Simple blog to share

Sebelumnya saya tidak pernah kirim uang dengan menggunakan layanan alfamart, karena selalu pakai transfer bank baik antar rekening ataupun antar bank.
Namun ada kejadian teman saya kemarin kecopetan di pelabuhan merak  dalam perjalanan dari lampung ke jakarta. Dan ia pun menghubungi saya melalui SMS bahwa dia tidak pegang uang sama sekali. Semuanya habis dicopet, yang ada hanya HP di tangan.

cara-kirim-uang-lewat-alfamart

Karena dia ga pegang ATM apalagi uang, akhirnya dia meminta saya kirim uang melalui alfamart sejumlah uang yang ia pinjam. Saya belum pernah sama sekali transfer uang lewat alfamart,  saya agak bingung. Tp kata dia memang gampang yang penting ada nomor hp yang aktif.

Akhirnya tanpa pikir panjang dan karena uang tersebut sangat dibutuhkan untuk biaya perjalanan, saya pun langsung menuju alfamart terdekat. Dan bilang pada kasir kalau saya mau transfer dana kepada teman saya. Kemudian si kasir meminta KTP sebagai tanda pengenal.

Hanya beberapa menit saya lihat si kasir menginput data dari KTP (kartu identitas), kemudian meminta No.Telpon, dan menanyakan berapa jumlah uang yang akan ditransfer.

Selesai.

Saya mengeluarkan uang sejumlah yang ditransfer dan biaya transfer sebesar 15.000,-

Cukup mudah dan cepat....

.... Selang beberapa detik ada SMS dari Dompetku pemberitahuan tentang kode MTCN. MTCN merupakan kepanjangan dari Money Transfer Control Number. MTCN merupakan nomor/kode rahasia antara si pengirin dan si penerima.

Buka spoiler berikut:
cara-transfer-uang-lewat-alfamart

Kemudian saya memberikan kode MTCN tersebut ke teman saya sebagai penerima, dengan cara SMSnya diforward.

... Selang beberapa waktu kemudian ada pemberitahuan lagi bahwa uang telah dicairkan/diambil.
Teman saya mencairkan di toko Alfamart terdekat dengan dia.

Buka spoiler berikut:
cara-kirim-uang-di-alfamart

Mudah sekali prosesnya.

Tidak perlu ke bank atau ATM dan juga tidak perlu nomor rekening bank.

Buka spoiler berikut:
cara-transfer-uang-pakai-alfamart

cara-transfer-uang-melalui-alfamart

Jadi rangkuman langkah cara mengirim uang melalui alfamart yaitu :


  1. Datang ke Alfamart bawa identitas (KTP) dan No.HP yang aktif.
  2. Bilang ke kasir bahwa anda mau tranfer uang ke seseorang.
  3. Tunggu si kasir untuk memproses permintaan anda. Bayar sejumlah uang yang anda kirim + biaya kirimnya.
  4. Berikan Nomor MTCN yang didapat dari SMS Dompetku ke teman anda yang mau menerima uang tersebut. Selesai.

Mudah-mudahan tulisan sharing ini bisa jadi informasi dan pandual awal bagi anda. Tentunya jadi cara alternatif termudah transfer dana ke siapa saja tanpa harus menggunakan rekening bank.
Memang saat ini dan ke depannya sangat dibutuhkan cara kirim dana tanpa harus datang ke kantor cabang bank tujuan terdekat.

Meski layanan transfer uang lewat alfamart merupakan layanan kerjasama antara Alfamart dengan layanan Dompetku Indosat, namun bukan berarti anda harus menggunakan nomor telpon Indosat. Anda bisa menggunakan nomor HP apa saja yang penting aktif karena akan menerima notifikasi nomor kode MTCN seperti yang dijelaskan di atas.

# Setelah anda membaca ini, silahkan anda baca juga tutorial yang berkaitan dengan urusan transfer dana yaitu:
Cara transfer dari BCA ke Mandiri menggunakan mBCA

Soal keamanan ?...
... Layanan ini sangat aman karena menggunakan kode pencairan MTCN yang dikirim melalui sms dan hanya diketahui oleh pengirim dan penerima saja. Dan selama anda belum memberikan kode MTCN tersebut kepada si penerima, maka anda masih dapat membatalkan duit yang anda kirim, jika salah transfer.
Sebagai informasi tambahan bahwa metode MTCN merupakan metode yang juga digunakan untuk kirim uang dari/ke luar negeri seperti Western Union.
Anda sudah pernah kirim dan terima uang dari luar negeri dengan kode MTCN?. kebetulan saya sudah beberapa kali. Jadi anda tidak perlu khawatir duit anda tidak sampai.

