Simple blog to share

Smartphone itu seperti laptop/komputer karena telah memiliki sistem operasi. Karena itu setiap smartphone perlu pengecekan dan perawatan rutin agar selalu bagus (optimal) kinerjanya. Hp smartphone android anda akan semakin lambat kinerjanya jika terlalu banyak aplikasi yang diinstall dan semakin banyaknya data pada storage (ruang penyimpanan), baik data pada internal storage ataupun data di eksternal storage, karena itu sudah seharusnya anda secara berkala melakukan perawatan kinerja perangkat tersebut, selalu memantau kinerjanya, serta selalu memperhatikan kapasitas penyimpanannya. Meski banyak tool/aplikasi bantu untuk mempercepat performa android yang dapat anda download, namun sebenarnya dapat dilakukan secara manual tanpa harus install aplikasi ini-itu. Cara untuk memgoptimalkan kinerja gadget hp anda pun relatif cukup mudah.

Secara prinsip, untuk meningkatkan kinerja hp android yaitu dengan cara mengurangi beban kerja perangkat itu sendiri dari banyaknya aplikasi yang aktif agar tidak cepat "lelah" dan panas. Dengan banyaknya aplikasi dan widget yang berjalan/aktif baik secara kasat mata maupun aplikasi yang aktif di lingkungan "backgound" maka akan semakin lemot/lelet kinerja android anda. Setiap hp android memiliki spek masing-masing yang terbatas untuk tidak diinstall semua software. Karena itu batasi kemampuan ram dan storage maximum. Gunakan hanya aplikasi yang paling penting dan paling sering anda gunakan, sementara aplikasi yang tidak penting dan jarang digunakan sebaiknya di uninstall.

Berikut merupakan beberapa cara aman yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja hp android anda tanpa menggunakan software tambahan:

  1. Nonaktifkan update otomatis google play
  2. Salah satu process yang memakan banyak resource sistem android adalah aktifnya update otomatis. Jika anda tidak mematikan maka semua proses dari aplikasi yang terinstall pada hp & preangkat android anda akan berjalan terus sepanjang waktu. Proses ini juga akan berakibat pada borosnya baterai. Saya sendiri lebih suka melakukan update manual karena dengan setingan update manual kinerja android jadi lebih maksimal
    Buka spoiler berikut:
    Masuk ke Google play kemudian tap (klik) Menu

    cara-menonaktifkan-update-otomatis-android


    Tap Settings

    cara-mematikan-autoupdate-andoid


    Tap pada opsi Auto-update apps

    cara-menghentikan-update-otomatis-aplikasi-android

  3. Matikan google text to speech
  4. Google text to speech sepertinya jarang sekali digunakan kecuali bagi orang-orang tertentu, dan itupun hanya sesekali. Jika anda termasuk pengguna hp android yang jarang sekali atau bahkan tidak pernah menggunakannya sebaiknya dinonaktifkan
    Buka spoiler berikut:
    Tap Disable pada setingan aplikasi

    cara-matikan-google-text-to-speech-1


    Seteleh di disable maka tidak akan aktif lagi, ini akan mempercepat kinerja android anda baik ketika loading start up ataupun pada saat aktif karena process dari google text to speech tidak sudah di nonaktifkan.

    matikan-google-text-to-speech-2

  5. Matikan widget weather
  6. Memasang dan mengaktifkan widget weather meamng keren, namun anda lama kelamaan akan bosan dengan widget ini, karena tidak terlalu diperlukan dalam kesehariannya. Jika demikian halnya dengan anda, maka sebaiknya anda nonaktifkan.
    Buka spoiler berikut:
    Matikan fitur weather, tap Disable

    matikan-fitur-weather

  7. Matikan aplication manager
  8. Fungsi aplication manager adalah untuk memberikan notifikasi kepada anda jika terdapat software yang memerlukan update, karena adanya pembaruan dari si pembuat aplikasi. Nah pembaruan aplikasi yang memerlukan update jika durasinya terlalu sering misalnya tiap minggu, maka lama kelamaan anda akan merasa risih. Jika pengelola aplikasi (aplication manager) ini anda nonaktifkan, maka tidak akan berpengaruh pada kesehatan sistem android anda
    Buka spoiler berikut:
    Tap Disable

    cara-matikan-aplication-manager

  9. Matikan google chrome
  10. Sebenarnya setiap hp android sudah memiliki internet browser sendiri, meski selalu disertakan browser chrome milik google. Dengan browser asli android sebenarnya anda juga dapat memaksimalkan kinerja browsing. Anda dapat membaca Cara Pemakaian dan Pengaturan Browser Asli (Bawaan) Android
    Buka spoiler berikut:
    Tap Menu pada hp android anda

    matikan-google-chrome-android


    Tap (klik) Clear cache, terlebih dahulu untuk membersihkan cache pada system android anda, kemudian tap Force stop, baru tap Disable

    cara-mematikan-google-chrome

  11. Matikan google play music
  12. Google play musik adaah fasilitas streaming musik online, jika anda sangat peduli dengan efisiensi kuota internet (yang mana layanan internet di indonesia masih lambat dan masih dianggap mahal karena kualitasnya), maka sebainya anda matikan saja proses aktif google play music. Jika anda menikmati musik mp3 secara online, ini akan menguras kuota paket internet anda.
    Buka spoiler berikut:
    Untuk menonaktikan Google Play Music caranya sama seperti pada langkah langkah sebelunya

    nonaktifkan-google-play-music

  13. Matikan google street view
  14. Bagi sebagian orang google street view memang selalu dipakai terutama bagi mereka yang sering touring/bepergian namun belum mengenal lokasi arah jalan. Jika anda tidak sering bepergian yang memerlukan panduan jalan secara realtime, maka sebaiknya anda nonsktifkan.
    Buka spoiler berikut:
    cara-menonaktifkan-android-street-view

