Simple blog to share

Bolt hingga saat ini memang masih yang tercepat dalam koneksi wifi modem berbasis 4g, meski ada banyak layanan muncul dari berbagai operator. Selain itu bolt masih jaringan 4G yang terluas. Namun banyak di antara teman-teman yang baru memiliki modem bolt mengalami masalah dengan cara koneksi boltnya, khususnya koneksi ke laptop. Bolt tidak terdeteksi biasanya karena masalah yang ada sepele, penyebabnya seperti network adapternya tidak aktif (atau pernah di-disable sebelumnya).

modem-bolt-tidak-terdeteksi

Nah, jika anda merupakan salah satu dari sekian banyaknya pengguna bolt yang mengalami hal serupa, lakukan langkah-langkah di bawah ini, untuk menghubungkan modem bolt ke laptop:


  1. Klik icon Internet Connection > pilih Troubleshoot
    Buka spoiler untuk melihat gambarnya:
    modem-bolt-tidak-bisa-connect

  2. Kemudian pilih Check to see if the problem is fixed dan tunggu hingga beberapa saat laptop/PC mendeteksinya secara otomatis
    Buka spoiler berikut:
    modem-bolt-tidak-bisa-ke-detect

    modem-bolt-tidak-bisa-terhubung-ke-laptop

  3. Kemudan pilih Try these repair as an administrator, dan lihat haslnya. Network dari bolt bisa dikoneksikan.
    Buka spoiler berikut:
    penyebab-modem-bolt-tidak-bisa-connect

    cara-menghubungkan-modem-bolt-ke-laptop


Note:
Agar modem bolt bisa terhubung ke laptop, jangan lupa saat mau melakukan troubleshooting di atas pastikan opsi Advcanced setting: Network discovery sudah benar yaitu pada opsi "Turn on network discovery" diaktifkan. Lokasinya di control panel windows bisa anda lihat di bawah ini:
Control Panel\Network and Internet\Network and Sharing Center\Advanced sharing settings

Semoga tips singkat ini bisa membantu, dan bolt anda yang tadinya tidak bisa ke detect sekarang bisa kedetect.
Oh iya, secara prinsip troubleshooting ini juga bisa digunakan pada modem-modem lainnya seperti modem 4g telkomsel, modem 4g smartfren, atuupun modem Huawei, jika modem tersebut tidak bisa connect ke perangkat laptop/pc.

33 comments:

  1. Aku juga pernah mangalami hal serupa dan sangat menjengkelkan. Terimakasih telah mau berbagi pengalaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, kebanyakan pengguna baru bolt mengalamai kendala bolt mereka tidak bisa tersambung secara otomatis.

      Delete
  2. Replies
    1. cobain mba, kecepatannya termasuk bagus kalau utuk ngeblog dan streaming, tapi cek dulu di sini mba:
      Cara cek area yang tercover modem bolt

      Delete
    2. Ko bolt saya angga terdeteksi di hp

      Delete
    3. Ko bolt saya angga terdeteksi di hp

      Delete
  3. Kalau ga bisa masuk ke Web gui bolt yg 192.168.1.1
    Knpa tuh gan

    ReplyDelete
  4. mas mau minta solusi dong
    bolt saya selalu gk conect ke laptop saya. limited mlu. pdahal cara yg mas ksh semua dri coment2 jg udh di coba tp gk bsa2 jg. ketika pencarian jaringan di laptop selali gagak aja. kira2 knpa ya mas? mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaikna koneksinya dihapus dulu mas jika boltnya tidak bisa nyambung. Caranya buka control panel (di windows 7): Control Panel\Network and Internet\Network and Sharing Center > klik Access Type (bolt) > muncul jendela properties > klik Disable.

      Untuk mengkoneksikannya lagi gunakan cara ini (boltnya nyalakan dulu):
      Penyebab Modem Bolt Tidak Terdeteksi

      Delete
  5. Salam kenal mas, mas saya mau tanya. Modem bolt saya tiba tiba tidak bisa terdeteksi dengan hp saya, padahal selama ini baik baik saja. Setiap di restore baru terdeteksi dan connect dengan hp saya, tapi tiba tiba muncul tulisan "internet unavailable" sehingga terputus dan tidak terdeteksi lagi oleh hp saya. Mohon bantuannya mas, terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyebab bolt tidak terkoneksi dengan tanda tersebut karena memang sinyalnya kurang bagus, mba. Bisa ditekan tombol WPS pada perangkat bolt nya. Jika dipencet sekali maka akan sinyal akan mati, jika ditekan 2x maka akan terhubung lagi. Tidak perlu direstart boltnya, cukup tekan tombol WPSnya.

      Delete
  6. Mas,,, kok boltku selalu tidak punya koneksi internet katanya padahal sinyalnya kuat,,, kira" masalahnya apa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek ke perangkat lain, apakah boltmu bisa terkoneksi.
      Kedua coba tekan tombol WPS 2x satu kali untuk memutuskan sinyal, satu kali untuk mengkoneksikan sinyalnya lagi.

