Simple blog to share

Setiap kali anda mengunakan browser, secara default semua aktivitas anda akan terekam pada browser tersebut, baik itu halaman web yang anda kunjungi (browsing history),  form and search history, download history, cookies, cache, active login, ofline website data, ataupun site preference.
Jika anda sering menggunakan internet di tempat umum misalnya warnet, ataupun fasilitas internet yang disediakan untuk pemakain bersama, maka setiap kali anda menggunakan browser sebaiknya anda bersihkan semua data-data history tersebut. Ini untuk menjaga privacy dan keamanan semua aktivitas anda selama browsing.

form & search history tidak dapat dihapus

Firefox merupakan salah satu browser yang paling banyak digunakan setelah browser chrome oleh para pengguna internet untuk versi pc/laptop, karena browser ini memang cukup powerful dan didukung oleh banyak add ons. Setiap kali anda berselancar di internet maka bersihkan semua jejak yang anda lakukan. Namun jika anda mengalami Form dan Search History tidak dapat diberi tanda centang maka semua data yang terekam pada form and search history tersebut tidak dapat dihapus.

Nah jika hal seperti ini terjadi pada anda maka lakukan langkah berikut untuk mengaktifkan checkmark agar nantinya form and search historynya bisa dihapus:

Pertama: Masuklah ke akun firefox/google chrome dengan email anda, dan masuklah ke akun email anda misalnya gmail.

form dan search history firefox tidak dapat dihapus



Kedua: Hapus ulang semua history (pilih everything) sekaligus beri tanda centang (aktifkan) pada form & search history. Klik tombol Clear Now.

membersihkan history firefox


Mudah kan? padahal ketika anda belum tahu itu, permasalahan seperti itu cukup menyita waktu.
Semoga bermanfaat.

[Upadate]
Berkaitan dengan browser baca juga:
Cara Penggunaan dan Pengaturan Browser Asli (Bawaan) Android
Internet Browser anda terkena hijacker? Semakin Kejamnya Iklan Hijacker pada Internet Browser
Inilah Pentingnya Mengapa Anda Harus Update Browser Internet
Review Browser Android Tercepat

[Update 03-2016]
Bagi anda yang sangat suka dengan browser firefox tentunya tidak mau ketinggalan juga kan dengan penggunaan browser ini di smartphone khususnya handphone android. Hanya saja firefox di android ini aga susah penggunaannya karena ia tidak memiliki tombol Close secara default. Ia harus dimatikan melalui taskmanager android. Nah, untuk mengatur dan memunculkan opsi Close (Quit) sebenarnya caranya mudah. Silahkan anda buka halaman ini:
Cara Keluar Firefox di Android


8 comments:

  1. Apapun kalo tidak tahu ilmunya pasti akan terasa susah.
    Mksh infonya sob, sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah membaca ini mudah mudahan selalu ingat cara menghapus form & search history yang tidak bisa dicentang (freeze), thanks mas her dah mampir.

      Delete
  2. Ternyata penyebabnya cuman kecil sekali ya mas,
    sangat bermanfaat sekali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,, sob ini saya alami sendiri, pertama susah sekali karena belum tahu bagaimana cara menghapus semua history pada browser secara total.

      Delete
  3. makasih buat infonya, sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  4. wah saya baru tahu mas, nice info :)

    ReplyDelete
  5. mas kok saya masih gak bisa di centang ya form n search history nya,,,pdahal uda sign gmail,,mohon pencerahannya

    ReplyDelete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Blog Archive

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.