Simple blog to share

Melakukan Operasi Penjumlahan dengan Ms.Excel tidaklah sulit dan sangat mudah. Anda tinggal memasukkan data sesuai yang anda inginkan kemudian memasukkan rumus penjumlahan.

Perlu anda ketahui dan selalu diingat bahwa dalam melakukan proses penghitungan excel mewajibkan anda memasukkan tanda sama dengan ( = ), ini merupakan syarat wajib yang harus anda lakukan.

Pada image di bawah bisa anda coba tutorialnya secara langsung, sama persis sesuai dengan contoh pada image.

melakukan-operasi-penjumlahan-di-excel


Tahap pertama anda masukkan data angka yang berwarna merah sesuai masing-masing sel (cell), yaitu cell B1, B2,dan B3 dengan data angka 15, 5, dan 4.
Caranya tempatkan kursor (klik) pada cell B1 kemudian ketik angka 15 dan tekan Enter. dan seterusnya.

Untuk melakukan penjumlahan dengan Cara 1 lakukan langkah berikut:

  1. Klik kursor pada cell B4
  2. Ketik tanda = kemudian arahkan kursor dengan anak panah keyboard ke cell B1 dan ketik tanda +, arahkan kursor ke cell B2 dan ketik tanda +, arahkan kursor ke cell B3 dan tekan Enter.
Anda dapat melihat secara langsung hasilnya seperti pada image. Rumus yang barusan anda masukkan harus seperti rumus pada Tampilan Rumusnya image di atas.
Mudah, kan?

Untuk melakukan penjumlahan dengan Cara 2 lakukan langkah berikut:


  1. Klik kursor pada cell B5
  2. Ketik rumus SUM( yang diawali dengan tanda sama dengan (=) seperti ini: =SUM(
    arahkan kursor ke cell B1, tekan dan tahan tombol shift pada keyboard dan arahkan kursor ke cell B3 dengan tanda anak panah bawah, ketik tanda kurung tutup ), kemudian tekan Enter.

    penjumlahan-dalam-excel

    rumus-penjumlahan-excel

Lihat tampilan rumusnya, rumus yang anda masukkan harus sama seperti pada image, yaitu =SUM(B1:B3). Cara membaca rumus tersebut adalah "jumlah keseluruhan dari cell B1 sampai cell B3"

Jadi kesimpulannya untuk melakukan operasi penjumlahan anda dapat menggunakan cara langsung (Cara 1), jika data yang anda jumlahkan tidak banyak/panjang.

Sedangkan untuk melakukan penjumlahan yang datanya banyak akan lebih cocok menggunakan Cara 2 yaitu rumus =SUM( ) dengan definisi =SUM(number1, [number2], [number3], [number4], ...)

Ingin tutorial excel lebih lengkap? silahkan lihat halaman tutorial excel ini

Itulah 2 prinsip cara melakukan penjumlahan dalam excel. Mudahkan..? Semoga bermanfaat


0 comments:

Post a Comment

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Blog Archive

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.