Apakah salah transfer bisa terjadi ?...
... Salah transfer bisa saja terjadi manakala anda salah memberikan nomor handphone si penerima, atau karena si kasir Alfamartnya salah memasukkn nomor HP tujuan. Jadi, cek kembali sebelum benar-benar uang terkirim dan diambil si penerima, apakah memang dia benar-benar orang yang anda tuju atau bukan. Jika uang telah diterima oleh orang yang salah, ya..wassalam.

Hingga saat ini jaringan Alfamart terus tumbuh dan semakin banyak baik di kota-kota atau di desa-desa. Buat anda yang ingin kirim-kirim uang ke saudara bisa cepat sampai.

Selamat mencoba layanan kirim uang alfamart.

176 comments:

  1. Selain KTP SIM bisa pakai apalagi ya?

    ReplyDelete
  2. Syarat kalo mau ngambil duitnya gimana yah?saya jg dpt transferan kaya gt kemarin,saya blm ambil karna saya bingung,tapi bukti trfnya sama kaya foto diatas gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minta aja nomor MTCNnya gan dari ke si pengirim uang. Karena dia yang dapet kode MTCN dari Dompetku. Kode tersebut nanti kamu tunjukkan ke pelayan toko Alfamart, bilang mau ambil duit kiriman.

      Delete
    2. Mmm saya masih smp saya tidak punya ktp gmna itu?

      Delete
    3. kartu pelajar,atau kartu keluarga

      Delete
  3. Mantap, ini lbh mudah di jangkau drpd ke bank/kantor pos yg sllu antri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mas, cara pengiriman uang cepat sampai yang dilakukan alfamart bersama indosat ini sangat membantu. Karena prosesnya cukup singkat.

      Delete
    2. Saya mersa kecewa dan sangat di rugikan ,empat bhkan mungkin lima alfamart saya kunjungi bulak balik semua , gak bisa berikan ke nyaman ngambil uang susah selalu kosong atau elor , sampai dua hari dari pengiriman baru bisa di ambil

      Delete
  4. Sedikit keluhan, sy sudah 3 hari krim uang di alfa mart, sblumnya dh bbrp kali bahkan bs di bilang dh menjdi rutinitas bulanan, krn stiap 2 minggu sekali sy tranfer duit pke DOMPETKU di alfa mart lancar. Tapi kali ini sudah 3 hari sy blum mendapat notifikasi SMS dri DOMPETKU, keluhan dh sy ajukan ke alfa mart, tapi ya gitu, pihak alfa mart jg masih nunggu laporan dri INDOSAT, untuk kelanjutannya sy blum tau,......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk keluhan dompetku alfamart karena tidak kunjung menerima SMS bisa dilakukan langsung ke layanan CS operatornya, Mas. Anda bisa menjelajahi website layanan ini untuk mengajukan komplain atau pertanyaan: Layanan Dompetku dari Indosat

      Delete
    2. Saya juga mengalami hal ini,blm dpt sms kode mtcn smpe sekarang -,-

      Delete
  5. kalau buat yang belum punya KTP gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dengan identitas lain seperti kartu SIM kendaraan. Mungkin bisa juga dengan kartu pelajar jika kedua duanya baik KTP atau SIM belum punya, yang penting ada identitasnya. Yang penting adalah No.Telp yang aktif digunakan.

      Delete
    2. pke ktp teman/saudara bisa ga?

      Delete
  6. max nominal transfer dan biaya adminnya brp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk dana 0 - 1 juta, biaya pengirimannya Rp 15.000,-
      Untuk dana > 1 juta - 5 juta, biaya pengirimannya Rp 25.000,-
      Untuk sekali pengiriman maksimal 5 juta

      Delete
    2. minimal kirim uangnya berapa Kang Walidin???

      Delete
    3. utk minim jumlah Uang yg dkirim brp Bang???

      Delete
    4. Kalau mau tf kurang dari 100rb bisa

      Delete
    5. Saya rasa masih bisa. Tp saya kurang tahu berapa minimal nilai transfernya

      Delete
  7. GAN SAYA UDAH BEBERAPAH KALI PAKAI JASA DOMPETKU LEWAT ALFAMART CUMA JELEKNYA LAGI LAYANAN INI GAK SETIAP SAAT BISA TERCAPAI APALAGI KALO KITA DALAM PENCAIRAN DANA DOMPETKU,,YANG SERING SAYA TERIMA DARI PENJAGA ALFMART PASTI "LAGI ERROR " JADI GIMANAH KITA BISA NYAMAN DENGAN KEADAAN SEPERTI INI?SAYA KIRIM LEWAT LAYANAN INI DAN SUDAH 3 HARI BELUM BISA DI CAIRKAN GAN....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tips untuk mengambil dananya sebaiknya sore hari sebelum jam 8 malem, mas. Karena stok kas nya pasti ada, dan koneksinya bagus. Pengalaman pernah terjadi pada saya juga, beberapa kali pengambilan gagal.

