneksi/terhubung ke jaringan LAN, anda dapat lihat apakah kabel jaringan LAN sudah dicokol ke komputer anda atau belum. Kabel lan yaitu berjenis kabel RJ45.
contoh-kabel-RJ45
Contoh Kabel RJ45
Kabel tersebut yang terhubung ke server di mana driver printer diinstall dan printer tersebut dishare ke banyak komputer client. Proses pengaturan Sharing printer dilakukan oleh komputer utama (dalam hal ini komputer dianggap sebagai server). Setelah printer dishare barulah anda menghubungkan komputer anda ke printer jaringan, namun jika tidak bisa dengan cara biasa anda dapat menggunakan metode tcp/ip.

Berikut merupakan langkah-langkah untuk menghubungkan komputer ke printer pada jaringan lan melalui TCP-IP. Pada contoh ini saya menggunakan windows 8, merek printer HP dengan model HP LaserJet 5200L Series. Namun secara prinsip cara mengkoneksikan komputer ke printer LAN sama saja.


Agar lebih fokus anda membaca langkah-langkah di bawah ini, jangan tampilkan gambar di dalam spoiler sebelum anda membaca masing-masing perintah di atasnya.

  1. Buka Control Panel > Add a printer
  2. Klik spoiler berikut:
    cara-menambahkan-printer-add-printer-tidak-terdeteksi


  3. Maka akan muncul kotak dialog daftar printer yang terinstal. Jika jenis dan tipe printer tidak ditemukan, maka pilih klik "The printer that I want isn't listed"
  4. Klik spoiler berikut:
    cara-install-printer-lan-network


  5. Langkah berikutnya adalah pilih bullet "Add a printer using TCP/IP address or hostname", kemudian klik Next.
  6. Klik spoiler berikut:
    cara-menambahkan-printer-ke-jaringan-lan


  7. Pada kotak combo pilih TCP/IP Device, kemudian klik Next.
  8. Klik spoiler berikut:
    menghubungkan-komputer-ke-printer-lan


  9. Pada kotak isian Hostname or IP address masukkan alamat IPnya. dan begitu juga pada Portname, masukkan juga alamat IPnya, kemudian klik Next lagi.
  10. Klik spoiler berikut:
    cara-install-printer-melalui-tcp-ip


  11. Tunggu hingga proses scaning/pencariannya selesai. Komputer anda sedang mendeteksi semua jenis dan tipe printer yang ada pada jaringan LAN secara lebih detail.
  12. Klik spoiler berikut:
    cara-mengintal-printer-ke-jaringan-server


  13. Pada tahap ini ternyata tidak jenis printer yang ada dijaringan LAN tidak terkonfigurasi dengan baik, sehingga anda harus memilih "Custom" pada Device Type. Klik Custom
  14. Klik spoiler berikut:
    printer-tidak-terdeteksi


  15. Kemudian klik Settings
  16. Klik spoiler berikut:
    cara-setting-printer


  17. Pada kotak dialog yang muncul isi Portname dengan alamat IP printer yang dituju. Begitu juga samakan dengan Printer Name or IP Address. Pada contoh ini Ip addressnya misalnya: 192.168.0.34. Pada Protocol biarkan sesuai defaultnya yaitu Raw, dan pada Raw Settings_Port Number juga biarkan sesuai defaultnya, misalnya 9100. Kemudian klik Next.
  18. Klik spoiler berikut:
    cara-mengkoneksikan-komputer-ke-printer-lan


  19. Pada kotak dialog ini anda cari dan sesuaikan merek printer dan nama modelnya. Lihat pada printer anda merek dan jenis modelnya. Pada contoh ini saya menggunakan praktek menggunakan merek printer HP dan  tipenya adalah HP LaserJet 5200L Series. Klik Next jika sudah ketemu. 
  20. Klik spoiler berikut:
    cara-install-printer-lan
    cara-add-printer


  21. Pada langkah berikutnya biarkan sesuai defaultnya: "Use the driver that is currently installed (recommended), dan klik Next lagi.
  22. Klik spoiler berikut:
    cara-instal-driver-printer


  23. Pada kotak dialog ini; Type a printer name: biarkan sesuai defaultnya. Biasanya langsung muncul setelah terjadi scanning oleh windows secara otomatis.
  24. Klik spoiler berikut:
    cara-install-printer-hp-laserjet-5200L-series


  25. Langkah berikutnya adalah apakah anda ingin men-share/membagi-pakai printer tersebut. Pada kasus ini, karena komputer kita adalah komputer client maka pilih saja Do not share this printer, kemudian klik Next.
  26. Klik spoiler berikut:
    cara-share-sharing-printer


