Simple blog to share

Cara menonaktifkan command prompt di windows bertujuan agar orang lain tidak dapat menjalankan perintah melalaui cmd.exe. Dengan mematikan command prompt, berarti komputer/laptop anda tidak bisa "diganggu" oleh orang lain melalui command prompt tersebut. Karena jika ia dimatikan dan kemudian command prompt dibuka, maka akan muncul peringatan "The command propmt has been disable by your administrator", Press any key to continue..., dan saat ditekan Enter maka jendela command propt tersebut tertutup kembali.

cara-mendisable-command-prompt-di-windows

Command prompt merupakan perintah jadul windows. Meski sampai sekarang Microsoft belum menghilangkan command prompt, bukan berarti ia tidak berguna.
Sebenarnya menonaktifkan command prompt pada windows bisa dilakukan melalui 2 cara yaitu melalui kotak dialog Run atau melalui registry editor, namun cara yang mudah yaitu melalui kotak dialog Run.

# Setelah anda membaca tutorial ini, silahkan baca juga tutorial yang berkaitan yaitu tentang registry windows:
Cara Aman Laptop Dari Virus - Matikan Akses ke Registry Editornya

Nah, untuk menonaktifkan command prompt di windows melalui kotak dialog Run lakukan cara ini:

  1. Tekan tombol Win + R > ketik gpedit.msc
    Maka kotak dialog Local Group Policy Editor akan muncul
    Lihat image buka spoilernya:
    cara-menonaktifkan-command-prompt-di-windows

  2. Klik pada User Configuration > Administrative Template > System > klik 2x pada "Prevent access to the command prompt"
    Lihat image buka spoilernya:
    cara-menonaktifkan-command-prompt-windows

  3. Pilih bullet "Enable" dan opsi "Yes" > tekan Apply/OK
    Lihat image buka spoilernya:
    cara-mematikan-command-prompt-di-windows

  4. Silahkan anda tes, buka command prompt maka ia akan muncul warning sesuai di atas, anda tidak bisa membukanya.
    Lihat image buka spoilernya:
    command-prompt-telah-di-nonakktifkan

Bagi sebagian orang yang tahu persis perintah-perintah DOS (Disk Operating System), command prompt sangat penting. Jika anda belum tahu perintah-perintah command prompt, anda dapat menggunakan perintah awal help pada command prompt tersebut, kemudian anda mengetikkan perintahnya dan memasukkan respon yang muncul.

Salah satu fungsi manfaat yang paling sering digunakan adalah untuk melakukan ping koneksi jaringan/internet untuk mengetahui data packet lost atau tidak, apakah ada koneksi atau tidak. Misalnya di command prompt anda menuliskan ping diikuti alamat IP; contoh: ping www.google.com akan akan terlihat koneksi internet ke google lancar atau tidak.
Lihat image buka spoilernya:
manfaat-command-prompt-di-windows

Contoh fungsi perintah yang menggunakan command prompt yaitu chkdsk untuk mengecek kondisi hardisk pada komputer, apakah terdapat error bad sector atau tidak, berapa kapasitas hardisk yang telah digunakan dan berapa kapasitas yang masih tersedia.

Perintah DOS merupakan perintah yang ada sejak windows pertama eksis/sebelum adanya GUI (Graphical User Interface). Windows pertama yang muncul jaman dulu adalah windows 1 tahun 1985. Anda dapat merujuk pada halaman wikipedia ini untuk mengetahui sejarahnya teknologi sistem operasi windows hingga windows 10 sekarang yang terbaru.
Sejarah Microsoft Windows.

# Jika saat ini belum upgrade windows terbaru, windows 10 dan ingin mencobanya, silahkan baca panduan langkah-langkah lengkapnya yang saya tulis pada halaman ini:
Cara Upgrade Windows 7, 8, 8.1 ke Windows 10 - Lihat Spesifikasi Teknis dan Langkah-langkahnya

Itulah tutorial cara mudah men-disable command prompt hanya dengan beberapa langkah saja.
Untuk cara yang dilakukan lewat regedit Insya Allah akan saya tulis juga kelanjutannya.
Semoga semua tulisan saya di blog ini bisa membantu anda ya.

Oh ya anda sudah lihat semua tips dan trik yang saya tulis pada Daftar isi  (Blog Map) pada menu di atas? Silahkan baca, jika tidak selesai bisa baca ulang waktu berikutnya.


0 comments:

Post a Comment

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.