      Delete
  7. modem bolt saya ndak bisa terdeteksi di iphone saya...padahal sinyal penuh>>>tanda panahatas bawahnya ndak bergerak-gerak,,,kenapa yah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya versi modem bolt yang saya gunakan beda mas, tanda penahan atas bawah maksudnya saya ga tahu

      Delete
  8. Kalo modem boltnya gk bisa konek padahal udh bener pswd nya. Modem boltnya jga tiba2 ganti nma gitu jdi "goaway" .... Solusi nya gmana?

    ReplyDelete
  9. Kalau pake kartu smartfreen knp gbs conect ya gan? Ud di unlock bolt nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sendiri belum pernah menggunakan bolt unlock. Jika modem bolt tidak terdeteksi karena sudah diunlock maka bisa jadi karena tidak kompatibel dengan smartfrennya. Apakah sudah ada (banyak) orang yang menggunakan bolt diunlock khususnya dengan smartfren. Bisa jadi jaringannya berbeda.

      Delete
  10. coba dulu aaaahhh..., terima kasih mas Ilmunya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika mas Cukup mengalami wifi modem bolt tidak terdeteksi, coba lakukan tindakan seperti di atas, mas.

      Delete
  11. kalau modem bolt slim 2 yg tidak mendeteksi sinyal wifi A, tapi sinyal wifi B dan C bisa terdeteksi bagaimana solusinya gan?? sebelumnya sinyal wifi A terdeteksi, tapi pas mati lampu tidak terdeteksi lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pakai bolt slim 2 utk wifi extender, padahal sinyal wifi A itu bisa terdeteksi di laptop dan hp saya

      Delete
  12. Maaf mas mau tanya kenapa ya modem bolt saya tidak tersambung ke hp? Saya nyalakan wifi di hp saya atau pun di hp teman2 saya tapi tidak kebaca,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah boltnya asli atau sudah diunlock saat beli? Jika perangkatnya unlock-an memang sering terjadi trouble

      Delete
  13. Saya pake wifi bolt e5578 sudah unlock.saya pake kartu simpati.biasanya lancar.tapi sekarang jadi eror logo wifi tidak kelihatan di hape android..ini kenapa?

    ReplyDelete
  14. Wifi bolt e5578 tidak kelihatan di hape..kenapa

    ReplyDelete
  15. Selamat siang pak, mohon maaf saya mau tanya. Selama beberapa hari ini sinyal bolt saya bermasalah dan susah sekali terhubung ke hp. bahkan No Service. saya sudah tekan tombol WPS seperti yang bapak sarankan di komen atas. tapi tetap tidak bisa terhubung. saya coba hubungan ke laptop saya, ternyata bisa connect. lalu saya coba kembali ke hp saya. tapi tetap tidak bisa connect. meskipun sudah saya coba restart 1 kali dan nyalakan tombol WPS.sekiranya bagaimana ya pak agar bolt orion saya bisa connect ke hp kembali. mohon bantuan solusinya. terima kasih

    ReplyDelete
  16. Mas saya mau tanya.kan saya punya aplikasi bolt dihp saya.pas saya buka atur device trus ke pengaturan perangkat nah kan ada menu "buka untuk umum" nahh yang malah milih tidak trus cara untuk mengembalikan supaya iya lagi itu gimana ya mas? Sedangkan aplikasinyaa hanya bisa konek kalo pakai wifi bolt. Tapi boltnya tidak terkoneksi

    ReplyDelete
  17. Gan, kalo keterangan di pc ane "a network cable is not properly plugged in or may be broken", udah coba pindahin lubang usb yg lain atau ganti kabel datanya tetep aja ga kedetect.
    Ane pake bolt hydra.
    Ane harap ada solusi lain

    ReplyDelete
  18. Min Tadi saya klik atur device lalu ke pengaturan perangkat lalu saya klik tulisan yg ada pilihannya 2, umum atau publik dan apa gitu satu lagi. Nah saya ngeklik yg bukan umum atau publik. Setelah saya klik itu langsung tidak bisa konek ke wifi tsb meski sudah on wifinya. Dan saya tidak bisa mengubah menjadi umum atau publik di karenakan harus konek dulu ke wifi tsb tetapi tidak ada lambang wifi di hp saya. Apa yg harus dilakukan? Mohon bantuannya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kamu pakai cara ini, gan. Atur ulang cara koneksi wifinya
      Wifi tidak bisa tersambung di laptop

      Delete
  19. Min Tadi saya klik atur device lalu ke pengaturan perangkat lalu saya klik tulisan yg ada pilihannya 2, umum atau publik dan apa gitu satu lagi. Nah saya ngeklik yg bukan umum atau publik. Setelah saya klik itu langsung tidak bisa konek ke wifi tsb meski sudah on wifinya. Dan saya tidak bisa mengubah menjadi umum atau publik di karenakan harus konek dulu ke wifi tsb tetapi tidak ada lambang wifi di hp saya. Apa yg harus dilakukan? Mohon bantuannya. Terimakasih

    ReplyDelete
  20. Gan mf numpang nanya,bolt saya tulisan wifinya jadi hilang setelah direset,jdi skrng gk bisa di pakai,itu knpa gan, terus gemna cara setting laginya???

    ReplyDelete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.