      Delete
    2. Jika pengambilan di satu toko Alfa mart tidak bisa, coba ke toko alfamart yang lebih rame dna lebih lengkap mas, dengan asumsi pasti dana kas yang tersedia siap dan koneksi internetnya bagus,

      Delete
  8. no telp nya bebas apa harus pake indosat ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nomor telpon yang kita gunakan bebas mas, yang penting masih aktif.

      Delete
  9. gan,kalo pake kartu pelajar bisa nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika mau transfer menggunakan kartu pelajar coba aja kemungkinan bisa karena yang penting ada identitas selain KTP dan SIM, saya sendiri belum mencobanya.
      Oh ya kalau boleh jika sudah coba tanya dengan kartu pelajar, boleh atau tidaknya, bisa kasih info ke saya melalui form komentar ini?

      Delete
    2. bos maaf nanya cara pengambilan uang di alfa.. apakah harus pake ktp juga..

      Delete
    3. Apakah Bisa kak tf tanpa ktp?

      Delete
  10. Saya dah biasa transfer pakai alfamart, mungkin lebih dr 10 x. Tapu dah skitar semingguan ini katanya sementara dompetku lagi di non aktivkan. Sy dah datang ke 3 alfa smuanya jawabanya sama. Apa ada cara yg lain soalnya pakai indomart dg WU agak ribet apalagi kata salah satu penjaga indo di bekasi jam transfer dr jam 8 - jam 20.00 dan hari libur tidak menerima WU( jadi ky bank aja☺). Barangkali ada yg punya solusi pakai pengiriman yg lain...... Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin dinonaktifkan karena memang lagi gangguan sistemnya, tp bisa coba lagi tanyakan ke alfamart.

      Delete
  11. Jam 20:53 tepatnya saya dapat kiriman uang dari teman melalui dompetku, dan mlm itu jg sayang mau cairkan tetapi tdk bisa dengan alasan koneksi jelek sudah mau 21:30, okay dan saya lanjutkan besok pagi karena menurut penjaga alfa koneksi lbh bagus, jam 09:15 saya coba lagi, dan ternyata saya mendapat alasan sistem sedang perbaikan, Semoha pihak bersangkutan (alfamart) bisa membaca soal ini, jangan ngadain program seperti ini kalau untuk keuntungan tertentu dan mengecewakan user.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jeleknya koneksi interet di indonesia memang seperti itu, mas. apalagi untuk bisnis seperti ini. Sebenarnya sangat memalukan. Saya juga selalu mengalami koneksi jelak.
      Jika alasannya karena sistem sedang error mungkin karena disebabkan oleh buruknya kualitas internet yang terkoneksi. Tp jika murni karena sistemnya yang error, alfa memang tidak profesional melayani pelanggaan.

      Delete
    2. Koneksi intenet yang sering terjadi biasanya di kampung-kampung yang susah jaringan/sinyalnya. Tapi dikota juga sering down koneksinya karena traffic lalu lintas koneksinya yang padat.

      Delete
    3. Jika di salah satu alfa tidak belum bisa, cobalah di alfamart yang lainnya.

      Delete
    4. Saya ini sudah 2x loh gagal, jika ke 3x gagal saya bakalan tuntut

      Delete
  12. Kalo ngambilnya gak di Alfamart di tempat lain bisa nggak mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya tidak bisa mas, karena itu kerja sama antara alfa dengan indosat. Jadi transfer melalui alfa ya ambilnya di alfa.

      Delete
  13. Kalau kirim lewat alfamart apa bisa mencairkan uang'a di alfamidi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sendiri belum tahu mas, bisa ditanyakan langsung kalau mau kirim fulusnya.

      Delete
  14. kalo aku kirim uang hari ini, terus ambil uangnya besok bisa nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, begitu SMS kode di terima pengirim dan diberitahukan ke calon penerima maka calon penerima uang bisa segera mengambil uangnya di alfamart terdekat

      Delete
  15. Kalo hari minggu bisa kah ngirim uang lewat alfamart?

    ReplyDelete
  16. Saya suka belanja online,tpi gapunya atm krna masih pelajar.Pak,saya mau nanya,uang yg bpk transfer itu manual ke bank? Atau manual trs uangny itu ketangan si penerima?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu ke tangan si penerima, de. karena itu tidak melalui bank.

