Simple blog to share

Ada kalanya file yang kamu miliki terlalu besar untuk dijadikan attachment pada email, karena itu tips yang saya sarankan adalah mengkompresnya menjadi file zip. Dengan dikompresnya file tersebut maka ia akan menjadi lebih kecil sizenya (ukurannya), dan saat dikirim melalui email lebih cepat karena lebih ringan.

Beberapa waktu lalu, saya sudah pernah menulis tutorial tentang cara memecah file dengan winzip/winrar/7zip (pada prinsipnya sama), sekaligus memecahnya menjadi beberapa bagian (part). Kalau kamu ingin jelas dari panduan tesebut silahkan kamu baca halaman ini juga nanti :
Cara Memecah File Dengan 7Zip

Nah, kali ini ada tips yang berguna berkaitan dengan penggunaan smarphone android dan file zip, yaitu cara bikin winzip dan sekaligus mempasswordnya. Aplikasi yang digunakan yaitu ANDROZIP. Kamu bisa download versi freenya. Meski free namun tool ini sangat bermanfaat dan mudah sekali digunakan.

Berikut caranya membuat winzip yang di beri password, disertai gambar ilustrasi:

  1. Download aplikasi android di google play > langsung jalankan aplikasinya. Tap Icon Create Zip
    Buka spoiler imagenya:
    cara-membuat-zip-di-android-dengan-password

  2. Pilih Multi Encrypted ZIP > seleksi/pilih file apa saja yang akan di-zip.
    Note:
    kalau kamu tidak ingin terpassword file zipnya, jangan pilih Multi Encrypted ZIP tapi pilih Multiple ZIP.
    Buka spoiler imagenya:
    cara-bikin-file-zip-di-android-pakai-password

  3. Beri nama file > OK dan masukkan passwordnya > OK.
    Tunggu proses kompresi zip (Creating ZIP...) berjalan. File zipnya langsung jadi.
    Buka spoiler imagenya:
    cara-mempassword-file-zip-di-android

    tips-dan-trik-membuat-file-zip-di-android

  4. Sekarang lakukan tes file zip berfungsi atau tidak.
    Hapus semua file image kecuali file zipnya agar foldernya kosong.
    Tap file zip > pilih Extract file here > masukkan passwornya > OK
    Buka spoiler imagenya:
    cara-mengekstrak-extract-file-zip-pada-android

  5. Lihat hasilnya. File sudah terekstrak (dikeluarkan dari file zip) ke folder semula di android.
    Buka spoiler imagenya:
    file-zip-mengunakan-password-di-android

Selain untuk keperluan email, file zip juga efektif untuk memberi password pada file-file penting seperti daftar password/email login website yang ditulis di notepad sebelumnya, gambar/foto-foto privasi,  draft surat penting rahasia, draft makalah/skripsi, dan file lainnya agar tidak di-copas (copy-paste) oleh orang lain.
Dengan dipasswordnya file ke dalam zip, maka kamu tidak perlu lagi khawatir, kan? karena itu proteksilah file-file penting yang ada di handphonemu. Jika sewaktu-waktu hp mu hilang kamu tidak khawatir data rahasia akan diketahui otang lain.

Oh ya sedikit tips tambahan, jika kamu memiliki file yang kamu anggap sangat penting dan kapasitas filenya tidak besar (seperti daftar password/email yang sudah kamu zip dan diberi password ; atau file lainnya), backuplah file tersebut ke email atau google drive. Seandainya kemungkinan buruk terjadi seperti laptop & handpone rusak/hilang, kamu masih memilik cadangan file penting tersebut.
Buka spoiler imagenya:

Jika dengan email, maka kamu setidaknya harus memiliki dua email, misalnya 1 yahoo, dan 1 gmail.  Dengan mengirim email dari yahoo ke gmail atau sebaliknya maka file attachementnya akan terupload dan tersimpan di email. Dengan begitu kamu punya back-up annya yang tersimpan di email tersebut.
Jika menggunakan penyimpanan google drive, kamu tinggal upload saja..Kapanpun kamu perlu file penting tersebut bisa kamu download ulang.

Itulah cara membuat file winzip dengan disertai password
Semoga bermanfaat ya

0 comments:

Post a Comment

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.