Simple blog to share

Beli aplikasi android di play store sekarang tidaklah susah seperti dulu, karena sekarang pun bisa dilakukan tanpa menggunakan kartu kredit, namun dengan sistem potong pulsa. Aplikasi free dan berbayar memiliki tingkat kepuasan penggunaan yang berbeda, karena aplikasi berbayar selain tidak ada iklan juga mendapat dukungan (support) layanan penuh dari pengembangnya, selain itu fitur-fitur yang ada juga dapat digunakan semuanya.

beli-aplikasi-playstore

Misalnya pada aplikasi musik player, ketika kamu menggunakan music player free kamu akan dijejali iklan ketika kamu menggunakan aplikasi tersebut. Atau ada juga aplikasi musik player full free tanpa iklan namun memiliki masa aktif/periode tertentu, jika masa aktif trialnya habis kamu harus meregistrasi/membeli aplikasi tersebut.

Sebenarnya harga aplikasi android di playstore tidaklah mahal, paling tidak relatif lah harganya untuk banyak orang. Karena itu agar kamu puas dengan aplikasi yang kamu gunakan tiap hari, tidak ada salahnya jika kamu membelinya secara full version.

Sebagai contoh jika kamu sangat suka dengerin musik dan tiap hari kamu gunakan, tidak ada ruginya kalau kamu pakai aplikasi berbayar untuk mendapatkan fitur-fitur full version pada aplikasi tersebut.

Contoh aplikasi lain yang kamu gunakan tiap hari misalnya Internet Browser. Pilihlah browser terbaik android meksi kadang berbayar. Dengan browser berbayar fitur yang digunakan jauh lebih lengkap, misalnya bisa untuk print pdf dari halaman web, bisa save halaman web untuk dibaca offline, ada ada tombol share, ada auto fillform, dll.

Setiap pembelian yang dilakukan lewat play store akan dikenai biaya tambahan yaitu pajak PPN sebesar 10%. Jadi misal pembelian aplikasi yang tertera di play store sebesar Rp.12.000,- maka total yang harus kamu bayar adalah Rp.13.200,- (harga aplikasi Rp.12.000,- + pajak Rp.1.200,-). Jadi sebelum kamu membeli aplikasi yang kamu inginkan, cek terlebih dahulu sisa pulsa yang kamu miliki.

Pembelian aplikasi play store dengan cara pemotongan pulsa dapat dilakukan menggunakan kartu telkomsel ( kartu simpati, kartu as, kartu halo) dan indosat (kartu mentari, kartu im3). Jika kamu menggunakan kartu selain yang disebutkan tersebut, kamu bisa mencobanya sendiri apakah kartu yang kamu gunakan sudah mendukung billing pembelian aplikasi atau belum. Atau bisa lihat metode cara bayarnya di bagian paragraf yang saya tunjuk ini

Di bawah ini akan ditujukkan bagimana urut-urutan cara beli aplikasi pakai sistem billing pemotongan pulsa secara otomatis. Pada contoh pembelian di bawah ini yang dilakukan adalah pembelian aplikasi dengan kartu simpati untuk musik player poweramp. Karena memang saya sendiri sangat suka dengan kualitas suara dan fitur-fitur aplikasi yang ditawarkan. Untuk menjadikan aplikasi free ke full version, di sini yang saya beli adalah unlockernya.

Langsung saja ya perhatikan image urut-urutan cara beli aplikasi di play store dengan kartu simpati:

  1. Cek pulsa kamu, pastikan mencukupi untuk harga pembelian aplikasi plus pajaknya, seperti yang dijelaskan di atas
  2. cara-beli-aplikasi-dengan-potong-pulsa

  3. Salah satu alasan saya membeli aplikasi poweramp ini, karena power amp merupakan aplikasi musik terbaik untuk versi premuim. Karena masa aktifnya habis.
    Untuk membeli aplikkasi poweramp, Klik Buy Poweramp
  4. cara-membeli-aplikasi-google-play-poweramp-musik-player

  5. Setelah kamu meng-klik (tap) tombol Buy, maka akan diarahkan ke google play (play store).
    Klik tombol Harga(contoh: IDR12.285)
  6. cara-bayar-aplikasi-google-play

