Simple blog to share

Membahas pc tune up, selalu ada trik tersembunyi tatkala komputer anda semakin buruk kinerjanya. Selain menghapus (meng-uninstall) beberapa software yang tidak anda perlukan dan jarang anda pakai, sebenarnya anda dapat meningkatkan performa laptop/pc anda dengan melakukan proses "tweaking/peningkatan performa" secara mudah, simple dan tidak repot jika anda lakukan sendiri. Caranya yaitu dengan mematikan beberapa service (proses background) yang tidak perlu dan aman untuk dinonaktifkan.

Service (proses background) itu sendiri dapat dikatakan sebagai aplikasi yang berjalan pada pc/laptop namun tidak kasat mata terlihat di layar monitor.
Sebagai contoh ilustrasi, jika anda "membuka" dokumen dari ms.word maka anda menjalankan software/aplikasi ms.word tersebut dan secara kasat mata program ms.word tersebut terlihat aktif di monitor. Namun ketika anda "mencetak" dokumen dari ms.word tersebut maka sebenarnya ada process yang berjalan di lingkungan background yang tidak terlihat pada layar monitor yaitu "print spooler". Nah, print spooler inilah yang dinamakan service. Service ini aktif sejak proses startup (booting) komputer. Jika service print spooler ini anda disable maka anda tidak bisa melakukan proses print out dokumen baik ke kertas maupun ke pdf.
Contoh lainnya misalnya jika service "windows audio" anda stop maka laptop/pc anda tidak dapat mengeluarkan suara/audio.

Pada kasus ini, proses tweaking / speedup pc dilakukan di laptop/pc dengan sistem operasi windows, dengan cara menonaktifkan service mulai dari saat komputer startup.

Inilah cara meningkatkan kinerja laptop/pc dengan mematikan "service" yang dianggap tidak perlu, dan jenis service apa saja yang aman untuk dinonaktifkan.

  1. Pada windows 7: klik Star menu > klik "Run" > ketik "services.msc" (tanpa tanda petik)
  2. Pada windows 8: arahkan mouse ke kiri-bawah layar windows agar sidebar panel muncul > kli Search > ketik "Run" (tanpa tanda petik) > klik Run > ketik "services.msc" (tanpa tanda petik).

  3. Cari, pilih, dan klik 2x nama service berikut untuk dimatikan/dinonaktifkan/ dengan cara men-"disable" nya.
Buka ilustrasi pada spoiler berikut:
cara-meningkatkan-kinerja-performa-windows-7

cara-mempercepat-kinerja-performa-windows-8

cara-melakukan-tweak-komputer-pc-laptop

cara-menonaktifkan-service-pada-komputer

Selain menggunakan services.msc, ada juga dapat menambah kinerja pc/laptop melalui ms.config secara mudah, keduanya salaing melengkapi, jika tidak ada di "windows services", anda bisa cari di msconfig apa saja program yang ingin di nonaktifkan pada saat startup windows.
Anda dapat membacanya di halaman ini: Cara Mempercepat Booting Windows Melalui Msconfig

Inillah jenis Service yang bisa anda non-aktifkan (Disable):


Fax
Jika anda tidak pernah menggunakan fax pada laptop/pc anda

Remote Desktop Service
Service ini berfungsi untuk mengijinkan orang lain untuk megakses komputer dari jarak jauh

Remote registry
Service/proses ini digunakan untuk mengubah registry dari jarak jauh. Jika anda mematikan proses backgound ini maka anda akan sedikit lebih aman dari serangan virus komputer yang menginveksi dengan cara mengubah berbagai registri yang ada di komputer.

Secondary Logon
Service ini gunakan untuk melakukan log on alternatif ketika laptop/pc anda mengalami masalah. Namun pada kenyataannya jika komputer anda sistemnya kuat maka tidak akan terjadi masalah untuk dinonaktifkan

Smart Card
Service card ini digunakan untuk mengakses kartu yang dapat dibaca oleh komputer. Biasanya smart card dibutuhkan hanya oleh perusahaan-perusahaan besar. Jadi laptop anda tidak akan mengalami masalah jika service ini anda abaikan (disable).

