Simple blog to share

Aplikasi teks editor terbaik untuk android itu susah-susah gampang untuk dipilih, apalagi jika kamu baru menggunakan android atau baru mau coba yang sebelumnya tidak pernah. Banyak sekali text editor yang bisa kamu pilih untuk dipakai di android seperti Text editor, QuickEdit Text Editor, Jota Text Editor, TED (Text Editor), Notepad-Text Editor, Simple Text Editor, Turbo Editor, Text Editor Plus, Simple Notepad, Simple Text Editor For android, Wordpad, dan masih banyak lainnya.

Namun, dari sekian banyaknya teks editor yang pernah saya coba hanya satu yang paling saya suka untuk menulis draft dan membuat catatan kecil jika muncul ide yang harus saya kerjakan, yaitu Jota Text Editor

Jota Text editor merupakan salah satu text editor yang paling banyak digunakan oleh pengguna android. Ia selalu muncul diurutan teratas ketika kamu mencari aplikasi teks editor di google play. Yang paling penting buat saya untuk setiap aplikasi yang terinstal yaitu tidak ada iklan dan ringan dijalankan, termasuk aplikasi teks editor.

Ada juga teks editor terbaik untuk pc/laptop, silahkan baca di halaman ini:
Kelebihan Notepad++ (Plus plus)

Terus apa saja yang paling saya suka dari aplikasi teks editor ini sebagai aplikasi note di android :


  1. Free dan tidak muncul iklan pada aplikasi

  2. Dapat menampilkan nomor baris (line number).
    Untuk menampilkan baris keberapa teks yang anda ketik untuk mengetahui kira-kira seberapa panjang tulisan, kamu bisa melakukan setingan melalui Menu > Preference > View Settings > Show Line Number.
    Buka spoiler berikut:
    teks-editor-terbaik-android

  3. Memiliki fitur history
    Kamu tidak perlu repot-repot mencari file yang pernah dibuka/diedit terakhir kalinya. Di Jota text editor terdapat 10 history file terakhir yang sebelumnya kamu buka.
    Untuk mengatur setingan ini lakukan tap Menu > Preference > File Settings > Startup actions > pilih Show History.
    Ada 4 pilihan yang bisa kamu pakai selain Show History yaitu Create New Text (buat teks baru), Select File (pilih file) dan Open last file (membuka file terakhir yang dibuka). Jika kamu ingin menghapus history bisa melalui Menu > Preference > Misc. > Clear history
    Buka spoiler berikut:
    teks-editor-terbaik-untuk-android

  4. Memiliki fitur autosave
    Jota teks editor ini memang memiliki fitur Autosave yang bisa kamu aktifkan. Ia bekerja autosave meski kamu menutup aplikasi tanpa menyimpannya terlebih dulu misalnya disebabkan karena lupa. Untuk mengaktifkan autosave pada aplikasi edit teks terbaik ini yaitu Menu > Preference > File Settings > beri tanda centang Auto Save.
    Buka spoiler berikut:
    text-editor-paling-bagus-untuk-android

  5. Default/Undefault directory
    Berkaitan dengan lokasi penyimpanan catatan kamu pada file txt, kamu bisa mengubah direktori default sesuai keinginan, misalnya pada folder di memori eksternal. Pengaturan default direktori tempat penyimpanan file yaitu Menu > Preference > File Settings > Default direktory of new file.
    Buka spoiler berikut:

    teks-editor-paling-baik

  6. Font setting settings bisa kamu ubah ubah sesuai dengan tampilan font kesukaan. Menu > Preference > Font Settings. Jika kamu memiliki tipe font lain bisa dipakai karena jota text editor ini memungkinkan penggunaan font external. Namun, dengan font standar sebenarnya sudah cukup. Font yang simple akan membuat kamu lebih fokus pada catatan dari pada tampilan aplikasinya.
    Buka spoiler berikut:
    teks-editor-yang-paling-banyak-digunakan-di-android

  7. Memiliki "Search"
    Bagi sebagian orang fungsi search pada text editor sangat penting termasuk jota teks editor ini, karena digunakan untuk menemukan paragraf catatan menggunakan kata kunci tertentu. Fungsi search ini bisa anda munculkan dengan cara tap Menu > Search. pengaturan "search settings" bisa kamu pilih dengan opsi Ignore Case ataupun dengan Regular Expression. Saya sendiri lebih suka menggunakan opsi ignore case karena lebih mudah tidak perduli huruf besar atau huruf kecil untuk mencari kata / frase tertentu.
    Buka spoiler berikut:

    editor-teks-paling-mudah-ringan-tanpa-iklan

  8. Fitur Cut and Paste Mudah
    Banyak dari catatan yang diambil dari berbagai sumber misalnya website, salah satunya adalah quote dari orang lain yang bisa dimasukkan ke catatan txt kamu.

  9. Memiliki tombol Undo dan Redo
    Kesalahan penulisan sering saja terjadi bila kamu sedang membuat draft tulisan, dengan fitur tombol Undo dan Redo akan mempermudah tanpa mengulangi penulisan sebelumnya.

Dengan pamakaian teks editor yang paling baik ini, kamu akan merasa sangat nyaman saat membuat catatan teks apapun. Jangan sampai menguap setiap ide yang muncul di otak kepalamu, segera tulis dan tuangkan ke dalam catatan kecil dengan aplikasi ini.
Itulah 9 kelebihan paling utama dari aplikasi pengeditan teks (notepad) Jota Text Editor. Simple, ringan, dan cepat. Ia bisa juga dijadikan notepad android yang paling bagus di handphonemu. Penasaran? silahkan aja coba.

0 comments:

Post a Comment

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.