  7. Tap (klik) tombol Accept
  8. beli-aplikasi-poweramp-full-version

  9. Klik Continue
  10. cara-beli-aplikasi-di-play-store-dengan-kartu-telkomsel-simpati

  11. Di tahap ini, anda akan diarahkan ke Billing Telkomsel. Kamu akan diarahkan untuk mengisi data-data yang diperlukan; nomor telp, nama, dan alamat
  12. cara-beli-aplikasi-dengan-kartu-simpati

  13. Isikan semua data yang diperlukan, kemudian klik SAVE
  14. cara-beli-aplikasi-dengan-pulsa-telkomsel

  15. Konfirmasi yang muncul berikutnya yaitu telkomsel billing akan menanyakan apakah informasi yang anda berikan sudah sesuai dan benar dengan data yang kamu masukkan.
    Jika kamu sudah yakin dengan data-data yang kamu ketik, maka klik ACCEPT.
    Semua tagihan akan dimasukkan ke account telkomsel dan semua data akan tersimpan di google account. Jadi kamu jangan sampai lupa dengan password google account kamu (email dan password email).
  16. cara-beli-aplikasi-dengan-pulsa-simpati

  17. Pada langkah berikutnya; klik BUY
  18. cara-beli-unlocker-poweramp-di-google-play

  19. Masukkan Password yang di minta; yaitu password untuk login ke google account kamu (password email). Tap CONFIRM
  20. cara-beli-aplikasi-di-play-store

  21. Proses pembelian aplikasi di playstore telah selesai dilakukan. Kamu akan segera mendapatkan SMS pemberitahuan dari Telsel-Google.
    Pada konfirmasi yang muncul di layar android, kamu diminta untuk memilih apakah kamu akan menginginkan password security diminta setiap kali mengisi form atau setiap 30 menit. Silahkan kamu tentukan sendiri.
  22. cara-mudah-beli-aplikasi-di-play-store

  23. Silahkan buka aplikasi, yang telah dibeli
  24. poweramp-unlocker-full-version

  25. Begitu aplikasi poweramp dijalankan maka akan muncul "Thank you for purchasing Poweramp Full Version Unlocker".
    Tap tombol Start Power, untuk memainkan musik dengan fitur aplikasi full version (versi penuh)
  26. beli-aplikasi-musik-terbaik-poweramp

Lebih dari itu, bukan hanya aplikasi smartphone android saja yang dapat kamu beli melalui play store (google play), namun item-item berbayar (in-app purchase) lain seperti ebook, movies, games. Jadi dengan adanya fasilitas pengurangan/pemotongan pulsa jauh lebih mudah dari pada harus menggunakan kartu kredit. Mudah dan cepat kan?

Untuk pembelian item di playstore dengan sistem potong pulsa, jenis kartu yang dapat digunakan yaitu:
- Kartu Indosat
- Kartu Telkomsel
- Kartu XL/Axis

Oh ya berikut merupakan metode pembayaran yang diterima google berkaitan dengan carrier billing saat ini, silahkan buka halaman ini; metode cara pembayaran aplikasi android (lihat pada bagian direct carrier billing availability).


Baca juga tips-tips lainnya di halaman ini: Blog Map

Jika artikel tutorial ini kamu rasa bermanfaat juga buat orang lain atau teman kamu, silahkan share melalui Email, Twitter, Facebook, ataupun melalui Google+ menggunakan icon yang tersedia di bawah ini.

[Update 2015-11-15]
Setelah anda membeli aplikasi poweramp dan mulai menggunakannya, secara default poweramp tidak dapat mendeteksi kartu memori eksternal, karena itu perlu disetting secara manual agar player tersebut dapat mengenalinya, dan file-file musik mp3 yang ada bisa anda masukkan ke daftar playlist poweramp. Untuk melakukan setingan poweramp silahkan anda baca juga halaman berikut:
Ini Penyebab Poweramp Tidak Bisa Membaca Kartu Memori Eksternal


46 comments:

  1. Oh gitu ya... baru tau ni. Soalnya pakek paketan 3. Hehe... pilihannya cuma kode atau credit/debit card. Pdhl udah saya masukin debet card nya tapi tetap gagal. Makasih besok beli telkomsel lah.. buqt download doank.. heehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ada beberapa yang belum tersedia layanan pembelian aplikasi di play store oleh provider seluler, mba.