System Event Notification Services
Bagi kebanyakan orang service ini dianggap tidak penting, kecuali bagi anda yang selalu bekerja dengan jaringan dan maintenance. System even ini

Task Scheduler
Service ini dapat anda matikan jika anda tidak mau menjalankan "task" rutin
Windows Error Reporting Service
Fungsi dari service ini adalah untuk memunculkan pesan error jika laptop anda mengalami masalah error yang krusial

Windows Event Log
Jika anda tidak pernah berpikir detail seperti seorang administrator komputer, maka anda dapat menonaktifkan service ini. Fungsi even log yaitu merekam semua event (kejadian) pada pc/laptop. Anda dapat melihat event log ini melalui Start menu > Settings > Control Panel > System and Sucurity > Adminitrative Tool > double klik Event viewer.

Windows Update
Jika anda tidak ingin melakukan update windows berkala secara otomatis anda dapat mematikan service windows yang satu ini. Windows update biasanya cukup besar, ini akan membuat jatah paket internet anda cepat berkurang secara signifikan jika anda menggunakan paket internet tertentu.

Anda akan mendapatkan kinerja laptop/pc yang lebih cepat setelah anda mematikan beberapa service yang sebenarnya tidak anda perlukan.  Restart ulang pada laptop/pc anda. Dan rasakan bedanya setelah anda melakukan tweaking laptop/pc anda.

Jika tutorial di sini bermanfaat buat anda dan orang lain (baik teman anda, saudara anda, anak anda, atau siapapun) silahkan beritahukan/share ke mereka agar bisa lebih bermanfaat. Anda juga dapat share melalui Email, Twitter, Facebook, ataupun melalui G+ menggunakan icon yang tersedia di bawah ini.

78 comments:

  1. Saya juga sering tuh matiin service yang gak perlu seperti print spooler dkk.. tapi untuk windows update selalu on..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya service yang tidak perlu namun pada sartup aktif hanya akan membuat komputer bekerja lambat pak, lebih baik dimatikan, meski banyak yang harus diseting agar komputer memiliki kinerja yang bagus dan optimal. sebagian besar penyebab komputer lambat ada di service startup yang aktif.

      Delete
  2. kalo windows update ud aku off tuh.. bikin lambat

    ReplyDelete
    Replies
    1. windows update juga merupakan salah satu point penyebab kenapa komputer lambat, karena service ini secara default aktif dan selalu mencari koneksi internet aktif. terlebih makan kuota internet jika update rutin, saya sendiri lebih suka mematikan updateannya. jika lama ga update baru diupdate secara manual

      Delete
  3. Kunjungan balik nih sob... nice info, lanjut terus!

    ReplyDelete
    Replies
    1. OK bos, semoga bisa bermanfaat bagi orang lain yang ingin tahu apa penyebabnya masalah komputer lambat, terima kasih kunjungannya bos..

      Delete
  4. kayanya baru Windows Update yg saya matikan :) yg laen blom, kudu periksa lagi ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul gan.. jangan sampai kerja komputer lambat gara-gara service proses yang tidak perlu selalu aktif.

      Delete
  5. ternyata laptop ane banyak juga service yang terbuka, pantas sja lemot banget, thanks gan buat info nya, sangat berguna :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas aidil, mematikan/menonaktifkan beberapa service yang tidak perlu merupakan cara untuk mempercepat kinerja laptop baik di windows xp, seven (7), vista, ataupun windows 8

      Delete
  6. ternyata banyak juga ya jenis servise yang harus dimatikan supaya tidak memperlambat kinerja pc,nanti saya koreksi dulu deh,,hehe terimakasih tipsnya sangat membantu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karena banyak jenis service berjalan yang sebenanrya tidak diperlukan, jadi lebih baik di matikan saja. cara untuk men-disable service di windows juga relatif mudah dan tidak memerlukan waktu lama, untuk referensi jenis service apa saja yang aman di-disable silahkan lihat lagi pada postingan di atas, mba. setelah itu rasakan bedanya kinerja laptop.

      Delete
  7. Makasih tipsnya ya gan, oh ya blog anda sudah saya follow silahkan follow juga blog saya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok terima kasih mas roly, sudah saya feedback dan follow juga

      Delete
  8. Saya juga sering mematikan service yang tidak penting. Terutaman program service Start up

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas her service startup merupakan service yang serakah akan resource komputer, karena mereka aktif sejak awal windows menyala/aktif

      Delete
  9. di laptop ane banyak banget servie yang tidak penting sob, pantas saja buat nyalain laptop lama banget, ane cobak dulu yak tutorialnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mas taqorrub, jika laptop lemot pasti terlalu banyak service/proses yang aktif di lingkungan background.