      Delete
  17. Klo transfer ke no rek lewat alfa bisa ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk transfer ke rekening melalui alfamat sepertinya tidak bisa, mas. karena sistem transfernya menggunakan kode MTCN

      Delete
  18. gimana sudah lancar buat pengiriman uangnya

    ReplyDelete
  19. Kalau kita sbg penerima,sudah ke alfamart utk mencairkan dana dan sudah memberikan kode kepada kasir alfamart,tp ternyata si kasir bilang dana tidak ada,dan diminta men cek kembali kodenya serta TID nya.lalu sy pergi meninggalkan alfa tanpa bisa mencairkan.apakah itu sudah biasa terjadi?dan amankah dana yg dikrm jikalau kode yg sudah sy berikan ke kasir ternyata bisa digunakan sesudah sy pergi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kode MTCN merupakan kode rahasia yang hanya diketahui oleh si pengirim dan kemudian diberitahukan hanya kepada si penerima yang dituju (bisa dengan forward SMS). Pastikan kode yang beritahukan oleh pengirim benar tidak ada kesalahan satu digit (hurufpun) pada saat memberitahukan kepada kasir alfa.

      Jika kasir alfa mengatakan dananya tidak ada, kemungkinan karena memang alfa baru buka jadi dana kasnya masih belum cukup. Coba datanglah ke alfa pada siang hari atau sore hari ketika alfa sudah memiliki dana cash cukup banyak dari berbagai transaksi penjualan yang dilakukan.

      Jika kode benar dan tersedia dana kas cukup, maka untuk pengambilan uang pengiriman tidak ada kendala.

      Delete
    2. Pertanyaan apakah dananya aman jika dikirim lewat alfamat?
      Pengiriman uang melalui alfamart aman selama kode tidak diketahui orang lain selain pengirim dan penerima

      Delete
  20. Replies
    1. di bawah 500rb maksudnya ?
      Di bawah 500 ribu bisa, Nta sari

      Delete
  21. Ini berlaku di setiap Alfamart bukan? Trus cara ambil uang nya gimana mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya setahu saya bisa dilakukan tiap-tiap alfa, mas. Untuk cara ambil uangnya silahan baca dan pahami tulisan di atas, Tulisan dan setiap jawaban saya sepertinya sudah cukup jelas

      Delete
    2. Kalo misalkan mau transfer lewat apa biar engga ganggu kira kira jam berapa

      Delete
    3. Mas kira kira kalo mau transfer uang lewat alfa kira kira jam berapa biar engga ada gangguan nya

      Delete
  22. Bang ko ane mau transfer lewat alfa tapi gangguan mulu , kenapa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu artinya jaringan di alfamart jelek, oh ya alfa mart kan franchise masing-masing jadi kualitas masing-masing jaringan internetnya juga beda, meskipun secara prinsip standarisasi buka cabang alfamart sama.

      Delete
    2. coba bang di tempat alfa lainnya yang juga dekat

      Delete
    3. Apa Ada masa berlakunya untuk penarikan. Atau apa bisa penarikan di semua alfamart?

      Delete
    4. Masa berlaku penarikan uang melalui alfamart adalah satu bulan, dan bisa ambil di semua cabang alfamart.

      Delete
    5. Nanti dari DOMPETKU kurum pesannya ke siapa?? Ke aku atau ke penerimanya? Trus kalo misalkan si penerima gak dapet kode MTCN apa masih bisa di ambil atau ngga??

      Delete
  23. Kira kira jam berapa yah mas kalo mau transfer uang lewt alfa biar ga kena gangguan terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika gangguan mungkin karena koneksi internet nya sedang bermasalah kali mas Dendi. Saya belum pernah mengalami gangguan sih.

      Delete
  24. Astagaaa baru tau kalo Alfamart bisa kirim terima uang. Pantesan beberapa hari yang lalu ada ibu-ibu tanya ke saya. "Mas, kirim uang bisa lewat alfamart gak ya? Saya mau kirimin saudara saya." Saya yang gak tau ini pun bingung. Saya jawab aja mungkin bisa. Soalnya bayar bayar tagihan pun bisa kan lewat Alfamart. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, memang bisa transfer duit lewat alfa mart. Mudah dan cepat.

      Delete
  25. Untuk wilayah serang banten sudah 2 hari ini tidak bisa transaksi via dompet alfa, konon kata perugas toko systemnya sedang gangguan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jika sistemnya sedang gangguan pasti tidak bisa, bisa karena internetnya yang gangguan.

      Delete
  26. Mantapp bermanfaat sekali , tapi ksian yang transfer nya kena biaya administrasi 15000

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, biaya admin kirim uang via alfa memang segitu

      Delete
  27. Kalau mau transfer ke rekening bank BCA memangnya bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga bisa mba karena karena sistem ini menggunakan kode MTCN yang hanya diketahui oleh pengirim dan penerima saja.

      Delete
  28. Kalo di alfamart ada jasa berbayarnya gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biaya transfer di alfamart ada, mas. Sebagai biaya administrasinya 15 ribu

      Delete
  29. Maaf nih mas, saya tranfer uang ketemen saya tapi, temen saya gak bisa ambil uangnya kata mbak2 kasirnya mereka butuh sms kode pengirim. Padahal saya udah kasih kode mtcn ketemen saya, itu kenaoa mas? Kode mtcn sama kode sms pengirim sama atau beda mas?