      Delete
    2. cara membeli aplikasi android melalui play store dengan kartu telkomsel memang cukup mudah seperti contoh/panduan di atas

      Delete
  2. info yang mantap pak,bisa dicoba kalau dapat aplikasi bagus versi gratisan terus upgrade versi berbayarnya pasti lebih mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. agar tidak kecewa bisa dilakukan untuk pembelian aplikasi kesayangan yang tiap hari dipakai mas, misalnya game, atau musik player.

      Delete
  3. jadi gak harus punya credit card ya, biasanya suka males beli karna gak punya credit card

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba indah, karena tanpa kartu kreditpun bisa, dengan sistem pemotongan pulsa secara langsung bisa jadi cara yang mudah dan flexible

      Delete
  4. Replies
    1. Iya,, betul mba Lina, karena dengan layanan carrier billing pelanggan tidak perlu repot-repot untuk memiliki aplikasi berbayar full version. tinggal beli dengan sistem potong pulsa saja bisa.

      Delete
  5. Jadi total pulsa yg kepotong untuk beli poweramp itu berapa gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemotongannya bisa dihitung sendiri gan, penjelasannya ada di paragraf 3 di atas gan.

      Delete
  6. Gan itu pembelian poweramp di playstore bersifat permanen apa enggak ? maksudnya ada jangka waktu tertentu misalnya udah beli poweramp batasnya sampe 1 bulan nanti beli lagi kayak berlangganan gitu . . . terima kasih

    ReplyDelete
  7. Gan itu pembeliannya bersifat permanen atau langganan ? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. belinya bersifat permanen, mas zaenal. sekal beli, dipakai selamanya, kalau mas zaenal meamng suka musik lebih baik pakai poweramp full version saja karena fiturnya bagus. lagipula harganya juga ga mahal. Selama ini sih menurut saya poweramp masih player android berbayar terbaik

      Delete
    2. Pake telkomsel gagal mulu pas verifyingnya bang. Ada solusi ga soalnya udah beberapa kali tetep aja gagal padahal pulsanya ada

      Delete
    3. Kenapa gagal mulu ya pas verifikasinya ada solusi bang padahal pulsa ada

      Delete
    4. Coba silahkan bersihkan dulu cache dan histori aplikasi Google play storenya mas, kemudian login ulang, email yang buat log in dengan yang buat verifikasi harus sama.
      caranya ada di jawaban komentar Yulia SartikaWednesday, January 13, 2016 di bawah ini

      Delete
  8. Permen nih. Jadi andaikan hp kita ganti selama akun google gak di ganti, masih tetep bayar apa gak ?

    Dari dulu pengen pake poweramp gak kesampean cuman ragu akan hal itu ( maksudnya takut udah beli, pas ganti hp di suruh beli lagi )

    ReplyDelete
  9. Ini bener permanen? Kalo kita ganti hp sedangkan kita tetep pake akun yang sama masih di suruh bayar gak?

    Dari dulu pengen pake poweramp gak kesampean cuman gara-gara ragu T_T.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau beli poweramp unlocker sekarang malah lagi promosi gan, 3000 perak. Kalau masalahnya ganti hp saya belum tahu. Toh harganya murah banget lebih mahal dari pada sebungkus rokok, dr pada ga bisa menikmati suara bagus. Iya kan?

      Delete
  10. punya aku ko ga bisa yah pak?
    aku mau upgrade aplikasi k VIP. dan itu biayanya
    dan balasan nya sms verifikasi akun tidak dapat dikirim. silahkan coba lagi?
    tolong solusinya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa di coba solusi ini dl:
      Bersihkan cache dan data history aplikasi google playnya, kemudian login kembali menggunakan email. Email yang digunakan untuk log in ke google play harus sama dengan yang untuk verivikasi pembelian.
      Cara membersihkan cache android secara prinsip yaitu tap (klik) Menu > Settings (pengaturan) > Apps (aplk-aplikasi) > tap aplikasi Google Play > tap Clear data dan Clear cache.