      Delete
  10. komputer saya cuma tersisa 28 services yg running , cuma satu yg tk bisa di stop atau disabled yaitu TASK SCHEDULER. tolong gimana caranya agar task scheduler bisa di matikan supaya komputer jalannya lebih mantap lagi TKS

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dicoba trik yang ini mas awan:
      1. buka regedit (registry editor) melalui start menu > run
      2. menuju:
      Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Schedule
      3. klik 2x DWORD Start dan ubah dari 2 menjadi 4
      4. restart laptop dan silakan di tes

      Namun sebaiknya jangan dimatikan task sceduler mas, karena service ini penting sekali dan ada dua dependecies yang berkaitan yaitu RPC ( Remote Prosedure Call) dan Windows Event Log.
      Jika sistem mengalami error dan tidak dapat di rekam oleh windows event log, maka tidak dapat mencari jejak errornya.

      Delete
    2. * dependencies
      yaitu service yang saling ketergantungan

      Delete
  11. Replies
    1. silahkan gan, langsung dishare dan dicoba, rasakan perbedaanya sebelum dan setelah mematikan service yang tidak berguna (jarang digunakan)

      Delete
  12. mas kenapa yaaaa quota saya nyedot parah nih, windows updates padahal udah dimatikan, apa nya ya yg harus dimatiin lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain windows update yang dimatikan, untuk menghemat kuota internet yang kesedot karena proses updatean yang berjalan terus mas Loner harus mematikan / menonaktifkan auto update dari masing-masing software yang terinstal, misalnya seperti autoupdate browser firefox - chrome, autoupdate driver kartu grafis, antivirus, video player, dll.

      Cara setingnya bisa melalui masing-masing software.
      Sebagai contoh untuk menonaktifkan autoupdate firefox (versi 39), kamu bisa gunakan cara: buka Open Menu di sudut kanan atas > Options > Advanced > pilih tab Update > aktifkan bullet Never check for updates (not recommended: security risk)

      Jadi biar paketan internetnya tidak cepat habis, tips sederhananya bisa melakukan update secara manual.

      Delete
  13. izin copy buat di blog sy ya hehe ...
    www.rhansoft.com sy jadikan tampulngan beberapa artikel yg pernah sy baca, dan selalu saya sertakan subernya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, silahkan mas, dan mohon tetap disertakan link sumbernya. semoga bisa bermanfaat.

      Delete
  14. Mas, kenapa 'cpu usage' saya dan 'memory' selalu tinggi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika teralu tinggi pasti ada program yang yang berjalan prosesnya di lingkungan backround (tidak terlihat), mas. Penyebabnya bisa karena virus, spyware, atau malware. Atau karena program-perogram berat tertentu yang memang memerlukan resource tinggi, seperti autodesk, maya, 3ds max, adobe indesign, produk autodesk lainnya, produk adobe lainnya, game tertentu, dll.
      Jika aplikasi standar yang diinstall seperti ms. office, winzip, winrar, video player, mp3 player, image edit, atau aplikasi biasa lainnya, sepertinya cpunya wajar.
      Langkah-1: Cek apakah ada proses backgroung yang mencurigakan. Jika ada, uninstall program tersebut. Caranya buka taskmanager > klik tab Processes > klik aplikasi yang mencurigakan > open file location > perhatikan di folder program apa ia jalan. Setelah itu uninstall. Jika difolder tersebut ada file Uninstall jalankan file tersebut, atau jika tidak ada cari di control panel > Program > Uninstall program.

      Langkah ke-2: Bisa dengan melakukan setingan aplikasi start up pada saat komputer/laptop pertama kali di start (restart). Bisa di baca pada halaman ini:
      Cara Mempercepat Startup Windows Melalui Ms. Config

      Langkah ke-3: Scan dengan antivirus bisa dengan antivirus gratisan yang ringan seperti StingerStinger: Tool Untuk Mendeteksi dan Menghapus Jenis Virus Khusus yang Masuk ke Sistem atau dengan antivirus biasa bawaan windows

      Semoga bisa caranya dan berhasil mempercepat kinerja laptopnya, mas.

      Delete
  15. mas saya mau tanya kalau mau masuk in salah satu progran ke dalam services msc gimana ya cara nya soal nya in program ngak pakek instaler

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk memasukkan service sepertinya tidak bisa mas, karena itu tergantung si pembuat programnya, yang memungkinkan paling memasukkannya ke startup. Bisa baca ini, mas:Cara Menambahkan Program ke Daftar Startup

      Delete
  16. klau service terdisable smua bgaimana mengembalikannya sperti semula?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika service terdisable semua karena ketidak sengajaan, apakah setelah restart masih bisa masuk windows? Jika tidak, maka perlu diinstall ulang windowsnya.

