Simple blog to share

Sangat menjengkel bila pegang hp android, namun untuk buka aplikasi aja leletnya pakai banget, apalagi sering error/hang saat buka 2 atau 3 aplikasi secara bersamaan.  Weleh...! keburu habis waktunya nunggu hp loading aplikasi. Eh, bukan waktu aja yang habis, tp ada yang lebih penting yaitu baterai; cepet lobet kelamaan nungguin loading. Sudah dicoba pakai aplikasi bantu yang "katanya" dapat menghapus file-file sampah dan mempercepat kinerja tapi tidak juga memuaskan. Lah... wong hp udah lelet ko malah ditambah aplikasi pembersih ini itu, ya tambah lelet, ia kan juga butuh memori dan process, yang sebenarnya justru malah memperlambat kerja sistem.


Terus?
Solusi yang paling tepat ya reset ulang ke kondisi seperti baru.

Oh gitu ya? 
Iya. karena dengan reset ulang ke kondisi semula (yang dikenal dengan sebutan factory reset) performa android benar-benar seperti baru dan dijamin tidak akan lelet lagi.

Kalau di reset apa semua data akan hilang?
Iya, tapi hanya data-data yang ada pada Internal SD (kartu memori internal), sedangkan data-data yang ada di External Card tidak akan hilang. Data-data yang ada pada kartu internal misalnya data image whatsapp, image pada galeri, musik, download, data bluetooth, voice recorder, dll. Karena itu sebelum reset ulang, semua data di memori internal harus dibackup dulu ke laptop/pc atau dipindahkan ke memori eksternal, agar aman.

Selain itu apa saja yang terhapus?
Selain data di internal memory yang terhapus, data lain juga terhapus seperti akun gmail, akun yahoo mail, setingan sistem dan aplikasi, drm licence, dan aplikasi yang pernah di download.

Apa harus install ulang semua aplikasi yang dibutuhkan?
Iya, memang harus menginstall ulang aplikasi yang dibutuhkan. Tapi itu juga tidak lama kan, dari pada handphone lelet terus-terusan dan bikin kesel. Mending di reset, kan?

Apa yang harus dipersiapkan sebelum reset ulang?
Jika program/aplikasi yang terinstall di smartphone cukup banyak, catat semua aplikasi penting agar lebih cepat untuk menginstal ulang kembali melalui play store. Selain itu pastikan kondisi baterai cukup untuk melakukan proses reset.

Saya belum pernah melakukan reset handphone android, apa perlu minta bantuan orang lain?
Tidak perlu, kamu bisa melakukan reset sendiri secara mudah melalui panduan prinsip di bawah ini.

Bagimana cara reset ulangnya?
Nah, sebenarnya mudah kok cara reset ulang android dan tidak membutuhkan waktu lama, perhatikan urutan langkah cara mereset kembali android yang lemot dan sering error.
Note: proses reset ulang yang digunakan pada panduan ini, menggunakan handphone android LG,  tampilan dan setingan bahasa mungkin berbeda dengan hp yang kamu miliki. Namun secara prinsip pada dasarnya android sama saja.

  • Tap Menu > pilih Settings (pengaturan) > tap Backup & reset.
  • Buka spoiler berikut:
    cara-reset-ulang-hp-android
  • Pada langkah reset ke-3 (tampilan layar berikutnya), tap Backup data reset.
    Jika kamu belum pernah melakukan backup data ke server google (menggunakan akun gmail yang aktif), maka backup terlebih dulu apabia dirasa perlu. Jika disara tidak perlu langsung saja tap/klik Backup data reset. .
    Kemudian tap Reset Phone
  • Buka spoiler berikut:
    cara-mereset-ulang-hp-android
  • Di langkah ke-5 ini android kamu akan minta password (kata sandi). Kata sandi yang digunakan yaitu kata sandi untuk membuka layar HP. Setelah itu baru tekan Erase Everything.
  • Buka spoiler berikut:
    cara-factory-reset-android
  • Tunggu proses reset selesai hingga muncul menu di mana harus mengisikan akun google (gmail beserta passwordnya). Tap Existing dan masukkan email googlenya. Kamu juga bisa menggunakan email google yang berbeda dari sebelumnya jika lupa.
    Bila ingin membuat baru tap New.
  • Buka spoiler berikut:
    reset-ulang-hp-android

  • Klik OK dan tap sekali lagi tanda anak panah
  • Buka spoiler berikut:
    cara-reset-kembali-hp-android

Secara normal hp android sering bermasalah hang karena saking banyaknya aplikasi yang di install/uninstall sehingga meninggalkan file-file sampah (junk file) seperit cookie, history, cache,  dan sisa file sistem lainnya di dalam memori smartphone. Dengan apikasi cleaner yang banyak bertebaraan di play store tidak juga memberikan solusi. Karena itu sebaiknya direset aja ke pengaturan awal / pengaturan pabrik. Yakin smartphone kamu lelet banget saat ini? Smartphone itu harus smart, bukan lelet. Coba aja reset ulang.

Semoga panduan di atas bisa kamu pakai sebagai prinsip
Silahkan kamu beritahukan juga kepada temanmu bahwa di www.walidin.net banyak tips dan trik android, laptop, ataupun ulas software.


7 comments:

  1. memang bagus sih untuk meningkatkan performa andro yg dh lelet, tpi ya itu, harus mulai dari awal lgi...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul pak ustadz, karena jika android sudah sangat lelet karena banyaknya aplikasi dan lamanya penggunaan, tindakan termudah yaitu reset ulang agar seperti baru. Memang harus install ulang beberapa aplikasi penting yang dulu pernah di downoad. untuk apliikasi bawaan tidak hilang.

      Delete
  2. Kini aku tak bingung lagi
    ngeriset hpku yang sering mati
    bukan karena kehabisan baterai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba Ayu, hard reset merupakan pengaturan pabrik agar seperti baru kualitas kinerjanya, apalagi jika sering mati tanpa sebab. Sudah harus di reset ulang smartphonenya

      Delete
  3. Sudah langkah terakhir, apa yg terjadi bang?

    ReplyDelete
  4. Setelah langkah terakhir apa yg terjadi bang?

    ReplyDelete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.