      Jika setelah anda menggunakan cara tersebut di atas tidak bisa, anda dapat menggunakan email gmail alternatif.
      Semoga membantu ya

      Delete
  11. Pak kenapa ya verifikasinya ttep ggal

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa sudah dicoba untuk dibersihkan aplikasi google playnya? (baca caranya pada komen di atas, mba). ingat ya email untuk login google play harus sama dengan email yang digunakan untuk verifikasi langkah di atas.

      Delete
  12. Punya saya adanya pilihan indosat billing, caranya biar bisa ganti opsi ke telkomsel billing gimana? Sudah coba clear data & cache playstore, tapi tetep sama saja, pilihannya cuma "enable/use indosat billing" , padahal sudah tak coba ganti pakai email lain, hasilnya sama saja. Solusinya gimana? Apa harus reset hh ke pengaturan awal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan pada saat signup google play, verifikasi phonenya saat pertama kali daftar menggunakan indosat kali mas riza. coba signup menggunakan email baru dan verifikasi dengan nomor telkomsel / atau buat email baru dan verifikasi dengan nomor telkomsel. kemudian gunakan untuk log in google play.

      Delete
  13. Sudah kangen pingin pake poweramp.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murah ko kang Maman. Cara beli aplikasinya juga gampang, ga perlu kartu kredit seperti jaman dulu. Sekarang tinggal potong pulsa otomatis. Ga mahal tp puas pakainya, kang

      Delete
  14. Replies
    1. iya ok banget, dan buat saya aplikasi musik terbaik android

      Delete
  15. Banyak lah Bang itu paket 2G atau 3G

    ReplyDelete
  16. Banyak lah Bang itu paket 2G atau 3G

    ReplyDelete
  17. Pakenya 2G Visa Gak Karma Kalo Says Ada 2 Yg 3G Trip Sedangkan Yg 2G Telkomsel

    ReplyDelete
  18. Terus kalau aplikasi sudah bayar lalu ganti hp atau hpnya diformat ulang apa masih berlaku?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika aplikasinya sudah pernah dibeli di playstore, dan di kemudian hari hpnya direset ulang, maka tidak perlu lagi beli ulang aplikasi tersebut. Tinggal instal lagi, begitu juga dengan unlockernya (dalam hal ini poweramp).

      Delete
    2. Namun harus menggunakan email yang sama dengan email sebelumnya yang digunakan untuk beli aplikasi.
      ..
      Beda kasusnya jika menggunakan perangkat smartphone yang berbeda, saya belum pernah mencobanya. Karena jika menggunakan perangkat yang berbeda otomatis perangkat akan terdeteksi berbeda, karena masing-masing handphone memiliki kode IMEI (International Mobile station Equipment Identity number) masing-masing

      Delete
  19. di tempatku koq gak ada opsi beli via pulsa -_-

    ReplyDelete
  20. Aku udah pake telkomsel tapi opsiny gk muncul buat pake pulsa

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Melinda_Halim dan @Unknown, coba masuk ke google playnya kemudian di setting lagi metode pembayarannya:
      Tap menu di kanan atas > account > payment methods > (add payment methods)

      Delete
  21. Aku punya ga muncul kata kata enable Telkomsel.. gmna caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di setting manual metode pembayarannya mas melalui menu di play storenya (lihat jawaban di atas ini)

      Delete
  22. gan.kalo pulsanya blm cukup gak muncul ya??..ngaruh gak sih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika pulsanya ga cukup nanti akan muncul noftifnya. Lebih baik lihat harga aplikasinya di playstore, kemudian masukan saldo pulsanya, baru lakukan pembelian, gan.

      Delete
  23. Harga minecraft pe kan 99.000 dan pulsa saya 110.000 tapi kok masih kurang ditulis pembayaran gagal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga 99.000, PPN 10%=9.900. Jadi 99.000+9.900 = 108900, sisa 1100. Sepertinya kurang mas, dengan syarat minimum saldo setelah pembelian.

      Delete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.