Simple blog to share

Jika anda memiliki perangkat eksternal seperti hp (handphone) yang biasanya dikoneksikan ke laptop ataupun komputer, dengan tujuan untuk pengambilan data seperti foto, bookmark, file mp3, namun tiba-tiba tanpa sepengetahuan anda tidak bisa dikoneksikan ke laptop/komputer anda maka anda harus cek sana sini, apa sebenarnya penyebabnya kok sekarang tidak bisa terhubung, padahal sebelumnya bisa dan lancar.

Sebenarnya banyak yang belum tahu apa penyebabnya ketika perangkat hp anda tidak bisa langsung terdeteksi ketika dicolok ke komputer. Biasanya ini terjadi pada windows 8 seperti yang saya alami (saya sendiri menggunakan hp lg), padahal ketika dikoneksikan ke komputer lain perangkat hp bisa terdeteksi dengan cepat di windows eksplorer, khsusnya windows 7 dan xp.

hp-tidak-bisa-terkoneksi-ke-komputer
Perangkat HP (HandPhone)  Tidak Bisa Dikenali di Windows 8 Explorer

Asumsi saya ketika mendeteksi kerusakan masalah koneksi hp dengan windows 8 adalah karena windows 8 tidak memerlukan instalasi driver tambahan secara manual seperti halnya ketika menginstall windows 7 dan windows xp yang memerlukan install driver. Namun pikiran saya tidak tertuju pada point ini, dengan alasan windows 8 pasti jauh lebih mudah dan simple dikembangkan untuk digunakan.

Setelah beberapa kali handphone saya tetap tidak bisa dihubungkan ke windows 8, maka saya terpaksa langsung cek apa sebenarnya penyebab utamanya, cek pertama yaitu scan dengan ativirus, dan cek kedua yaitu cek service yang berjalan pada windows 8.

Penyebab pertama bisa saja karena virus komputer karena hasil dari scan dengan antivirus ditemukan spyware. Maklum, komputer yang digunakan komputer kantor karena memang saat itu sedang kantor.

Namun penyebab kedua juga terdeteksi bahwa service Windows Driver Foundation yang berjalan pada windows 8 tidak aktif. Setelah mengaktifkan kembali proses service windows driver foundation tersebut, maka hp pun bisa terdeteksi kembali seperti halnya usb. Inilah yang menjadi rasa penasaran. Dan akhirnya bahwa penyebab utama kenapa windows 8 anda tidak bisa membaca perangkat eksternal khususnya hp adalah karena hal ini.

Untuk lebih jelasnya bagimana kronologi dan troubleshooting berkaitan dengan pernagkat hp (handphone) tidak bisa dikoneksikan ke windows 8 bisa lihat preview gambar-gambar di bawah ini.


1. Untuk menjalankan service windows, ketikkan "Run" pada kotak pencarian. Jalankan aplikasi Run. Kemudian ketik SERVICES.MSC untuk memunculkan jendela Services

kotak-dialog-windows-service


2. Klik 2x Service Windows Driver Foundation kemudian setting menjadi "Automatic"

menjalankan-service-windows-driver-foundation

windows-driver-foundation-tidak-bisa-jalan


3. Jika langkah di atas gagal alias tidak bisa mengubah settingan menjadi automatic, maka aktifkan melalui Task Manager. Klik kanan pada Taskbar kemudian pilih Task Manager
Klik tab Services > klik kanan Windows Driver Foundation > Start

sorot-windows-driver-foundation_text


4. Maka windows driver foundation akan segera aktif (running) dan perangkat hp (hanphone) yang di hubungkan ke komputer akan segera terdeteksi. Dan siap utnuk transfer data dari hp ke komputer/laptop atau sebaliknya.

perangkat-hp-(lg)-terdeteksi

Itulah kronologi dan troubleshooting ketika hp tidak bisa terdeteksi komputer/laptop. Semoga jika suatu saat anda atau teman anda mengalami masalah ini bisa segera memperbaikinya. Ingat tulisan yang saya buat ini.

Anda ingin membaca informasi ini?


45 comments:

  1. thanks infonya sob,, sangat bermanfaat sekali bagi saya.. :)

    kalau ada waktu,,kunjung balik blog baru saya ya sob >> tutorialblogwiky.blogspot.com (^_^)

    terima kasihh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok mas wicky, mudah mudahan bisa bermanfaat tips dan triknya jika suatu saat perangkat eksternal tidak bisa konek ke windows 8, apa penyebab sebenarnya.

      Delete
    2. mas walidin saya sudah coba petunjuk diatas...kok masih tetap ga bisa konek ya dari hp oppo saya ke windows 10 di kompt saya...makasih

      Delete
    3. Untuk opponya seri berapa ya mas

      Delete
  2. wah saya masih pakai windows 7 pak untuk laptop saya, soalnya laptop saya nggak compatible dengan windows 8 ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. windows 7 memang ok banget mba.. bisa dibilang semua perangkat/device ekternal bisa langsung dikenali. tidak seperti windows 8 yang pernah saya alami.

      Delete
  3. artikelnya sangat menarik seklai gan

    terima kasih banyak buat artikelnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama sob, banyak perangkat ekternal seperti hp yang tidak bisa langsung colok ke komputer (windows 8) namun penggunanya belum tahu apa sebenarnya penyebabnya. padahal jika hp tidak terdeteksi di windows hanya karena salah satu servicenya tidak jalan.