  15. Matikan cell broadcast (bagi pengguna hp lg)
  16. Cell broadcast berfungsi untuk menyampaikan sinyal terdekat jika anda berada pada daerah tertentu. Cell broadcast memberitahukan kepada anda nama daerah dengan BTS terdekat. Cell broadcast terdapat pada hp LG, seperti LG L9. Namun saya tidak tahu apakah merek hp anda terdapat aplikasi cell broadcastnya atau tidak. Jika ada maka sebaiknya anda nonaktifkan dari pada sering menggangu dengan banyak notifikasi yang tidak penting.
    Buka spoiler berikut:
    cara-mematikan-cell-broadcast-(hp-lg)

  17. Matikan smart share (hp lg)
  18. Fungsi smart share ini juga terdapat pada hp LG seperti hp LG L9, LG G2 Pro. Smart share digunakan untuk mentransfer/share berbagai file. Buat para pengguna hp LG khususnya LG L9 dan LG G2 Pro, sepertinya aplikasi ini tidak begitu diperlukan, karena dapat menggunakan fitur berbagi file standar android seperti bluetooth, dan wifi. Sebaiknya dinonaktifkan saja. Nah, untuk pengguna merek lain, saya sendiri tidak tahu apakah ada fungsi smart share atau tidak.
    Buka spoiler berikut:
    matikan-smart-share-(hp-lg)

  19. Hapus data yang tidak perlu
  20. Hapus data yang tidak anda perlukan. Sebelum dihapus dari perangkat android anda sebaiknya anda backup ke komputer/laptop terlebih dahulu. Data yang terlalu banyak akan memakan ruang penyimpanan baik ekternal/internal. Tips agar memori internal anda tidak cepat penuh adalah anda memindahkan direktori (tempat penyimpanan)default seperti hasil camera dari memori internal ke memori eksternal. Jika memory internal anda cepat penuh maka perangkat android anda akan cepat turun kinerjanya.
    Buka spoiler berikut:
    cara-menghapus data


    trik-menghapus-data-android

    cara-menghapus-data-android

    menghapus-data-secara-aman-di-android


  21. Uninstall aplikasi tidak perlu/jarang dipakai
  22. Uninstal program-program yang tidak perlu atau jarang digunakan.
    Beberapa tips lain untuk mempercepat kinerja android anda yaitu menghidari install aplikasi yang terlalu banyak. Misalnya anda tidak perlu menginstal aplikasi situs-situs berita seperti aplikasi detik.com, babe.com, kompas.com, viva.co.id. Untuk mengakses banyak secara cepat anda cukup membuat shortcut halaman webnya saja. Pada halaman cara membuat shortcut halaman web di android anda dapat mengikuti caranya.
    Buka spoiler berikut:
    Jika anda masih baru sekali menggunakan hp android, cara menginstall aplikasi android caranya yaitu:
    Tap (klik) Menu, kemudian tap App Settings (pengaturan aplikasi).

    cara-unintall-aplikasi-di-android


    Tap Force stop agar aplikasi anda benar-benar berhenti dari proses yang sedang aktif, kemudian Clear data & Clear cache agar aplikasi yang anda uninstall benar benar bersih, baru tap Uninstall.

    tap-clear-cache-data-dan-tap-force-stop

  23. Gunakan task killer
  24. Fungsi task killer adalah untuk menghentikan proses yang sudah terlalu banyak berjalan secara otomatis ketika anda menggunakan perangkat smartphone android. Berjalannya aplikasi karena anda membukanya secara bergantian sekaligus, misalnya anda mumbuka aplikasi email, kemudian membuka aplikasi game, kemudian membuka aplikasi facebook, kemudian membuka aplikasi whatsapp, dst. Nah, jika anda tidak menggunakan aplikasi task killer maka aplikasi-aplikasi tersebut akan tetap aktif di dalam sistem android (berjalan di lingkungan background). Dengan menekan aplikasi task killer maka berbagai aplikasi yang aktif tersebut akan berhenti. Aplikasi task killer ini sama seperti aplikasi task manager pada komputer. Jika hp android anda belum memiliki task killer anda dapat mencari dan mendownloadnya di google play.
    Buka spoiler berikut:
    aplikasi-task-killer-hp-android-merek-lg

  25. Jangan Menggunakan Theme tambahan yang anda download
  26. Theme tambahan memang memiliki tampilan yang bagus namun jika hp android anda memiliki spesifikasi yang pas-pasan baik memori maupun storage (ruang penyimpanannya) maka hindari penggunaan theme tambahan yang anda download dari google play. Fokuslah pada esensi fungsi hp dan kinerja untuk mendukung aktifitas harian anda baik pekerjaan, browsing, game, ataupun berjejaring sosial. Theme hanyalah sekedar tampilan, namun ini merupakan salah satu poin penghambat kinerja android anda. Jika saat loading start up dan aplikasi saja berat, buat apa anda gunakan theme. Unisntall aplikasi theme pada perangkat android anda. Tanpa theme anda tetap dapat menikmati semua fitur android anda bukan?

Semoga trik sederhana dan mudah ini dapat anda terapkan untuk mempercepat kinerja android anda agar lebih ringan dan lebih cepat performanya.


0 comments:

Post a Comment

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.