Simple blog to share

Memilih powerbank yang bagus dan berkualitas sering tidak diperhatikan oleh banyak pengguna smartphone, baik yang baru pertama kali menggunakan smartphone atau yang sudah sering gonta-ganti smartphone. Dari masalah sederhana ini akibatnya sering terjadi kerusakan handphone lebih awal terutama pada komponen baterainya. Salah satunya, baterai cepat menggelembung (gendut). Pemakaian powerbank yang tidak tepat menjadi sebab yang paling banyak terjadi.

cara-memilih-power-bank

Dari kasus di atas, sebenarnya anda dapat menghindari kerusakan handphone yang diakibatkan karena penggunaan power bank.
Di sini akan dibahas bagaimana cara memilih powerbank yang bagus dan berkualitas sebagai acuan sebelum anda membeli powerbank. Baik untuk pertama kalinya atau mungkin membeli powerbank tambahan.

1. Safety powerbank
Kenapa unsur safety pada powerbank sangat penting?
Meski powerbank mungkin tidak akan membahayakan anda, namun jika tidak diperhatikan ia akan membahayakan smarphone anda. Safety disini lebih ditujukan pada perlindungan HP anda. Unsur savety pada powerbank yaitu:
- Adanya short circuit protection: untuk menghindari bahaya/kerusakan dari akibat adanya arus pendek
- Adanya over charge protection: untuk memutus arus listrik secara otomatis jika pengisian powerbank sudah penuh
Semua powerbank yang berkualitas (powerbank asli) sebenarnya sudah memiliki kedua unsur safety di atas, namun bagaimana dengan powerbank abal-abal yang dijual dengan harga sangat murah. Anda berani menjaminnya sendiri terhindar dari kerusakan handphone lebih cepat?
Sebagai note bahwa powerbank yang berkualitas akan memiliki sertifikasi khusus, seperti UL certification sebagai tanda telah lolos uji standarisasi.

2. Daya dan dimensi powerbank
Saat menentukan powerbank mana yang ingin anda beli, bukalah tutup belakang handphone anda, perhatikan daya yang ada pada baterai handphone anda. Misalnya saja dibaterai handphone anda tertulis 2100 mAH. Itu artinya setiap kali ngecas sampai penuh anda memerlukan daya 2100 mAH. Dari sini anda memerlukan daya powerbank yang lebih besar beberapa kali dari daya baterai tersebut, agar anda dapat mengecas beberapa kali menggunakan powerbank yang anda beli nantinya, misalnya anda pilih powerbank dengan kapasitas daya 10.000 mAH, maka anda dapat mengecas 4.5 kali pakai. Output daya dari powerbank juga harus anda perhatikan dengan input daya yang ada pada smartphone anda. Biasanya powerbank tidak sama besar-kecilnya output daya dengan smarphone anda. Selain daya, yang perlu anda perhatikan yaitu dimensi (besar kecilnya) powerbank agar tidak repot saat digenggam.


3. Konektor
Membeli powerbank akan disertai konektor (connector). Untuk menghindari kerusakan pada slot konektor yang ada pada smartphone, sebaiknya anda menggunakan konektor asli bawaan HP anda. Sebenarnya konektor dari powerbank dapat digunakan hanya saja biasanya ukurannya tidak se-presisi dengan konektor bawaan HP.

4. Harga
Harga lebih mahal, memang cenderung menujukkan kualitas yang lebih baik. Karena itu pilihlah powerbank yang memang sudah "punya nama", dari pada anda memilih powerbank asal-asalan yang banyak diperjualbelikan dengan harga murah namun kualitas yang anda dapatkan pada akhirnya mengecewakan. Intinya disarankan jangan beli powerbank merek abal-abal yang malah akan cepat merusak baterai dan slot handphone anda.

5. Fungsi Tambahan
Banyak powerbank yang disertai dengan fungsi tambahan seperti lampu senter (flash). Alternatif fungsi tambahan ini sebenarnya tergantung kebutuhan anda. Jika memang anda perlukan untuk fungsi darurat, anda dapat membeli powerbank yang ada lampu flashnya. Namun sebenarnya lampu flash bisa anda nyalakan dari smartphone anda. Jika smartphone anda bawaannya tidak ada aplikasi lampu flash, anda dapat mengunduh aplikasi tersebut di google play.

6. Kualitas
Adanya garansi menunjukkan powerbank tersebut bagus dan berkualitas, karena perusahaan pembuat powerbank berani menjamin produknya. Berbeda dengan powerbank yang dijual murah sekali di pinggir-pinggir jalan. Bisa saja baterai yang digunakan merupakan baterai rekondisi yang didaur ulang. Jadi berhati-hatilah menggunakan powerbank asal. Hitung-hitung murah untuk beli powerbank aspal, malah anda akan mengeluarkan biaya lebih besar untuk service kerusakan handphone anda.

Tips:
Untuk perjalanan jauh seperti perjalanan ke luar kota, belilah powerbank dengan daya cukup besar namun memiliki output dan input daya yang sama dengan smartphone anda. Selain dapat melakukan cas berkali-kali, anda tidak perlu khawatir baterai pada handphone akan cepat rusak.
Apalagi perjalanan jauh seperti mudik lebaran, anda wajib bawa powerbank tambahan karena macet membutuhkan waktu lebih lama di jalan.

0 comments:

Post a Comment

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.