      Delete
  4. makasih ya sob infonya,, saya baru tau sekarang nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah kan, jika hp tidak bisa dikenali komputer/laptop lakukan cara langkah-langkah di atas sob. silahkan di bookmark hehehee

      Delete
  5. Replies
    1. Terima kasih, semoga bermanfaat.
      Thanks you, Vins Vd, Hope that useful for troubleshooting

      Delete
  6. kalo problem yg sama ini terjadi di windows 10 gmn ya? mohon pencerahan nya para master..

    ReplyDelete
  7. gan, kok tetep nggak bisa ya? hp saya samsung galaxy a3, padahal keterangannya di windows driver foundationnya udah automatic, tapi nggak ada perubahan apa2? udah di restart tetep gak ada perubahan, mohon pencerahannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kamu bisa daownload & instal driver samsung terlebih dahulu jika ada error dengan koneksi samsung a3 kamu. Memang koneksi hp ke pc/laptop dengan usb kondisinya berbeda-beda satu sama lainya. Silahkan download driver samsung a3 ini, mudah-mudahan bisa membantu koneksi smartphone kamu.

      Delete
  8. Kok saya tetep nggak bisa ya? Semuanya udah sama tapi tetep nggak bisa. Hp saya asus zenfone 5 btw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika dengan cara tersebut di atas handpone kamu tetap tidak bisa tersambung ke pc, coba download dan install drivernya terlebih dahulu, dan install di laptop/pc kamu, kemudian koneksikan kembali setelah driver di install. Kamu bisa unduh drivernya di halaman ini; download driver asus zen fone 5

      Delete
    2. Yang perlu di downoad dari halaman tersebut adalah driver USB dan manualnya.
      Semoga bisa membantu yah

      Delete
  9. udah ngikuti lngkah diatas tapi kok masih tetap tidak terdeteksi. mohon solusinya.mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya mas, merek hpnya apa ya?. misal jika pakai merek HTC bisa menggunakan aplikasi bantu HTC Sync manager software.
      tapi coba dulu mas diupdate lagi windowsnya

      Delete
  10. Wah. Teima kasih banyak Bang Walidin. Tulisan anda sangat membantu saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas semoga bisa membantu sharingnya. Jika masih belum bisa terkoneksi bisa ditulis komentarnya di sini.

      Delete
  11. Kalau di windows 10 gmn ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada dasarnya baik di windows 8 ataupun windows 10 sama, mas

      Delete
    2. Saya pake win 10, masalah seperti di atas, dan pake cara tersebut tetap tidak bisa, padahal biasa pake win 7 langsung bisa, mohon bantu solusi

      Delete
    3. Mungkin harus pakai tambahan driver dari smartphonenya mas. Coba aja searching di google menggunakan kata kunci "driver [merek smartphone] for windows 10",

      Delete
  12. gan, hp oppo r831 nya tetap ga terdetect. mhn pencerahan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika mode USB ketika hp oppo tidak bisa konek, bisa jadi oppo memerlukan driver khusus mas, andi.

      Delete
    2. Tips lain bisa jadi kabel USB yang digunakan untuk menghubungkan handphone ke windows laptop/pc terlalu panjang.

      Delete
  13. mas saya kok nggak ada pengaruh di android advan s4a jelly bean

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika advan s4a jelly bean bisa langsung terkoneksi dengan pc, berarti semua driver bekerja dengan baik, begitu juga dengan services yang ada pada windows.

      Delete
  14. Sy udah cb ubah manual menjadi automatic, dah berhasil sih mas. Tpi ttap sm sj gak terbaca. Pas cb ubah melalui Task Manager, status Windows Driver Foundation nya gak bisa diubah saat tekan Start. Statusnya tetap Stopped. Itu gimana ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada sebab lainnya, mba. Nanti saya carikan solusinya jika udah ketemu saya posting lagi. Kasus di atas pernah terjadi pada handphone saya.

      Delete
  15. pak saya sudah coba dan statusnya sudah running, tp hp saya msh blm bisa kedetek knapa ya pak,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi ada faktor kesalahan lainnya lagi, mba. Untuk sementara kasus yang saya temui seperti itu

      Delete
    2. sama,, saya juga sudah running, tapi driver oppo f1 saya ga bisa ke detect juga.. sudah berbagai cara. download pun saya tetep ga bisa. bagaimana ya solusinya ? terimakasih :)

      Delete
  16. Makasih banyak Pak Walidin. Akhirnya bisa juga. Makasih banyak bantuannya ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama sama Citra, pertama kali saya mengalami masalah seperti di atas, hanphone tidak bisa konek ke laptop windows 8 sempat bingung juga

      Delete
  17. Pak walidin tolong gimana hp saya samsung galaxy j7 tidak bisa terkoneksi dengan windows 10. Terima kasih pak walidin.

    ReplyDelete
  18. ini kan tuk windows 8....
    trus kalo yg make windows 7 gmn cara nya pa sama aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. mengatasi masalah hp yg tidak mau dikoneksikan ke komputer untuk windows 7, 8, dan 10 pada prinsipnya sama, mas

      Delete
  19. KOK HP OPPO NEO 7 SAYA NGGAK BISA NYAMBUNG, SAYA PAKE WINDOWS 10
    MOHON BANTUANYA GAN...

    ReplyDelete
  20. Assalamualaikum gan, saya pake win 7, udah ikutin cara di atas tapi ga bisa konek ke hp apapun.... mohon pencerahannya

    ReplyDelete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Blog Archive

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.