    ReplyDelete
  30. Mas mohon maaf aku mau tanya, temen saya mau ambil uang yg saya kirim. Tapi kasirnya bilang "kami butuh kode sms pengirim" padahal saya udah kasih kodenya. Tapi kode yg saya terima bukan di sms tapi langsung dikasih dari alfanya. Itu gimana mas? Terus kode mtcn smaa kode yg disms sama atau beda mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang dikasih dari alfanya itu bukan kode mtcn, mas.
      Kode mtcn itu didapat dari SMS DOMPETKU (perhatikan gambar di atas pada artikel) dan itu sifatnya rahasia yang hanya diketahui oleh pengirim. Kemudian kode tersebut diinfokan ke calon penerima uang. Sehingga calon penerima uang dapat mengambilnya di alfamart terdekat.

      Delete
    2. Pada contoh gambar screenshot di atas kode MTCNnya adalah 9218889041

      Delete
  31. 3 bulan lewat. Pihak Alfa tidak bertanggung Jawab atas kesalahan nomor Pengirim. Setiap minggu skali sy ke Alfa u/ verifikasi. Namun gk ada hasil. Dan hanya dapet ucapan "nanti, blm ada konfirmasi" pdhal sy udh nelpon cs indosat dan dompetku. stlh 2 bulan akhir aku pasrah. Kabur duitnya. Nyesel dg etos kerja Pegawai Alfa. #curhat #cekUlangPengirim

    ReplyDelete
    Replies
    1. ko bisa begitu ya bang, pihak alfamart harus konfirmasi dan bertanggung jawab jika kesalahan 100% dilakukan oleh pegawai alfamart. Atau nama alfamart berkaitan layanan ini akan hilang kepercayaannya

      Delete
  32. Replies
    1. iya mas.. biaya kirim uang lewat alfamart sekali transfer Rp.15.000,-

      Delete
  33. kalo kaya gitu bisa transfer ke bank bri gak sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga bisa mas. Oh ya, pertanyaan serupa sudah saya jawab di atas, mas

      Delete
  34. Harus donwload dulu dompetku??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak, langsung ke kasir alfamat untuk kirim uang

      Delete
  35. kalau saya mau transfer uang lebih dari 1 juta, nah tapi pakai kartu atm bukan uang cash bisa ga sih

    ReplyDelete
  36. Untuk yg mengambil uang jg harus pk KTP? Kalau ga punya? Atau yg penting pk kode dan nomer hp kt aja, sudah bisa? Mohon info ya mas makasi ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak ada KTP bisa menggunakan kartu SIM, jika tidak punya juga kartu identitas lain, memang yang penting nomornya. Sebaiknya sebelum si pengirim mengirim uang kasih alamatnya juga sesuai kartu identitas penerima

      Delete
  37. Kalau dikirimnya lewat alfamidi diambilnya lewat alfamart bisa kagak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya ga bisa mas karena beda perusahaan.

      Delete
    2. Mas kalo misalnya saya mau ambil uang tapi di alfamrt nya itu dia bilang kalo sudah di cairkan sedangkan saya sendiri pun belum terima uangnga

      Delete
  38. Kalau dikirimnya lewat alfamart, penarikannya bisa di indomart ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika pengirimannya melalui alfamart kemudian mengambil uangnya di indomart saya sendiri belum pernah coba, sis. tapi boleh tanya dulu apakah bisa atau tidak karena udah beda naungan perusahaan alfamart dan indomart.

      Delete
  39. Kak, saya ini masih umur 14 tahun dan ga punya rekening. Tapi, saya mau belanja online lewat transfer tunai di alfamart. bagaimana caranya? saya belum terlalu paham dengan cara transfer tunai di alfamart. Kalau melakukan transfer tunai di alfamart tanpa KTP bisa, ga?
    -sand.

    ReplyDelete
  40. Kak saya kan mau ambil atau mau penarikan uang nih di alfa yang dibutuhin apa aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nomor telpon yang dituju (dicatat) oleh si pengirim uang dan identitas seperti KTP atau SIM

      Delete
  41. Apakah bisa mengirim ke luar negeri??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah mengirim ke luar negeri, tapi sepertinya tidak karena menggunakan nomor telpon lokal tentang pemberitahuan kode MTCNnya

      Delete
  42. gan klo misalnya saya gak punya rekening Bisa Gak Transfer Ke rekening Bank Temen Saya Jadi Bayar Lewat Alfamart Langsung Ke Rekening Tmn Sya Kira Kra Bsa GAk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa mas karena ini bukan antar bank, namun sistemya MTCS money transfer control number. Pengirim dan penerima menggunakan nomor rahasia untuk pengambilan uang. Penerima diberitahu nomor rahasia tersebut oleh pengirim.

