Simple blog to share

Salah satu cara aman laptop dari virus yang menginfeksi adalah menonaktifkan registry agar tidak dapat diakses oleh penguna lain/program jahat. Program jahat itu dapat berupa virus komputer, malware, ataupun spyware yang akan menginsfeksi registry yang ada di komputer anda. Jika komputer/laptop anda mengalami error tanpa sebab setelah anda menginstall aplikasi bisa diduga laptop anda telah terinfeksi oleh virus ataupun malware, dan ia telah mengubah berbagai setingan default registry yang ada.

cara mendisable registry editor

Contoh lain misalnya internet browser anda terinfeksi hijacker setelah browsing. Hijacker merupakan malware. Hijacker tersebut mengubah setingan default registry internet browser seperti internet explorer, mozilla firefox, google chrome; dan ketika dibuka tampilannya tidak seperti biasanya.

Jangan lewatkan tips sebelumnya di blog ini tentang:
Cara Menghilangkan Virus Shortcut Flashdisk

Nah, berikut merupakan salah satu tips mudah untuk melindungi laptop/komputer anda dari berbagai program jahat tersebut agar tidak menginfeksi registrynya.

  1. Jalankan gpedit.msc melalui kotak dialog run;  caranya klik Start Menu > pada kotak pencarian ketik Run > ketik gpedit.msc dan tekan Enter.

  2. Pilih User Configuration > Administrative Templates > System

  3. cara-menonaktifkan-akses-registry-windows


  4. Klik 2x Prevent access to registry editing tools
  5. Pilih Enable kemudian klik OK

    cara-menonaktifkan-registry-editor
Selesai
Mudah kan untuk menutup akses registri dari kemungkinan program jahat yang ingin mengubahnya.
Semog trik ini bisa membantu agar laptop anda tetap aman, sehingga tetap nyaman tiap kali menggunakan laptop/pc.
Bila tips-tips di sini bermanfaat buat anda dan teman dekat anda, silahkan beritahukan kepadanya agar bisa juga berguna buat orang lain.

[Update #1 2016-06]
Selain anda melakuakn setingan registry sesuai tutorial di atas, silahkan anda baca juga yang masih berkaitan dengan topik ini:
Cara Menonaktifkan Command Prompt di Windows

6 comments:

  1. trimakasih untuk caranya...saya praktikkan dulu ya...kayaknya sdikit ibet nih untuk ukuran saya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya silahkan kang semoga bisa lebih aman laptopnya buat browsing

      Delete
  2. Jadi seekarang saya mengerti,,, kalau registery ke toolsnya dimatikan maka program/virus gak bakalan bisa ngubah - ngubaj program/aplikasi di komputer kita,,, gitu kan ?? soalnya akahir - akhir ini saya juga sering jengkel sama virus,, terutama virus shorcut flashdisk,,, tiap kali dicolok ke kompi,, pasti muncul virus shorcut yang ngehiden file,,, kalau saya pakai cara ini,, kira - kira work gak yah ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kang Ahmad, sekarang virus semakin ganas, inti kerjanya adalah mengubah registry pada komputer/laptop.
      Saya juga sering terkena virus flashdisk kang. Postingan tentang virus shortcut flashdisk udah saya tulis di halaman ini kang:
      Cara Menghilangkan Virus Shortcut Flashdisk

      Delete
    2. Namun sekarang saya menonaktifkan akses ke registry

      Delete
  3. untuk gpedit.msc di windows 8 gak ada ya ka? terus gimana caranya? terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.