Simple blog to share

Cara cepat ngecas hp android masih banyak yang belum tahu tips dan triknya. Ini kelihatannya sepele, namun jika anda perhatikan tips ini cukup bermanfaat, terutama saat anda memiliki waktu yang cukup terbatas.

Kebanyakan orang ngecas smartphone memerlukan waktu lebih dari satu jam, sampai baterai penuh sempurna. Tapi kadang-kadang sebelum selesai ngecas, hape sudah dicabut duluan dari kabel casnya. Yang sering karena keburu mau dipakai buat pekerjaan atau update status duluan. Apalagi si penggunanya tidak sabar untuk menunggu sampai proses ngecas selesai 100%. Alhasil, belum lama dipakai baterai cepat habis lagi.


cara-cepat-ngecas-android

Ada beberapa tips dan trik yang harus anda perhatikan untuk mempercepat baterai android terisi penuh saat dicas, yaitu:


  1. Aktifkan mode pesawat untuk matikan semua koneksi. Salah satu konnsumsi terbesar baterai android adalah proses pencarian sinyal. Karena itu jika ingin cepat maka matikan semua sinyal aktif dengan mode pesawat.

  2. Gunakan kabel cas-casan dengan kualitas baik seperti aslinya (bawaannya).
    Kabel cas-casan yang kurang bagus memiliki material penghantar listrik yang juga kurang bagus, begitu juga komponen elektronik di dalam kotak ujung cas-casan. Ini memperlambat proses pengisian baterai android. Selain kabel yang kurang bagus, kabel yang terlalu panjang juga akan membuatnya lebih lama.
    Masalah lainnya, komponen elekronik dari cas-casan yang jelek akan mengakibatkan arus kejut listrik yang masuk ke handphone tidak dapat ditahan dengan baik, sehingga handphone anda akan lebih cepat rusak.
    Jadi di poin ini jangan asal gunakan pengecas murahan

  3. Jangan ngecas lewat USB komputer atau laptop.
    Jika anda ngecas melalui kabel USB biasanya akan muncul warning slow charging (ngecas lambat) seperti ditunjukkan gambar ini "Battery is charging slowly due to low electric current of TA/USB connection". Ini dikarenakan daya (output) yang alirkan melalui port USB kecil sekali.

    ngecas-pakai-usb-slow-charging

  4. Jika anda tidak menggunakan smartphone sama sekali, lebih baik matikan saat ngecas, misalnya saat mau tidur. Setelah terbangun dari tidur  lebih bagus jika baterai android selalu penuh. Ini untuk mengurangi terganggunya aktifitas selama seharian menggunakan android.

  5. Jika anda mengecas hp dengan baterai charger (power bank), perhatikan power bank tersebut apakah dalam kondisi baik atau buruk. Biasanya power bank memiliki masa pakai beberapa tahun sejak pertama kali digunakan. Jika pemakaiannya sudah terlalu lama dan kurang efektif, belikan powerbank yang baru. Begitu juga dengan kondisi baterai android anda. Apakah masih bagus atau tidak. Biasanya baterai yang bagus secara fisik tidak menggelembung (bertambah gendut) dan kalau dicas cepat terisi penuh. 

Sebagai poin tambahan, setelah ngecas selesai, agar daya baterai android anda bisa bertahan lama ada tips lain yang bisa anda lakukan, yaitu dengan cara menonaktifkan proses aplikasi tertentu yang tidak perlu. Dengan cara ini anda dapat menghemat baterai dari sisi/setingan aplikasi. Caranya bisa anda baca di halaman ini.
Cara menghemat baterai dari sisi aplikasi dan cara meningkatkan kinerja android.

Karena salah satu kelemahan smartphone android baterai cepat habis, maka sebaiknya anda menggunakan tips dan trik di atas. Pada umumnya android tidak bisa bertahan sampai seharian penuh jika durasi penggunaannya cukup sering dan lama baik untuk browsing main facebook, game, upload photo instagram, ataupun video streaming.

Yang jadi masalah biasanya saat dalam perjalanan jika anda tidak memiliki powerbank. Kadang 1 powerbank saja tidak cukup. Karena itu selain anda harus irit baterai android seperti tips di atas, sebaiknya anda tidak hanya memiliki 1 powerbank. Atau anda memiiki powerbank namun dengan daya ampere yang besar.

Berikutnya berkaitan dengan smartphone anda saat ini, disarankan anda memiliki baterai cadangan. Kenapa? karena jika suatu saat handphone android anda baterainya rusak, anda sudah memiliki baterai cadangannya. Jika anda tidak beli saat ini bisa saja kedepannya ketika anda butuh baterai untuk model handphone seperti yang anda miliki, sudah tidak ada lagi di toko baterai handphone.

Untuk mendapatkan powerbank dan baterai cadangan android sekarang pun mudah dan banyak toko-toko online yang menjualnya tanpa harus anda keluar rumah.

[Update #1]
Berkaitan dengan smartphone android, agar baterai anda tidak cepat rusak, begitu juga dengan slot konektornya, silahkan baca tips android ini:
Cara memilih powerbank yang bagus dan berkualitas

4 comments:

  1. Saya sering ngecas Android di laptop. Sekalian jadi modem, sih ya. Tapi harus benar2 butuh baru dicharge. Entahlah, setahuku cas hp ori berdaya setengah amphere, jadi termasuk rendah.
    Terima kasih tipsnya

    ReplyDelete
  2. hehe saya sering ngecash di laptop, bahkan sering cabut pasang kalo siang spt ini dari kabel.. oke makasih tipsnya pak

    ReplyDelete
  3. sering banget ngecas hp di laptop dan asal cabut, udah gitu sambil buat bbm an pula, wkwkwkwkw, makasih tipsnya, ya..

    ReplyDelete
  4. iya bener.. aku juga dikasih tahu tukang hape buat masang mode pesawat kalo lagi ngecharge biar baterenya cepet keisi..

    ReplyDelete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Blog Archive

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.