      Delete
  43. Replies
    1. Tidak harus mas, waktu itu saya menggunakan nomor simpati yang penting nomor kartu keduanya baik pengirim dan penerima masih sama-sama aktif

      Delete
  44. saya kan kasih no hp penerimanya 08984900910 tapi di struknya 089849009100 itu kan salah..terus gimana itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti harus segera kompain ke orang alfamarnya yang nulis Mas galih. Itu merupakan bentuk ketidakhati-hatian kasir, jadi sebenarnya salah kasir yang menginput nomor tersebut.

      Delete
  45. Mas kalo misal teman saya kirim uangnya hari ini, tapi saya baru bisa ambilnya 2hari kemudian. Bagaimana? Apa bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba Mia. Masa berlakunya bisa sampai 1 bulan.
      Lihat pada gambar struk tertera tanggal transfer 01-May dan Lhat SMS notifikasi masa berlaku MTCN 31/05

      Delete
  46. sedikit info aza mulai skr kaynya kita ga bisa kirim uang cash lewat alfa..tapi harus pake atm jadi kita mesti punya saldo di atm...kejadian tadi sore sebelumnya emang bisa kita ngasih cash td skr udah ga bisa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah belum tahu mas info ini, terima kasih infonya mas, coba nanti saya kros cek ke alfanya, apa memang benar harus pakai ATM

      Delete
  47. Cuma mau menambahkan. Sebenarnya untuk penganbilan uang, penerima wajib bawa ktp. Dan untuk kode mtcn sekarang sudah tertera di struk transaksi nya.jadi usahakan struk jangan sampai hilang dan di temukan oleh orang yg tdk brtanggung jawab. Dan dengan alasan itu ktp/sim penerima harus sesuai dengan yang di input oleh pengirim.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak mas atas masukannya.
      Semoga info ini juga diketahui oleh pembaca lainnya yang ingin kirim uang pakai alfamart

      Delete
  48. Tadi saya ke alfamart, saya blm punya KTP karena masih pelajar. Dari kasirnya bilang kalo uang tidak bisa cair kalo belum punya KTP..Terus solusinya bagaimana ya? Apa uang tidak bisa cair? Apa uang yang telah dikirim bisa ditarik kembali?
    Mohon jawabannya mas terimkasih��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai masukan dari mas @andaijadisaya di atas, tanyakan data indentitas penerima yang dimasukkan oleh si pengirim pada saat mengirim uang di alfamart.
      Standarnya sih pakai KTP atau SIM, mba dewi

      Delete
  49. hatur nuhun infona kang walidin...

    ReplyDelete
  50. Waktu kirim nya. Bisa di ambil langsung gan. Setelah terima kodenya. Bisa langsung di ambil. Minimal kirim uang nya apa bisa berapa aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas, setelah diterima kodenya oleh calon penerima, bisa langsung diambil.
      Besarnya uang minimum yang bisa dikirim, saya tidak tahu pastinya mas, waktu itu saya kirim 200 ribu. Mungkin 100 ribu masih bisa. Namun jika kirim terlalu sedikit malah bisa dianggap mahal karena biaya sekali kirim 15.000,- saat itu

      Delete
  51. kalau mau kirim ke teman yg ada no rekening bisa nggak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara kirim uang lewat alfamart seperti yang dijelaskan di atas tidak memerlukan rekening, mas. Yang penting nomor telpon dan identitas calon penerima, ktp/sim.

      Delete
  52. Teman saya kirim uang via alfamart sekitar 1 minggu yg lalu, tp dr hari itu sampai skrg tdk bisa diambil katanya sih offline, gmn ya ada yg pernah ngalamin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak bisa diambil pada salah satu alfamart, coba ambil di alfamart tempat lain, mba Siti amunah. Karena kalau offline bisa jadi dari jaringan internet internal alfamart tersebut

      Delete
  53. Saya hampir mirip dgn teman mba siti amunah. Hari kamis saya kirim,...tp sampai hari ini blum bisa diambil dgn alasan jaringan error. Padahal saya kirim k wilayah jakarta pusat. Apa sedang ada masalah jaringan tuk minggu2 ini, ya Alfamart-nya?? Tp uang saya ga akan hangus khan, klau lebih dari seminggu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama nih, pengalaman saya barusan juga... error.
      Jadi ceritanya, teman saya kirin uang sekitar jam 8 mlm. Dan saya ngambil jam 9 mlm. Dan terjadilah error di alfa yang pertama saya kunjungi tsb. Kemudian saya cari lagi alfa yg lain. Kata kasirnya sdh closing jadi gak bisa diproses. Katanya closing jam 21.30. Beliau menyarankan saya untuk mencari alfamart yang 24 jam. Kemudian saya cari lagi alfamart yang disarankan oleh beliau. Setelah sampai di alfamart tsb, kasirnya berkata bahwa untuk penarikan sdh tdk bisa. Batasnya hanya sampai jam 21.30. Dan beliau menyarankan untuk balik lagi kesitu jam 01.30. Aduhh... malam banget. Kalau tahu begini, kayaknya uang tsb mendingan diantar langsung aja pagi2. Karena jarak dari rumah teman saya ke rumah saya itu tdk terlalu jauh.
      Jadi buat agan dan sista yang mau ngambil uang di alfamart, jangan sampai lewat dari jam 21.30... bisa nangis tuh... nunggu pagi disana.
      Dan buat alfamart juga, tolong dong kalau ada aturan itu disosialisasikan.