      Jika masih bisa, tinggal aktifkan lagi, mas
      Saya sendiri belum pernah mengalaminya, tp secara prinsip paling tidak harus seperti itu mas.

      Delete
  17. Dilaptop,aku buka MSConfig trus aku disable smua program biar nge game ga lagg. Trus kok laptop aku gabisa konek wifi ya? Gada suara, kecerahan gbisa diatur.... cara enable smua programnya lagi gmana kk? Aku buka msconfig udah kga bisa nih. Apa krn smua program udah stop?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu masalahnya masuk ke msconfig lagi mas. Aktifkan semua service yang mati (enable all). Kemudian pilih (matikan) yang kamu anggap tidak perlu. Restart laptop. Wifi dan fitur lain yang telah diberi tanda centang akan normal kembali.

      Delete
    2. Semoga membantu ya mas, ...eh mba.
      Kemarin laptop teman saya juga mengalami kendala seperti itu.

      Delete
  18. sangat membantu. ampuh. makasih min.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok mas, jenis2 services yg boleh dimatikan seperti di atas memang bagus untuk meningkatkan performa laptop agar tidak lelet

      Delete
  19. Tambah lagi donk gan system mana lagi yang bisa jadi pilihan untuk di "disable" harapan saya tentunya dlengkap dengan penjelasan seperti artikel diatas supaya bisa jd referensi buat yang mau men "disable" atau "enable" kan, makasih informasinya bermenfaat gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika ada waktu nanti saya tambah mas, sementara itu saja dapat meningkatkan kinerja komputer/laptop secara signifikan

      Delete
  20. Om walidin , Musuh terbesar saya pada saat menjalan kan komputer ialah satu program yang bernama. "nvxsync.exe" mengapa saya bilang musuh terbesar. Karena program tersebut memblokir task manager, regedit,%appdata% serta antivirus agar tidak bisa di akses.. Untuk saat ini saya masih punya alternatif dengan membuka windows media player, dan dengan sendiri nya program "nvxsync.exe" pun stop working. TAPI program tersebut akan berjalan lagi bila PC saya di restart. Saya minta tolong saran nya agar program/virus yang bernama "nvxsync.exe" tersebut dapat hilang secara permanen (yang saya ketahui virus tsb menyerang beberapa pengguna win7) ..... TERIMAKASIH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan bukan dari "nvxsync.exe", mas, karena di laptop saya ada juga dan tidak memblokir task manager.
      Itu file utamanya berada di C:\Windows\System32
      Windows saya berjalan normal. Semua fitur bisa digunakan.

      Delete
    2. Ada kemungkinan lain yang bisa dicurigai sebagai virus, mas.
      Cara yang laing gampang adalah menggunakan software bantu yaitu:
      Pc Eset Sysinspector

      Download dan jalankan sampai loading selesai
      Setelah terbuka > geser filtering ke kanan (ke arah warna merah) bisa sampai paling merah.

      Lihat pada panel sebelah kiri apakah muncul critical? Jika tidak ada, geser filtering ke kiri sampai panel kiri muncul warna merah (critical)
      Critical (warna merah) artinya semakin dicurigai sebagai penyebab penyakit windows (virus)--namun tidak selalu-- hanya masih dicurigai.

      Jika kamu benar-benar yakin itu penyebab error windows cari lokasi filenya (klik kanan) dan hapus.

      Sebelum menghapus biasakan backup filenya ke dalam winzip/winrar

      Delete
  21. Tolong bagaimana cara mematikan program nvxsync.exe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada juga cara menghapus virus secara manual dengan bantuan Smadav.
      Ini bisa dikatakan sebagai langkah lanjutan dari jawaban saya di atas.

      1. Download Smadav
      2. Jalankan smadav
      3. Klik menu Tools - klik tab One-VirusBy-User
      4. Klik tombol "Cari File Lainnya..." > cari lokasi file yang sebelumnya dicurigai sebagi virus oleh sysinspector.
      5. Kemudian klik menu Scanner > Scan
      6. Setelah selesai proses scan, klik tombol "Hasil>>" > beri tanda centang klik Clean All

      Maka smadav akan memperbaiki menghapus file yang kamu anggap benar-benar virus dan smadav akan memperbaiki registrynya

      NOTE:
      Sebelum menghapus file yang dianggap sebagi penyebab utama virus, backup file tersebut ke rar/zip agar sewaktu-waktu windows error karena salah hapus/salah duga, bisa di-extrack (dikembalikan) lagi.

