Simple blog to share

Cara menggabungkan file pdf di android sebenarnya cukup mudah, bahkan sangat mudah, namun bukan berarti setiap orang yang menggunakan smartphone android dapat melakukan tips dan trik ini. Menurut saya alasanya cuma dua yaitu: orang tersebut tidak tahu aplikasi yang digunakan atau orang tersebut tidak/kurang mengerti bahasa inggris. Ya.. karena sebagian besar aplikasi-aplikasi yang ada di google play (play store) masih dominan berbahasa inggris, sehingga untuk melakukan input atau perintah terhadap aplikasi tersebut, orang yang melakukannya agak sedikit mengalami kebingungan.

tips-pdf-android

Nah, kali ini saya akan bagikan cara mudah untuk melakukan join pdf di andorid, aplikasi apa yang gampang, bagus, dan free digunakan.

Untuk tips pdf penting lainnya, silahkan buka juga nanti halaman ini: tutorial pdf

Dengan aplikasi PDF Merge anda memanfaatkan aplikasi android untuk menggabung beberapa file pdf melalui smartphone anda. Berikut langkah-langkah disertai image yang bisa anda lakukan:


  1. Download aplikasinya di google play, download android pdf merge - aplikasi penggabung pdf di android untuk android
  2. Buka spoiler berikut:
    pdf-merge-android
  3. Jalankan dan klik tanda + untuk memasukkan file-file pdf yang akan digabung menjadi satu.
  4. Buka spoiler berikut:
    cara-menggabungkan-file-pdf-di-android
  5. Cari file pdf di mana anda menyimpannya.
  6. Buka spoiler berikut:
    aplikasi-join-pdf-di-android
  7. Beri tanda centang file pdf yang mau digabung. Jika file pdf lebih dari dua, usahakan memasukkan 2 file terlebih dahulu, kemudian menambahkan file berikutnya satu persatu agar urutan halamannya setelah digabung.
  8. Buka spoiler berikut:
    aplikasi-pdf-android
  9. Untuk membatalkan klik (tap) tanda X untuk membatalkannya. Setelah itu klik Merge
  10. Buka spoiler berikut:
    aplikasi-pdf-merge-android
  11. Beri nama file atau biarkan sesuai defaultnya. Anda dapat me-rename filenya kemudian menggunakan aplikais file manager (seperti windows explorer).
  12. Buka spoiler berikut:
    aplikasi-penggabung-file-pdf-android
  13. Perhatikan lokasi penyimpanan setelah pdf digabung atau tekan Open untuk meilhat hasilnya.
  14. Buka spoiler berikut:
    cara-menggabungkan-file-pdf-di-android
  15. Lihat hasil contohnya pdf setelah 2 dokumen digabung.
  16. Buka spoiler berikut:
    cara-gabung-file-pdf-android

Kekurangan aplikasi Pdf Merge ini yaitu pada saat file pdf sudah dimasukkan ke daftar/list yang akan dimerge (digabung), tidak ada fitur untuk menggeser urutan file jika terjadi kesalahan memasukkan file ke listnya. Jika file pdfnya sedikit mungkin tidak masalah, namun jika filenya banyak maka akan sedikit repot dan membutuhkan waktu lebih lama, karena harus mengulanginya lagi dari urutan yang sudah benar. 
Misalnya jika file pdf nya ada 10 dan terjadi kesalahan urutan pada file ke-6, sedangkan anda sudah memasukkan semua (ke 10 file) tersebut, maka anda harus membuang daftar ke-7 hingga ke-10, dan memasukkan ulang sesuai dengan urutan file yang anda anggap benar.

Aplikasi penggabung file pdf di android yang digunakan tersebut merupakan aplikasi free, namun jika anda ingin mendapatkan support (layanan) penuh dari si pengembang aplikasi seperti fitur tambahan dan update secara rutin, maka tidak ada salahnya anda membeli aplikasi pdf merge android yang full version. Ini baik jika anda sering bekerja dengan fle-file pdf untuk mendukung aktifitas pekerjaan anda melalui smartphone andorid, toh harganya juga tidak mahal. Apalagi bekerja memanfaatkan smartphone akan semakin diperlukan berkaitan dengan semakin banyaknya mobilitas seseorang, mungkin termasuk anda.

Jika anda ingin tahu bagimana cara membeli aplikasi berbayar di play store, silahkan buka halaman ini; cara beli aplikasi di play store. Meski pada halaman tersebut panduan cara beli aplikasi menggunakan kartu telkomsel (simpati) namun secara prinsip caranya sama saja jika anda menggunakan kartu operator lain.

Semoga artikel tutorial saya tentang aplikasi join pdf di android ini bisa bermanfaat buat anda. Ada baiknya anda juga mencoba aplikasi lain yang ada di play store untuk mencari cara mudah melakukan merge file pdf di android anda. Ketika anda menyatukan file pdf di android sesuaikan kemampuan smartphone anda dengan jumlah file yang akan digabung. Jika terasa berat, anda dapat melakukan bagian perbagian. Selamat mencoba.

7 comments:

  1. saya udah pakai app ini, sangat membantu sekali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bertul, sangat berguna, gan. buat yang belum install bisa download aplikasi untuk menggabungkan file pdf di play store ataupun melalui pc (file.apk)

      Delete
  2. Oke sangat membantu, terima kasih..

    ReplyDelete
  3. mantap banget infonya ane coba dulu ya,, thanks ..

    ReplyDelete
  4. Bagaimana kalau dari file jpg ke pdf

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Mario bisa menggunakan aplikasi image to pdf, kalau menggunakan software tersebut memang belum bisa, jadi harus menggunakan aplikasi tambahan.

      Delete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Blog Archive

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.