      Delete
    2. @mbafitri, jika jaringannya sedang error cobalah diambil di alfamart yang lain . Kemungkinan di alfamat lain jaringannya lancar.

      Delete
  54. Minimal ngirim uang nya berapa?

    ReplyDelete
  55. Kak kalo transfer uang supaya Langsung masuk ke rekening bca di alfamart bisa?? Tanpa penarikan langsung maksudnya, bisa kak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. transfer ke rekening BCA tidak bisa karena tidak menggunakan nomor rekening, tapi menggunakan nomor pengambilan yaitu kodeMTCN

      Delete
  56. sore Mas,
    kalo saya mau transaksi di alfamart untuk beli barang dari orang lain apakah ada :
    1. notifikasi kalo uangnya sudah di cairkan oleh penerima ?
    2. Apakah uang yang saya kirim tadi bisa saya tarik kembali kalo barang yang saya beli ga sampe ke tangan saya, seperti BL atau Toped ?
    Mohon pencerahannya mas.
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Jika uang sudah dicairkan, maka akan ada notifikasi yang kita terima.
      2. Bisa ditarik lagi dengan syarat dan ketentuan komplain yang berlaku di BL dan Toped, mas.

      Delete
  57. mau tanya gan.. apa smua online shop bisa melakukan pembayaran lewat alfamart/indomart?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak semua pembayaran olsop dapat melakukan pembyaran melalui alfamart-indomart, mba. Hanya beberapa saja online shop (market) seperti BL/Tokopedia/AkuLaku, dan beberapa

      Delete
  58. saya mau tanya,saya kan kirim ke alfa, apa bisa lihat data yang ambil uangnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya yang menerima uang adalah yang telah ditentukan diawal pada saat pengirim mengirim uangnya dan memberikan datanya siapa yang dituju berdasarkan kartu identitas dan nomor telpon.
      Kecuali jika sangat teledor, bisa jatuh ke orang yang tidak berhak. Meski begitu data orang yang ambil uangnya bisa dilihat dengan bertanya ke kasir alfa, karena pada saat pengambilan pasti diminta identitasnya. Apakah sama atau tidak berdasarkan identitasnya. Bisa saja ini bobol karena dengan alasan pelaku mengecoh si kasir alfamart.

      Delete
  59. Replies
    1. KK memiliki data induk dan sub nomor KTP. Sebenarnya bisa, dan jika si Kasir bisa menerima alasan ini.

      Delete
  60. Tapi kenapa ya tiap mau pengambilan susah,, Blang nya uang nya blom ada,jaringan lgi eror lh,dll.. saya Uda k berapa Alfa yg ada disini Blang nya semua Sama tp kbnyakn blngnya uang nya blom ada ... sruh Nunggu dlu yg setor,, jadi saya sdikit kcwa kalo untuk pngmbilan nya,, kalo pengiriman ok bisa cpet tp pengambilan aduhaiii beribu ribu alasan^_^^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di waktu sore hari mas, supaya mereka punya cash dari berbagai transaksi yang telah dilakukan

      Delete
  61. Replies
    1. ya betul bro/sis yang digunakan adalah sesuai yang diminta KTP dan nomr telpon yang masih aktif

      Delete
    2. Kalau misalnya saya kirim kemarin malam,tp karna waktu udh lewat jam 9 gak bisa ambil,terus besoknya masih bisa diambil gak ya ?

      Delete
    3. Ga apa apa, Bro. Batas waktunya 30 hari. Seperti yang saya tunjukkan gamar di atas

      Delete
  62. Mas,bisa gak kita tau nama penerima uang yang kita transfer? Di bukti transaksi kan cuma ada no hp si penerima uangnya saja. Nah,bisa gak kita tau nama si penerima uangnya? Ada temen saya baru kena tipu. Si penipu pakai modus dikirimkan uang lewat alfamart. Temen saya masih simpan no MTNC nya. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada waktu pencatatan data, nomor dan nama penerima uang akan dicatat. Apakah dikeal atau tidak.
      Sebenarnya jika sadar seketika, pengiriman yang telah dilakukan bisa di-cancel (dibatalkan) ke nomor 708093 (seperti pada screenshot sms yang saya terima).

