Simple blog to share

Sebelum anda mengetahui cara ganti password gmail, silahkan anda baca sampai selesai pada tulisan ini agar anda tahu manfaat dan pentingnya ganti password (kata sandi) gmail anda.

Layanan email google (google mail) atau yang lebih dikenal gmail, hanyalah salah satu dari sekian banyaknya jenis layanan dan produk google. Gmail merupakan yang paling umum dan paling banyak digunakan orang. Namun sebenarnya akun gmail tidak sebatas untuk mengakses satu produk google saja yaitu email itu sendiri. Jika anda memiliki akun email google, maka akun google tersebut dapat anda gunakan untuk mengakses semua layanan dan produk google seperti google play (play store), google calender, google drive, google photo, google+, dan berbagai layanan lainnya.

cara-ganti-password-gmail

Dengan banyaknya jenis layanan dan produk google yang dapat dibuka dengan satu akun, maka akan menjadi sangat penting bagi anda untuk memperkuat password gmailnya jika anda merasa password yang anda buat sebelumnya lemah dan mudah ditebak orang (di-hack). Apa yang anda bayangkan jika akun email dan password yang anda miliki sekarang diketahui orang lain, sedangkan data-data pribadi anda sangat banyak. Bisa jadi privasi anda diketahui orang lain, dan data-data penting yang anda miliki dicuri orang bahkan dijual, atau mungkin mita tebusan.

# Anda dapat mengetahui berbagai layanan produk google di halaman ini;
Jenis Produk-produk Google

Ganti password gmail bagi sebagian orang memang dianggap sepele, karena mereka terkadang tidak perduli dengan keamanan akun google yang mereka buat, bahkan banyak di antara mereka mensetting password gmailnya begitu lemah, sehingga mudah ditebak/dicuri orang yang tidak bertanggung jawab.

Nah untuk alasan keamanan data-data anda, sebaiknya anda memperkuat password gmail jika di rasa perlu. Namun sebelumnya, anda sebaiknya perlu tahu beberapa tips tentang gmail di bawah ini.

# Untuk tips gmail di android anda dapat membaca halaman ini:
- Cara menonaktifkan notifikasi email google+ (plus)
Cara menghapus email notifikasi social di gmail secara keseluruhan

Tips aman menggunakan layanan gmail:

  1. Ketika anda membuat/mengganti pasword gmail, gunakan kombinasi huruf, angka dan simbol, mininal 8 karakter. Namun tetap mudah untuk diingat, misalnya: #em4il$tr0ng, @g3mbala$4pi
  2. Tulis nama mail beserta passwordnya dan simpan di tempat aman agar sewaktu-waktu anda lupa, bisa anda gunakan lagi.
  3. Jika perangkat android anda hilang, segera ganti password melalui komputer/pc agar mereka tidak lagi dapat mengakses akun anda.
  4. Sebaiknya bedakan fungsi email misalnya email khusus untuk bisnis dan khusus untuk bermain jejaring sosial, atau untuk keperluan yang lainnya.

Berikut merupakan cara ganti pasword gmail:

1. Masuk ke google account, silahkan buka halaman ini: Ganti Password Gmail
2. Klik "Masuk & Keamanan"

Cara-Ganti-Kata-Sandi-Akun-Google


3. Klik link (tautan) "Masuk"

ganti-password-akun-gmail


4. Masukkan password untuk log in seperti biasa

merubah-password-gmail

5. Klik Password

cara-memperbaharui-password-gmail


6. Masukkan password baru pada "New password" dan masukkan kembali password baru tersebut "Confirm new password", Klik "CHANGE PASSWORD".
Tips: gunakan minimal 8 karakter yang terdiri dari huruf, angka, dan simbol.

ganti-kata-sandi-gmail

Setelah anda mengganti kata sandi gmail dengan yang baru, bukan berarti data anda aman sepenuhnya. Anda tetap harus menjaga jangan sampai teledor hingga email anda disalahgunakan oleh orang lain.

Beberapa penyebab data-data pribadi anda dicuri orang lain:

  1. Perangkat android anda hilang, tanpa segera mengubah password gmail menggunakan PC/dekstop, sehingga mereka dapat mengakses semua layanan google yang anda gunakan, dan mengambil data penting anda dan data-data rahasia anda.
  2. Anda membuka gmail dari tempat komputer umum, misalnya warnet, namun lupa sign out.
  3. Akun gmail anda memang di-hack karena paswordnya mudah ditebak. Atau karena kemungkinan lain, misalnya ketika di warnet semua aktifitas anda berkomputer di sadap dengan perangkat/software keylogger.
  4. Hacker mengirimkan email kepada anda dan meminta untuk mengklik tautan yang diberikan, setelah itu anda diminta untuk memasukkan email dan password dengan alasan recovery.

Jadi dengan tips keamanan gmail di atas, semoga anda lebih berhati-hati dan lebih memahami arti pentingnya kekuatan sebuah password email. Setelah anda ganti password gmail dengan password baru, maka password baru tersebut berlaku untuk semua layanan produk google seperti google play (play store), google drive, google calender, dan layanan lainnya seperti yang dijelaskan di atas.

10 comments:

  1. demi keamanan data, perlu juga kita mengganti-ganti password gmail kita ya mas asal jangan sampai lupa aja kalau sudah diganti. hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, jangan sampai hilang karena akan repot untuk recovery email gmail, harus menggunakan pertanyaan hint/pengingat atau menggunakan email recovery, karena itu tulis juga email recovery/pemulihannya

      Delete
  2. Udah lama saya ga ganti password gmail.
    Pas liat postingan ini, langsung ganti ajaallaahh :D
    makasih tutorialnya bang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk ganti password tidak lama ko, mas al. lagi pula manfaatnya besar buat keamanan email. tp jika sudah merasa yakin dengan kekuatan kata sansi yang ada sekarang ya ok ok aja.

      Delete
  3. aku dah ganti pasword tapi kenapa tetap ada yang bisa bukak akuun aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa saja komputer/laptop yang agan heru pakai sudah terkena malware pishing. Coba discan pakai antivirus yang bagus. Jika ingin benar-benar aman gunakan verifikasi di atas (seperti pada gambar langkah ke-5, dan buat pertanyaan rahasia)

      Delete
  4. supaya email kita selalu aman, sebaiknya kita mengganti email berapa bulan sekali mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada ketentuan berapa lama periode untuk ganti email, mas. Selama mas wisnu masih menganggap aman password yang digunakan maka tidak perlu diganti. Biasanya password email harus diganti jika mengalami kejadian seperti yang disebutkan di atas.Jangan lupa agar aman sekali pakai kombinasi karakter huruf angka dan simbol

      Delete
  5. kalo ganti pasword gmail di pc , akun yang di android keluar gak? terus data data yang di handphone ilang atau enggak? mohon jawabannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akun di android akan langsung meminta password terbaru. Jadi secara otomatis akan tersingkronisasi, gan

      Delete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Blog Archive

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.