      Delete
    2. Selamat mencoba ya, semoga berhasil.
      Saya selalu menggunakan teknik ini dan selalu OK OK saja.

      Delete
  22. mas kalau disable adobe gpp.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ga apa-apa mas, punyaku juga saya disable servicenya adobe acrobat update service, begitu juga software yang terinstal dan ada servicenya bisa didisable

      Delete
  23. min jadi saya mau nanya services itu apa? beserta pengertiannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya sudah dijelaskan di atas mas Imam, tapi jika mau gampangannya pengertian service itu aplikasi/program yang berjalan namun tidak terlihat di monitor.

      Delete
  24. Mas pas saya didisable semua yang di atas knp icon jaringan atau wirless nya hilang ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aktifkan service WLAN AutoConfig.
      Pastikan statusnya Started dan Automatic

      Delete
    2. Fungsi service tersebut berfungsi untuk mengkonfigurasi, meng-connect / disconnect wireless local area network

      Delete
  25. Om saya kan pakai task scheduler buat auto shutdown, set when i logged on, jadi kena jebakan batman saya hidupkan laptop 1 menit langsung shutdown , cara mengatasinya bagaimana ya om .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika tidak bisa logon sama sekali dan selalu restart maka jalan satu-satunya ya diformat ulang, mas. Namun coba dulu dengan cara masuk safe mode apakah bisa atau tidak.

      Delete
  26. Cara matiin servicesnya tinggal di disable ajakah? soalnya kok laptop saya rasanya masih lemot :( atau ada cari lain untuk mematikannya? dan apakah ini ada hubungannya dengan browser yang saya pakai saya pakai chrome yang cukup makan banyak ram ya istilahnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul cara mematikan service di windows tinggal di-disable aja

      Delete
  27. slot memory kamera (MMC) saya tidak kebaca min, kemarin ada beberapa services yang saya disable tapi ane lupa apa nama programnya
    ane coba pake card reader normal memory ane, terus ane masukkan memory kamera (MMC) gak kebaca min.
    adakah services yang perlu di on (start) ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aktifkan lagi service smart cardnya mas.

      Delete
    2. sippp (y) work min, thanks..

      Delete
    3. mas kalo aplikasi modem tiba" close sendiri kenapa ya?
      tapi saya coba masukan modem saya ke lptop temen lancar.

      Delete
  28. Kalau Disable list Itu semua Apakah laptop akan rusak atau ada efek sampingnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau service pada windows didisable semua maka laptop akan rusak error karena tidak ada driver yang bekerja

      Delete
  29. mas kalo network usage ku 0 gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang berkaitan network usage jangan dimatikan, nanti ga bisa konek
      jika netwok usage 0 itu artinya sedang tidak memakan resource prosesor/ram

      Delete
  30. thx bermanfaat, dari 90% turun ke 70% sips..

    ReplyDelete
  31. Wow ini sangat membantu, Terima kasih atas sarannya (Y)

    ReplyDelete
  32. Luar biasa, terima kasih banget, pak

    ReplyDelete
  33. Gan saya kan gak sengaja kepencet disable all langsung bluescreeb cara atasinnya gimana ya? :"(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika sudah seperti itu restart laptop, jika tetap tidak bisa gunakan system restore, Bisa baca di sini; Cara system restore

      Delete
  34. Numpang tanya mas wakidin .laptop saya setiap kali di hidupkan slalu muncul pesan (arcCon.ac system' error).apa yg harus saya lakukan trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya laptop tersebut direpair / atau diinstall ulang.

      Delete
    2. Kalau udah namannya system error itu harus dua alternatif itu

      Delete
  35. Saya ga sengaja menonaktifkan beberapa servisnya gan, tp mlah laptop ga bs conect internet (LAN/wifi ga mau nyala). Buat mengembalikan lgi gmn ya gan...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aktifkan service Windows Connect Now, Network Connections, Internet Connection Sharing (ICS), dan IP Helper, mas.

      Delete
    2. jangan lupa juga WLAN AutoConfig aktifkan ke automatic

      Delete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Blog Archive

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.