      Sense lain sebagai tips, seharusnya memastikan orang dengan nomor telpon calon si penerima uang, apakah benar-benar yang dituju atau bukan. Saat mau mengirim uang, kita pasti sudah kenal (tercatat) nomor hpnya ditelpon. Jika belum atau karena alasannya ganti nomor, pastikan menelpon terlebih dl untuk mengetahui/mengenali suara apakah ia benar orang yang kita kenal atau bukan.
      Semoga bisa membantu ya..jikalau lain kali mau kirim uang harus lebih hati-hati. Benar-benar pastikan terlebih dl.

      Delete
    2. mau tanya klo dari jakarta utara bisa tidak ngirim uang ke bekasi.apakah harus ssuai wilayah saja?

      Delete
    3. Bisa ke mana saja mas, bahkan saya pernah kirim ke saudara saya di kebumen jawa tengah

      Delete
  63. Ada kekuranganya juga kirim di alfa. Saya pernah di kirim uang k alfa sya ambil dari 4 alfa bilangnya saldonya ga ada. Byangkan klo lgi ke pepet trus ga ada saldo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah duitnya kebanyakan? jadi alfa mengatur cash flow duit kasnya untuk transaksi

      Delete
  64. Adik sy kirim uang td sore jam.17.00wib lewat alpamart tp knp bs diambilnya bsk

    ReplyDelete
  65. Pak,kalo saya mau tranfer ke rekening tanpa ktp boleh ga?

    ReplyDelete
  66. kalau kirim uang 50 ribu lewat alfamart bisa tidak ya?? buat bayar utang k teman kekurangan 50 ribu. teman jauh d jakarta saya di bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya bisa, tp coba aja mas dengan nilai seperti itu

      Delete
  67. Bang saya cuma dapet kode nya dari struk nya saja, gx ada sms nya. Apa gx masalah itu bang.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga apa-apa, mas yang penting nomor handphonenya yang merupakan yang dituju

      Delete
  68. Mas,,kalau kita suruh org lain yg ngambil uangnya,tp tampa di bawa ktp kita ksh ktp,kira2 itu bisa gk..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya bisa, bro meski diwakilkan pengambilan uangnya

      Delete
  69. bulshit dgn alfamart, giliran ngambil susah banget, mau pagi, siang, sore, mlm, alesannya selalu bilang blm ada duit. padahal sy lg kepepet.. pret ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah dicoba dengan alfamart yang berbeda pengambilan uangnya?

      Delete
  70. alfa banyak transaksi tp ga ada duit, herman saya. banyk layanan itu ini ujung2nya maaf mas blm bisa, maaf mas lg ganngguan, maaf mas... maaf mas. udah jualan jualan aja ga pake layanan itu ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mas saya sering sekali datang ke alfamart/indomart untuk bayar tagihan namun sering terjadi gangguan. Tapi tidak semua alfa seperti itu. Pilihlah kira-kira alfamart yang koneksi internetnya lancar. Misal di tempat strategis, banyak dikunjungi dari umumnya

      Delete
  71. Itu harus ada pulsa ga gan biar bisa nerima mtcn nya..?

    ReplyDelete
  72. Mas saya dapet tf dari customer lalu dikirimkan Kode penarikannya, sy berniat untuk tidak langsung melakukan penarikan, pikir sy biar di Alfa dlu buat tabungan.. Stlh sy mau tarik kta kasirnya struk kadaluarsa, sy tdk tau dan tdk diberitahu cust kalau ternyata penarikan dana ada batas maksimalnya 1 bulan. Solusinya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kode MTCN ada masa berlakunya, dan ada notifnya melalui SMS yang diterima si pengirim (seperti pada gambar yang saya sertakan di atas). Karena itu si pengirim sudah seharunya memberitahukan hal ini. Karena ini kesalahan pengirim maka jika kadaluwarsa tidak dapat dicairkan, dan pihak alfa tidak mau bertanggung jawab, karena datanya tidak bisa menarik uang. Dan satu hal lagi, layanan transfer bukan bank tidak bisa untuk menunda pengambilan /menyimpan uang.

      Delete
  73. mas klo dri jakarta utara ngirim ke bekasi bisa apa tidak.
    apa harus di wilayah yg sma?

    ReplyDelete
  74. Maaf mau tanya batas waktu pengambilanya berapa hari ya..?
    Soalnya saya dapet transferan suruh di ambil di alfamart.
    Kalau pengambilan nya bisa gak gak di hari tersebut melaunkan di hari esok nyaa ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Mas. Asal jangan sampai melewati batas waktu yang ditentukan

      Delete
  75. Gan bisa ga kalo ngambil uang nya pake ktp org lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika pengambilan uang menggunakan KTP orang lain tentu ga bisa karena data yang diminta berbeda saat pertama diminta

      Delete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Blog Archive

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.