  27. Kotak dialog bahwa printer telah ditambahkan ke komputer yang dipakai. Beri tanda centang jika anda ingin menjadikan printer yang dimaksud sebagai printer default. Ini terjadi karena lebih dari satu printer yang diinstall.
  28. Klik spoiler berikut:
    cara-set-default-printer


  29. Lihat hasilnya melalui control panel windows, printer telah berhasil ditambahkan ke komputer (komputer telah berhasil dikoneksikan/dihubungkan ke printer yang dishare malalui jaringan LAN).
  30. Klik spoiler berikut:
    printer-baru-telah-ditambahkan


  31. Klik kanan pada printer tersebut kemudian pilih Properties, kemudian klik tab Ports maka anda akan melihat port address yang dipakai yaitu 192.168.0.34, deskripsinya yaitu standard tcp/ip ports, dan jenis printernya yaitu HP LaserJet 5200L Series
  32. Klik spoiler berikut:
    preview-printer-properties-tcp-ip-port-telah-ditambahkan


Itulah setting cara menambahkan printer yang ada di jaringan LAN melalui tcp/ip ke komputer anda. Pada dasarnya proses "connect" komputer anda ke printer lan caranya sama baik di windows xp, windows 7, maupun windows 8.

Semoga tutorial ini dapat bermanfaat buat anda. Silahkan dibantu untuk share tulisan ini agar juga bisa bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan apakah itu teman anda, ataupun keluarga anda.

Anda juga dapat share melalui Email, Twitter, Facebook, ataupun melalui G+ menggunakan icon yang tersedia di bawah ini.

[update 2015-08]
Berkaitan dengan jaringan LAN silahkan anda baca juga: Cara menghubungkan komputer client ke komputer server.

18 comments:

  1. Jaman aku skolah. Pernah blajar buat jaringan lan juga. Seru juga, bisa brbagi printer ke jaringan

    ReplyDelete
  2. Wah ini pelajaran dikampus nih :D
    Makasih tutorialnya, makasih juga karena udah berkunjung kemaren di blog ane :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama gan semoga tutorial cara menyambungkan printer LAN ke komputer client bisa menjadi referensi buat orang lain juga

      Delete
  3. mas printer canon bisa nggak dihubungkan ke lan. maklum nggak tahu soal begituan :(

    ReplyDelete
  4. saya punya komputer 3, yang 2 sudah bisa nymbung ke printer melalui lan, tp yg satunya belom bisa nyambung... itu bagaimana ya gan?

    ReplyDelete
  5. Gan bisa infokan cara instalasi jaringan warnet?

    ReplyDelete
  6. selamat siang pak.

    saya baru ganti kompi di kantor dengan spesifikasi windows 8.1 64 bit.
    tetapi saya gak bisa conncet ke printer (hp laserjet p2015n) yg nyambung ke kompi teman saya dengan spesifikasi windows 7 32 bit.

    biasanya saya tinggal run ke kompinya trus pilih connect printer bisa langsung jalan. tetapi ini tidak bisa.
    bahkan ketika saya pakai cara bapak yg ini. dicara yang ke-7 keluar keterangan the divice not found. komputer2 teman saya yang lain bisa menyambung (windows 7 dan xp). apa ada cara lin kira2 pak? terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungin opsi printer bapak masih off, jika ini penyebabnya aktifkan opsi of melalui :
      Control Panel\Network and Internet\Network and Sharing Center\Advanced sharing settings

      aktifkan pilih "Turn on file and printer sharing"

      Delete
    2. cara kedua, bapak bisa menginstall sendiri driver printernya.

      Delete
  7. mas kenapa yaa koq saya terus menerus ngeprint padahal saya cuman sekali klik printnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk menghentikan print terus terusan hentikan sementara service print spoolernya mas, kemudian restart kembali. Cara menonkatifkan servis print spooler caranya : tekan tombol Windows + R kemudian ketik "services.msc" (tanpa tanda petik) > cari print spooler > resart

      Delete
  8. Replies
    1. Terima kasih mas, semoga cara set printer sharing via lan di atas bisa membantu

      Delete
  9. kalau gak ada series printer nya gimana suhu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Driver printernya harus diinstall dulu mas di komputer server. Secara prinsip cara instalnya sama seperti biasanya

      Delete
  10. gan ane udah sampe ke sana,tapi setiap ngeprint gak bisa dan error terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. pesan tulisan errror printer pada layar gimana, gan?

      Delete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Blog Archive

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.