Simple blog to share

Saat browsing halaman website atau blog, biasanya kamu mendapatkan tulisan yang sangat penting, baik itu berupa referensi, tutorial, ataupun info menarik lainnya. Namun karena waktu terbatas biasanya kamu tidak sempat membaca secara keseluruhan isinya. Secara umum, kebiasaan orang membaca halaman website, jika ia belum sempat membaca sampai habis, maka ia akan membookmarknya sementara atau menyimpannya dengan cara Save Page Offline. Namun kedua cara tersebut memiliki kelemahan.

cara-save-halaman-web-ke-pdf

Dengan semakin banyaknya halaman web yang kamu buka dengan browser android melalui save page offline, hal tersebut akan memperberat kinerja browser, karena ia tersimpan dalam browser tersebut semakin banyak. Nah, kalau udah berat pasti kan kamu membersihkan semua cookie, history, cache, dan data lainnya, atau bahkan mereset ulang browser yang kamu gunakan.  Jika ini yang kamu lakukan maka semua akan terhapus dari browser dan lebih sialnya terhapus dari ingatan kamu, halaman website mana yang pernah kamu baca dan kamu anggap penting sekali.

# Setelah kamu membaca panduan ini, silahkan kamu  baca juga tutorial berkaitan dengan penggunaan browser di android lainnya:
Cara keluar dari browser firefox di android - cara menampilkan tombol Quit (close)

Begitu juga sama kasusnya saat kamu membuat bookmark dari berbagai halaman website/blog. Saat browser direset ulang atau dibersihkan data datanya maka semua halaman yang pernah kamu bookmark akan hilang. Di sisi lain jika kamu membuka ulang halaman-halaman web tersebut, tentunya butuh kuota internet lagi untuk me-reload ulang wesbite tersebut.

Dari masalah tersebut, sebenarnya ada tips simple yang sangat bermanfaat saat kamu ingin membacanya berulang-ulang yaitu dengan cara menyimpan halaman website ke pdf.

Cara menyimpan halaman website (blog) ke pdf di android sebenarnya cukup mudah. Setiap mengakses halaman website atau blog dan menemukan sumber yang penting kamu bisa langsung mengkonvertnya jadi pdf. Browser yang bisa kamu gunakan untuk browsing dan menyimpan halaman website ke versi pdf di android adalah browser firefox.
Dengan menggunakan browser ini kamu tidak memerlukan aplikasi tambahan (extension) apapun untuk membuat file pdf dari sumber-sumber di internet.

Berikut merupakan langkah-langkah cara membuat file pdf di android dari halaman webite/blog:


  1. Install aplikasi browser firefox di android kamu
    Download aplikasi browser android di Play Store
  2. Kemudian buka halaman website apa saja yang ingin kamu simpan menjadi pdf file
  3. Tap pada menu firefox di sudut kanan atas > pilih Page > Save As PDF > tunggu hingga beberapa saat hingga proses "convert" selesai
    Buka spoiler berikut:
    cara-print-pdf-dari-halaman-web-di-android

    cara-menyimpan-halaman-wesite-ke-pdf

  4. Lihat pada direktori Download di handphone kamu > kemudian buka dengan aplikasi Adobe Reader Android. Jika belum ada silahkan install juga dari google play.
    Buka spoiler berikut:
    cara-menyimpan-halaman-web-menjadi pdf-di-android

Itulah cara print pdf dari halaman web di android, simple, gampang, dan tidak butuh waktu lama, namun sangat berguna. Sekali lagi saya sarankan jika kamu menganggap halaman webite yang kamu baca sangat penting untuk dijadikan referensi, sebaiknya kamu print saja halaman website tersebut ke versi pdf, agar sewaktu-waktu bisa kamu baca ulang. Selain pdf ringan filenya, dengan mencetaknya ke versi pdf kamu tidak memerlukan koneksi internet lagi. Dengan file pdf kamu juga gampang ditempatkan di mana saja, di handphone, flashdisk, ataupun hardisk laptop.
Itulah poin plusnya meng-convert halaman web yang berupa html ke file pdf

Sudah baca update terbaru dari saya jika untuk browsing baterai android kamu cepat habis?. Karena itu perlu trik cepat mengisi baterainya. Baca juga di halaman ini:
Cara cepat ngecas hp android

Semoga bermanfaat ya...

1 comment:

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Blog Archive

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.